Kisah Kaki Seribu, Benarkah memiliki 1000 kaki?

 Benarkah Kaki 1000 memiliki kaki sebanyak itu?


Trigoniulus corallinus
Rusty millipede
Kaki seribu Spesies Trigoniulus corallinus saya menemukannya di halaman rumah yang penuh dengan tanaman.
Saat diperhatikan, kakinya bergerak dengan irama gerakan yang indah dan dengan kaki sebanyak itu, Sang Kaki Seribu tidak pernah kesrimpet alias tersandung kakinya.
⛸⛸⛸
Saat sekolah dasar, guyonan perihal kaki seribu yang sering muncul adalah : Kenapa Kaki Seribu sering datang terlambat ke Sekolah? Karena pakai 1 sepatu saja susah, apalagi memakai 1.000 sepatu. Bisa bisa dari pagi sampai malam kegiatannya hanya memakai sepatu 🀣🀣🀣
Benarkah kakinya 1000? πŸ€”πŸ€”
Tubuh Trigoniulus corallinus terbagi menjadi 25 - 100 segmen dan setiap segmen memiliki 2 pasang kaki. Jadi jumlah kaki nya tidak sampai 1000 seperti yang saat ini menjadi julukannya. Si Kaki 1000. Kalau 100 segmen dan setiap segmen 2 pasang, berarti kakinya ada sekitar 400 kaki.
Berarti penyebutan kaki seribu supaya mudah saja dan jumlah sebenarnya sekitar 400 kaki.

Apakah sama Kaki 1000 dan Kelabang?
πŸ¦πŸ›πŸœ
Kaki 1000 disebut Milipede dan Kelabang disebut Centipede. dari nama sudah jelas berbeda kelompok.
Beberapa perbedaan antara Kaki Seribu (Milipede) dan Kelabang (Centipede) adalah:
- Aspek Kaki, kalau kaki seribu dalam setiap segmen memiliki 2pasang kaki sedangkan Kelabang dalam setiap segment memiliki 1 psang kaki.
- Gerakan, Kaki seribu bergerak lebih lambat dibandingkan Kelabang. kaki seribu cenderung mengisi celah celah tanah atau kayu sedangkan Kelabang bergerak dengan cepat di atas tanah dan melambat saat memasuki lubang sarangnnya.
- Makanan, Kaki seribu umumny adalah detrivora atau pemakan sisa sisa atau yang memakan partikel-partikel organik (detritus). Detritus merupakan hancuran jaringan hewan atau tumbuhan yang melapuk, herbivora dan segaian Karnivora. Sedangkan Kelabang umumnya adalah Karnivora.karena dilengkap cakar dan taring yang berbisa.
- Spiracle atau lubang pernapasan. Kaki seribu memiliki Spiracle di bagian bawah tubuh, sedangkan Kelabang ada di samping dan bagian atas tubuh.
- Bagian Reproduksi, kalau di Kaki Seribu ada di segmen ke tiga dari depan dan kalau kelabang di Segmen tubuh terakhir.
-Cara Berkembang Biak, Kaki seribu Sang Jantan umumnya memasukkan spermatofor ke dalam betina dengan gonopoda sedangkan kalau Kelabang Jantan menghasilkan spermatofor yang biasanya diambil oleh betina.



Kepala kaki seribu biasanya bulat dan membawa sepasang mandibula besar di depan struktur seperti pelat yang disebut gnathochilarium.
Kepala juga dilengkapi sepasang antena tunggal, yang mungkin digunakan untuk mengukur tingkat kelembaban atau cahaya di lingkungan sekitarnya.
Kaki seribu ternyata adalah makanan dari berbagai macam binatang, termasuk reptil, amfibi, burung, mamalia, dan serangga.



Berbahayakah kaki seribu?
Kaki seribu tidak berbahaya untuk manusia. Spesies Trigoniulus corallinus saya coba pedang dan mainkan ditangan. aman. Kaki seribu tidak menggigit, dan sekresi pertahanannya sebagian besar tidak berbahaya bagi manusia - biasanya hanya menyebabkan perubahan warna kecil pada kulit - tetapi sekresi beberapa spesies tropis dapat menyebabkan rasa sakit, gatal, eritema lokal, edema, lepuh, eksim, dan kadang-kadang kulit pecah-pecah. Jika terpapar seperti ini, terus bilas dengan air mengalir sampai efek racunnya hilang.
Yang berbahaya dan berbisa adalah Kelabang alias Centipede meskipun ada beberapa spesies yang tidak berbisa.


Sekelumit tentang kaki seribu.πŸ™πŸ™

Salah satu artikel di FB eko buddy


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kisah Kaki Seribu, Benarkah memiliki 1000 kaki?"

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungan teman teman, semoga artikel bermanfaat dan silahkan tinggalkan pesan, kesan ataupun komentar.

Popular Posts