Pengalaman Sharing foto dan menjadi Kontributor Getty Image, iStock dan Meraup Penghasilan dari Foto

Pengalaman Sharing foto dan menjadi 
Kontributor Getty Image atau iStock
Penghasilan dari Getty Image - iStock

Pengalaman sharing dan menjadi kontributor di salah satu aplikasi kontributor foto yang bisa nenjual hasil karya kita ada hal yang paling saya harapkan.


File Getty Image - iStock Eko Budi Utomo

Dengan berbekal kamera Nikon D 5200 dan Nikon D 750, saya suka memotret apapun yang saya temui.  berbagai binatang, tanaman, situasi dan kondisi di sekeliling, Street fotografi dan sebagainya.

Setelah saya berhasil mendapatkan penghasilan dari youtube dan Blog, saya pun tertarik untuk mendapatkan penghasilan dari foto foto yang saya jepret.

Berharap saya bisa menjadi kontributor di Getty Image.

Syarat utama menjadi kontributor selain foto foto yang nantinya akan melalui proses kurasi oleh kurator Getty Image, adalah Email.

Kemudian saya menginstal aplikasi getty image dari Play Store.
Besar aplikasi sekitar 11 mega dan setelah itu mulai mendaftar.

Baca juga :

Langkah langkah nya adalah sebagai berikut:

Instal melalui Play Store

Tampilan Getty Image setelah diinstal


Selanjutnya masuk ke My Board



Klik Register dan mulailah mendaftar;


Jika belum punya account, silahkan klik register dan mulai mengisi data




Saya mendaftar aplikasi Getty Image dari aplikasi di HP dilanjutkan dengan mengisi mengirimkan 5 karya foto.

Sesuai informasi dari Getty Image, saya pun memilih 5 foto yang akan diseleksi untuk bisa lolos sebagai kontributor Getty Image atau IStock.

Berikut adalah cara dan trik supaya foto bisa diterima di Getty Image - iStock.   
  
Informasi diterima atau tidaknya diinformasikan sekitar 7 hari serelah diupload di aplikasi Getty Image. Dalam kurun waktu 7 hari itu, saya harap harap cemas, kira kira diterima apa nggak ya hasil karya fotoku.

Setelah menunggu hari ke 7, ternyata belum ada kabar dan tepatnya pada hari ke 12 saya menerima email bahwa saya diterima menjadi kontributor Getty Image.

Remember to RSVP!
Selamat, Anda telah diterima! Selamat bergabung di komunitas iStock Indonesia yang sedang berkembang.
*English version follows*
Persiapan dalam stok mungkin membingungkan,  kami akan memandu langkah pertama Anda dan memastikan Anda memiliki semua alat bantu yang diperlukan agar berhasil membuat stok foto dan video.
Dalam email ini Anda akan menemukan undangan ke Webinar Persiapan, cara mengunduh aplikasi Contributor versi mobile, dan Tanya Jawab kontributor kami.
Bergabunglah dengan Webinar Persiapan kami yang akan dipandu oleh Ambassador Wilayah Indonesia, Rifka Hayati pada hari Kamis, 10 Juni 2021 pukul 19.00 WIB.
Yang akan Anda pelajari:
Cara menggunakan tools dan cara mengunggah
Cara menemukan inspirasi kreatif
Dasar‑dasar model release dan properti release
Webinar akan menggunakan Bahasa Indonesia, dengan dukungan tim dalam bahasa Inggris.

Selanjutnya diberikan keterangan lebih lanjut.
Unduh aplikasi Contributor by Getty Images untuk mengunggah konten dengan mudah, semua informasi kreatif terbaru, briefs, dan lainnya, di Google Play store atau Apple App Store.

Yang harus dipotret?
Pelanggan kami menginginkan gambar khas Indonesia, mulai dari makanan, wajah, hingga lokasi wisata. Apa yang membuat negara Anda sangat unik? Abadikan gambarnya! Kami ingin mengetahui pandangan penduduk lokal tentang Indonesia. Lihat board ini untuk beberapa contoh dari negara‑negara tetangga.
 
Jangan lupa lihat brief kami untuk mendapatkan inspirasi dan rincian tentang apa yang sebenarnya diinginkan pelanggan kami.

