Sensasi Senja di Hutan Kota By Plataran, Indahnya View Plataran dalam Foto

Plataran
Light of Nusantara

Sensasi Senja di Hutan Kota Plataran, Indahnya View Plataran dalam Foto  

Hutan Kota By Plantaran

Plataran, Photo By @Irwan Hy

Siapa yang tidak kenal dengan Plataran, resto yang sudah sangat terkenal dan menjadi tujuan, Destinasi para pemburu kuliner.

Di saat Pandemi, protokol Covid diterapkan dengan ketat dan disiplin.  

Semua ini berawal dari ide Pak Komisaris Yusti yang ingin mengabadikan keindahan suasana di Hutan Kota by Plataran yang sudah sangat terkenal.

Kami pun dari The Six Boys sepakat dengan ide Brillian dari Pak Komisaris yang selalu menjadi sumber inspirasi. 

Bergegas selesai jam kantor, kamipun berkemas dan berangkat menuju ke Plataran yang lokasinya di Area Gelora Bung Karno, GBK.


Lokasi Parkir The Six Boys @Photo by eko.buddy

Kamipun sepakat berkumpul di Area Parkir Istora Senayan, karena hari Jumat, Parkiran akan penuh,karena banyak warga yang memanfaatkan Gelora Bung Karno untuk berolah raga dan cuci mata.

Gelora Bung Karno yang menyediakan fasilitas olah raga yang lengkap dan asri menjadi daya tarik tersendiri bagi warga Jakarta dan sekitarnya. 
Keberangkatan dari Istora Senayan GBK @Photo by eko.buddy
Sekitar jam 17.21 kamipun  bergerak menuju Hutan Kota by Plataran dengan semangat.

Berjalan menuju Hutan Kota by Plataran @Photo by eko.buddy

Dengan berjalan kaki, kamipun menyusuri trotoar di GBK menuju Hutan Kota Plataran.

Papan Nama Hutan Kota by Plataran @Photo by eko.buddy

Sekitar 158 meter, kami pun bertemu dengan Papan Nama Hutan Kota by Plataran yang berlatar belakang dinding berwarna coklat oranye. 

Kegembiraan The Six Boys @Photo by eko.buddy

Dari Papan nama ini kami berjalan menuju Gerbang masuk Plataran yang berjarak sekitar 68 meter.

Tampak wajah wajah ceria The Six Boys yang sudah lama tidak berkuliner dan melakukan kegiatan Photography bareng.

Sepanjang perjalanan, tawa canda menghiasi kegembiraan kami. Memang sudah agak lama sejak Pandemi Covid, kami The Six Boys jarang berkumpul. Kali ini, setelah berunding cukup lama dan memperhitungkan proteksi dan disiplin protokol kami pun sepakat untuk menggelar Low Light Photography dengan kamera Sony dan Nikon.

Sesampai di Gerbang Plataran, Pak Komisaris Yusti selaku pemimpin perjalanan, melakukan reservasi untuk 5 orang. Beliau adalah seorang Komisaris yang sangat bersahaja, ramah, bijaksana dan tidak segan segan membantu karywannya yang kesulitan.

Di Gerbang, Security sesuai standar SOP mengecek rombongan The six Boys yang kali ini akan didampingi Istri salah seorang anggota The Six Boys. Apakah sudah reservasi, Jika belum, berapa orang yang akan berkunjung. Hal ini mungkin untuk mengecek ketersediaan tempat karena Protokol Pandemi Covid

Lho katanya The Six Boys, kok cuma berlima.  Begini penjelasannya teman teman. 2 anggota The Six Boys tidak bisa hadir karena ada keperluan yang tidak bisa ditunda dan ditinggalkan. 1 orang yaitu Bang Dul akan melakukan tanda tangan kontrak Perjanjian Kerja Sama dalam bidang penyusunan SOP dan penyusunan Buku ke 102 nya yang pasti akan best seller seperti buku buku karangan Bang Dul sebelumnya.  Untuk yang ingin berkenalan dan membaca Buku Bang Dul bisa menghubungi  https://instagram.com/dulparlindungan

Bang Dul dan salah satu Karya Tulisannya
1 anggota lagi, Om Ojo alias Fauzi Nurul Hamzal, Photographer handal sedang mendapatkan order melakukan sesi pemotretan  Model Kelas International, karya karya Photography beliau sudah tidak diragukan lagi.    

