Sensasi Berfoto Bersama Burung di Taman Burung, Taman Mini Indonesia Indah

Sensasi Berfoto Bersama Burung di  Taman Burung, Taman Mini Indonesia Indah

Sang Pelatih Burung mempersiapkan Burung yang akan diajak berfoto

Berfoto Bersama Burung Burung yang Lucu di Taman Burung TMII

Setelah menikmati Kubah Barat di Taman Burung Taman Mini Indonesia indah dan setelah keluar dari Kubah Barat, kita akan  mengikuti jalur track yang menuju ke Goa Bantimurung.

Papan Informasi di Taman Burung TMII
Tampak Kubah Barat yang megah terawat dengan rapi. Beberapa ekor burung Bangau terlihat bercengkerama di samping Kubah Barat.
Kubah Barat dari kejauhan
Saya pun mengambil jalur lurus  mengikuti jalur track dan memasuki Gua Bantimurung.
Gua Bantimurung Taman Burung TMII

Jenis Burung yang diajak Berfoto di Taman Burung TMII
ada 4 jenis burung saat saya berfoto dengan burung burung lucu ini.  Hanya dengan membayar Rp. 5.000,- per ekor atau Rp. 20.000,- untuk 4 (empat) ekor burung.

Burung Nuri Bayan, Eclectus roratus Muller 1776
Burung berwarna hijau dan merah,  adalah Burung Nuri Bayan atau Eclectus roratus. Burung Nuri Bayan termasuk Ordo Psittaciformes dan Family Psittacidae.  Nuri Bayan Jantan memiliki warna hijau bawah sayap dan sisi dada berwarna merah dan biru, parus atas berwarna jingga kemerahan degan ujung kuning.  Sedangkan Burung Nuri Bayan Betina berwarna merah, dada dan punggung berwarna biru keunguan.

Burung Nuri Bayan Betina, Eclectus roratus Female.

Burung Nuri Bayan Jantan, Eclectus roratus Male.


Burung Betet Sun Conure, Aratinga solstitialis
Burung Nuri berukuran sedang dan berwarna warni yang berasal dari Amerika Selatan bagian timur.  Burung Sun Parakeet jantan dan betina dewasa memiliki penampilan yang mirp dengan bulu berwarna kuning keemasan dan bagian bawah muka oranye - orange yang memerah.
Burung Buri Parakeet merupakan burung Nuri pemakan buah buahan dan biji bijian.  Pemyebaran di Amerika Serikat dan Status populasi burung Nuri Sun Parakeet terancam punah.  

Burung Betet Sun Conure, Aratinga solstitialis

Burung Betet Sun Conure, Aratinga solstitialis
Burung Betet Sun Conure, Aratinga solstitialis
The scarlet macaw , Macaw merah, Ara macao
The scarlet macaw, Greenwing Macaw, Macaw merah, Ara macao adalah burung Nuri atau kakatua besar berwarna merah, kuning, dan biru Amerika Tengah dan Selatan, anggota kelompok besar burung Nuri Neotropis yang disebut macaw. Burung The scarlet macaw atau Macau merah, termasuk Ordo Psittaciformes dan Family Psittacidae
The scarlet macaw , Macaw merah, Ara macao

Burung Scartlet Macaw asli dari hutan cemara lembab di Amerika Tengah dan Selatan tropis. Jangkauannya membentang dari tenggara Meksiko hingga Amazon Peru, Ekuador, Kolombia, Bolivia, Venezuela, dan Brasil di dataran rendah 500 m hingga 1.000 m, serta pulau Pasifik Coiba. Dulunya, wilayah ini membentang dari utara hingga selatan Tamaulipas. 
The scarlet macaw , Macaw merah, Ara macao
Di beberapa daerah, telah mengalami kepunahan lokal karena perusakan habitat, atau penangkapan untuk perdagangan burung beo, tetapi di daerah lain, hal tersebut masih cukup umum. Ini adalah burung nasional Honduras. 

The scarlet macaw , Macaw merah, Ara macao
Seperti kerabatnya macaw biru-kuning, macaw merah adalah burung yang populer di bidang aviculture karena bulunya yang mencolok.
 
