Commelina benghalensis

 

Commelina benghalensis, Gulma yang indah



Commelina benghalensis, gulma yang indah

Informasi Flora

Saat olah raga sambil menenteng kamera berkeliling Perumahan Kemang Pratama, di hamparan kavling yang belum terbangun, saya memperhatikan tanaman liar berbunga mungil yang indah. 

Bunga Commelina benghalensis

Tumbuh terhampar seperti karpet dengan daun hijau terang dan bunga mungil yang berwarna ungu dengan putik yang berwarna kuning.  Cantik dan menarik perhatian untuk difoto.

Informasi Umum tentang Commelina benghalensis, umumnya dikenal sebagai dayflower Benghal, spiderwort tropis, atau pengembara Yahudi atau Benghal dayflower, tropical spiderwort, atau wandering Jew, kanshira di Bengali, keren keren ya namanya.  Tanaman ini meupakan ramuan abadi yang berasal dari Asia tropis dan Afrika. Ini telah diperkenalkan secara luas ke daerah-daerah di luar jangkauan aslinya, termasuk ke neotropis, Hawaii, Hindia Barat, dan kedua pantai Amerika Utara. Tanaman Commelina benghalensis ini memiliki periode berbunga yang panjang, dari musim semi hingga musim gugur di daerah subtropis, dan sepanjang tahun lebih dekat ke garis khatulistiwa. Ini sering dikaitkan dengan tanah yang terganggu.
Bunga Commelina benghalensis
Di Indonesia sering disebut Gewor, Commelina benghalensis sejenis herba anggota suku Commelinaceae. Gulma yang biasa ditemui di area persawahan ini juga acap dijadikan sayuran atau lalap. Nama-nama daerahnya, di antaranya, géwor, tali korang dalam bahasa Sunda, géwor, pĕtungan dalam bahasa Jawa,  rĕbha moksor dalam bahasa Medan, fangalu dalam bahasa Minahasa, rulonga loötili di Gorontalo.  
Bunga Commelina benghalensis
Persis dengan yang saya temui di area perumahan Kemang Pratama.  Tanaman Commelina benghalensis selalu berbunga dan kadang membentuk hamparan bunga ungu mungil yang cantik.

Baik di daerah asalnya maupun daerah di mana ia diperkenalkan biasanya dianggap sebagai gulma, kadang-kadang serius. Di Amerika Serikat telah ditempatkan di Federal Noxious Weed List. Ini dianggap sebagai gulma budidaya padi moderat di Asia. Di daerah asalnya di Afrika sub-Sahara, India, Sri Lanka, dan sebagian besar Asia Tenggara, ini dianggap sebagai gulma serius dari berbagai macam tanaman mulai dari teh dan kopi hingga singkong dan kacang tanah. Kerusakan pertanian tambahan disebabkan oleh fakta bahwa ia dapat menampung nematoda Meloidogyne incognita dan virus roset kacang tanah.
Bunga dan daun Commelina benghalensis
Di Cina digunakan sebagai ramuan obat yang dikatakan memiliki efek diuretik (diuretic), penurun panas (febrifuge) dan anti-inflamasi (anti-inflammatory), sedangkan di Pakistan digunakan untuk menyembuhkan pembengkakan pada kulit, kusta dan sebagai pencahar.

Bunga Commelina benghalensis

Sekilas Info Flora 

Sekilas Info 
Nama Populer - Pop name :  
Nama Latin - Latin Name    :  Commelina benghalensis                                      Family                        :  Commelinaceae
Origin - Daerah Asal           :  Indonesia, South Asia,Afrika
Ciri khas                            :  Berbunga ungu yang mungil
Keunikan                           :  Gulma yang indah

Commelina benghalensis menghasilkan tiga jenis cabang - cabang udara atau geotropik negatif, subaerial atau diageotropik, dan cabang bawah tanah atau geotropik positif - geotropic ones, subaerial atau diageotropic. Cabang-cabang bawah tanah tidak menghasilkan daun.

Daun Commelina benghalensis

Klasifikasi Taksonomi Flora

Klasifikasi Taksonomi Flora
Kingdom    :  Plantae
Phylum      :  Tracheophyta
Class         :  Commelids
Order         : Commelinales
Family        : Commelinaceae
Subfamily   : 
Genus        : Commelina
Species      : Commelina benghalensis

Binomial name
Commelina benghalensis L.

Sinonim
  • Commelina kilimandscharica K.Schum.
  • Commelina obscura K.Schum.
  • Commelina pyrrhoblepharis Hassk.
  • Commelina rufociliata C.B.Clarke
  • Commelina uncata C.B.Clarke
Tumbuhan Commelina benghalensis
Commelina benghalensis, di Cina, tanaman ini digunakan sebagai obat diuretik, obat penurun panas dan anti-inflamasi. Di Pakistan digunakan sebagai pakan ternak dan juga dimakan oleh manusia sebagai sayuran. Itu juga digunakan di sana sebagai obat, tetapi dengan efek yang diklaim berbeda, termasuk sebagai pencahar dan untuk menyembuhkan radang kulit serta kusta (leprosy).

Orang Nepal memakan daun muda sebagai sayuran, menggunakan pasta yang berasal dari tanaman untuk mengobati luka bakar, dan mengobati gangguan pencernaan dengan jus yang dihasilkan dari akarnya. Penggunaannya sebagai makanan kelaparan di India telah tercatat. Di Asia Tenggara dan Afrika digunakan sebagai pakan ternak dan juga obat sebagai tapal (poultice)

Bunga Commelina benghalensis

Informasi Pemotretan 

Pemotretan 
Lokasi pemotretan di 
Detail :
Camera maker : Nikon Corporation
Camera model : Nikon D750
F Stop : f/4
Exposure time : 1/100 sec.
ISO Speed : ISO 250
Focal lengh : 120 mm
Lens : 
Nikon AF-S 24 - 120 mm F/2.8G IF-GED VR NIKKOR
Nikon AF-S Micro Nikkor 105 mm 1 : 2.8 GED

Kamus Identifikasi Flora dan Fauna serta Sumber Informasi untuk Pengenalan Flora dan Fauna 
Planter and Forester
Dilarang meng copy dokumentasi foto tanpa ijin 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Commelina benghalensis"

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungan teman teman, semoga artikel bermanfaat dan silahkan tinggalkan pesan, kesan ataupun komentar.

Popular Posts