9 Warisan Dunia Versi UNESCO yang ada di Indonesia

 

The World Heritage of Indonesia

Daftar Isi


The United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO)
Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO) berupaya mendorong identifikasi, perlindungan, dan pelestarian warisan budaya dan alam di seluruh dunia yang dianggap memiliki nilai luar biasa bagi kemanusiaan. Hal ini diwujudkan dalam sebuah perjanjian internasional yang disebut Konvensi tentang Perlindungan Warisan Budaya dan Alam Dunia, yang diadopsi oleh UNESCO pada tahun 1972.

Di Dunia ada sekitar 1154 situs warisan dunia atau World Heritage yang sudah ditetapkan oleh Unesco yang terdiri dari 

Cultural           : 897 tempat
Natural            : 218 tempat
Mixed              :   39 tempat 

dari 1154 Warisan dunia tersebut kondisinya dalam 
State Parties     : 167 tempat
In Danger         :   52 tempat - 1 ada di Indonesia
Transboundary   :  38   tempat

Misi Warisan Dunia UNESCO adalah untuk
  1. Mendorong negara-negara untuk menandatangani Konvensi Warisan Dunia dan memastikan perlindungan warisan alam dan budaya mereka;
  2. Mendorong Negara-negara yang memiliki warisan yang ikut dalam Konvensi untuk menominasikan situs-situs di dalam wilayah nasional mereka untuk dimasukkan dalam Daftar Warisan Dunia;
  3. Mendorong Negara-negara yang memiliki warisan dan ikut konvensi untuk membuat rencana pengelolaan dan mengatur sistem pelaporan tentang status konservasi situs Warisan Dunia mereka;
  4. Membantu Negara yang ikut konvensi menjaga properti Warisan Dunia dengan memberikan bantuan teknis dan pelatihan profesional;
  5. Memberikan bantuan darurat untuk situs Warisan Dunia dalam bahaya langsung;
  6. Mendukung kegiatan pembangunan kesadaran publik Negara Pihak untuk konservasi Warisan Dunia;
  7. Mendorong partisipasi penduduk lokal dalam pelestarian warisan budaya dan alam mereka;
  8. Mendorong kerjasama internasional dalam konservasi warisan budaya dan alam dunia kita.
Jadi kalau dulu disebut 7 keajaiban dunia, sekarang sudah ada 1154 situs warisan dunia dan 9 diantaranya ada di Indonesia. 

Berikut 9 Warisan yang ada di Indonesia dan hingga kini masih terpelihara dengan baik kecuali ada 1 peringatan yang menjadi teguran dari UNESCO karena adanya Pembangunan Jurassic Park Komodo di Pulau Komodo.  Hal ini harus menjadi perhatian pemerintah Indonesia untuk tetap menjaga kelestarian dan tetap memperhatikan konservasi yang ada di Pulau Komodo.

Candi Borobudur 

Kompleks Candi Borobudur atau Borobudur Temple Compounds memiliki sejarah yang unik.
The Borobudur Temple Compounds is one of the greatest Buddhist monuments in the world
Kompleks Candi Borobudur atau Borobudur Temple Compounds 
Berikut Sejarah Candi Borobudur. 
Kompleks Candi Borobudur adalah salah satu monumen Buddha terbesar di dunia, dan dibangun pada abad ke-8 dan ke-9 Masehi pada masa pemerintahan Dinasti Syailendra. Monumen ini terletak di Lembah Kedu, di bagian selatan Jawa Tengah, di tengah pulau Jawa, Indonesia.

Kompleks Candi Borobudur atau Borobudur Temple Compounds 
Candi induk adalah sebuah stupa yang dibangun dalam tiga tingkat mengelilingi sebuah bukit yang merupakan pusat alam: dasar piramida dengan lima teras persegi konsentris, batang kerucut dengan tiga platform melingkar dan, di atas, sebuah stupa monumental. Dinding dan langkan didekorasi dengan relief rendah yang halus, dengan luas keseluruhan 2.520 m2. Di sekeliling platform melingkar terdapat 72 stupa kerawang, masing-masing berisi patung Buddha.
Kompleks Candi Borobudur adalah salah satu monumen Buddha terbesar di dunia

Pembagian vertikal Candi Borobudur menjadi dasar, tubuh, dan suprastruktur sangat sesuai dengan konsepsi Alam Semesta dalam kosmologi Buddhis. Diyakini bahwa alam semesta dibagi menjadi tiga bidang yang saling tumpang tindih, kamadhatu, rupadhatu, dan arupadhatu, masing-masing mewakili bidang keinginan di mana kita terikat pada keinginan kita, bidang bentuk di mana kita meninggalkan keinginan kita tetapi masih terikat pada nama dan bentuk, dan alam tanpa bentuk di mana tidak ada lagi nama atau bentuk. Di Candi Borobudur, kamadhatu diwakili oleh alas, rupadhatu dengan lima teras persegi, dan arupadhatu oleh tiga platform melingkar serta stupa besar. Seluruh struktur menunjukkan perpaduan unik dari ide-ide sentral pemujaan leluhur, terkait dengan ide gunung bertingkat, dikombinasikan dengan konsep Buddhis untuk mencapai Nirwana.

Candi juga harus dilihat sebagai monumen dinasti yang luar biasa dari Dinasti Syailendra yang memerintah Jawa selama sekitar lima abad hingga abad ke-10.

Kompleks Candi Borobudur terdiri dari tiga monumen: yaitu Candi Borobudur dan dua candi yang lebih kecil yang terletak di sebelah timur pada sumbu lurus ke Borobudur. Kedua candi tersebut adalah Candi Mendut, yang penggambaran Buddhanya diwakili oleh monolit tangguh yang ditemani oleh dua Bodhisattva, dan Candi Pawon, sebuah candi yang lebih kecil yang ruang dalamnya tidak mengungkapkan dewa mana yang mungkin menjadi objek pemujaan. Ketiga monumen tersebut merupakan fase-fase dalam pencapaian Nibbana.

Kuil ini digunakan sebagai kuil Buddha dari konstruksinya sampai sekitar abad ke-10 dan ke-15 ketika ditinggalkan. Sejak ditemukan kembali pada abad ke-19 dan restorasi pada abad ke-20, ia telah dibawa kembali ke situs arkeologi Buddhis.


Kompleks Candi Borobudur atau Borobudur Temple Compounds 
Kriteria Penetapan Candi Borobudur sebagai Warisan Dunia, The World Heritage.
Kriteria 1: 
Kompleks Candi Borobudur dengan piramida berundak dan tidak beratap yang terdiri dari sepuluh teras yang tumpang tindih, dimahkotai oleh kubah besar berbentuk lonceng adalah perkawinan harmonis antara stupa, candi, dan gunung yang merupakan mahakarya arsitektur Buddhis dan seni monumental.
Kompleks Candi Borobudur atau Borobudur Temple Compounds 
Kriteria 2: 
Kompleks Candi Borobudur adalah contoh luar biasa seni dan arsitektur Indonesia dari antara awal abad ke-8 dan akhir abad ke-9 yang memberikan pengaruh besar pada kebangkitan arsitektur antara pertengahan abad ke-13 dan awal abad ke-16.
Kompleks Candi Borobudur atau Borobudur Temple Compounds 
Kriteria 3: 
Ditata dalam bentuk teratai, bunga suci Buddha, Kompleks Candi Borobudur merupakan cerminan luar biasa dari perpaduan ide yang sangat sentral dari pemujaan leluhur asli dan konsep Buddhis untuk mencapai Nirwana. Sepuluh teras bertingkat dari seluruh struktur sesuai dengan tahapan berturut-turut yang harus dicapai Bodhisattva sebelum mencapai Kebuddhaan.
Kompleks Candi Borobudur atau Borobudur Temple Compounds 
Dari segi integrity atau integritas sebagai penilaian UNESCO, batas-batasnya berisi tiga candi yang mencakup sumbu imajiner di antara mereka. Meski tautan visual tidak lagi terbuka, fungsi dinamis antara tiga monumen, Candi Borobudur, Candi Mendut, dan Candi Pawon tetap dipertahankan.
Kompleks Candi Borobudur atau Borobudur Temple Compounds 
Ancaman utama terhadap ansambel adalah dari pembangunan yang dapat membahayakan hubungan luar biasa antara monumen utama dan pengaturannya yang lebih luas dan juga dapat mempengaruhi Nilai Universal Luar Biasa dari properti tersebut. Pendekatan terhadap properti sampai taraf tertentu telah dikompromikan oleh peraturan pembangunan yang lemah.
Kompleks Candi Borobudur atau Borobudur Temple Compounds 
Pariwisata juga memberikan tekanan yang cukup besar pada properti dan kelestarian yang ada di dalam warisan budaya Borobudur.

Ada tingkat kerusakan batu bangunan yang semakin meningkat, yang penyebabnya perlu penelitian lebih lanjut. Ada juga kerusakan kecil yang disebabkan oleh pengunjung yang tidak diawasi.
Kompleks Candi Borobudur atau Borobudur Temple Compounds 
Letusan Gunung Merapi juga dianggap sebagai salah satu potensi ancaman karena endapan abu asamnya seperti yang terjadi pada tahun 2010.

Dari segi keaslian, Keaslian Bahan asli digunakan untuk merekonstruksi candi dalam dua fase pada abad ke-20: setelah pergantian abad dan baru-baru ini (1973-1983). Sebagian besar bahan asli digunakan dengan beberapa tambahan untuk mengkonsolidasikan monumen dan memastikan drainase yang tepat yang tidak memiliki dampak merugikan yang signifikan terhadap nilai properti. 
Meskipun kondisi Candi Borobudur saat ini adalah hasil pemugaran, ia mempertahankan lebih dari cukup bahan asli ketika ditemukan kembali untuk memungkinkan rekonstruksi.

Kompleks Candi Borobudur atau Borobudur Temple Compounds 
Saat ini properti dapat digunakan sebagai situs ziarah Buddhis. Suasana keseluruhannya, bagaimanapun, sampai tingkat tertentu dikompromikan oleh kurangnya kontrol kegiatan komersial dan tekanan yang dihasilkan dari kurangnya strategi manajemen pariwisata yang memadai.

Kawasan Kompleks Candi Borobudur atau Borobudur Temple Compounds 
Dari segi Persyaratan perlindungan dan manajemenProtection and management requirements, Perlindungan properti dilakukan berdasarkan Undang-Undang Indonesia No. 11/2010 tentang Cagar Budaya dan lanskap budaya di sekitarnya. Dilaksanakan dalam Kawasan Strategis Nasional dan Rencana Penataan Ruang oleh Departemen Pekerjaan Umum sesuai dengan Undang-Undang tentang Penataan Ruang No. 26/2007 dan Peraturan Pemerintah No. 26/2008 tentang Penataan Ruang Nasional dan akan diberlakukan lebih lanjut oleh peraturan presiden lainnya tentang Pengelolaan Kawasan Strategis Nasional Borobudur yang masih disusun oleh Kementerian Pekerjaan Umum.

Kerangka hukum dan kelembagaan untuk pengelolaan yang efektif dari properti diatur oleh Keputusan Presiden Nomor 1 Tahun 1992. Zona yang ditetapkan dalam properti Warisan Dunia masing-masing berada di bawah tanggung jawab Balai Pelestarian Warisan Borobudur di bawah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, dari lembaga milik negara PT. Taman Wisata Candi Borobudur di bawah Kementerian BUMN, dan Pemerintah Daerah (Kabupaten Magelang dan Provinsi Jawa Tengah). Kajian tentang pengelolaan terpadu Kompleks Candi Borobudur telah dilakukan, termasuk memperhatikan aspek ekosistem, sosial dan budaya, ekowisata, kemitraan publik dan swasta dan studi kelayakan organisasi. Kajian ini menjadi dasar pendekatan manajemen pengunjung yang masih harus dikembangkan.
Semoga Borobudur Tetap lestari dan menjadi warisan leluhur budaya dunia

Taman Nasional Komodo 

Taman Nasional Komodo atau Komodo National Park, Taman Nasional Komodo
Pulau-pulau vulkanik ini dihuni oleh sekitar 5.700 kadal raksasa, yang penampilan dan perilaku agresifnya telah menyebabkan mereka disebut 'komodo'. 