 
Berfoto Bersama Burung Burung yang menyenangkan dan Cerewet
Setelah Sang Pawang mengarahkan, Briefing dan mengajak ngobrol Burung burung lucu tersebut, mulailah mereka disuruh terbang satu persatu.
Berfoto bersama Burung Burung Langka dan Pintar
Saya agak ragu apakah kuku mereka tidak melukai kulit tangan saya, dan dijawab oleh Pak Pawang, tenang saja, burung burung ini tidak mencengkeram kuat seperti Burung Raptor yang memang memangsa makanan salah satunya dengan kuku dan paruh. 

Berfoto bersama Burung Burung Langka dan Pintar

Fasilitas Lokasi
Di Lorong atau Goa Bantimurung ini, terdapat kafetarfia sekaligus tempat istirahat serta toilet yang bersih dan airnya cukup tersedia. Tampak di Kejauhan Kantor dan Pintu Gerbang Taman Burung TMII
Gerbang Taman Burung dari Tempat foto Burung
Keunikan dan ungulan Lokasi
Di lokasi foto ini, dulunya ada wahana untuk memberi makan ikan Mas yang jinak dan bisa dielus elus,  Tetapi saat pandemi kali ini, ikan ikan Mas yang jinak sudah tidak ada. 


Kolam Angsa Hitam Cygnus atratus
Digantikan oleh Kolam yang berisi Angsa berwarna hitam yang hilir mudik berkeliling danau buatan. 

Angsa Hitam Cygnus atratus yang bersifat Monogami
Angsa hitam atau dalam nama ilmiahnya Cygnus atratus adalah salah satu angsa yang terdapat di dalam marga Cygnus. Burung dewasa berukuran besar, dengan panjang mencapai 130cm. Seluruh bulu-bulunya berwarna hitam dengan perkecualian bulu sayap yang berwarna putih, paruh berwarna merah dengan garis putih diujungnya dan kaki berwarna abu-abu. Angsa Hitam mempunyai leher yang sangat panjang dan membentuk huruf "S". Burung betina serupa dan berukuran lebih kecil dari burung jantan.

Angsa Hitam di Kolam Taman Burung TMII
 
Populasi Angsa hitam tersebar di pesisir Australia bagian selatan, tenggara dan di Tasmania. Spesies ini banyak ditemukan berkelompok di danau dan lahan basah di Australia bagian selatan. Tidak seperti burung air lainnya, Angsa Hitam tidak bermigrasi dan menetap di tempat di mana mereka menetas.

Hampir semua Angsa hitam adalah monogami spesies. Kedua induk bersama-sama membesarkan anak angsa dan bersarang di tengah-tengah danau yang dangkal. Makanannya terdiri dari tumbuh-tumbuhan air.

Angsa hitam pertama kali ditemukan oleh Willem de Vlamingh pada tahun 1697 di Australia bagian barat. Penemuan spesies ini menyebabkan minat yang besar di kalangan orang Eropa, yang pada waktu itu berpikiran bahwa semua angsa berwarna putih.

Angsa hitam adalah lambang resmi negara bagian Australia Barat. Spesies ini dilindungi oleh pemerintah Australia dan dievaluasikan sebagai beresiko rendah di dalam IUCN Red List.

Kesan dan Penilaian Lokasi 
Lokasi untuk foto atraksi dengan Burung saat berkunjung sangat sepi, mungkin karena Pandemi. 
Pelayanan dari petugas sangat ramah dan bahkan pose kita diatur dan dipilihkan burung dengan baik.
Karena saya sendirian, saya pun minta tolong kepada petugas untuk difotokan.

Baca juga :


Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "Sensasi Berfoto Bersama Burung di Taman Burung, Taman Mini Indonesia Indah"

  1. warna burungnya cantik banget ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, warnanya terang dan indah. Sebenarnya menunggu mereka saat mengepakkan sayap, sayang momentnya tidak ada. Terima kasih

      Delete
  2. Waaaah, aku udah lamaaaaaa bingits ga masuk ke Taman Burun TMII hihihihi :) Sensasinya luar biasa ya, pak saat kita fotoan sama burung. Pegal juga kalo ukuran burungnya gede. AKu pernah sih di Jatim Park Malang. Nice story :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Bu, ini pun juga setelah sekian tahun tidak berkunjung ke Taman Mini Indonesia Indah. Ternyata masih terawat dan bersih. Burungnya pintar pintar, sebenarnya kalau direkan, mereka itu sambil bergumam dan berceloteh ala burung. Ya Bu, di Jatim Park lebih lengkap sepertinya. Terima kasih Bu.

      Delete

Popular Posts