Cara Mengunggah?
Cara termudah untuk mengunggah konten adalah dengan menggunakan aplikasi Contributor versi ponsel. Simpan file Anda ke Dropbox atau aplikasi berbagi file lainnya. Anda juga dapat mengunggah file melalui desktop menggunakan alat bantu pengiriman file ESP.

Seberapa besar penghasilan yang akan saya dapatkan?
Pendapatan melalui stok dapat beragam, tergantung seberapa komersial konten Anda. Namun stok dapat memberikan penghasilan yang tinggi jika anda membuat konten yang sedang populer. Kontributor tersukses kami memotret subjek yang diminta dalam brief untuk memastikan bahwa mereka mengirim konten sesuai kebutuhan pelanggan kami. Untuk informasi selengkapnya tentang royalti, lihat rate card kami di sini.

Di mana saya dapat menemukan informasi lebih lanjut?
Website Komunitas Kontributor kami menyelenggarakan forum diskusi, bahan edukasi, Inspirasi kreatif, berita terbaru, dukungan, dan banyak lagi. Klik di sini untuk menjelajahi Website Komunitas Kontributor sekarang!

Siapa yang dapat saya hubungi untuk mendapatkan dukungan?
Di Asia Tenggara, kami memiliki tim kontak Kreatif berdedikasi yang bekerja sama dengan para seniman. Jika Anda memerlukan bantuan atau memiliki pertanyaan, kirim email ke; SEAartists@gettyimages.com

Oke,saya langsung saja dengan aplikasi Getty Image atau IStock, informasi lainnya dapat anda baca di Homepage Getty Image.


Contributing to iStock, Berkontribusi ke iStock
Anda selangkah lebih dekat untuk berbagi kreativitas Anda dengan dunia! Sebagai kontributor iStock, konten Anda akan tersedia untuk dilisensikan di istock.com.

Semua konten iStock tersedia di gettyimages.com tetapi hanya dapat dilihat oleh pelanggan yang memiliki akun Getty Images Plus.

Kontributor iStock dimulai sebagai non-eksklusif, yang berarti Anda dapat membagikan konten iStock Anda dengan Stock agency lainnya. Kontributor dengan portofolio yang kuat dapat mengajukan permohonan untuk menjadi eksklusif, yang dilengkapi dengan banyak manfaat.

What is Stock?  Apa itu I Stock?
Stock Lisensi memungkinkan pelanggan melisensikan karya Anda untuk berbagai tujuan. Ingat iklan terakhir yang Anda lihat di majalah, atau gambar di sampul buku? Kemungkinan gambar tersebut dilisensikan melalui stok.

Sebagai kontributor, konten Anda akan tersedia di seluruh dunia untuk pelanggan di situs kami. Ini bisa digunakan di papan reklame, sampul buku, atau di artikel majalah. Saat pelanggan membeli lisensi karya Anda, Anda akan mendapatkan pembayaran royalti. Jangan khawatir, Anda tetap memiliki hak cipta atas karya Anda setiap saat.

User Guides and Tutorials
Panduan Pengguna dan Tutorial
Panduan Pengguna adalah petunjuk langkah demi langkah untuk mengunggah konten di ESP, alat pengunggahan Getty Image. Untuk membuat kiriman pertama Anda.

Pilih jenis konten Anda dan tandai ini untuk penyimpanan yang aman.
  1. Gambar Kreatif, Gambar Getty, dan iStock – Panduan Pengguna ESP, Creative Images, Getty Images and iStock – ESP User Guide
  2. Ilustrasi, iStock – Panduan Pengguna ESP,  Illustration, iStock – ESP User Guide
  3. Video Kreatif, Gambar Getty, dan iStock – Panduan Pengguna ESP, Creative Video, Getty Images and iStock – ESP User Guide
  4. Video Editorial, Getty Images – Panduan Pengguna ESP, Editorial Video, Getty Images – ESP User Guide
Berikut pengalaman saya meng upload foto di Getty Image atau iStock.



Selanjutnya anda membuka ESP yang ada di keterangan bagian atas


Selanjutnya proses Up Load file foto. Pilih di Box My Content.
Pilih Upload dan review Content.
Berikut tahapan sesuai info dan tutorial Getty Image - iStock

Silakan gunakan Panduan Pengguna ESP untuk mempelajari cara mengirimkan konten Anda dengan sukses.

