Pengalaman Berlibur dan Berfoto di Taman Safari Indonesia, Cisarua, Bogor di saat Pandemi Covid 19

Pengalaman Berlibur dan Berfoto di Taman Safari Bogor di saat Pandemi Covid 19

Episode Pertama : Safari Journey

Keinginan untuk berwisata dan menyalurkan hobby berfoto di Taman Safari Bogor sudah lama saya pendam, hingga tiba waktunya benar benar berangkat ke Taman Safari Bogor dan menikmati petualangan berlibur dan berfoto.

Dalam rentang waktu 2 minggu, saya sampai 2 kali berkunjung ke Taman Safari Indonesia, karena sangat senang dan keranjingan memfoto koleksi fauna yang ada di Taman Safari Indonesia. 

Informasi lokasi

Lokasi Taman Safari ada di Cisarua, Kabupaten Bogor, Provinsis Jawa Barat.

Taman Safari Indonesia adalah tempat wisata keluarga berwawasan lingkungan yang berorientasi pada habitat satwa di alam bebas. Taman Safari Indonesia terletak di Desa Cibeureum Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat atau yang lebih dikenal dengan kawasan Puncak.

Alamat: Jalan Kapten Harun Kabir No. 724, Cibeureum, Cisarua, Cibeureum, Kec. Cisarua, Bogor, Jawa Barat 16750
Departments: Globe of Death Taman Safari Indonesia
Dibuka: 16 Maret 1990
Jam buka: Closes soon ⋅ 5:30PM ⋅ Opens 8AM Sun
Provinsi: Jawa Barat
Telepon: (0251) 8250000



Rute Perjalanan
Saya berangkat dari Bekasi pukul 07.00 dan Perjalanan menuju lokasi ditempuh dalam waktu 1.30 menit. Jarak yang ditempuh sekitar 78 km.

Melintas Tol Jakarta Outer Ring Road, Kemudian masuk ke Tol Jagorawi, dan dilanjutkan hingga keluar tol arah Taman Safari atau Puncak. Sudah dilengkapi dengan petunjuk di Tol.

Perjalanan di tol cukup cepat, yang lama adalah perjalanan setelah keluar tol dan menuju ke Taman Safari Indonesia. Dari pintu tol sekitar 14 km, tetapi karena ada beberapa penyempitan jalan, khususnya karena pasar, maka perjalanan sedikit terhambat. 

Perjalanan di hari biasa saja banyak hambatan, apalagi pada saat hari Libur.



Taman Safari Indonesia 
Sekedar membahas sekilas mengenai Taman Safari Indonesia di Bogor 

Taman Safari Indonesia adalah tempat wisata keluarga berwawasan lingkungan yang berorientasi pada habitat satwa di alam bebas. Taman Safari Indonesia terletak di Desa Cibeureum Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat atau yang lebih dikenal dengan kawasan Puncak. Taman ini berfungsi menjadi penyangga Taman Nasional Gunung Gede Pangrango di ketinggian 900-1800 m di atas permukaan laut, serta mempunyai suhu rata-rata 16 - 24 derajat Celsius.

Keunikan tempat wisata ini dari kebun binatang lainnya di Indonesia adalah pengunjungnya bisa berkeliling ke berbagai tempat untuk bisa melihat dari dekat semua jenis binatang dengan memakai mobil pribadi ataupun naik bus yang sudah disediakan pihak pengelola Taman Safari. Pengunjung juga bisa berinteraksi langsung dengan memberi makan hewan-hewan tersebut.

Taman Safari Indonesia dibangun pada tahun 1980 pada sebuah perkebunan kina yang sudah tidak produktif lagi seluas 50 hektare. Taman ini ditetapkan sebagai Objek Wisata Nasional oleh Soesilo Soedarman, Menteri Pariwisata Pos dan Telekomunikasi pada masa itu dan diresmikan menjadi Pusat Penangkaran Satwa Langka di Indonesia oleh Hasyrul Harahap, Menteri Kehutanan pada masa itu, pada tanggal 16 Maret 1990.
Informasi Taman Safari Indonesia, Cisarua, Bogor

Kini, luas Taman Safari telah berkembang menjadi 168 hektare dan dilengkapi dengan berbagai sarana edukasi dan rekreasi serta mengadakan safari malam pada saat akhir pekan dan libur panjang.

Sebagai infornasi, Taman Safari Indonesia juga membuka tempat wisata di daerah lain yaitu Taman Safari Indonesia 2 terletak di lereng Gunung Arjuno, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, serta Taman Safari Indonesia 3 di Desa Serongga, Kecamatan Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali dan Batang Dolphins Center di Pantai Sigandu, Kabupaten Batang, Jawa Tengah.

