Kucing Lucu, The Leopard Cat, Prionailurus bengalensis, Kucing Macan Tutul

 

The Leopard Cat




The Leopard Cat, Prionailurus bengalensis, Kucing Macan Tutul 

Informasi Satwa

Foto model satwa kali ini adalah The Leopard Cat, Prionailurus bengalensis, Kucing Macan Tutul. Kucing yang mirip Leopard tetapi dengan ukuran lebih kecil.

The Leopard Cat sangat tenang dan pintar saat difoto dan memang kemungkinan binatang ini sedang santai dan sudah makan saat difoto, sehingga tampilannya tenang dan santai.

Lucu ya namanya. sudah kucing eh ternyata Macan Tutul juga walaupun ukurannya jauh lebih kecil.

Di Indonesia, The Leopard Cat, Prionailurus bengalensis ini disebut Kucing Kuwuk dan masih ditemukan di hutan hutan di pulau Jawa.
  
Informasi mengenai Leopard Cat, Kucing macan tutul, Prionailurus bengalensis adalah kucing liar kecil yang berasal dari benua Selatan, Tenggara, dan Asia Timur. 

Sejak tahun 2002 telah terdaftar sebagai Least Concern pada Daftar Merah IUCN karena didistribusikan secara luas meskipun terancam oleh hilangnya habitat dan perburuan di bagian jangkauannya.

Secara historis, kucing macan tutul benua Asia dianggap spesies yang sama dengan kucing macan tutul Sunda - the Sunda leopard cat . Pada 2017, yang terakhir diakui sebagai spesies yang berbeda, dengan nama taksonomi Prionailurus javanensis.

Subspesies kucing macan tutul sangat berbeda dalam warna bulu, panjang ekor, bentuk tengkorak, dan ukuran carnassial. Bukti arkeologis menunjukkan bahwa kucing macan tutul adalah spesies kucing pertama yang didomestikasi di Neolitik

Prionailurus bengalensis terdaftar dalam CITES Appendix II dan berstatus Least Concern.  Di Hong Kong, spesies ini dilindungi di bawah Undang-Undang Perlindungan Satwa Liar Cap 170. Populasinya lebih dari 50.000 individu dan, meskipun menurun, kucing tidak terancam punah.

Sekilas Info Satwa 

Sekilas Info 
Nama Populer - Pop name :  The Leopard Cat, Kucing Macan Tutul, Kucing Kuwuk
Nama Latin - Latin Name    :  Prionailurus bengalensis                                        
Family                        :  
Origin - Daerah Asal           :  
Ciri khas                            :  Pola noktah Bulu Mirip Leopard
Keunikan                           :  Ukurannya lebih kecil

The Leopard Cat, Prionailurus bengalensis, Kucing Macan Tutul 

Klasifikasi Taksonomi Satwa

Klasifikasi Taksonomi Satwa
Kingdom    :  Animalia
Phylum      :  Chordata
Class         :  Mammalia
Order         : Carnivora
Family        : Felidae
Subfamily   : Felinae
Genus        : Prionailurus
Species      : Prionailurus bengalensis 

Binomial name
Prionailurus bengalensis (Kerr, 1792)

Kucing macan tutul, Prionailurus bengalensis,  bersifat soliter, kecuali selama musim kawin. Beberapa aktif di siang hari, tetapi kebanyakan berburu di malam hari, lebih suka menguntit murid, tikus pohon, dan kelinci. Mereka adalah pendaki yang gesit dan cukup arboreal dalam kebiasaan mereka. Mereka beristirahat di pohon, tetapi juga bersembunyi di semak berduri yang lebat di tanah. Di sana, kucing macan tutul memakan sebagian besar tikus dibandingkan dengan daerah berhutan.

Kucing macan tutul bisa berenang, tetapi jarang melakukannya. Mereka menghasilkan rentang vokalisasi yang mirip dengan kucing domestik. Aroma kedua jenis kelamin menandai wilayah mereka dengan menyemprotkan urin, meninggalkan kotoran di lokasi yang terbuka, menggosok kepala, dan menggaruk.

Kucing macan tutul adalah karnivora, memakan berbagai mangsa kecil termasuk mamalia, kadal, amfibi, burung, dan serangga. Di sebagian besar wilayah jangkauan mereka, hewan pengerat kecil seperti tikus dan mencit merupakan bagian utama dari makanan mereka, yang sering dilengkapi dengan rumput, telur, unggas, dan mangsa air. Mereka adalah pemburu aktif, mengirimkan mangsanya dengan menerkam dan menggigit dengan cepat. Tidak seperti banyak kucing kecil lainnya, mereka tidak "bermain" dengan makanan mereka, mempertahankan cengkeraman erat dengan cakar mereka sampai hewan itu mati. Ini mungkin terkait dengan proporsi burung yang relatif tinggi dalam makanan mereka, yang lebih mungkin untuk melarikan diri saat dilepaskan daripada hewan pengerat.

Musim kawin kucing macan tutul bervariasi tergantung pada iklim. Di habitat tropis, anak kucing lahir sepanjang tahun. Di habitat yang lebih dingin lebih jauh ke utara, betina melahirkan di musim semi. Masa kehamilan mereka berlangsung 60-70 hari.

Anak kucing yang lahir di penangkaran memiliki berat 75 hingga 130 gram saat lahir dan membuka mata mereka pada usia 15 hari terakhir.

Dalam dua minggu, mereka menggandakan berat badan mereka dan empat kali berat lahir mereka pada usia lima minggu. Pada usia empat minggu, gigi taring permanen mereka menerobos, dan mereka mulai makan daging.

Betina tawanan mencapai kematangan seksual paling awal pada usia satu tahun dan memiliki anak pertama mereka pada usia 13 hingga 14 bulan. Kucing macan tutul penangkaran telah hidup hingga tiga belas tahun. Masa estrus berlangsung 5-9 hari

Informasi Pemotretan 

Pemotretan 
Lokasi pemotretan di 
Detail :
Camera maker : Nikon Corporation
Camera model : Nikon D750
F Stop             : f/8
Exposure time : 1/640 sec.
ISO Speed : ISO 250
Focal lengh : 300 mm
Lens : 
Nikon AF - S NIKKOR 70-300mm f/4.5-5.6E ED VR


Kamus Identifikasi Flora dan Fauna serta Sumber Informasi untuk Pengenalan Flora dan Fauna 

Planter and Forester
Dilarang meng copy dokumentasi foto tanpa ijin 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kucing Lucu, The Leopard Cat, Prionailurus bengalensis, Kucing Macan Tutul "

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungan teman teman, semoga artikel bermanfaat dan silahkan tinggalkan pesan, kesan ataupun komentar.

Popular Posts