Komodo hanya ada di Pulau Komodo, Nusa Tengara Timur, Indonesia. Komodo tidak ada di tempat lain di dunia dan sangat menarik bagi para ilmuwan yang mempelajari teori evolusi. Lereng bukit sabana kering yang terjal dan kantong vegetasi hijau berduri sangat kontras dengan pantai berpasir putih yang cemerlang dan air biru yang bergelombang di atas karang.
Penghuni Taman Nasional Komodo yang paling luar biasa adalah Kadal Komodo, Varanus komodoensis

Taman Nasional Komodo, terletak di tengah kepulauan Indonesia, antara pulau Sumbawa dan Flores, terdiri dari tiga pulau besar (Rinca, Komodo, dan Padar) dan banyak pulau kecil lainnya, semuanya berasal dari gunung berapi. Terletak di persimpangan dua lempeng benua, taman nasional ini merupakan “sabuk penghancur” di dalam Kawasan Biogeografi Wallacea, antara ekosistem Australia dan Sunda. 

Properti ini diidentifikasi sebagai kawasan prioritas konservasi global, yang terdiri dari ekosistem darat dan laut yang tak tertandingi dan mencakup area seluas 219.322 ha. Iklim kering telah memicu adaptasi evolusioner spesifik dalam flora terestrial yang berkisar dari padang rumput hutan sabana terbuka hingga hutan gugur tropis (monsoon) dan hutan awan kuasi. Lereng bukit yang terjal dan vegetasi kering sangat kontras dengan pantai berpasir dan perairan biru yang kaya karang.

Penghuni Taman Nasional Komodo yang paling luar biasa adalah Kadal Komodo, Varanus komodoensis. Kadal raksasa ini, yang tidak ada di tempat lain di dunia, memiliki minat ilmiah yang besar, terutama untuk implikasi evolusionernya. Paling umum dikenal sebagai 'Komodo Dragon atau Naga Komodo', karena penampilan dan perilaku agresifnya. Kadal Komodo, adalah spesies kadal terbesar yang masih hidup, tumbuh dengan panjang rata-rata 2 hingga 3 meter. Spesies ini merupakan perwakilan terakhir dari populasi peninggalan kadal besar yang pernah hidup di seluruh Indonesia dan Australia. Selain menjadi rumah bagi komodo, Taman ini menyediakan perlindungan bagi banyak spesies darat terkenal lainnya seperti unggas semak berkaki oranye, tikus endemik, dan rusa Timor. Terumbu karang yang kaya di Komodo memiliki keanekaragaman spesies yang luar biasa, dan arus laut yang kuat menarik kehadiran penyu, paus, lumba-lumba dan duyung.
Komodo Dragon, Penghuni Taman Nasional Komodo yang paling luar biasa, Varanus komodoensis

Fauna lain yang tercatat di taman ini adalah karakteristik dari kawasan zoogeografi Wallacean dengan tujuh spesies mamalia darat, termasuk tikus endemik, Rattus rintjanus dan kera pemakan kepiting Macaca fascicularis dan 72 spesies burung, seperti belerang yang lebih rendah. kakatua jambul, Cacatua sulphurea, unggas semak berkaki jingga, Megapodius reinwardt, dan friarbird Philemon buceroides. Terumbu karang di tepi pantai Komodo beragam dan subur karena airnya yang jernih, sinar matahari yang intens, dan pertukaran air yang kaya nutrisi dengan cepat dari daerah yang lebih dalam di nusantara. 

Fauna dan flora laut umumnya sama dengan yang ditemukan di seluruh wilayah Indo Pasifik, meskipun kekayaan spesiesnya sangat tinggi, mamalia laut yang terkenal termasuk paus biru, Balaenoptera musculus dan paus sperma, Physeter catodon serta 10 spesies lumba-lumba, dugong, Dugong dugon dan lima jenis penyu.

Taman Nasional Komodo dikelola oleh pemerintah pusat Indonesia melalui Direktorat Jenderal Perlindungan Hutan dan Konservasi Alam Kementerian Kehutanan. Sejarah perlindungan yang diberikan situs kembali ke tahun 1938 sementara perlindungan resmi dimulai ketika Keputusan Menteri menyatakan daerah tersebut sebagai Taman Nasional 72.000 ha pada Maret 1980. Area ini kemudian diperluas menjadi 219.322 ha pada tahun 1984 untuk mencakup wilayah laut yang diperluas dan bagian daratan Flores. Terdiri dari Suaka Margasatwa Komodo (33.987 ha), Cagar Alam Pulau Rinca (19.625 ha), Cagar Alam Pulau Padar (1.533 ha), Hutan Lindung Mbeliling dan Nggorang (31.000 ha), Suaka Margasatwa Wae Wuul dan Mburak (3.000 ha) dan sekitarnya wilayah laut (130.177 ha) Cagar Biosfer Komodo diterima di bawah Program Manusia dan Biosfer UNESCO pada Januari 1977. Pada tahun 1990 sebuah undang-undang nasional, mengangkat mandat legislatif untuk konservasi ke tingkat parlemen dan presiden secara signifikan memberdayakan dasar hukum untuk perlindungan dan pengelolaan.

Candi Prambanan

Kompleks Candi Prambanan atau Prambanan Temple Compounds.  Kompleks Candi Prambanan, Dibangun pada abad ke-10, ini adalah kompleks candi terbesar yang didedikasikan untuk Siwa di Indonesia. 

Kompleks Candi Prambanan atau Prambanan Temple Compounds.  Kompleks Candi Prambanan, Dibangun pada abad ke-10, ini adalah kompleks candi terbesar yang didedikasikan untuk Siwa di Indonesia. 
Menjulang di atas pusat kotak konsentris terakhir ini adalah tiga candi yang dihiasi dengan relief yang menggambarkan epos Ramayana, yang didedikasikan untuk tiga dewa besar Hindu (Siwa, Wisnu dan Brahma) dan tiga candi yang didedikasikan untuk hewan yang melayani mereka.
Kompleks Candi Prambanan atau Prambanan Temple Compounds
Kompleks Candi Prambanan terdiri dari Candi Prambanan yang juga disebut Loro Jonggrang, Candi Sewu, Candi Bubrah dan Candi Lumbung. Candi Prambanan sendiri merupakan kompleks yang terdiri dari 240 candi. Semua candi yang disebutkan membentuk Taman Purbakala Prambanan dan dibangun pada masa kejayaan dinasti kuat Sailendra di Jawa pada abad ke-8 Masehi. Candi pramabanan dan kompleksnya ini terletak di perbatasan antara dua provinsi Yogyakarta dan Jawa Tengah di Pulau Jawa.

Kompleks Candi Prambanan atau Prambanan Temple Compounds
Sementara Loro Jonggrang, berasal dari abad ke-9, adalah contoh kebesaran dan kejayaan dari relief agama Hindu, Sewu, dengan empat pasang patung raksasa Dwarapala, adalah kompleks Buddha terbesar di Indonesia termasuk candi Lumbung, Bubrah dan Asu (candi Gana) . 
Megahnya Kompleks Candi Prambanan atau Prambanan Temple Compounds, Indonesia patut bangga dengan Warisan Budaya lkeluhur ini.
Candi-candi Hindu dihiasi dengan relief yang menggambarkan epos Ramayana versi Indonesia yang merupakan mahakarya pahatan batu. Ini dikelilingi oleh ratusan kuil yang telah diatur dalam tiga bagian yang menunjukkan teknologi dan arsitektur bangunan batu tingkat tinggi dari abad ke-8 Masehi di Jawa. Dengan lebih dari 500 candi, Kompleks Candi Prambanan tidak hanya mewakili kekayaan arsitektur dan budaya, tetapi juga bukti nyata kehidupan bersama yang damai di masa lalu.
Keindahan dan Kemegahan Kompleks Candi Prambanan atau Prambanan Temple Compounds yang menjadi bukti Bangsa Indonesia bangsa yang berbudaya

Secara integritas sebagai kriteria UNESCO, Kompleks Candi Prambanan terdiri dari dua kelompok bangunan yang meliputi kompleks Loro Jonggrang, Sewu, Lumbung, Bubrah dan Asu (Gana). 508 candi batu dengan berbagai bentuk dan ukuran baik dalam kondisi lengkap dan terpelihara atau telah dipertahankan sebagai reruntuhan. Situs ini mencakup semua elemen yang diperlukan untuk mengekspresikan signifikansinya yang luar biasa dan terpelihara dengan baik. Tidak ada ancaman pembangunan atau pengabaian; namun daerah tersebut rawan terhadap ancaman alam seperti gempa bumi dan letusan gunung berapi.

Secara keaslian atau Authenticity dari kriteria UNESCO, Kompleks Candi Prambanan berisi struktur asli yang dibangun pada abad ke-9 Masehi. Candi-candi runtuh akibat gempa bumi, letusan gunung berapi dan pergeseran kekuasaan politik pada awal abad ke-11, dan ditemukan kembali pada abad ke-17.

Welcome to Kompleks Candi Prambanan atau Prambanan Temple Compounds, Kejayaan Masa lalu bangsa Indonesia

Kompleks dan reruntuhan  ini tidak pernah dipindahkan atau diubah. Pekerjaan pemugaran telah dilakukan sejak tahun 1918, baik dengan metode tradisional asli batu yang saling mengunci maupun metode modern menggunakan beton untuk memperkuat struktur candi. Meskipun pekerjaan restorasi ekstensif telah dilakukan di masa lalu dan baru-baru ini setelah gempa bumi 2006, perhatian besar telah dilakukan untuk mempertahankan keaslian struktur.
Akurasi dan Ketelitian Bangunan Candi Kompleks Candi Prambanan atau Prambanan Temple Compounds

Persyaratan perlindungan dan manajemen atau Protection and management requirements, sebagai kriterian UNESCO, Properti tersebut telah ditetapkan sebagai Properti Budaya Nasional pada tahun 1998 dan undang-undang nasional yang dikeluarkan pada tahun 2010 juga mendukung perlindungan dan konservasi properti tersebut. Pengelolaan Kompleks Candi Prambanan diakomodasi dalam Keputusan Presiden tahun 1992 yang menetapkan 77 ha yang mencakup properti di bawah kepemilikan pemerintah pusat. Area ini dibagi menjadi dua zona. Pengelolaan Zona 1 atau kawasan dalam batas dilakukan oleh Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata di bawah dua kantor wilayah yang berbeda, yaitu Balai Pelestarian Purbakala Yogyakarta dan Jawa Tengah. Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko Tourism Park Ltd. bertanggung jawab atas Zona 2 yang terdiri dari zona penyangga. Dalam rangka pelaksanaan standar operasi pengamanan harta benda, pemerintah telah menetapkan peraturan tentang kawasan objek vital nasional. Semua peraturan telah ditegakkan dan dilaksanakan dengan baik.

Kompleks Candi Prambanan atau Prambanan Temple Compounds
Untuk meningkatkan pengelolaan properti, pemerintah mengeluarkan undang-undang pada tahun 2007 dan peraturan pemerintah tahun 2008 tentang penataan ruang nasional yang berarti bahwa penataan ruang di kawasan Warisan Budaya Dunia akan diprioritaskan. 

