Phalanta phalantha

 

Keindahan Kupu Kupu Phalanta phalantha




Kupu Kupu Phalanta phalantha dipotret di Kudus, Jawa Tengah

Informasi Satwa

Informasi Umum tentang kupu kupu yang saya potret di Kota Kudus, Jawa Tengah, Indonesia.

Kupu kupu berwarna coklat terang dengan pola bintik ini terbang dengan tenang dan sesekali hinggap di bunga.
Kupu Kupu Phalanta phalantha dipotret di Kudus, Jawa Tengah
Phalanta phalantha, macan tutul biasa atau pedesaan berbintik - the common leopard or spotted rustic, adalah kupu-kupu yang menyukai sinar matahari dari keluarga kupu-kupu nymphalid atau berkaki sikat.

Phalanta phalantha berwarna coklat jingga tua dengan bintik hitam dan tanda di sayap depan. Sayap depan mempunyai dua garis gelap di dalam sel yang membentuk titik sel tidak beraturan. Bagian bawah berwarna jingga pucat dengan sedikit bintik dan guratan hitam, daerah submarginal dan postdiscal mempunyai kilau ungu jika dilihat dari samping.

Larva: Larva Phalanta phalantha berbentuk silindris, berwarna coklat kekuningan dengan warna dasar hijau. Ia memiliki tanduk panjang bercabang berwarna coklat kekuningan di daerah dorso-lateral, lateral dan sub-spiral. Kapsul kepala berwarna coklat.

Kepompong: Kepompong Phalanta phalantha berwarna hijau hingga hijau kekuningan, memiliki tanduk perak kecil dengan ujung merah di bagian punggung-lateral, dua bercak perak di sepanjang tepi bantalan sayap.
 

Kupu Kupu Phalanta phalantha dipotret di Kudus, Jawa Tengah

Sekilas Info Satwa 

Sekilas Info 
Nama Populer - Pop name :  Kupu Kupu Macan Tutul
Nama Latin - Latin Name    :  Phalanta phalantha Drury, 1773                              Family                        :  Nymphalidae
Origin - Daerah Asal           :  Indonesia
Ciri khas                            :  Berwarna coklat kuning
Keunikan                           :  Berbintik hitam yang khas
Kupu Kupu Phalanta phalantha dipotret di Kudus, Jawa Tengah
Phalanta phalantha, Macan tutul biasa merupakan kupu-kupu berukuran sedang dengan lebar sayap 50–55 mm, berwarna kuning kecoklatan dan ditandai dengan bintik-bintik hitam. Bagian bawah kupu-kupu lebih mengilap dibandingkan bagian atas dan baik kupu-kupu jantan maupun betina terlihat serupa. Kilauan ungu yang lebih menonjol di bagian bawah ditemukan pada bentuk kupu-kupu ini di musim kemarau.
Kupu Kupu Phalanta phalantha dipotret di Kudus, Jawa Tengah

Klasifikasi Taksonomi Satwa

Klasifikasi Taksonomi Satwa
Kingdom    :  Animalia
Phylum      :  Chordata
Class         :  Insecta
Order         : Lepidoptera
Family        : Nymphalidae
Subfamily   : 
Genus        : Phalanta
Species      : Phalanta phalantha Drury, 1773

Binomial name
Phalanta phalantha Drury, 1773

Sinonim

Kupu Kupu Phalanta phalantha dipotret di Kudus, Jawa Tengah
Phalanta phalantha, Kupu kupu Jantan dam Kupu Kupu Betina. Sisi atas berwarna cerah kekuningan. Didahului dengan dua batang berliku-liku hitam pendek dan ramping di tengah sel, sepasang serupa yang lebih gelap di ujungnya, diikuti oleh garis berliku-liku pendek dan lebar dari kosta ke radial bawah, dan kemudian dilanjutkan di bawah sel dengan garis miring ke dalam. rangkaian empat titik berbentuk tidak beraturan, dan di luarnya terdapat deretan titik-titik sempit berbentuk cakram medial-transversal, deretan titik-titik bulat berbentuk cakram luar, kemudian garis berliku-liku submarginal dalam, pertemuan dengan garis lurus luar, dan baris marginal dari bintik-bintik segitiga. Sayap belakang dengan lunula hitam ramping yang agak jelas di dalam sel, dua di depan ujungnya, dan dua juga di atasnya; serangkaian lunula ramping tidak beraturan berbentuk cakram dalam melintang yang tepi luarnya agak pucat; deretan cakram medial yang terdiri dari empat bintik oval hitam yang lebih besar, dua garis berliku-liku submarginal yang sedikit menyatu, dan bintik-bintik segitiga marginal.
Kupu Kupu Phalanta phalantha dipotret di Kudus, Jawa Tengah
Bagian bawah lebih pucat, dan semua tandanya, seperti di bagian atas, kurang jelas; sela-sela batang sel dan tanda luarnya dilapisi dengan warna abu-abu ungu, dan rangkaian cakram bagian dalam di bagian luar dibatasi dengan lunula keabu-abuan. Pada beberapa spesimen, mungkin pada musim kemarau, semua tanda pada bagian atas dan bawah kurang menonjol.