Daftar isi 
  1. Menyiapkan konten - Preparing content
  2. ESP atau Kontributor oleh aplikasi Getty Images - ESP or Contributor by Getty Images app
  3. Membuat kiriman - Creating a submission
  4. Menambahkan catatan pengiriman - Adding submission
  5.  notes
  6. Mengunggah file - Uploading files
  7. Mengedit nama kiriman - Editing the submission name
  8. Menambahkan metadata - Adding metadata
  9. Kata kunci yang disarankan - Suggested keywords
  10. Kata kunci otomatis - Automated keywords
  11. Mengunggah rilis - Uploading releases
  12. Rilis yang cocok - Matching releases
  13. Mengirimkan gambar - Submitting images
  14. Gambar mini kunci Status Status - Image thumbnail Status Key
  15. Menggunakan dasbor pengiriman - Using the submission dashboard
  16. Menemukan kiriman - Locating a submission
  17. Menavigasi kiriman - Navigating a submission
  18. Kunci Status Pengiriman - Submission Status Key
  19. Status berkas - File status
  20. Revisi status pengiriman - Submission status revision
  21. Melihat penolakan dan umpan balik inspektur - Viewing rejections and inspector feedback
  22. Lihat catatan pengiriman - Find images online
  23. Temukan gambar secara online - Find images online
  24. Menghapus file individual atau kumpulan pengiriman - Deleting individual files or submission batches
  25. Lampiran A ' buat templat metadata khusus - Appendix A ' create custom metadata templates
  26. Lampiran B ' Menerapkan metadata dari template - Appendix B ' Applying metadata from a template



Daftar isi 
  1. Menyiapkan konten - Preparing content
  2. ESP atau Kontributor oleh aplikasi Getty Images - ESP or Contributor by Getty Images app

Pertama diklik di ESP dan akan muncul seperti gambar di atas.
Klik Up Load File.


Dipilih sesuai materi yang akan diupload.
  1. iStock Creative video
  2. iStock Creative Image
  3. iStock Creative Illustration
  4. iStock Editorial Image

  1. Membuat kiriman - Creating a submission
  2. Menambahkan catatan pengiriman - Adding submission
  3.  notes
  4. Mengunggah file - Uploading files

Sebelum memasukkan foto, dipilih area lokasi pengambilan foto dan yang akan dituju.
  1. Asia - Japan
  2. Asia - Singapore
  3. Europe - Germani
  4. Europe - Ireland
  5. South America - Brazil
  6. US East Cost
  7. US West Coast 


Setelah mengisi materi yang akan diupload dan wilayah yang akan dicover barulah file yang akan di upload bisa didrag atau dimasukkan ke kotak upload.



  1. Mengedit nama kiriman - Editing the submission name
  2. Menambahkan metadata - Adding metadata
  3. Kata kunci yang disarankan - Suggested keywords
  4. Kata kunci otomatis - Automated keywords
  5. Mengunggah rilis - Uploading releases
  6. Rilis yang cocok - Matching releases
  7. Mengirimkan gambar - Submitting images
Cara memasukkan gambar atau picture setelah diklik drag picture.  Silahkan pilih gambar di tempat anda menyimpan file gambar.  Sebaiknya dipersiapkan terlebih dahulu supaya tidak mencari cari.

  1. Setiap batch pengiriman hanya dapat memiliki maksimal 100 file.
  2. Kelompokkan gambar atau gambar serupa dari satu pemotretan ke dalam satu kumpulan pengiriman.
  3. Jika konten Anda dari satu pemotretan besar atau subjek melebihi jumlah maksimum gambar untuk satu pengiriman, buat kumpulan terpisah dengan kesamaan dan seri terkait yang disatukan. Beri judul pada kiriman Anda agar kami tahu bahwa kiriman tersebut ditautkan.
  4. Contoh: 'School Shoot 1' Classroom' dan 'School Shoot 2' Lunchroom'.
  5. Unggah gambar dengan menyeret satu atau beberapa file ke dalam kotak '+' atau mengklik '+' dan menelusuri file Anda. Atau, Anda dapat menggunakan akun Dropbox Anda.


tampilan di bawah ini adalah Picture yang sudah dimasukkan di Kotak Submission.