Om Ojo Sang Photographer handal
Terus satu lagi siapa donk.  Tenyata 1 lagi adalah teman dekat salah satu anggota The Six Boys, yang akan menyusul untuk ikut bergabung.

Plataran Gate @Photo by Irwan Hy
Sesampai pintu masuk, kami pun dicek suhu tubuh dengan pengukur suhu digital  yang langsung mengecek suhu tamu yang akan berkunjung.

Menuju meja reservasi yang strategis @Photo by eko.buddy

Setelah reservasi, kami pun diantar menuju meja pesanan kami.  Sengaja kami memesan meja di lokasi yang terbuka, biar suasananya santai dan alami.

Sampailah kami di meja tujuan pesanan kami. Lokasi tepat di samping Resto dan tampak di bawah pemandangan danau dan Taman Tugu Majapahit.

Posisi tempat duduk yang strategis @Photo by eko.buddy

Hanya berbeda sekitar 8,32 menit, sampailah teman 1 lagi sehingga menggenapi 5 orang yang berkunjung bersama kami.

Kehadiran Sang Pujaan hati

Ok, semua sudah siap. Kami pun mulai memesan makanan dan minuman dan yang pasti tidak ketinggalan adalah Pesanan Kopi sebagai minuman andalan bagi anggota The Six Boys.

Posisi tempat duduk yang strategis @Photo by eko.buddy
Sambil menunggu tersedianya minuman dan makanan, ternyata Pak Rizal sebagai Photographer senior sudah berjelan terlebih dahulu memilih spot untuk menancapkan Tripod.

Sang Mater  memasang Tripod dan perlengkapan @photo by Irwan

Saya pun mengikuti jejak Sang Guru, untuk menimba ilmu tentang Photography khususnya Nikon yang menjadi keahlian beliau.

 
Mulai memasang Tripod dan perlengkapan @photo by Irwan

Saya pun berusaha mencari spot sambil terus bertanya bagaimana setting kamera yang baik dan menghasilkan karya fotografi yang indah.

Pura pura Action Foto, maklum masih amatir @photo by Irwan

Berikutnya Om Irwan menyusul dan langsung beraksi.

Photography in Action @photo by Irwan
Pak Komisaris dan Om Irwan akan menyusul. Mereka menunggu Cappucino dan Tortilla, Pizza serta tak ketinggalan Singkong yang menjadi idola The SIx Boys. 

Hidangan yang menemani The Six Boys @photo by Eko.buddy
Berbagai foto unik juga dijepret oleh Pak Komisaris Yusti sambil menunggu kami ber ulah tingkah dengan kamera kami. 

Candle light dinner @photo by yusti.dahlan

Plataran

Meliputi area seluas 3,2 hektar tanaman hijau subur dan dengan total kapasitas hingga 2.000 orang, Hutan Kota by Plataran terdiri dari tiga area utama, yang masing-masing telah dirancang dengan cermat dan cermat: Plataran Tiga Dari; Rumah Kaca Melati; dan Pidari Lounge - dengan atapnya sendiri. 

Proyek ini dirancang secara konseptual oleh tim Plataran, dan kemudian diterjemahkan ke dalam gambar arsitektur oleh Konsultan Desain Hadiprana yang legendaris. Dengan konfigurasi unik ini, tempat ini sangat cocok untuk acara MICE (pernikahan, pameran, dan acara perusahaan), selain sebagai tempat & ruang makan yang elegan. Fasilitas lainnya antara lain, Plataran Tembok Ekspresi, Plataran Pet Playground, Taman Tugu Majapahit, Plataran Putri Dewi, Plataran Khatulistiwa, Kolam Pancasila, Plataran Jogging Track, lapangan Basket setengah Bola Dewa Ruci, dan mushalla.