Kemegahan dan Keindahan Kompleks Candi Prambanan atau Prambanan Temple Compounds
Situs Prambanan telah ditetapkan sebagai salah satu kawasan strategis nasional yang terdiri dari Kompleks Candi Prambanan dan sisa-sisa candi terkait lainnya. Untuk menjamin perlindungan properti dalam jangka panjang, diperlukan pengelolaan dan regulasi terpadu yang mendukung pelestarian.

Kemegahan dan Keindahan Kompleks Candi Prambanan atau Prambanan Temple Compounds, The World Heritage

Taman Nasional Ujung Kulon

Taman Nasional Ujung Kulon atau   Ujung Kulon National Park, Taman nasional ini terletak di ujung paling barat daya Jawa di paparan Sunda, meliputi semenanjung Ujung Kulon dan beberapa pulau lepas pantai dan meliputi cagar alam Krakatau. Selain keindahan alam dan minat geologisnya – khususnya untuk studi tentang gunung berapi pedalaman – kawasan ini memiliki kawasan hutan hujan dataran rendah terbesar yang tersisa di dataran Jawa. Beberapa spesies tumbuhan dan hewan yang terancam punah dapat ditemukan di sana, badak Jawa menjadi yang paling serius terancam.

Taman Nasional Ujung Kulon atau   Ujung Kulon National Park, Taman nasional ini terletak di ujung paling barat daya Jawa di paparan Sunda

Taman Nasional Ujung Kulon, terletak di Provinsi Banten di ujung paling barat daya pulau Jawa yang berpenduduk padat, memiliki hutan dataran rendah terbaik dan terluas yang tersisa di pulau itu. Properti, termasuk semenanjung Ujung Kulon dan beberapa pulau lepas pantai mempertahankan keindahan alamnya dan memiliki flora dan fauna yang sangat beragam, menunjukkan evolusi proses geologis yang sedang berlangsung sejak letusan Krakatau pada tahun 1883. 
Berfoto di Lautan Jernih di Taman Nasional Ujung Kulon atau   Ujung Kulon National Park

Gunung berapi Krakatau sebagai bagian dari pembentukan properti, adalah yang paling terkenal dan dipelajari dari semua letusan gunung berapi modern, terutama karena efek yang menghancurkan sekitar 36.000 orang tewas terdaftar di seluruh belahan bumi utara. 

Alam yang sangat indah di Taman Nasional Ujung Kulon atau   Ujung Kulon National Park
Properti ini secara global penting sebagai habitat alami terakhir dan terpenting dari Badak Jawa, Rhinoceros sondaicus yang terancam punah, endemik, dan terancam punah bersama dengan beberapa spesies tumbuhan dan hewan lainnya yang terancam punah. 

Badak Jawa (Rhinoceros sondaicuspenghuni Taman Nasional Ujung Kulon yang terancam punah

Ujung Kulon diyakini sebagai tempat bertahan hidup terakhir populasi alami spesies ini, diperkirakan sekitar 60 individu. Tidak diketahui bagaimana ini dibandingkan dengan kepadatan historis, tetapi merupakan angka yang sangat rendah dari sudut pandang kelangsungan hidup spesies dan keragaman genetik yang layak. Mamalia terkenal lainnya di properti ini termasuk karnivora, seperti macan tutul, anjing liar (dhole), macan tutul kucing, kucing mancing, luwak jawa dan beberapa jenis musang. Ini juga merupakan rumah bagi tiga spesies primata endemik; owa jawa, kera daun jawa dan kera daun keperakan. Lebih dari 270 spesies burung telah dicatat dan reptil dan amfibi darat termasuk dua spesies ular sanca, dua spesies buaya dan banyak katak dan kodok.
Rusa yang hidup tenang di Pulau Peucang di KawasanTaman Nasional Ujung Kulon  

Kriteria Penetapan Taman Nasional Ujung Kulon sebagai Warisan Dunia, The World Heritage.

Kriteria 1 : 
Krakatau adalah salah satu contoh vulkanisme pulau terbaru yang paling terkenal di dunia dan properti dengan hutan, garis pantai dan pulau-pulaunya adalah pemandangan alam dengan daya tarik pemandangan yang tinggi. 
Badak Jawa (Rhinoceros sondaicus) penghuni Taman Nasional Ujung Kulon yang terancam punah
Ciri fisik Pulau Krakatau berpadu dengan laut di sekitarnya, vegetasi alami, suksesi vegetasi dan aktivitas vulkanik bergabung membentuk lanskap keindahan yang luar biasa. Selain itu, kombinasi vegetasi alami dataran rendah, hutan hujan tropis, padang rumput, hutan pantai, hutan bakau, dan terumbu karang di dalam properti, adalah keindahan yang luar biasa. Properti termasuk semenanjung Ujung Kulon dan beberapa pulau lepas pantai yang menunjukkan proses evolusi yang sedang berlangsung, terutama setelah letusan Krakatau yang dramatis pada tahun 1883.

Kawanan SapiLiar yang hidup tenang di Pulau Cidaun di KawasanTaman Nasional Ujung Kulon 
Kriteria 2: 
Mengandung tegakan hutan hujan dataran rendah paling luas yang tersisa di Jawa, habitat yang hampir menghilang di tempat lain di pulau itu dan berada di bawah tekanan berat di tempat lain di Indonesia dan Asia Tenggara, semenanjung Ujung Kulon menyediakan habitat yang sangat berharga dan penting bagi kelangsungan hidup sejumlah spesies tumbuhan dan hewan yang terancam, terutama Badak Jawa (Rhinoceros sondaicus) yang terancam punah. 
Plang The World Heritage di Pulau Cibom KawasanTaman Nasional Ujung Kulon  

Badak Jawa tidak diketahui muncul di alam liar di tempat lain di bumi dan Ujung Kulon diyakini mempertahankan populasi alami terakhir yang layak, diperkirakan sekitar 60 individu. Upaya untuk melindungi habitat dan individu badak Jawa yang tersisa telah menjadi simbol perlindungan hutan hujan yang penting di seluruh dunia, menambah pentingnya pengelolaan dan pelestarian ekosistem Ujung Kulon secara internasional. 
Panthera pardus macan tutul species khas TN Ujung Kulon

Properti ini juga menyediakan perlindungan berharga bagi 29 spesies lain dari badak Jawa. mamalia; sembilan di antaranya masuk dalam daftar merah IUCN dengan tiga spesies yang dianggap terancam punah dan termasuk macan tutul (Panthera pardus), owa jawa endemik (Mylobates moloch) dan monyet daun jawa (Presbytis comata). Avifauna yang tercatat di dalam properti mencakup 270 spesies sedangkan dua spesies buaya, Buaya Palsu yang terancam punah (Tomistoma schlegelii) dan buaya muara yang rentan (Crocodylus porosus) termasuk dalam spesies reptil dan amfibi yang tercatat untuk properti tersebut. Selain fauna yang kaya 57 jenis tumbuhan langka juga telah tercatat.
Kawanan Merak Hijau, Pulau Handeuleum  di KawasanTaman Nasional Ujung Kulon  

Integritas atau integruty sebagai salah satu penilaian UNESCO, Kawasan lindung tertua dan terbesar di pulau Jawa, batas properti mencakup area yang sangat luas yang cukup untuk melindungi pemandangannya yang luar biasa, nilai-nilai alam serta nilai-nilai keanekaragaman hayati yang penting yang menjamin prasasti pada Daftar Warisan Dunia. Massa vulkanik besar Krakatau mendominasi properti dan sepenuhnya terkandung dalam batas-batasnya.
Hutan di Pulau Cidaun di KawasanTaman Nasional Ujung Kulon 

Properti berisi semua habitat yang diperlukan untuk konservasi in-situ keanekaragaman hayati yang unik, termasuk habitat yang diperlukan untuk mendukung spesies yang terancam dan biota lain yang memiliki nilai universal yang luar biasa. Meskipun tidak mungkin lagi untuk menambah ukuran properti, lokasinya, khususnya di semenanjung, memberikan manajer unit geografis yang ideal untuk manajemen.
Kawanan Laut yang asri dan bersih Pulau Peucang di KawasanTaman Nasional Ujung Kulon 

Sejumlah wilayah komponen properti dikelilingi oleh zona penyangga dengan kegiatan di zona tersebut semakin diperhatikan dalam hal peraturan dari otoritas provinsi terkait, dengan saran dari badan pengelola. Perburuan Badak Jawa selalu menjadi masalah manajemen utama dan pemantauan yang cermat diperlukan untuk memastikan tidak ada perburuan ilegal terhadap spesies yang terancam punah ini serta keanekaragaman hayati unik lainnya yang terkandung dan dilindungi di dalam properti.
Berlagal menjadi Nelayan di Pulau Peucang  di KawasanTaman Nasional Ujung Kulon yang 

Persyaratan perlindungan dan manajemen atau Protection and management requirements, Lahan tersebut dikelola oleh pemerintah pusat melalui unit pelaksana teknis Direktorat Jenderal Perlindungan Hutan dan Konservasi Alam, Kementerian Kehutanan. Semenanjung, bersama dengan Pulau Panaitan didirikan sebagai cagar alam pada tahun 1921 dan kemudian ditetapkan ulang sebagai cagar alam dan diperluas pada tahun 1958 untuk mencakup beberapa pulau lepas pantai dan wilayah laut. Komponen daratan dari properti ini ditetapkan sebagai cagar alam pada tahun 1967 dan kompleks cagar alam Ujung Kulon dinyatakan sebagai taman nasional yang 'diusulkan' pada tahun 1980 dengan Cagar Alam Krakatau dimasukkan ke dalam situs tersebut pada tahun 1983.
Di Perkantoran Kementerian Kehutanan  di KawasanTaman Nasional Ujung Kulon 

Sejarah panjang tindakan konservasi di properti, sejak tahun 1921, telah membantu melindungi nilai-nilai yang terkandung di dalam batas-batas meskipun kurangnya dasar hukum yang kuat selama awal pembentukan cagar alam. Rencana pengelolaan jangka panjang Taman Nasional Ujung Kulon (2001-2020) menjadi dasar untuk menjaga keindahan alamnya dan melestarikan habitat kritisnya. 
Berpose bersama di Pantai Sumur, Desa terdekat di KawasanTaman Nasional Ujung Kulon 

Implementasi rencana pengelolaan telah membantu mengendalikan masalah perambahan ilegal, penebangan, dan penangkapan ikan komersial di dalam batas-batas properti. Zona penyangga pada batas tanah secara efektif memperkuat perlindungan properti dan di samping itu, keterlibatan berbagai pemangku kepentingan dari masyarakat lokal, nasional dan internasional telah meningkatkan perlindungan nilai dan integritasnya.
Menara pengamatan Satwa di Pulau Cidaun, kawasan Taman Nasional Ujung Kulon

Umumnya terpelihara dengan baik, tekanan perambahan terutama terbatas pada batas timur di daratan. Pengelolaan memprioritaskan kelangsungan hidup jangka panjang Badak Jawa bersama dengan spesies langka lainnya yang tercatat di dalam properti. Strategi dan Rencana Aksi Konservasi Badak di Indonesia (2007-2017) yang dikembangkan dengan proses partisipatif yang luas, terbuka, dan transparan telah sangat membantu kelangsungan hidup hewan yang terancam punah ini di masa depan. Strategi tersebut mengatasi ancaman dari perkawinan sedarah, pemanasan global, dan tekanan manusia dan termasuk pengembangan suaka alam baru di dalam properti dan situs di luar properti sebagai habitat tambahan bagi populasi badak.
Di Dermaga Pulau Handeuleum di KawasanTaman Nasional Ujung Kulon 

Perburuan badak Jawa secara historis menjadi masalah manajemen utama di dalam properti. Penguatan perlindungan melalui tindakan pengelolaan telah memungkinkan populasi tumbuh dengan prioritas tertinggi dari upaya konservasi adalah pelestarian in situ populasi, memungkinkan jumlah meningkat. 
Menikmati Keindahan Pantai di Pulau Peucang  di KawasanTaman Nasional Ujung Kulon 
Meningkatnya tekanan dari perambahan pertanian, pembalakan liar dan pengumpulan kayu bakar di wilayah terestrial dan penangkapan ikan komersial ilegal di dalam komponen laut taman terus menimbulkan ancaman terhadap nilai properti. Seiring dengan dampak dari pariwisata, semua masalah ini memerlukan pemantauan dan penegakan peraturan untuk memastikan konservasi properti jangka panjang.
 