Prepare the best quality versions of your files to these technical standards.
Pilih gambar atau picture terbaik anda. Persyaratan picture yang diminta Getty Image.
  1. Siapkan versi kualitas terbaik dari file Anda dengan standar teknis ini.
  2. Gambar yang diterima dipublikasikan langsung ke situs web sehingga harus siap digunakan oleh pelanggan.
  3. Gunakan resolusi tertinggi dari gambar Anda yang telah tersedia (asli) tanpa upsizing.
  4. File asli Anda harus berukuran minimal 3 megapiksel dan tidak lebih besar dari 256 megapiksel.
  5. Misalnya, file berukuran 2000 x 1333 memiliki total kurang dari 3 megapiksel (3.000.000 piksel) dan tidak akan memenuhi persyaratan ukuran file minimum.
Tech-check your images.
Periksa teknologi gambar Anda.
Semua gambar harus diperiksa secara teknis 100% untuk memastikan bahwa: 
1) subjek utama jelas dan tajam dan 
2) tidak ada kekurangan teknis seperti pemisahan warna yang tidak wajar, butiran berlebihan atau gangguan digital, debu, goresan, atau pinggiran.

Jika gambar adalah potret, mata model minimal harus fokus agar berfungsi untuk penggunaan komersial secara luas. Harap pindai ulang, proses ulang, atau potret ulang sesuai kebutuhan.

Retouch your images.
Perbaiki gambar Anda.
Semua gambar harus diperbaiki untuk menghapus merek dagang, logo, batas, dan tanda air yang terlihat.

Aturan bijak untuk diikuti: "Jika ragu ... keluarkan."
A wise rule to follow: "When in doubt … take it out."

Untuk detail tentang materi iklan yang belum dirilis (khusus penggunaan editorial), harap tinjau pedoman dari Getty Image.

Important: retouched models
Penting: model retouched, Boleh atau nggak sih me retouch foto atau picture yang akan dikirim, 
  1. Untuk mematuhi undang-undang retouching saat ini (Prancis, 1 Oktober 2017), Getty Image tidak dapat menerima konten Materi Iklan yang menampilkan model jika bentuk tubuhnya telah diubah agar terlihat lebih kurus atau lebih besar dari aslinya. 
  2. Konten apa pun yang dikirimkan di mana jenis retouching ini telah dilakukan akan menjadi pelanggaran terhadap Persyaratan Pengiriman Getty Image dan Perjanjian dengan Getty Image.
  3. Harap diperhatikan, perubahan lain yang dilakukan pada model—perubahan warna rambut, bentuk hidung, retouching kulit, atau noda—berada di luar cakupan undang-undang baru ini, dan oleh karena itu masih dapat diterima.
Save files as JPG or JPEG.
Simpan file sebagai JPG atau JPEG.
Use RGB Color Space.  Gunakan Ruang Warna RGB.

  1. Simpan file resolusi tertinggi yang Anda miliki yang memenuhi persyaratan teknis ini. 
  2. Harap jangan upsize (interpolasi) untuk menambah ukuran file.
  3. Simpan gambar akhir Anda sebagai JPG atau JPEG tanpa perubahan ukuran dan pengaturan JPG tertinggi.
Embed metadata IPTC (optional).
Sematkan metadata IPTC (opsional).
  1. ESP mendukung metadata IPTC dan akan mengekstrak bidang terkait,
  2.  "Judul/Deskripsi/Tanggal Dibuat/Pembuat/Kota/Negara/Kata Kunci".
Setelah semua gambar (gambar bisa hanya 1 atau Multiple alias beberapa gamabr sekaligus)  masuk ke kotak submission, baru diisi kotak Text Description, di bagian Title dan Description.  Seperti di gambar dibawah ini. 



Setelah mengisi Description, baru mengisi Metadata yang berisi tanggal, bisa tanggal pengambilan gambar atau tanggal upload.