Tubuh dan palpi di atas berwarna kekuningan; di bawah dan juga femora di bawah putih keabu-abuan; tibia dan tarsi berwarna pucat; antena berwarna coklat kekuningan.
Kupu Kupu Phalanta phalantha dipotret di Kudus, Jawa Tengah
Phalanta phalantha, distribusi dan subspesies
Kupu-kupu ini ditemukan di india, Afrika Subsahara dan Asia bagian selatan (termasuk India, Bangladesh, Sri Lanka, dan Myanmar) dalam sejumlah subspesies.

hal. phalantha
hal. luzonica Fruhstofer (Filipina)
hal. columbina (Cramer) (Cina selatan, Hainan dan mungkin Taiwan)
hal. araca (Waterhouse & Lyell, 1914) (Australia)
hal. aethiopica (Rothschild & Jordan, 1903) (Madagaskar, Seychelles, Aldabra, Comoro, Afrika Tropis)
hal. granti (Rothschild & Jordan, 1903) (Pulau Socotra)

Phalanta phalantha, Kebiasaan, menyukai sinar matahari dan menghindari naungan. Terlihat di dataran, taman, dan tepi lahan terbuka. Memiliki gerakan terbang yang aktif dan tajam. Mengunjungi bunga secara rutin terutama Lantana, Duranta, Meyenia laxiflora, Gymnosporia montana, dan onak. Sering terlihat genangan air di tanah yang lembap, baik sendiri maupun berkelompok. Basker biasa dengan sayap terbuka lebar. Hal ini paling umum terjadi di daerah kering dan cuaca kering dan tidak terjadi di bagian basah India selama musim hujan. Ia sering bertengger di tepi lapangan dengan sayap setengah terbuka dan mempunyai kebiasaan mengusir kupu-kupu lain dan menjaga wilayahnya.

Tanaman inang larva
Tumbuhan pangan merupakan spesies dari famili Bixaceae. Tercatat berkembang biak di Flacourtia indica, Flacourtia montana, Smilax, Xylosma longifolium, dan Salix.

Tanaman inang larva tercatat dari famili Acanthaceae, Compositae, Flacourtiaceae, Primulaceae, Salicaceae, Rubiaceae, Violaceae dan tumbuhan spesifiknya adalah Barleria prionitis, Canthium parviflorum, Coffea arabica, Dovyalis caffra, Dovyalis gardnerii, Dovyalis hebecarpa, Dovyalis macrocalyx, Dovyalis rotundifolia, Flacourtia indica, Flacourtia inermis, Flacourtia jangomas, Flacourtia montana, Flacourtia ramontchii, Mangifera indica, Maytenus buchanii, Melaleuca leucadendra, Petalostigma quadriloculare, Populus alba, Populus × canescens, Populus deltoides, Salix babylonica, Salix tetrasperma, Salix warburgii, Scolopia chinensis, Scolopia oldhami, Scolopia scolopia, Smilax tetragona, Tridax procumbens, Trimeria grandifolia, Xylosma racemosa

Informasi Pemotretan 

Pemotretan 
Lokasi pemotretan di Kudus, Jawa Tengah, Indonesia
Detail :
Camera maker : Nikon Corporation
Camera model : Nikon Z5
F Stop : f/2.8
Exposure time : 1/250 sec.
ISO Speed : ISO 100
Focal lengh : 105 mm
Lens : 
Nikon AF-S Micro Nikkor 105 mm 1 : 2.8 GED

Kamus Identifikasi Flora dan Fauna serta Sumber Informasi untuk Pengenalan Flora dan Fauna 

Planter and Forester
Dilarang meng copy dokumentasi foto tanpa ijin 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Phalanta phalantha"

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungan teman teman, semoga artikel bermanfaat dan silahkan tinggalkan pesan, kesan ataupun komentar.

Popular Posts