Kawasan Taman Nasional Ujung Kulon

Situs Manusia Purba Sangiran

Situs Manusia Purba Sangiran atau Sangiran Early Man Site

50 fossils of Meganthropus palaeo and Pithecanthropus erectus/Homo erectus were found – half of all the world's known hominid fossils. Inhabited for the past one and a half million years, Sangiran is one of the key sites for the understanding of human evolution.

Situs Manusia Purba Sangiran, Penggalian di sini dari tahun 1936 hingga 1941 menghasilkan penemuan fosil hominid pertama di situs ini. Kemudian, 50 fosil Meganthropus palaeo dan Pithecanthropus erectus/Homo erectus ditemukan – setengah dari semua fosil hominid yang diketahui di dunia. Dihuni selama satu setengah juta tahun terakhir, Sangiran adalah salah satu situs kunci untuk memahami evolusi manusia.

Situs Manusia Purba Sangiran terletak sekitar 15 kilometer di utara kota Solo di Jawa Tengah, Indonesia, dengan luas 5.600 hektar. Ini menjadi terkenal setelah penemuan sisa-sisa Homo erectus dan artefak batu terkait (dikenal sebagai industri serpihan Sangiran) pada 1930-an. Terdapat urutan geologi yang sangat signifikan dari Pliosen Atas hingga akhir Pleistosen Tengah dengan menggambarkan evolusi manusia, fauna, dan budaya dalam 2,4 juta tahun terakhir. Properti ini juga menghasilkan lantai pendudukan arkeologi penting yang berasal dari Pleistosen Bawah sekitar 1,2 juta tahun yang lalu.

Makrofosil yang muncul berlimpah dari lapisan memberikan catatan rinci dan jelas dari banyak elemen fauna, sementara properti mengungkapkan lebih dari 100 individu Homo erectus, setidaknya 1,5 juta tahun yang lalu. Fosil-fosil ini menunjukkan proses evolusi manusia selama periode Pleistosen, terutama dari 1,5 hingga 0,4 juta tahun yang lalu. Dihuni selama satu setengah juta tahun terakhir, Sangiran adalah salah satu situs kunci untuk memahami evolusi manusia. Lebih banyak penemuan alat-alat batu telah dibuat sejak itu. Material manusia, fauna, dan perkakas batu ini diendapkan di dalam lapisan stratigrafinya yang tidak terputus.

Kriteria (iii): Properti ini adalah salah satu situs kunci untuk memahami evolusi manusia yang secara mengagumkan menggambarkan perkembangan Homo sapiens sapiens, lebih dari dua juta tahun dari Pleistosen Bawah hingga sekarang melalui fosil yang luar biasa (manusia dan hewan) dan material artifaktual yang dihasilkannya.


Kriteria (vi): Properti ini menampilkan banyak aspek evolusi fisik dan budaya manusia jangka panjang dalam konteks lingkungan. Ini akan terus begitu dan tetap informatif secara dinamis.


Integritas, Semua aspek potensi properti seperti fosil manusia dan hewan, serta artefak, ditemukan dalam konteks alaminya di dalam batas-batas wilayah yang dinominasikan. Seperti biasa dengan penemuan dari situs terbuka, bukti jarang ditemukan utuh karena proses erosi dan transportasi. Harus diakui bahwa agen-agen alam ini telah lama menjadi aktor yang paling efisien dalam penggalian Situs Manusia Purba Sangiran.



Keaslian, Properti ini menggambarkan urutan evolusi manusia, budaya, dan lingkungan selama dua juta tahun melalui bahan budaya dari lapisan aslinya, yang menunjukkan periode dan lingkungan tertentu.

Arkanik, Homo erectus Jawa yang laing tua

Persyaratan perlindungan dan manajemen atau Protection and management requirements, Untuk melindungi seluruh harta benda, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia mengeluarkan SK Nomor 070/1977. Dekrit ini mendeklarasikan kawasan Sangiran sebagai situs budaya evolusi manusia yang dilindungi secara nasional selama Pleistosen. Adapun perlindungan menyeluruh seperti pencegahan perdagangan fosil secara ilegal dan pemeliharaan kawasan (termasuk zonasi properti), pemerintah telah menerbitkan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1992 yang kemudian direvisi menjadi Nomor 11/2010. Erosi, longsor, dan proses transportasi di properti telah dilawan dengan penghijauan terus menerus yang dilakukan oleh pemerintah daerah. 
Tipik, Homo erectus terbanyak di Indonesia, Sangiran
Kegiatan penambangan pasir dihentikan pada tahun 2008 dan sekarang sudah tidak ada lagi kegiatan penambangan pasir. Sejak tahun 2008, properti tersebut telah dinyatakan sebagai Objek Vital Nasional, yang berarti dilindungi oleh Pemerintah Indonesia dan dianggap sebagai situs yang sangat penting bagi bangsa karena sumber daya budaya yang signifikan. 
Progresif Homo erectus di endapan aluvial
Properti ini sepenuhnya dikelola dan diatur sekarang oleh Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, karena perubahan birokrasi di Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata pada tahun 2012. Pemerintah melibatkan semua pemangku kepentingan yaitu masyarakat lokal, pemerintah daerah, dan universitas. , untuk mengelola properti di bawah pengawasan Kementerian. Master Plan dan Detail Engineering Design ditetapkan untuk pengelolaan jangka panjang, yang terdiri dari penelitian, perlindungan, dan pemanfaatan umum.
Situs Manusia Purba Sangiran, The HomeLand of Java Man
Untuk menjaga properti secara efektif, dikembangkan empat klaster tematika, yaitu klaster Krikilan (sebagai pusat pengunjung), klaster Ngebung (sejarah penemuan situs), klaster Bukuran (evolusi manusia), dan klaster Dayu (penelitian modern). 

Terkait pengelolaan pariwisata, keempat klaster tersebut akan dihubungkan melalui jalur khusus pariwisata. Masyarakat diharapkan mengunjungi semua cluster yang memakan waktu lebih dari satu hari. Perlindungan properti jangka panjang dilakukan dengan menetapkan properti sebagai Kawasan Strategis Nasional (in-progress), melibatkan masyarakat setempat dalam aspek konservasi. Di sisi lain, pengelolaan properti dilakukan secara tegas dan nirlaba oleh Badan Koordinasi, dengan melibatkan seluruh pemangku kepentingan di bawah arahan Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.


Taman Nasional Lorentz

Taman Nasional Lorentz atau Lorentz National Park.

Lorentz National Park is located in Indonesia’s Papua Province, along the ‘Pegunungan Mandala’ range, whose Puncak Cartenz (4884 m asl) is the highest peak in Southeast Asia


Taman Nasional Lorentz yang memiliki luas  sekitar 2,35 juta ha adalah kawasan lindung terbesar di Asia Tenggara. Ini adalah satu-satunya kawasan lindung di dunia yang menggabungkan transek utuh dan berkelanjutan dari lapisan salju hingga lingkungan laut tropis, termasuk lahan basah dataran rendah yang luas. Terletak di titik pertemuan dua lempeng benua yang bertabrakan, daerah ini memiliki geologi yang kompleks dengan pembentukan gunung yang berkelanjutan serta pemahatan besar oleh glasiasi. Daerah ini juga berisi situs fosil yang memberikan bukti evolusi kehidupan di New Guinea, tingkat endemisme yang tinggi dan tingkat keanekaragaman hayati tertinggi di wilayah tersebut.



Taman Nasional Lorentz terletak di Provinsi Papua di Indonesia, di sepanjang jajaran 'Pegunungan Mandala', yang Puncak Cartenz (4884 m dpl) adalah puncak tertinggi di Asia Tenggara. Properti ini mencakup area seluas 2,35 juta hektar, menjadikannya kawasan konservasi terbesar di Asia Tenggara dan membentang lebih dari 150 km dari pegunungan cordillera tengah Irian Jaya di utara hingga Laut Arafura di selatan.

Ditetapkan sebagai Taman Nasional pada tahun 1997 berdasarkan Keputusan Menteri Kehutanan, properti ini berisi berbagai ekosistem yang luar biasa, yang mewakili tingkat keanekaragaman hayati yang tinggi yang ditemukan di seluruh wilayah. Ini adalah salah satu dari hanya tiga wilayah tropis di dunia yang memiliki gletser dan mosaik sistem daratannya berkisar dari puncak gunung yang tertutup salju hingga lahan basah dataran rendah yang luas dan daerah pesisir. Properti ini juga berisi situs fosil, tingkat endemisme yang tinggi, dan keanekaragaman hayati terkaya di wilayah tersebut.


Tiga puluh empat jenis vegetasi dan 29 sistem lahan telah diidentifikasi di dalam properti bersama dengan sekitar 123 spesies mamalia yang tercatat, mewakili 80% dari total fauna mamalia di Irian Jaya. Mamalia yang tercatat termasuk dua dari tiga monotremata dunia; echidna berparuh pendek,  Tachyglossus aculeatus, dan echidna berparuh panjang Zaglossus bruijinii endemik New Guinea. Selain itu juga merupakan rumah bagi sejumlah besar spesies burung dengan kisaran terbatas (45) dan endemik (9). Properti ini memiliki keragaman budaya yang luar biasa, dengan tujuh kelompok etnis, yang mempertahankan gaya hidup tradisional mereka. Di dataran tinggi, masyarakatnya meliputi suku Amungme (Damal), Dani Barat, Dani Lembah Baliem, Moni dan Nduga, sedangkan di dataran rendah ada Asmat, Kamoro dan Sempan.



Kriteria penetapan Taman Nasional Lorentz sebagai warisan dunia 1: Geologi dan bentang alam Taman Nasional Lorentz menunjukkan bukti grafis sejarah bumi. Terletak di titik pertemuan dua lempeng benua yang bertabrakan, daerah ini memiliki geologi yang kompleks dengan pembentukan gunung yang berkelanjutan serta pemahatan besar oleh glasiasi dan akresi garis pantai. Pegunungan yang mendominasi adalah produk langsung dari tabrakan antara lempeng tektonik Australia dan Pasifik dan properti tersebut berisi titik tertinggi pegunungan Papua Nugini dan satu-satunya gletser yang tersisa di pulau itu. Ada juga bukti yang jelas dari garis pantai pasca glasial.

Secara grafis menggambarkan efek geomorfologi dari periode glasial dan pasca-glasial terakhir, pegunungan menunjukkan semua bentang alam glasial klasik termasuk danau dan morain. Selain itu, ada lima gletser kecil yang tersisa. Sementara kelima gletser mundur dengan cepat di bawah kondisi iklim saat ini, tidak ada bidang gletser tropis lain di dunia yang menunjukkan evolusi glasial sebaik yang ada di Taman Nasional Lorentz. Juga tidak ada contoh yang lebih baik di dunia tentang efek gabungan dari tumbukan lempeng tektonik dan pemahatan besar sekunder oleh peristiwa glasial dan pasca-glasial.