Hutan Kota by Plataran @photo by Eko.buddy

Alamat dan lokasi Hutan Kota by Plataran  di sekitar GBK karena memang asal mulanya dipersiapkan untuk Asian Games 2018.

Setelah Asian Games selesai dan penataanya sangat indah, sehingga dikembangkan menjadi tempat yang dapat menampilkan kuliner, budaya, dan warisan alam Indonesia

HUTAN KOTA BY PLATARAN

Plataran Senayan Venue & Dining
Jl. Jend. Sudirman Kav. 54-55 Jakarta Pusat 12190, Indonesia
hutankota@plataran.com
(General Enquiry)
reservation.hutankota@plataran.com
+62 812 9440 9022 (Tiga Dari)
+62 812 9440 9007 (Pidari Lounge)

Opening hours:
Weekdays | 8am - 9pm
Saturday   | 7am - 9pm
Sunday     | 7am - 9pm
Sundowners reservation is required for Saturday Sunday | 4PM – 7PM

Hutan Kota By Plataran
Hutan Kota pertama kali diperkenalkan ke publik selama Asian Games 2018, di mana tempat tersebut digunakan untuk menyelenggarakan banyak upacara, acara, dan pertemuan. Selama periode ini, Presiden Republik Indonesia sendiri, Bapak Joko Widodo menjamu tamunya di lokasi tersebut. 

Setelah berhasil menyelesaikan acara, Pusat Pengelolaan Kompleks Gelora Gelora Bung Karno (PPKGBK) mengundang Plataran untuk mengikuti proses seleksi untuk mengembangkan Hutan Kota menjadi tempat yang dapat menampilkan kuliner, budaya, dan warisan alam Indonesia. Plataran menerima tantangan tersebut, memulai proses aplikasi yang ketat dalam persaingan langsung dengan berbagai pesaing lain dari Grup F&B terkemuka di Indonesia dan dinilai oleh panel ahli. Plataran terpilih sebagai pemenang proses seleksi dan ditunjuk sebagai pengelola tunggal dan eksklusif Hutan Kota yang kini resmi bertajuk Hutan Kota by Plataran

Tiga Dari @photo by Eko.buddy
Tiga Dari
Plataran Tiga Dari menawarkan hidangan asli Indonesia, diangkat menjadi keanggunan dan disajikan dengan kemahiran. Dengan menu yang terinspirasi oleh kelezatan masakan rumahan Indonesia, Plataran Tiga Dari menangkap semua tentang nusantara; tempat yang dipenuhi dengan semangat Indonesia, menampilkan bahan, desain, dan karya seni yang telah dikurasi dan bersumber dari seluruh negeri.

Rumah Kaca Melati
Terletak tepat di jantung Hutan Kota dan dikelilingi oleh kaca bening, Rumah Kaca Melati dibingkai oleh rerimbunan pepohonan yang rindang dan dikelilingi oleh tanaman hijau yang menghijau. Tempat menarik ini sama-sama menarik di siang hari atau di malam hari.

Pengunjung menikmati suasana di Plataran @photo by Eko.buddy

Pidari Lounge
Merangkul dan menyatu dengan alam sekitarnya, Pidari Lounge adalah tempat yang santai, apik, dan nyaman, yang menampilkan kombinasi hidangan nyaman Indonesia dan Barat, makanan cepat saji yang lezat, dan minuman yang nikmat.

Pidari Lounge @photo by Eko.buddy

Area dan Fasilitas

Taman Tugu Majapahit
Taman Tugu Majapahit terdiri dari serangkaian totem, masing-masing didedikasikan dan diukir dengan nama orang Indonesia yang telah menjadi pelopor dan membantu membangun Indonesia seperti sekarang ini. Tujuan Plataran adalah untuk menghormati dan menghargai kontribusi dari bangsa kita yang dihormati, dan untuk menginspirasi sesama orang Indonesia untuk melayani bangsa seperti yang telah dilakukan oleh generasi sebelumnya. Taman Tugu Majapahit menunjukkan rasa hormat kami terhadap sejarah Indonesia dan menginspirasi optimisme untuk masa depan.