Pengecekan Suhu di Gerbang memasuki Taman Safari Indonesia


Setelah di cek Suhu badan calon pengunjung Taman Safari, dilanjutkan hingga menuju gerbang tiket atau loket.

Loket Pembelian tiket dibuka pada pukul 08.30 sesuai pengumuman yang tertulis di papan.


Saat Loket belum buka dan pengunjung sudah datang, petugas akan menyusun antrian sesuai kedatangan.

Anda tidak usah khawatir karena loket di Taman Sari Indonesia ada sekitar 8 loket yang akan melayani pengunjung secara bergantian sesuai antrian.


Tiket masuk ke Taman Safari Indonesia dapat dibeli secara online maupun langsung saat berkunjung ke Taman Safari Indonesia.

Harga tiket masuk : 

Domestik
Hari biasa                     : 195.000,-
Weekned dan hari libur  : 235.000,-
International
Hari biasa                     : 400.000,-
Weekned dan hari libur  : 400.000,-

Parkir Kendaran : 15.000,-


Saat pembelian tiket, sudah termasuk tiket ke Wahana Panda dan kita akan diberikan gelang dari  kertas.



Ok, setelah Tiket beres dan gelang sudah terpasang, Saatnya petualangan dimulai.

Pembelian tiket secara online, berikut langkah-langkahnya jika membeli tiket melalui komputer: 
  1. Kunjungi situs ticket.tamansafaribogor.com. 
  2. Klik lingkaran yang berada di samping Domestic lalu pilih Continue. 
  3. Halaman selanjutnya akan menunjukkan imbauan bagi calon pembeli tiket untuk menyiapkan identitas diri. Usai dibaca, pilih Continue. 
  4. Selanjutnya, wisatawan akan diberitahu informasi detail terkait harga tiket dan fasilitas yang akan didapatkan. Ada juga informasi tentang jam buka. Setelah dibaca, pilih Check Availability. 
  5. Wisatawan akan diminta memilih tanggal. Saat memilih, tersedia juga info harga tiket yang berbeda pada hari biasa dan akhir pekan. Jika sudah memilih tanggal, pilih Pesan Sekarang. 
  6. Di laman selanjutnya, wisatawan diberi pilihan untuk berkunjung dengan berapa orang dewasa atau berapa anak, dan apakah membawa kendaraan. 
  7. Jika membawa kendaraan pribadi, klik kotak Parkir Kendaraan untuk memilih jenis kendaraan di menu yang sudah disediakan. Jika bus, biaya parkirnya Rp 30.000, mobil Rp 20.000, dan motor Rp 10.000. 
  8. Setelah mengisi seluruh data yang diperlukan, wisatawan bisa membaca kembali rincian pemesanan sebelum memilih Continue Reservation. 
  9. Wisatawan akan langsung diarahkan ke laman pembayaran. Isi seluruh persyaratan data dan pilih metode pembayaran yang bisa dilakukan melalui kartu kredit, ATM transfer, atau Doku Wallet. 
  10. Setelah seluruh data yang dibutuhkan terisi, wisatawan bisa klik kotak I agree to the Terms And Conditions lalu pilih Continue to Payment.
Oh ya, untuk pengunjung yang tidak membawa kendaraan Pribadi, disediakan wahana bis yang akan mengantar berkeliling melintas safari hingga wahana rekreasi. Jadi pihak Taman Safari sudah menyediakan fasilitas pelayanan dengan baik.



Saya pun sudah mempersiapkan peralatan untuk memotret satwa yang ada di Taman Safari Indonesia.

Ok, sebelum melanjutkan wisatam berikut informasi mengenai fasilitas ayang ada di Taman Safari dan akan saya kunjungi satu persatu secara lengkap dan detail.
Koleksi dan fasilitas


Peta Wisata Taman Safari Indonesia, Cisarua, Bogor

Taman Safari memiliki sekitar 2500 koleksi satwa dari hampir seluruh penjuru dunia termasuk satwa langka, seperti harimau benggala, jerapah, singa, orang utan, gajah, anoa, komodo dan lain sebagainya. Taman Safari juga memiliki area khusus untuk beberapa jenis binatang, seperti:

  1. Bird Aviary: Terdapat berbagai jenis burung langka seperti nuri, cendrawasih, dan lain-lain.
  2. Baby Zoo: Terdapat bayi hewan seperti singa, harimau, atau orangutan yang bisa diajak foto oleh pengunjung. Terdapat juga beberapa hewan langka seperti singa putih, jalak bali, beruk mentawai, dan harimau putih.
  3. Australia Outback: Pengunjung bisa berinteraksi langsung dengan kanguru dan lemur ekor cincin. Terdapat juga beberapa jenis macan seperti macan tutul, jaguar, puma, dan kucing emas.
  4. Bird of Prey: Terdapat berbagai jenis burung elang endemik Indonesia, salah satunya elang jawa.
  5. Taman Buaya: Memiliki berbagai jenis buaya. Pengunjung juga dapat berinteraksi dengan binturong.
  6. Komodo Dragon Island: Komodo difasilitasi dengan kandang yanng disesuaikan dengan suasana aslinya di Kepulauan Komodo, ada juga beberapa jenis reptil dan pengunjung juga bisa menyentuh anak komodo.
  7. Kampung Papua: Terdapat berbagai hewan asli Papua, seperti kasuari, cendrawasih, kura-kura, dan kanguru pohon. Terdapat dua kandang khusus satwa malam.
  8. Bahtera penguin: Pengunjung dapat berinteraksi langsung dengan para penguin. Kandang ini pertama kali digunakan oleh sepasang beruang kutub.
  9. Primate Center: Terdapat jenis primata langka seperti orangutan, simpanse, owa, dan lutung.
  10. Lorong reptil dan Satwa Malam: Pengunjung dapat melihat jenis reptil yang berasal dari dalam maupun luar negara. Ada juga aquarium ikan arapaima, ikan air tawar terbesar di dunia, dan satwa malam seperti musang, kelelawar, burung hantu, dan kuskus.
  11. Anjungan: Terdapat beberapa hewan unik, seperti kura-kura raksasa, meerkat, mandrill, bekantan, dan monyet jepang.
  12. Istana Panda: Hu Chun dan Cai Tao adalah sepasang panda yang didatangkan langsung dari Tiongkok. Ada juga hewan asi Tiongkok lain seperti panda merah, takin, dan beberapa jenis burung.

Taman Safari Indonesia dilengkapi dengan berbagai fasilitas rekreasi dan atraksi seperti bus safari, danau buatan, sepeda air, kano, kolam renang dengan seluncur ombak, kereta api mini yang melintasi perkampungan ala Afrika, taman burung, baby zoo, kincir raksasa, gajah tunggang, komedi putar, pentas sirkus, area gocart, bom bom car, rumah setan, atraksi hewan, kesenian tradisional dan sulap di panggung terbuka.


Suasana di lokasi
Melintas gerbang tiket, kendaraan akan diarahkan menyusuri jalanan memasuki Wahana Safari Binatang.



Petualangan di Safari Park.

Memasuki area Safari Journey, anda akan disambut oleh koleksi Burung Flamingo, The Greater Flamingo, Phoenicopterus roseus.

The Greater Flamingo, Phoenicopterus roseus


Gajah Sumatera, The Sumatran elephant, Elephas maximus sumatranus

Himbauan untuk tidak membuka kaca dan mengeluarkan anggota badan

Larangan turun daru kendaraan

Larangan memberi makan satwa
Setelah melintas Fauna Gajah, di sebelah kanan ada Rusa Bawean, Bawean Deer, Axis kuhlii atau Hyelapus kuhlii.





Diisebelah kiri Rusa Bawean ada Tapir Malayan, Tapirus indicus.



Beberapa himbauan kepada pengunjung terpampang jelas di sepanjang jalan.
Himbauan untuk tidak membuang benda apapun ke Satwa


Binatang berikutnya akan saya lanjutkan di episode selanjutnya. 

Fasilitas dan Menu
Fasilitas restaurant dan toilet tersedia dengan baik. Toilet hampir di semua fasilitas wahana.  

Tempat ibadah juga tersedia di beberapa tempat. Mulai dari Parkir A hinga Parkir D.

Kesan dan Penilaian 
Setelah menikmati  hampir seluruh wahana di Taman Safari Indonesia, saya sangat puas dan takjub.  Berbagai wahana dan binatang dirawat dengan baik.  Petugas dengan ramah melayani pengunjung dengan sabar dan hormat.

Semoga Taman Safari Indonesia, bisa menjadi destinasi selama Covid dengan protokol yang tertib.

Beberapa fasilitas di Taman Safari.


Papan Petunjuk di Taman Safari
Kantor Depan Taman Safari
Suasana kantor dan toko souvenir

D caravan di Taman Safari Indonesia Bogor

Safari Trek untuk penggemar hiking trek





Safari Lodge Taman Safari Indonesia










Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengalaman Berlibur dan Berfoto di Taman Safari Indonesia, Cisarua, Bogor di saat Pandemi Covid 19"

Post a Comment

Popular Posts