Adding metadata
Menambahkan metadata
Diperlukan untuk melengkapi data secara detil
  1. Anda dapat mulai menambahkan metadata ke gambar Anda sebelum file selesai diunggah.
  2. Anda dapat menambahkan metadata ke masing-masing gambar dengan mengklik gambar mini gambar dan mengisi bidang yang diperlukan.
  3. Atau, Anda dapat menambahkan metadata ke beberapa gambar sekaligus dengan mengklik pilih semua, klik shift, atau kontrol/klik beberapa file, lalu isi kolom yang diperlukan. Sorotan kuning pada bidang metadata akan menunjukkan bahwa metadata berbeda dalam bidang ini untuk beberapa atau semua file.
  4. Saat menambahkan secara massal, pastikan bahwa setiap file gambar individu masih memiliki semua informasi unik dan akurat yang diperlukan.
Metadata fields (* indicates required field): dalam bahasa Inggris
Title  in english
Judul: Deskripsi singkat tentang apa yang terlihat di gambar atau klip video Anda. Jangan menambahkan setiap detail; hanya sertakan apa yang relevan dan paling bermanfaat bagi pelanggan (maksimum 255 karakter). Judul yang sederhana dan akurat akan menghasilkan kata kunci yang disarankan untuk file Anda.
Contoh: Panorama lingkungan Shibuya Tokyo

Description, In English
Deskripsi: Ketikkan deskripsi untuk gambar. Jangan mengulang informasi yang sama dengan judul; ini harus menambahkan lebih banyak detail atau memberikan konteks yang relevan bagi pelanggan.
Contoh: Shibuya adalah lingkungan populer di pusat kota Tokyo, ibu kota Jepang yang ramai. Perbelanjaan, restoran, dan klub malamnya menarik banyak orang setiap hari.

Date Created - Automatic or custom
Tanggal Dibuat: Ini akan secara otomatis ditambahkan dari file Anda.

Type the City and Province/State in full, Choose from data
Ketik Kota dan Provinsi/Negara Bagian secara lengkap: Ini adalah bidang teks bebas, jadi penting untuk mengeja dengan benar. Istilah lokasi yang salah eja dapat mengakibatkan gambar Anda tidak dapat ditelusuri di situs kami. Pilih Negara* dari menu tarik-turun.



Berikutnya pilih jumlah orang dari gambar yang akan diupload, seperti gambar di bawah ini.


Berikutnya adalah Keyword yang akan ditambahkan untuk melengkapi Foto, Gambar atau Picture.
Keywords
Kata kunci

  1. Kualitas kata kunci yang Anda tambahkan lebih penting daripada jumlah totalnya. Fokus pada istilah yang paling relevan, akurat, dan deskriptif untuk memastikan pelanggan dapat menemukan gambar Anda.
  2. Meskipun minimum yang diperlukan adalah 5, cobalah untuk memasukkan setidaknya 8 kata kunci yang relevan yang menggambarkan apa yang terjadi pada gambar Anda.
  3. Baca Panduan Kata Kunci dan 10 kiat kata kunci teratas dari Getty Iamge  untuk mempelajari cara menentukan kata kunci secara akurat.
  4. Jangan sertakan nama Anda, nama model, atau frasa yang tidak ada dalam kosakata pencarian kami.
  5. Garis merah di sekitar kata kunci berarti bahwa kata kunci Anda mungkin memiliki banyak arti dan Anda perlu memperjelas arti/maksud yang juga dikenal sebagai, " pisahkan kata kunci" -  disambiguate the keyword
Suggested Keywords
Kata Kunci yang Disarankan

Fitur ini menggunakan judul Anda untuk menghasilkan daftar kata kunci yang disarankan. Ini cepat, mudah, dan yang terpenting, cara yang lebih akurat untuk memasukkan kata kunci.

Automated Keywords
Kata Kunci Otomatis
Kata kunci berikut secara otomatis ditambahkan oleh ESP setelah mengunggah file.
“Color Image” or "Black and White"
"Gambar Berwarna" atau "Hitam Putih": jika properti gambar berwarna, "Gambar Berwarna" akan ditambahkan sebagai kata kunci. Jika properti gambar hitam putih, "Hitam Putih" akan ditambahkan sebagai kata kunci.
catatan:
Jika properti gambar berwarna, maka "Hitam Putih" tidak dapat ditambahkan sebagai kata kunci dan sebaliknya.
Aspect orientation
Orientasi aspek: berdasarkan orientasi aspek gambar, kami menerapkan satu atau beberapa kata kunci berikut: “Horizontal”, “Vertikal”, “Persegi – Komposisi”, “Panoramik”.
catatan:
Gambar panorama akan memiliki kata kunci "Panoramik" yang diterapkan padanya serta "Horizontal" atau "Vertikal", tergantung ke arah mana mereka berorientasi.