Plataran Khatulistiwa
Plataran Khatulistiwa adalah ruang pameran luar ruangan yang elegan, cocok untuk acara dan pertemuan besar. Dengan peta kepulauan Indonesia yang luas di lantai, lingkungan terbuka yang bergaya ini menawarkan suasana yang kaya akan warisan dan sejarah Indonesia; tempat berkumpulnya tradisi Indonesia yang tak lekang oleh waktu.

Lapangan Bola Basket Dewa Ruci
Terletak persis di sebelah Pidari Lounge, Dewi Ruci adalah lapangan basket setengah kandang di Hutan Kota Plataran, dengan ruang yang cukup luas untuk kompetisi 3-on-3 dan latihan menembak bersama teman-teman. Fasilitas baru ini menawarkan pengunjung kesempatan untuk berolahraga dan menikmati sedikit kesenangan di bawah sinar matahari, sebelum menuju ke Pidari untuk minuman.

Putri Dewi Amphiteater
Terletak di sebelah danau yang tenang di lingkungan Hutan Kota Plataran yang rindang di Taman Gelora Bung Karno, Amfiteater Putri Dewi adalah tempat outdoor yang tenang dan bergaya. Tempat favorit kami di kawasan Tugu Majapahit, ini adalah tempat yang tepat untuk menyaksikan kehidupan burung lokal di sore hari, atau menyaksikan pertunjukan langsung eksklusif, yang menampilkan warisan budaya unik Indonesia.

Jogging Track alias Lintasan Joging
Mudah diakses melalui Gerbang GBK di dekatnya, Plataran Jogging Track menyediakan tempat baru yang fantastis untuk berlatih bagi para atlet perkotaan Jakarta. Jalurnya mencapai sekitar taman dan dinaungi oleh kanopi dahan, milik pohon yang ditransplantasikan dari proyek konservasi Plataran di Menjangan, Bali. Dengan kombinasi tanjakan, lekukan, dan permukaan halus, trek ini menghadirkan trek santai namun berkomitmen untuk olahraga, balapan, dan berjalan-jalan melalui salah satu ruang hijau paling berharga di Jakarta.

Plataran Pets Playground atau  Taman Bermain Hewan Peliharaan Plataran
Plataran Pets Playground adalah fasilitas baru inovatif yang merupakan bagian dari proyek Hutan Kota by Plataran di Senayan, Jakarta. Untuk pelanggan situs Tiga Dari Restaurant dan Pidari Lounge, taman bermain menyediakan lingkungan yang merangsang dan menyenangkan untuk teman berkaki empat mereka. Dirancang untuk menyambut anjing dan kucing, fasilitas bermain ini juga menawarkan lingkungan terbuka tempat pemilik hewan peliharaan kosmopolitan dapat bertemu, mengobrol, dan memperlakukan hewan mereka untuk bersenang-senang di taman.

Fasilitas Lainnya
Musholla tersedia di bagian belakang dan sangat bersih serta terawat. 

Musholla di Hutan Kota by Plataran 

Toilet 
Toilet tersedia di dekat pintu masuk sebelah kanan.  Toilet yang sangat bersih dan mengikuti standar Protokol Covid 19.

The Six Boys Berpose di Plataran Vintage  @photo by Novia.fitriyati

Penilaian dan Rekomendasi
Plataran Resto sudah tidak diragukan lagi.  Kuliner Makanannya sangat enak dan rekomendasi untuk teman teman yang ingin ngobrol bersama teman teman maupun berkuliner bersama keluarga. Sangat Rekomendasi 

Mengabadikan indahnya Hutan Kota by Plataran @photo by Irwan

Hasil Photography di Hutan Kota by Pelataran 
Light of Nusantara
Berikut hasil jeprat jepret di Plataran yang akan ditampilkan sesuai Photographer nya.  Pokoknya keren keren dech. 