Kriteria penetapan Taman Nasional Lorentz 2 sebagaoi waroisan Dunia: Taman Nasional Lorentz adalah satu-satunya kawasan lindung di dunia yang menggabungkan transek ekologi berkelanjutan dari puncak gunung yang tertutup salju ke lingkungan laut tropis, termasuk lahan basah dataran rendah yang luas. Proses geofisika dan curah hujan tinggi yang ditemukan di sepanjang transek ini konsisten dengan perkembangan proses ekologi yang sedang berlangsung secara signifikan seperti pembagian properti menjadi dua zona yang berbeda: dataran rendah berawa dan daerah pegunungan tinggi di pusat cordillera. Gradien iklim, yang terbesar di seluruh pulau New Guinea dan seluruh wilayah tektonik Australia, terbentang dari zona nival dan gletser hingga zona ekuator dataran rendah dengan berbagai spesies dan komunitas fauna dan bunga yang terkait.

Taman Nasional Lorentz memberikan bukti endemisme yang sangat berkembang baik pada tumbuhan dan hewan, terutama untuk ketinggian pegunungan yang lebih tinggi, seperti yang diharapkan di wilayah yang menggabungkan pengangkatan yang sedang berlangsung dan pemanasan iklim.

Kriteria Penetapan Taman Nasional Lorentz sebagai Warisan Dunia 3: Proses pembentukan gunung yang terjadi dari waktu ke waktu telah memberikan perlindungan beriklim tropis bagi spesies tanaman Gondwanan purba selama pemanasan iklim yang telah terjadi sejak zaman es terakhir. Misalnya, hutan beech Nothofagus di Taman Nasional Lorentz terwakili dengan baik, meskipun kerabat terdekat mereka sebaliknya terbatas pada daerah beriklim sejuk di Australia tenggara, Selandia Baru, dan Andes selatan. Properti ini lebih dari sekadar habitat bagi banyak spesies langka, endemik, dan terbatas. Ukurannya yang besar dan integritas alaminya yang luar biasa membuatnya sangat penting untuk evolusi mereka yang sedang berlangsung serta konservasi jangka panjang mereka.


Efek refugial atau evolusi genetik lokal, atau keduanya, bermanifestasi sebagai spesies endemik lokal atau spesies dengan jangkauan terbatas. Sebagian besar biota yang kaya di Taman Nasional Lorentz adalah baru atau memiliki minat khusus bagi ilmu pengetahuan. Sejumlah spesies mamalia, termasuk penemuan baru-baru ini seperti kanguru pohon Dingiso (Dendrolagus mbaiso) yang ditemukan pada tahun 1994, telah berevolusi menjadi penghuni habitat khusus.

Properti ini mencakup area substansial dari dua Area Burung Endemik (EBA) yang teridentifikasi dengan total 45 burung rentang terbatas dan sembilan spesies endemik. Dua dari spesies burung jelajah terbatas, Burung Bungkuk Archbold (Archboldia papuensis), dan Cendrawasih MacGregor (Macgregoria pulchra), dianggap langka dan rentan. Mamalia yang tercatat di dalam properti termasuk dua dari tiga monotremata dunia; echidna berparuh pendek (Tachyglossus aculeatus), dan echidna berparuh panjang (Zaglossus bruijinii) endemik New Guinea. Taman Nasional Lorentz akan menjadi semakin penting untuk konservasi jangka panjang dari spesies yang telah tercatat dan banyak yang masih harus ditemukan.

Integritas atau Integrity Taman Nasional Lorentz, Salah satu fitur luar biasa dari properti ini adalah ukurannya yang besar, membentang lebih dari 150 km dari pegunungan cordillera tengah Irian Jaya di utara hingga Laut Arafura di selatan dan mencakup 2,5 juta ha, ini adalah kawasan lindung terbesar di Asia Tenggara, menjadikannya sebagai hutan tropis utuh yang signifikan secara global. Ini adalah satu-satunya kawasan lindung di dunia yang menggabungkan transek ekologi berkelanjutan dari pegunungan yang tertutup salju ke lingkungan laut tropis, termasuk lahan basah dataran rendah yang luas dan melindungi kompleks tangkapan sungai yang membentang dari lapisan es tropis ke laut tropis. Luasnya properti menjadi salah satu jaminan untuk memastikan keutuhan habitat yang ditampungnya, mulai dari gletser, vegetasi alpine, hutan pegunungan, hutan basah dataran rendah, rawa air tawar, hingga hutan bakau pesisir di Laut Arafura. Area luas yang termasuk dalam batas juga membantu menjaga tingkat keanekaragaman hayati yang tinggi yang ditemukan di taman termasuk spesies endemik yang jumlahnya banyak.

Beberapa ancaman perlu ditangani untuk memastikan integritas taman termasuk; tekanan pembangunan, pembangunan jalan, demarkasi batas, kegiatan pertambangan, eksplorasi minyak bumi, pembalakan liar, dampak dari penduduk manusia dan kapasitas pengelolaan dan sumber daya yang terbatas. Ada kebutuhan untuk mengembangkan rencana pengelolaan yang komprehensif untuk properti yang membahas masalah manajemen lapangan yang efektif terbatas serta perlindungan jangka panjang dari properti dari ancaman yang sedang berlangsung. Ukuran properti, selain memberikan tingkat perlindungan yang melekat, juga sangat memengaruhi tingkat pendanaan, kapasitas staf, dan keahlian teknis yang diperlukan untuk mengelola secara efektif. Masalah dan ancaman ini perlu ditangani secara lebih rinci untuk memastikan nilai universal yang luar biasa dari taman tetap utuh dan pengelolaannya terjamin. Ancaman yang telah diidentifikasi sebelumnya, seperti batas-batas properti yang tidak jelas dan kegiatan penangkapan ikan secara ilegal, tidak lagi dianggap sebagai ancaman utama, tetapi memerlukan pemantauan berkelanjutan untuk memastikan pemeliharaan integritas properti.

Persyaratan perlindungan dan manajemen atau Protection and management requirements, Pengelolaan Properti Warisan Dunia Taman Nasional Lorentz berada di bawah kewenangan Direktorat Jenderal Perlindungan Hutan dan Konservasi Alam, Kementerian Kehutanan Republik Indonesia. Perlindungan formal pertama yang ditawarkan kepada properti mencakup area inti lanskap Lorentz dan diterapkan pada tahun 1919 oleh Pemerintah Kolonial Belanda dan dihapus sebagai akibat konflik dengan masyarakat lokal mengenai kepemilikan tanah. Cagar Alam Ketat kemudian didirikan pada tahun 1978 dengan Taman Nasional Lorentz (2.505.600 ha) yang ditetapkan dengan Keputusan Menteri pada tahun 1997 berdasarkan Undang-Undang No. 41 tentang Kehutanan, 1999. Properti ini juga dilindungi oleh Undang-Undang No. 5 Tahun 1990 Tentang Konservasi Keanekaragaman Hayati dan Ekosistem.

Tanggung jawab pengelolaan kawasan lindung di Indonesia berada pada Direktorat Perlindungan Hutan dan Konservasi Alam (PHKA) di lingkungan Departemen Kehutanan di Pemerintah Pusat. Pengelolaan operasional telah dilakukan oleh Balai Taman Nasional Lorentz sejak tahun 2007 berdasarkan Peraturan Menteri Kehutanan 29/2006 yang menetapkan struktur pengelolaan untuk properti tersebut.

Warisan Hutan Hujan Tropis Sumatera

Warisan Hutan Hujan Tropis Sumatera atau Tropical Rainforest Heritage of Sumatra

The Tropical Rainforest Heritage of Sumatra (TRHS), Indonesia comprises three widely separated National Parks; Gunung Leuser (GLNP), Kerinci Seblat (KSNP) and Bukit Barisan Selatan (BBSNP), and covers a total area of 2,595,124hectares, constituting one of the biggest conservation areas in Southeast Asia.

Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam, Sumatera Utara (Sumatera Utara), Jambi, Sumatera Barat (Sumatera Barat), Sumatera Selatan (Sumatera Selatan), Bengkulu, dan Lampung di Pulau Sumatera. S2 30 0 E101 30 0, Tanggal Prasasti: 2004.

Tropical Rainforest Heritage of Sumatra, Situs Warisan Hutan Hujan Tropis Sumatera seluas 2,5 juta hektar terdiri dari tiga taman nasional: Taman Nasional Gunung Leuser, Taman Nasional Kerinci Seblat dan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan. Situs ini memiliki potensi terbesar untuk konservasi jangka panjang dari biota khas dan beragam Sumatera, termasuk banyak spesies yang terancam punah. Kawasan lindung adalah rumah bagi sekitar 10.000 spesies tanaman, termasuk 17 genus endemik; lebih dari 200 spesies mamalia; dan sekitar 580 jenis burung dimana 465 adalah penduduk dan 21 adalah endemik. Dari spesies mamalia, 22 adalah Asia, tidak ditemukan di tempat lain di nusantara dan 15 terbatas di wilayah Indonesia, termasuk orangutan sumatera endemik. Situs ini juga menyediakan bukti biogeografis dari evolusi pulau tersebut.

Warisan Hutan Hujan Tropis Sumatera - Tropical Rainforest Heritage of Sumatra (TRHS), Indonesia terdiri dari tiga Taman Nasional yang terpisah; Gunung Leuser (TNGL), Kerinci Seblat (TNKS) dan Bukit Barisan Selatan (TNBBS), dan mencakup area seluas 2.595.124 hektar, yang merupakan salah satu kawasan konservasi terbesar di Asia Tenggara. Situs ini terletak di jajaran Bukit Barisan dan memiliki potensi terbesar untuk konservasi jangka panjang dari keanekaragaman hayati Sumatera, termasuk banyak spesies yang terancam punah.

Keanekaragaman hayati properti luar biasa baik dari segi jumlah spesies dan keunikan. Diperkirakan terdapat 10.000 spesies tumbuhan, termasuk 17 genus endemik. Keanekaragaman hewan di - Tropical Rainforest Heritage of Sumatra TRHS juga mengesankan, dengan 201 spesies mamalia dan sekitar 580 spesies burung, di mana 465 adalah residen dan 21 adalah endemik. Dari spesies mamalia, 22 endemik di Sundalandia dan 15 terbatas di wilayah Indonesia, termasuk endemik orangutan sumatera. Spesies mamalia utama juga termasuk harimau sumatera, badak, gajah, dan beruang madu Malaya.
Panthera tigris sumatrae species endemik Hutan Sumatra yang terancam punah
TRHS termasuk gunung berapi tertinggi di Indonesia, Gunung Kerinci (3.805 m dpl) bersama dengan banyak fitur fisik lainnya dari keindahan alam yang luar biasa, termasuk; Danau Gunung Tujuh danau tertinggi di Asia Tenggara, banyak danau vulkanik dan glasial lainnya, fumarol, air terjun, sistem gua, dan latar belakang berbatu yang curam. Taman Nasional Gunung Leuser dan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan memiliki bagian depan ke Samudera Hindia, membuat rentang ketinggian TRHS terbentang dari pegunungan tertinggi di Sumatera hingga permukaan laut. Ketiga kawasan lindung di TRHS menunjukkan zonasi vegetasi ketinggian yang luas, dari hutan hujan dataran rendah hingga hutan pegunungan, meluas ke hutan rendah sub-alpin, semak belukar dan semak belukar dan mencakup keanekaragaman ekosistem yang menakjubkan.