Jika orientasi aspek horizontal, "Vertikal" tidak dapat ditambahkan sebagai kata kunci dan sebaliknya.
Kata kunci ini berwarna abu-abu, tidak dapat diubah, dan tidak diperhitungkan dalam 'Kata Kunci Ditambahkan'.
Kata kunci berikut ditambahkan secara otomatis oleh ESP setelah Anda memasukkan metadata yang sesuai.
Country of Shoot
Country of Shoot: secara otomatis ditambahkan sebagai kata kunci setelah Anda memasukkannya ke dalam field metadata Country of Shoot dan klik Save (kecuali informasi IPTC file sudah berisi negara. Jika demikian, maka secara otomatis akan ditambahkan oleh ESP saat mengupload file).
catatan:
Kata kunci ini akan berwarna abu-abu dan tidak dapat diubah melalui bidang metadata kata kunci, dan negara tambahan tidak dapat ditambahkan sebagai kata kunci. Untuk mengubah kata kunci negara, pilih negara lain dari bidang 'Negara Pemotretan' dan klik Simpan. Negara baru kemudian akan menggantikan pilihan sebelumnya.

The Country of Shoot  Negara Pemotretan harus secara faktual mewakili lokasi pengambilan file. Jika terdapat lebih dari satu negara yang diwakili—misalnya, kolase foto atau peta dunia—pilih “Tidak ditentukan” sebagai negara pemotretan dan berikan kata kunci deskriptif yang lebih relevan.
Kata kunci ini tidak diperhitungkan dalam 'Kata Kunci Ditambahkan'.

Model's age
Usia model: secara otomatis ditambahkan sebagai kata kunci saat Anda memasukkan tanggal di bidang 'Tanggal Lahir' dan mencocokkan rilis dengan file. Usia model dihitung menggunakan 'Tanggal Dibuat' yang dimasukkan untuk file dan tanggal lahir yang Anda berikan, yang harus sesuai dengan tanggal lahir pada rilis. Jika tidak ada 'Tanggal Dibuat' atau Anda belum menyimpan kiriman Anda setelah memasukkan 'Tanggal Dibuat', kata kunci usia model tidak akan muncul.

Model's gender:
Jenis kelamin model: secara otomatis ditambahkan sebagai kata kunci saat Anda memilih jenis kelamin dari daftar tarik-turun 'Jenis Kelamin' dan mencocokkan rilis dengan file.

Model's ethnicity
Etnisitas model: secara otomatis ditambahkan sebagai kata kunci saat Anda memilih etnis dari daftar tarik-turun 'Etnis' dan mencocokkan rilis dengan file.

catatan:
Usia, jenis kelamin, dan etnis model harus benar secara faktual, dan kata kunci harus secara akurat mencerminkan bagaimana model tersebut merepresentasikan dirinya pada rilis.

Model release keywords
Kata kunci rilis model diperhitungkan dalam 'Kata Kunci Ditambahkan'.


Keyword disesuaikan dengan topik file atau gambar dan minimal 5 Keyword, sebaiknya anda mengisi Keyword minimal 8 keyword atau kata kunci.  


Setelah anda mengisi Keyword, berikutnya mengisi jumlah orang dalam gambar - Number of People dan berikutnya mengisi Release.

Icon-based keywords
Kata kunci berbasis ikon
Klik ikon yang paling mewakili jumlah orang yang ditampilkan dalam gambar Anda dan itu akan ditambahkan sebagai kata kunci di situs web yang menghadap pelanggan setelah file dipublikasikan.

Prepare model and property releases, or an editorial consent form, as needed.
Siapkan rilis model dan properti, atau formulir persetujuan editorial, jika diperlukan.

  1. Anda perlu menggunakan model atau rilis properti jika konten Anda berisi orang yang dapat dikenali atau menampilkan properti pribadi atau karya yang dilindungi hak cipta. Pelajari lebih lanjut tentang kapan rilis diperlukan.
  2. Anda harus menggunakan model dan rilis properti yang disetujui oleh Getty Images. Gunakan daftar periksa rilis kami untuk memastikan daftar tersebut diisi dengan benar.
  3. Formulir Konten Properti Editorial diperlukan ketika izin tertulis diperlukan bahkan untuk 'Penggunaan Editorial' (Contoh: akses terbatas dan lokasi yang ditilang, properti pribadi, dll.). Kaitkan dokumen pendukung ini dengan gambar tertentu seperti yang Anda lakukan pada rilis properti.
  4. File rilis harus disimpan sebagai JPG, PDF, atau PNG. Harap simpan rilis ke ukuran file kecil yang masih dapat dibaca.
  5. Tinjau FAQ Rilis di Getty Image untuk informasi lebih detail.