Hasil Jepretan Pak Komisaris Yusti :

Hutan Kota by Plataran @photo by yusti.dahlan


Hutan Kota by Plataran @photo by yusti.dahlan

Hutan Kota by Plataran @photo by yusti.dahlan

Hasil Jepretan Pak Rizal :

Hutan Kota by Plataran @photo by rizalyohan


Hutan Kota by Plataran @photo by rizalyohan 

Hasil Jepretan Om Irwan :
Hutan Kota by Plataran @photo by irwan.hy

Hutan Kota by Plataran @photo by irwan.hy

Hutan Kota by Plataran @photo by irwan.hy
Hasil Jepretan Eko Buddy :
Saya yang paling amatir berusaha belajar dan belajar dari para Master yang sudah malang melintang di dunia Photography.

Hutan Kota by Plataran @photo by eko.buddy

Taman Tugu Majapahit, Hutan Kota by Plataran @photo by eko.buddy

Taman Tugu Majapahit, Hutan Kota by Plataran @photo by eko.buddy

Hutan Kota by Plataran @photo by eko.buddy

Sumber dan Obyek: Hutan Kota by Plataran

Baca juga :


Subscribe to receive free email updates:

12 Responses to "Sensasi Senja di Hutan Kota By Plataran, Indahnya View Plataran dalam Foto "

  1. MasyaAllah.. Ga nyangka lho di Jakarta (dekat GBK) pula ada mutiara tersembunyi seperti kawasan Plataran ini. Indah dan asri, dipadu dengan pencakar langit saat malam tiba, lengkap sudah.

    Lebih istimewa bisa berkunjung bersama sahabat yang satu frekuensi. Hasil fotonya keren semua.
    Terimakasih sudah berkunjung ke blog saya. Salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap, betul Mbak ternyata ada spot bagus di sekitaran GBK dengan view indah dan latar belakang kemegahan ibu kota. Kebetulan ada komunitas kecil untuk tempat belajar fotografi. Terima kasih Mbak sudah membalas kunjungannya.

      Delete
  2. Replies
    1. Matur nuwun Mbak Ambar, menunggu foto foto gunung hasil pendakiannya Mbak Ambar

      Delete
  3. Replies
    1. Terima kasih, sudah berkenan berkunjung dan membaca blog ini

      Delete
  4. Waduh, The Six Boys yang eksklusif ini adalah genk cekrek2 dan gemar kulineran ya, Pak Eko hehehe... Senangnya bisa kumpul bareng dan menyalurkan hobi fotografi di Plataran ini. Btw dari ngeblog aku beli Nikon D5500 tapi belajarnya masih level basic melulu blm maju2 🤣🤣🤣🤣 Aku masih di rumah terus jadi belum tau Plataran ini..Kelar vaksin dan sikon aman semoga bisa berkunjung dan makan2 di tempat ini deh. TFS.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap Ibu. Kebetulan saya juga baru belajar fotografi dan akhirnya berguru dengan The Six Boys yang lebih dulu memiliki hobby fotografi. Mereka tahu tempat tempat dengan view yang indah dan cocok untuk berfoto sesuai tema. Belajar langsung praktek ternyata memang metode yang bagus dan cepat untuk mengerti. Selama Covid, kami juga membatasi kegiatan fotografi dan survey tempat terlebih dahulu dan sekiranya menerapkan protokol Covid. Terima kasih sudah berkunjung. Salam.

      Delete
    2. Kepengen banget makan2 dan senang2 di Plataran. Barusan aku bilang ke papanya anak2, kelar corona mau dong mampir ke tempat ini. Elite ya, pilihan kulinernya juga banyak, nyaman pastinya. Sambil motret2 deh hehehe :D

      Delete
    3. Menunya aneka macam dan hampir semuanya rekomendasi Bu. Kalau yang review Bu Nurul pastinya akan lebih jelas lagi dan sangat menarik. Plus motret motret, karena banyak spot foto yang indah. Salam Sehat Bu.

      Delete

Terima kasih atas kunjungan teman teman, semoga artikel bermanfaat dan silahkan tinggalkan pesan, kesan ataupun komentar.

Popular Posts