Kriteria Penetapan Warisan Dunia Tropical Rainforest Heritage of Sumatra  : Taman-taman yang merupakan Warisan Hutan Hujan Tropis Sumatera semuanya terletak di punggung utama Pegunungan Bukit Barisan yang menonjol, yang dikenal sebagai ‘Andes Sumatera’. Pemandangan indah yang luar biasa berlimpah di semua skala. Pegunungan di setiap situs menyajikan latar belakang pegunungan yang menonjol ke dataran rendah Sumatera yang menetap dan berkembang. Perpaduan antara Danau Gunung Tujuh yang sangat indah (danau tertinggi di Asia Tenggara), keindahan gunung berapi raksasa Gunung Kerinci, banyak danau vulkanik, pesisir dan glasial kecil dalam pengaturan hutan alami, fumarol yang menyemburkan asap dari pegunungan berhutan dan banyak air terjun dan sistem gua dalam pengaturan hutan hujan yang rimbun, menekankan keindahan luar biasa dari Warisan Hutan Hujan Tropis Sumatera.
Orangutan Sumatra, Pongo robbelii, Orang hutan endemik Sumatra yang terancam punah

Kriteria Penetapan Tropical Rainforest Heritage of Sumatra 2: Warisan Hutan Hujan Tropis Sumatera merupakan blok hutan terpenting di pulau Sumatera untuk konservasi keanekaragaman hayati baik hutan dataran rendah maupun hutan pegunungan. Pulau hutan hujan tropis yang dulu luas ini, dalam waktu hanya 50 tahun, telah direduksi menjadi sisa-sisa yang terisolasi termasuk yang berpusat pada tiga komponen properti. Ekosistem Leuser, termasuk Taman Nasional Gunung Leuser, sejauh ini merupakan sisa hutan terbesar dan paling signifikan yang tersisa di Sumatera. Ketiga taman tidak diragukan lagi akan menjadi perlindungan iklim yang penting bagi spesies selama waktu evolusioner dan sekarang telah menjadi perlindungan yang sangat penting untuk proses evolusi di masa depan.
Rafflesia arnoldi yang saya temui di Hutan Sumatra, tepatnya di Bengkulu, di Hutan Bukit Kaba
Kriteria penetapan Tropical Rainforest Heritage of Sumatra x: Ketiga taman yang merupakan Warisan Hutan Hujan Tropis Sumatera adalah kawasan dengan habitat yang sangat beragam dan keanekaragaman hayati yang luar biasa. Secara kolektif, ketiga lokasi tersebut mencakup lebih dari 50% dari total keanekaragaman tumbuhan Sumatera. Sedikitnya 92 spesies endemik lokal telah teridentifikasi di Taman Nasional Gunung Leuser. Properti ini berisi populasi bunga terbesar di dunia, Rafflesia arnoldi dan bunga tertinggi, Amorphophallus titanium. Hutan dataran rendah peninggalan di lokasi sangat penting untuk konservasi keanekaragaman hayati tumbuhan dan hewan dari hutan dataran rendah Asia Tenggara yang menghilang dengan cepat. Demikian pula, hutan pegunungan, meskipun kurang terancam, sangat penting untuk konservasi vegetasi pegunungan khas properti.
Menyaksikan mekarnya Rafflesia arnoldi
Integritas Tropical Rainforest Heritage of Sumatra, Properti serial ini terletak di garis khatulistiwa dan terdiri dari tiga kawasan lindung nasional yang terpisah di sepanjang Pegunungan Bukit Barisan, membentang dari Aceh di barat laut hingga Bandar Lampung di tenggara dan mewakili seluruh atau sebagian dari tiga pulau sisa yang paling signifikan. ” dari hutan Sumatera yang dulu luas. Proses biologis dan ekologis dilestarikan di dalam properti karena mengandung sejumlah besar ekosistem, jenis hutan, rentang ketinggian dan topografi. Fitur Sumatera yang sangat indah seperti Gunung Tujuh dan Gunung Kerinci terkandung di dalam situs secara keseluruhan.

Bentuk dan ukuran yang unik dari properti menyediakan habitat yang signifikan untuk konservasi in-situ dari ribuan spesies Sumatera, khususnya spesies yang membutuhkan wilayah jelajah yang lebih besar seperti harimau sumatera, orang utan sumatera, gajah sumatera, badak sumatera dan kukuk tanah sumatera. Properti ini adalah laboratorium hidup untuk sains dan berisi beberapa pusat penelitian terkemuka di Indonesia (Way Cangguk, Ketambe dan Suaq Belimbing) dan menjadi tuan rumah kolaborasi tingkat tinggi internasional dari institusi terkenal dunia.


Ancaman terhadap integritas properti termasuk rencana pembangunan jalan serta perambahan pertanian. Proses ancaman fundamental utama secara langsung terkait dengan akses yang disediakan oleh jalan dan kegagalan untuk menegakkan hukum yang ada secara efektif. Akses jalan memfasilitasi pembalakan liar, perambahan dan perburuan liar yang semuanya menimbulkan ancaman signifikan terhadap integritas taman komponen properti. Kolaborasi dengan pemangku kepentingan, termasuk Unit Perlindungan Badak (RPU), Patroli Gajah WWF, Perlindungan dan Konservasi Harimau FFI, Zoological Society of London – Konservasi Harimau telah mengurangi insiden perburuan secara signifikan. Patroli bersama dengan pihak terkait termasuk aparat kepolisian dan aparat pemerintah daerah, serta penjaga hutan yang direkrut dari masyarakat setempat, mendukung Kementerian Kehutanan untuk menegakkan hukum yang ada.

Persyaratan perlindungan dan manajemen atau Protection and management requirements Tropical Rainforest Heritage of Sumatra TRHS terdiri dari tiga taman nasional, dan karenanya mendapat manfaat dari status kawasan lindung tertinggi menurut hukum Indonesia. Ketiga taman tersebut merupakan lahan publik yang ditetapkan sebagai taman nasional oleh Pemerintah Indonesia dan dikelola oleh Direktorat Jenderal Perlindungan Hutan dan Konservasi Hutan (PHKA) di lingkungan Kementerian Kehutanan. Batas-batas dari tiga bagian komponen properti memerlukan demarkasi yang jelas untuk menunjukkan lokasinya di lapangan. Hal ini sangat penting berkaitan dengan pengelolaan properti yang efektif dan penyertaan sumber daya habitat nasional yang penting, tetapi hanya sebagian kecil dari perimeter properti yang dapat ditandai per tahun. Untuk Taman Nasional Kerinci Seblat, masuknya 14.160 hektar bekas hutan produksi di kawasan Sipurak Hook pada tahun 2004, menunda proses demarkasi baru-baru ini karena tanggapan negatif dari penduduk kawasan itu.
Panthera tigris sumatrae species endemik Hutan Sumatra yang terancam punah
Properti ini memiliki rencana pengelolaan yang jelas dan kuat dan masing-masing termasuk dalam Strategi dan Rencana Aksi Nasional Keanekaragaman Hayati Indonesia. Forum pemangku kepentingan telah dibentuk di setiap taman dan mencakup dialog dua tahunan dengan pemerintah daerah, LSM nasional dan internasional, masyarakat lokal dan sektor swasta. Namun, ada variasi dalam keterlibatan dan kontribusi para pemangku kepentingan ini di tiga taman, yang perlu ditangani. Koordinasi intensif antara pengelola taman tetap menjadi prioritas dengan pengakuan bahwa langkah-langkah perlindungan yang koheren dan terkoordinasi di antara ketiga taman adalah yang terpenting dalam perlindungan yang efektif bagi flora dan fauna, dan khususnya untuk spesies yang terancam.
Panthera tigris sumatrae species endemik Hutan Sumatra yang terancam punah
Keputusan Presiden tentang Pemberantasan Penebangan Liar dan Pemberantasan Gergaji Kayu pada tahun 2005 ditindaklanjuti dengan upaya terpadu dari pemerintah provinsi dan kabupaten, serta dari Departemen Kehakiman, Kepolisian dan Kehutanan. Akibatnya ancaman ini telah hampir diberantas dari properti. Pertambangan, yang terjadi secara eksklusif di luar batas properti, tetap menjadi ancaman potensial terhadap properti. Di dalam properti, unit anti-perburuan aktif, sementara upaya mitigasi konflik manusia-satwa liar khusus lokasi dan upaya anti-perambahan dilakukan. Perambahan tetap menjadi masalah paling kompleks dan sulit yang mempengaruhi properti dan upaya untuk mengatasinya di tingkat nasional melalui “Kelompok Kerja Penanganan Perambahan”, diperlukan Satuan Tugas Anti Perambahan di seluruh Indonesia. Ancaman terhadap integritas properti dari pembangunan jalan memerlukan perencanaan yang efektif, penilaian lingkungan dan langkah-langkah peraturan untuk melindungi properti dari kerusakan Nilai Universal yang Luar Biasa.

Lanskap Budaya Provinsi Bali : Sistem Subak

Lanskap Budaya Provinsi Bali, Sistem Subak Sebagai Perwujudan Filosofi Tri Hita Karana atau Cultural Landscape of Bali Province: the Subak System as a Manifestation of the Tri Hita Karana Philosophy.

Rice, the water that sustains it, and subak , the cooperative social system that controls the water, have together shaped the landscape over the past thousand years and are an integral part of religious life.
  • S8 15 33 E115 24 10
  • Date of Inscription: 2012
  • Criteria: (ii)(iii)(v)(vi)
  • Property : 19,519.9 ha
  • Buffer zone: 1,454.8 ha

Lanskap Budaya Provinsi Bali: Sistem Subak Sebagai Perwujudan Filosofi Tri Hita Karana, Lanskap budaya Bali terdiri dari lima sawah dan pura airnya yang mencakup 19.500 ha. Candi adalah fokus dari sistem pengelolaan air bersama untuk kanal dan bendung, yang dikenal sebagai subak, yang berasal dari abad ke-9. Termasuk dalam lanskap adalah Kuil Air Kerajaan abad ke-18 dari Pura Taman Ayun, bangunan arsitektur terbesar dan paling mengesankan dari jenisnya di pulau itu. Subak mencerminkan konsep filosofis Tri Hita Karana, yang menyatukan alam ruh, dunia manusia dan alam. Filosofi ini lahir dari pertukaran budaya antara Bali dan India selama 2.000 tahun terakhir dan telah membentuk lanskap Bali. Sistem subak dari praktik pertanian yang demokratis dan egaliter telah memungkinkan orang Bali menjadi petani padi paling produktif di nusantara meskipun menghadapi tantangan untuk mendukung populasi yang padat.

Barisan gunung berapi mendominasi lanskap Bali dan menyediakan tanah subur yang dikombinasikan dengan iklim tropis basah, menjadikannya tempat yang ideal untuk budidaya tanaman. Air dari sungai-sungai telah dialirkan ke kanal-kanal untuk mengairi lahan, memungkinkan penanaman padi baik di lahan datar maupun di teras pegunungan.

Padi, air yang menopangnya, dan subak , sistem sosial kooperatif yang mengendalikan air, telah bersama-sama membentuk lanskap selama seribu tahun terakhir dan merupakan bagian integral dari kehidupan keagamaan. Beras dipandang sebagai pemberian dewa, dan sistem subak adalah bagian dari budaya pura. Air dari mata air dan kanal mengalir melalui candi dan keluar ke sawah. Pura air menjadi fokus kerjasama pengelolaan sumber daya air oleh sekelompok subak. Sejak abad ke-11 jaringan candi air telah mengelola ekologi sawah pada skala seluruh daerah aliran sungai. Mereka memberikan respons unik terhadap tantangan untuk mendukung populasi padat di pulau vulkanik yang terjal.