Setelah melengkapi Property Release, selanjutnya mengisi Image Properties dan optional. 

di Advance ada mengisi Brief Code dan saya biasanya saya mengisi dengan tanggal upload dan kode tertentu.

Creative unreleased
Nominasi materi iklan yang belum dirilis (khusus penggunaan editorial)—(khusus kontributor Getty Images). Harap gunakan kotak centang pada semua file yang Anda nominasikan hanya untuk penggunaan editorial.

Signature Plus nomination (iStock Exclusives only):
Nominasi Signature Plus (khusus iStock Exclusives):
Untuk menominasikan file untuk koleksi Signature Plus, silakan centang kotak ini untuk setiap gambar yang ingin Anda nominasikan

Copyright (optional, Getty Images contributors only):
Hak Cipta (opsional, hanya kontributor Getty Images):
Ketik hak cipta Anda. Ini mungkin termasuk 'simbol' atau kata 'hak cipta', tahun penerbitan pertama, dan nama pemilik hak cipta (biasanya nama depan dan belakang Anda mungkin berbeda dari batas kredit Anda). Harap jangan menaruh informasi lain di bidang hak cipta. Harap perhatikan bahwa bidang ini tidak menghadap pelanggan. Untuk spesifik tentang hak cipta dan topik lainnya, silakan baca FAQ kami.



Setelah semua selesai diisi baik yang wajib maupun yang optional dan dirasa lengkap, selanjutnya klik Save yang berwarna hijau dan ini artinya memang file atau gambar sudah siap diupload.


Setelah di klik Save dan berhasil, akan muncul text di atas Saved succesfully.


Setelah di muncul text di atas Saved succesfully, file siap disubmit untuk diupload.

Perhatikan gambar yang ada di dalam Kotak Submission ada kode kode di samping file.
 
Submitting images
Mengirimkan gambar
Setelah menambahkan metadata dan rilis ke gambar Anda, Anda dapat mengirimkannya untuk ditinjau.

Panah hijau 'maju' pada gambar mini menunjukkan bahwa gambar memiliki semua metadata yang diperlukan dan siap untuk dikirimkan.

Setelah semua gambar yang diunggah dikirimkan, kiriman akan pindah ke antrian pengeditan. Kiriman yang belum selesai dapat dihapus setelah 90 hari, jadi rencanakan untuk menyelesaikan kiriman Anda dalam jangka waktu tersebut.


Image thumbnail status key
Kunci status gambar mini gambar
Panah 'maju' hijau menunjukkan bahwa gambar memiliki semua metadata yang diperlukan dan siap untuk dikirimkan.
Tanda seru merah menunjukkan bahwa file gambar tidak cocok dengan format yang diterima. File gambar harus JPG atau JPEG saja.
Lingkaran abu-abu dengan tanda centang menunjukkan bahwa gambar telah berhasil dikirim untuk ditinjau.
Simbol 'tidak' berwarna merah menunjukkan bahwa gambar belum siap untuk dikirim.
Tanda centang hijau menunjukkan bahwa gambar telah ditinjau, diterima, dan berhasil dipublikasikan secara online.
Simbol panah melingkar berwarna biru berarti bahwa gambar telah dikembalikan untuk direvisi.
Tanda 'x' merah menunjukkan bahwa gambar telah ditolak.