Sistem subak secara keseluruhan mencontohkan prinsip filosofis Bali Tri Hita Karana yang menyatukan alam roh, dunia manusia dan alam. Ritual kuil air mempromosikan hubungan yang harmonis antara manusia dan lingkungan mereka melalui keterlibatan aktif orang-orang dengan konsep ritual yang menekankan ketergantungan pada kekuatan pendukung kehidupan dari dunia alami.

Secara total Bali memiliki sekitar 1.200 kelompok air dan antara 50 dan 400 petani mengelola pasokan air dari satu sumber air. Properti ini terdiri dari lima situs yang menunjukkan komponen alam, agama, dan budaya yang saling berhubungan dari sistem subak tradisional, di mana sistem subak masih berfungsi penuh, di mana petani masih menanam padi tradisional Bali tanpa bantuan pupuk atau pestisida, dan dimana lanskap secara keseluruhan terlihat memiliki konotasi sakral.

Situs-situs tersebut adalah Pura Air Tertinggi Pura Ulun Danu Batur di tepi Danau Batur yang danau kawahnya dianggap sebagai sumber utama setiap mata air dan sungai, Lanskap Subak DAS Pakerisan sistem irigasi tertua yang diketahui di Bali, Subak Lanskap Catur Angga Batukaru dengan teras-teras yang disebutkan dalam prasasti abad ke-10 menjadikannya salah satu yang tertua di Bali dan contoh utama arsitektur pura Bali Klasik, dan pura Air Kerajaan Pura Taman Ayun, pura air regional terbesar dan paling terkenal secara arsitektur, mencontohkan perluasan penuh sistem subak di bawah kerajaan Bali terbesar abad ke-19.

Komponen subak adalah hutan yang melindungi pasokan air, lanskap sawah bertingkat, sawah yang dihubungkan oleh sistem kanal, terowongan dan bendung, desa, dan pura dengan berbagai ukuran dan kepentingan yang menandai sumber air atau jalurnya melalui pura. dalam perjalanan menuruni bukit untuk mengairi lahan subak.

Kriteria (iii): Tradisi budaya yang membentuk lanskap Bali, setidaknya sejak abad ke-12, adalah konsep filosofis kuno Tri Hita Karana. Jemaat candi air, yang menopang pengelolaan air lanskap subak, bertujuan untuk mempertahankan hubungan yang harmonis dengan alam dan dunia spiritual, melalui serangkaian ritual, persembahan, dan pertunjukan artistik yang rumit.

Kriteria (v): Lima lanskap di Bali merupakan kesaksian luar biasa terhadap sistem subak, sistem demokrasi dan egaliter yang berfokus pada pura air dan kontrol irigasi yang telah membentuk lanskap selama seribu tahun terakhir. Sejak abad ke-11 jaringan candi air telah mengelola ekologi sawah pada skala seluruh daerah aliran sungai. Mereka memberikan respons unik terhadap tantangan untuk mendukung populasi padat di pulau vulkanik terjal yang hanya ada di Bali.

Kriteria (vi): Pura air Bali adalah institusi unik, yang selama lebih dari seribu tahun telah mengambil inspirasi dari beberapa tradisi agama kuno, termasuk Saivasiddhanta dan Hindu Samkhyā, Buddha Vajrayana dan kosmologi Austronesia. Upacara-upacara yang terkait dengan pura dan perannya dalam pengelolaan praktis air bersama-sama mengkristalkan gagasan filosofi Tri Hita Karana yang mempromosikan hubungan yang harmonis antara alam roh, dunia manusia dan alam. Konjungsi gagasan ini dapat dikatakan sangat penting dan langsung terwujud dalam cara lanskap telah berkembang dan dikelola oleh masyarakat lokal dalam sistem subak.

Integritas, Properti ini sepenuhnya mencakup atribut utama dari sistem subak dan dampak mendalam yang dimilikinya terhadap lanskap Bali. Proses-proses yang membentuk bentang alam, berupa pertanian beririgasi, terasering yang diselenggarakan dengan sistem subak, masih hidup dan tangguh. Daerah pertanian semuanya masih digarap secara berkelanjutan oleh masyarakat setempat dan persediaan air mereka dikelola secara demokratis oleh pura air.

Tidak ada bagian komponen yang terancam tetapi lanskap bertingkat sangat rentan terhadap berbagai perubahan sosial dan ekonomi, seperti perubahan praktik pertanian dan peningkatan tekanan pariwisata. Sistem pengelolaan perlu memberikan dukungan untuk mempertahankan sistem tradisional dan memberikan manfaat yang memungkinkan petani untuk tetap tinggal di lahan tersebut.

Lebih jauh lagi, pengaturan berbagai situs rapuh dan di bawah tekanan dari pembangunan terutama yang terkait dengan pariwisata. Pengaturan visual untuk lima situs melampaui batas dan dalam banyak kasus di luar zona penyangga. Dalam beberapa kasus, beberapa perkembangan yang merugikan telah terjadi. Penting untuk melindungi konteks situs yang lebih luas untuk menghindari hilangnya integritas visual lebih lanjut. Pengelolaan air juga merupakan elemen penting dalam menjaga kualitas visual properti.

Keaslian, Keaslian lanskap bertingkat, hutan, struktur pengelolaan air, candi dan tempat suci dalam hal cara mereka menyampaikan Nilai Universal yang Luar Biasa dan mencerminkan sistem subak dengan jelas.

Namun interaksi keseluruhan antara manusia dan lanskap sangat rentan dan, jika situs tersebut masih mencerminkan hubungan yang harmonis dengan dunia spiritual dan konsep filosofis kuno Tri Hita Karana , sistem pengelolaan harus menawarkan dukungan positif. .

Bangunan desa telah kehilangan sebagian keasliannya dalam hal bahan dan konstruksi, meskipun secara fungsional masih terkait dengan lanskap.

Persyaratan perlindungan dan manajemen, Kerangka hukum yang luas untuk perlindungan properti ditetapkan oleh Keputusan Provinsi tahun 2008 untuk konservasi dan perencanaan tata ruang untuk lokasi yang diusulkan. Kerangka hukum khusus untuk kawasan tersebut telah ditetapkan melalui Nota Kesepahaman antara Pemerintah Bali dan Kabupaten Bali untuk Penetapan Kawasan Strategis Bali. Perjanjian ini secara hukum mengkodifikasikan konservasi dan perencanaan tata ruang untuk lima situs, termasuk warisan berwujud dan tidak berwujud serta ekosistem pertanian dan hutan di dalam batas-batas situs. Keputusan Provinsi ini didasarkan pada UU No. 26/2007, dan Keputusan Pemerintah Pusat No. 26/2008, tentang Penataan Ruang dan Penetapan Kawasan Strategis Nasional untuk konservasi lanskap budaya kritis.
Sebagian besar subak memiliki kode hukum tertulis, yang disebut awig-awig, yang merinci hak dan tanggung jawab keanggotaan subak. Awig-awig, atau peraturan perundang-undangan adat, termasuk pengelolaan subak dan perlindungan tradisional dan pelestarian kekayaan budaya diatur dalam Peraturan Daerah Provinsi Bali Nomor 5 (2005) Pasal 19, yang memperjelas zonasi untuk situs-situs keramat yang dilindungi seperti pura, berdasarkan pada awig-awig lokal. Sawah di dalam situs juga dilindungi dari pengembangan pariwisata skala besar oleh Keputusan Kabupaten Tabanan No 9/2005. Candi dan situs arkeologi saat ini dilindungi oleh Undang-Undang Nasional No.5/1992 tentang Benda Cagar Budaya. Lokasi komponen dirancang sebagai Kawasan Strategis yang dapat menerima tingkat dukungan yang tidak biasa dari Pemerintah Provinsi. 
More about this source textSource text required for additional translation information

Warisan Tambang Batubara Ombilin Sawahlunto

Warisan Tambang Batubara Ombilin Sawahlunto atau Ombilin Coal Mining Heritage of Sawahlunto.

Built to exploit the exceedingly rich Ombilin coal deposits, located in the inaccessible mountains of West Sumatra, the Ombilin Coal Mining Heritage of Sawahlunto is an extensive technological ensemble consisting of twelve components located in three functionally-related areas
Warisan Tambang Batubara Ombilin Sawahlunto atau Ombilin Coal Mining Heritage of Sawahlunto.
Warisan Tambang Batubara Ombilin Sawahlunto, Dibangun untuk ekstraksi, pemrosesan, dan pengangkutan batubara berkualitas tinggi di wilayah Sumatra yang sulit dijangkau, lokasi industri ini dikembangkan oleh pemerintah Hindia Belanda pada periode industrialisasi yang penting secara global dari akhir abad ke-19 hingga awal abad ke-20. . Tenaga kerja direkrut dari masyarakat lokal Minangkabau dan dilengkapi dengan tenaga kontrak Jawa dan Tionghoa, serta narapidana dari daerah yang dikuasai Belanda. Ini terdiri dari lokasi pertambangan dan kota perusahaan, fasilitas penyimpanan batubara di pelabuhan Emmahaven dan jaringan kereta api yang menghubungkan tambang ke fasilitas pantai. Warisan Pertambangan Batubara Ombilin dibangun sebagai sistem terintegrasi yang memungkinkan ekstraksi, pemrosesan, pengangkutan, dan pengiriman batubara dalam lubang dalam yang efisien. Ini juga merupakan kesaksian yang luar biasa dari pertukaran dan perpaduan antara pengetahuan dan praktik lokal dan teknologi Eropa.

Warisan Penambangan Batubara Ombilin Sawahlunto adalah contoh luar biasa dari ansambel teknologi perintis yang direncanakan dan dibangun oleh para insinyur Eropa di koloni mereka yang dirancang untuk mengekstraksi sumber daya batubara strategis. 
Lubang Mbah Soero, Warisan Tambang Batubara Ombilin Sawahlunto atau Ombilin Coal Mining Heritage of Sawahlunto.

Perkembangan teknologi menunjukkan baik pengetahuan teknik Eropa dan kontribusi kearifan lingkungan lokal dan praktik tradisional dalam organisasi tenaga kerja. Ini juga menunjukkan dampak mendalam dan abadi dari perubahan dalam hubungan sosial produksi yang dipaksakan oleh kekuatan kolonial Eropa di koloni mereka, yang menyediakan input material dan tenaga kerja yang menopang industrialisasi di seluruh dunia pada paruh kedua abad ke-19 dan awal abad ke-20. Banyak pekerja terampil dan tidak terampil termasuk orang Minangkabau lokal, pekerja kontrak Jawa dan Tionghoa, dan narapidana yang disebut ‘orang yang dirantai’ - ‘chained people’  atau orang rantai dari wilayah yang dikuasai Belanda di Indonesia saat ini.