Berikut lanjutan informasi setelah File di submission ke Getty Image.
  1. Gambar mini kunci Status Status - Image thumbnail Status Key
  2. Menggunakan dasbor pengiriman - Using the submission dashboard
  3. Menemukan kiriman - Locating a submission
  4. Menavigasi kiriman - Navigating a submission
  5. Kunci Status Pengiriman - Submission Status Key
  6. Status berkas - File status
  7. Revisi status pengiriman - Submission status revision
  8. Melihat penolakan dan umpan balik inspektur - Viewing rejections and inspector feedback
  9. Lihat catatan pengiriman - Find images online
  10. Temukan gambar secara online - Find images online
  11. Menghapus file individual atau kumpulan pengiriman - Deleting individual files or submission batches
  12. Lampiran A ' buat templat metadata khusus - Appendix A ' create custom metadata templates
  13. Lampiran B ' Menerapkan metadata dari template - Appendix B ' Applying metadata from a template

Gambar Berikut di bawah ini menunjukkan submission tertanggal sekian dan ada 6 file yang diupload dan yang di submitted tetapi belum ada yang di reviewed 





Selanjutnya di bagian bawah terdapat submission dengan submitted 12 gambar, upload 12 gambar dan reviewed ada 9.



Berikutnya jika submission dicek lebih lanjut terdapat informasi mengenai file file yang disubmitted.
  1. Awaiting review - File yang masih direview
  2. Reject - File yang direject atau ditolak
  3. Accepted/Published - file yang lolos verifikasi atau review


Gambar di atas contoh detail dari file file yang disubmitetted.

Berikutnya anda juga bisa mengecek berapa pendapatan anda dari Getty Image atau iStock.

Tunggu di sesi berikutnya.





Subscribe to receive free email updates:

7 Responses to "Pengalaman Sharing foto dan menjadi Kontributor Getty Image, iStock dan Meraup Penghasilan dari Foto"

  1. Wah, boleh dicoba ini. benar dapat dijual atau tidak

    ReplyDelete
  2. Halo, Pak Eko :D Awalnya aku baca tulisan ini dari awal pelan2. Lama2 eh kok tuing2 hahahah ga paham hahaha :D Mungkin belum nyampe ke otakku, terlalu banyak informasinya. Memang mesti dipelajari dan dipraktekkan ya supaya dimengerti hihihi. Keren banget pak, fotonya udah masuk ke mana2. AKu punya Nikon biasa D5500 tapi jarang dipakai. Kudu motret2 lagi deh kapan2 biar ga kelamaan di dry box hehehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap Bu, awalnya saya juga kebingungan mencari informasi untuk bisa menjadi COntributor foto yang sekaligus bisa menghasilkan. Perlahan tapi pasti akhirnya bisa juga melewati masa masa awal meskipun terkdang dari 20 foto kadang cuma 1 yang lolos kurasi team agency microstock bahkan terkadang tidak satupun yang lolos. Setelah sekian lama, akhirnya mulai paham tipe foto yang lolos dan yang tidak lolos. Tipe Nikon D5500 bagus dan yang penting hasil fotonya focus dan tidak shake atau ada yg blur, mungkin itu tip yang pertama. Terima kasih atas sudah berkunjung Bu.

      Delete
  3. Selamat Sore Pak Eko,

    apakah bisa dijelaskan lebih detail mengenai foto yang dikirimkan ke Getty Images seperti apa fotonya, ukuran fotonya dsb.
    karena saya selalu ditolak hasil fotonya oleh tim Getty Images

    terimakasih untuk sharingnya

    salam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat siang. Untuk foto yang didaftarkan ke Getty Image, menurut pengalaman saya dari segi teknis foto sebaiknya memiliki ukuran file > 4 mega, foto harus focus dan saya jarang sekali edit warna maupun tampilan. Biasanya hanya cropping. Hati hati dengan crop karena akan menurunkan besarnya image. Jangan pernah mengirim foto yang dinaikkan ukura filenya, upsize atau interpolasi. Saat edit kuliatas foto, hati hati dengan noise foto. Hati hati dengan saturasi dan kontras. Semoga membantu.

      Delete
  4. Seru ya, dari hobi foto-foto, bisa jadi kontributor dan menghasilkan cuan.
    Penjelasan Pak Eko juga detail sekali. Menarik.
    Btw, salam kenal ya Pak Eko.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap Mbak Dini, awalnya foto foto banyak tersimpan di memory dan lama lama penuh. Daripada disimpan tanpa ada yang tahu, jadinya di share saja supaya menjadi benrmanfaat buat diri sendiri dan orang lain he..he..he...Salam Kenal juga Mbak Dini, salam sehat.

      Delete

Terima kasih atas kunjungan teman teman, semoga artikel bermanfaat dan silahkan tinggalkan pesan, kesan ataupun komentar.

Popular Posts