Dibangun untuk mengeksploitasi deposit batubara Ombilin yang sangat kaya, terletak di pegunungan Sumatera Barat yang tidak dapat diakses, Warisan Pertambangan Batubara Ombilin Sawahlunto adalah ansambel teknologi ekstensif yang terdiri dari dua belas komponen yang terletak di tiga area yang terkait secara fungsional: 
Area A, terdiri dari tambang terbuka tambang dan terowongan penambangan bawah tanah labirin bersama dengan fasilitas pemrosesan batubara di lokasi, didukung oleh kota penambangan yang dibangun dengan fasilitas lengkap di dekat Sawahlunto; 
Area B, jalur rel gunung membentuk rak yang direkayasa dengan cerdik bersama dengan banyak jembatan rel dan terowongan, menghubungkan tambang ke pelabuhan pesisir, melintasi 155 kilometer medan pegunungan yang terjal; dan 
Area C, pelabuhan yang dikeruk dan pelabuhan yang baru dibangun di Emmahaven di pantai Samudera Hindia Sumatera dari mana batubara dikirim ke seluruh Hindia Belanda dan ke Eropa.
Warisan Tambang Batubara Ombilin Sawahlunto atau Ombilin Coal Mining Heritage of Sawahlunto.
Kriteria Penetapan  Warisan Tambang Batubara Ombilin Sawahlunto atau Ombilin Coal Mining Heritage of Sawahlunto.  sebagai Warisan Dunia, The World Heritage.
Kriteria 1: Warisan Pertambangan Batubara Ombilin Sawahlunto menunjukkan pertukaran teknologi pertambangan yang signifikan antara Eropa dan koloninya selama paruh kedua abad ke-19 dan awal abad ke-20. Ansambel teknologi yang kompleks ini direncanakan dan dibangun sebagai sistem terintegrasi penuh yang dirancang untuk memungkinkan ekstraksi, pemrosesan, pengangkutan, dan pengiriman batubara berkualitas industri yang efisien. Desain keseluruhan dan pelaksanaan bertahapnya menunjukkan transfer pengetahuan teknik dan praktik pertambangan yang sistematis dan berkepanjangan yang dimaksudkan untuk mengembangkan industri pertambangan di Hindia Belanda. Ini lebih lanjut dibentuk oleh pengetahuan lokal tentang formasi geologi di lingkungan tropis, dan oleh praktik tradisional setempat.

Kriteria 2 Warisan Pertambangan Batubara Ombilin Sawahlunto adalah contoh luar biasa dari rangkaian teknologi yang dirancang untuk efisiensi maksimum dalam ekstraksi sumber daya alam utama yang strategis – dalam hal ini batu bara kelas industri. Ini menggambarkan karakteristik tahap selanjutnya dari industrialisasi global pada paruh kedua abad ke-19 dan awal abad ke-20, ketika teknologi rekayasa dan sistem produksi yang kompleks memunculkan ekonomi industri dan perdagangan yang mengglobal. Teknologi rekayasa termasuk terowongan vertikal lubang dalam dari poros tambang, pencucian dan penyortiran bijih mekanis, penggerak uap dan kereta api rak, konstruksi jembatan rel miring dan busur terbalik, terowongan kereta api ledakan batu, pelabuhan pengerukan dalam, dan penyimpanan batubara di iklim- silo terkontrol. Ini dilengkapi dengan pembangunan kota pertambangan modern terencana yang dibangun khusus dengan lebih dari 7000 penduduk lengkap dengan semua fasilitas - perumahan, layanan makanan, kesehatan, pendidikan, spiritual, dan rekreasi - dirancang untuk memenuhi struktur industrialisasi yang sangat hierarkis dan pembagian kerja.
Warisan Tambang Batubara Ombilin Sawahlunto atau Ombilin Coal Mining Heritage of Sawahlunto.
Integritas atau Integrity dari Warisan Tambang Batubara Ombilin Sawahlunto, masing-masing dari tiga area mencakup atribut yang diperlukan untuk memahami sistem terintegrasi eksploitasi dan transportasi batubara – dengan keterkaitan sistemik tambang poros dan terowongan, sistem kereta api pegunungan sepanjang 155 km, dan pelabuhan laut. 

Komponen yang terdiri dari kota perusahaan dan jalur kereta api tetap berfungsi; sedangkan komponen pertambangan tidak lagi digunakan. Integritas keseluruhan dari properti serial saat ini baik/memuaskan, termasuk integritas visual; meskipun kondisi tropis dan laju pertumbuhan vegetasi yang cepat menciptakan tantangan yang signifikan bagi konservasi, dan pembangunan skala kecil ad hoc merupakan masalah bagi banyak elemen dan komponen. Beberapa komponen telah diadaptasi untuk penggunaan baru.

Keaslian atau Authenticity dari Warisan Pertambangan Batubara Ombilin Sawahlunto karena Warisan Pertambangan Batubara Ombilin Sawahlunto adalah ensemble teknologi yang terdiri dari dua belas komponen. Terlepas dari kemerosotan banyak elemen yang tidak digunakan, ansambel teknologi tambang, kota pertambangan, kereta api, dan fasilitas pelabuhan memenuhi persyaratan keaslian dalam kaitannya dengan bentuk dan desain aslinya, bahan dan substansi, lokasi dan pengaturannya.

Persyaratan manajemen dan perlindungan atau Management and protection requirements, Terletak di tiga kabupaten dan empat kotamadya di Provinsi Sumatera Barat, benda cagar budaya tersebut dilindungi melalui dua perangkat hukum utama, Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2010 tentang Perlindungan, Pengembangan, dan Pemanfaatan Benda Budaya di Indonesia pada tingkat nasional, provinsi, dan nasional. kabupaten dan kota serta Undang-Undang Nomor 26 Tahun 2007 tentang Penyusunan Rencana Khusus dan Tata Ruang di tingkat nasional, provinsi, kabupaten, dan kota. Mulai Februari 2019, semua komponen memiliki penunjukan pelindung di tingkat provinsi dan/atau nasional, dan perlindungan tingkat nasional untuk semua komponen diharapkan akan segera diterapkan. Proses penetapan properti Warisan Dunia sebagai Kawasan Strategis Nasional (Kawasan Strategis Nacional) akan dimulai oleh Negara Pihak setelah masuk dalam Daftar Warisan Dunia.
Status konservasi properti dan kondisi atribut material yang terkandung dalam batas properti dipantau melalui kerangka kerja konservasi. Kerangka kerja tata kelola dan konsultasi telah ditetapkan untuk pengelolaan properti mulai dari tingkat kebijakan dan perencanaan, hingga tingkat operasional. Koordinasi pengelolaan harta benda secara keseluruhan dilakukan oleh Direksi Ombilin Coal Mining Heritage Sawahlunto yang terdiri dari kementerian terkait dan anggota dari kota terkait.

Setelah sepenuhnya terbentuk, Balai Pengelolaan Situs Konservasi Warisan Tambang Batubara Ombilin Sawahlunto akan melaksanakan rencana pengelolaan dan rencana pemeliharaan; mengevaluasi proposal pembangunan; memberikan bimbingan dan dukungan bagi pemilik; dan mengkoordinasikan kegiatan semua pemangku kepentingan dan ahli Dewan Penasehat. Ada Rencana Pengelolaan dan menyediakan kerangka kerja yang berguna yang dapat ditingkatkan lebih lanjut dengan memasukkan langkah-langkah konservasi dan prinsip-prinsip untuk pengambilan keputusan pada proyek konservasi (terutama untuk penggunaan kembali secara adaptif dari struktur bersejarah).

Mengingat penurunan penambangan batu bara, Sawahlunto mengembangkan wisata warisan sebagai kegiatan ekonomi utamanya, dan jumlah pengunjung diperkirakan akan meningkat. Peraturan Daerah Provinsi Sumatera Barat Nomor 3 Tahun 2014 memuat rencana induk pengembangan pariwisata daerah 2014-2025. Rencana pengelolaan menguraikan tujuan dan tindakan untuk mengembangkan fasilitas dan pengalaman pengunjung dan pariwisata; dan Strategi Pariwisata Berkelanjutan dengan tujuan memastikan bahwa pariwisata berkelanjutan akan membantu konservasi properti, meningkatkan pengalaman pengunjung, dan memberdayakan dan memberi manfaat bagi masyarakat lokal. Lokasi pertambangan Sawahlunto dan kota perusahaan saat ini memberikan pengalaman pengunjung dan pariwisata termasuk tujuh museum lokal dan pusat pengunjung. Perusahaan Kereta Api Indonesia telah mulai bekerja untuk merevitalisasi kereta api untuk memberikan pengalaman pariwisata di sepanjang jalur kereta api bersejarah. Ada usulan untuk mengembangkan silo di fasilitas penyimpanan batubara Pelabuhan Emmahaven sebagai staging point untuk presentasi properti dan sebagai entry point bagi pengunjung dari luar Sumatera Barat.

Memang tidak sebanyak warisan India maupun China, tetapi Indonesia termasuk negara yang menyimpan Warisan Dunia dan harus tetap dipertahankan.

Hutan Sumatra sudah banyak yang berubah menjadi areal perkebunan dan hutan tanaman industri sehingga menjadi perhatian UNESCO untuk dikaji ulang.

Demikian juga dengan Taman nasional Komodo atau Komodo National Park juga menjadi perhatian karena adanya pembangunan Taman Jurrasic Komodo yang disinyalir akan mengganggu habitat asli Sang Naga, Komodo Dragon.

Berharap Warisan Dunia yang ada di Indonesia tetap lestari dan Terawat.

Baca juga :



Taman Nasional Wasur, Merauke, Papua




 

Subscribe to receive free email updates:

12 Responses to "9 Warisan Dunia Versi UNESCO yang ada di Indonesia"

  1. Informasi penting bagi masyarakat tentang kekayaan alam dan budaya Indonesia yang menjadi warisan dunia/world heritage

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih Pak. Semoga Warisan Dunia di Indonesia terjaga dan lestari. Salam Sehat

      Delete
  2. keren2 semua ya, indonesia memang indah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Bu. Indonesia memiliki warisan dunia yang luar biasa.

      Delete
  3. Salut sama Pak Eko. Telah mengunjungi banyak tempa dalan dan luar negeri. Selamat siang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap Bu Nur, kebetulan diberikan kesempatan dan bisa berkunjung ke beberapa tempat yang masing masing memiliki keunggulan dan ciri khas. Salam Sehat Bu.

      Delete
  4. Foto fotonya....asli...bagus bagus banget mas...aku sih suka banget hutan hujan tropis sumatra...klihatan pepohonannya warna warni...trus pengambilan gambar satwanya juga uda profesional banget huhuhu...bagus..

    kalau dari sekian tempat wisata..aku sih yang dekat rumah borobudur dan prambanan...tapi jalan menuju ke sananya agak meliuk liuk...tapi sejuk..aduh jadi pengen ke Borobudur lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih bagus gambarnya Mbak Mbul yang keren. Bisa menggambar dengan berbagai inspirasi. Saya cuma suka Moto moto aja apalagi foto satwa, asyiknya menunggu moment mereka berpose, walaupun kaki sudah dirubung nyamuk he..he..he.... Borobudur dan Prambanan memang spektakuler. Walaupun hanya memegang batunya saja, sudah serasa masuk ke jaman dulu. Semoga warisan ini tetap dipertahankan dan tidak ada yang merusak. Salam Sehat Mbak Mbul.

      Delete
  5. Mas Eko sudah keliling kemana-mana ...waaah...aseli mupeng saya lihat foto dan baca ceritanya. Saya pernah 8 tahun tinggal di Bali, dan berkunjung ke Borobudur dan Prambanan. Dan bangga benar Indonesia punya warisan dunia versi Unesco seperti yang ada di artikel ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah Mbak Dian malah tinggal di Bali ya, kota dengan banyak tujuan wisata dan kuliner. Saya selalu terpesona dengan keindahan Bali dan mencicipi kopi luwak di Kintamani yang sekarang juga sudah masuk Specialty Coffee. Iya, bangga dengan Indonesia yang memiliki warisan budaya dunia seperti Borobudur dan Prambanan, dan beberapa candi yang menurut saya juga sangat bernilai sejarah. Salam Sehat Mbak Dian.

      Delete
  6. ternyata banyak hal yang bisa dibanggakan dengan negara kita....

    thank you for sharing excite story and beautiful photos

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Pak, Indoensia kaya akan warisan yang berkelas dan layak menjadi destinasi international. Salam sehat Pak.

      Delete

Terima kasih atas kunjungan teman teman, semoga artikel bermanfaat dan silahkan tinggalkan pesan, kesan ataupun komentar.

Popular Posts