Lophura ignita, The Crested Fireback

 

Lophura ignita, The Crested Fireback




Lophura ignita, The Crested Fireback, Sempidan Biru

Informasi Satwa

Informasi Umum Sempidan biru kalimantan atau sempidan jambul kalimantan atau The crested fireback, Lophura ignita adalah spesies unggas dari famili Phasianidae. Sempidan ini memiliki jambul di atas kepalanya seperti burung merak, bulu yang berwarna biru gelap, dan muka berwarna biru. Sempidan ini mendiami hutan dataran rendah. Sempidan jenis ini dapat ditemukan di pulau Kalimantan.

Makanannya sempidan biru terutama terdiri dari tumbuhan, buah-buahan, dan hewan kecil. Betina biasanya bertelur antara empat dan delapan telur berwarna putih krem.

Karena hilangnya habitat yang sedang berlangsung dan perburuan berlebihan di beberapa daerah, Burung Sempidan Biru atau Sempidan Jambul dievaluasi sebagai Rentan dalam Daftar Merah Spesies Terancam IUCN terdaftar di Appendix III CITES di Indonesia

Lophura ignita, The Crested Fireback, Sempidan Biru

Sekilas Info Satwa 

Sekilas Info 
Nama Populer - Pop name :  Sempidan Biru, The Crested Fireback
Nama Latin - Latin Name    :  Lophura ignita                                                 
Family                        :  Phasianidae
Origin - Daerah Asal           :  Indonesia, Sumatra, Kalimantan
Ciri khas                            :  Kepala berwarna biru dan berjambul
Keunikan                           :  Jambul di kepala dan wajah seperti menggunakan topeng mirip tentara Romawi.

Sempidan biru dibagi menjadi 3 sub-species, yaitu: Lophura ignita ignita (Lesser Bornean Crested Fireback) yang tersebar di Kalimantan dan Pulau Bangka, Lophura ignita nobilis (Greater Bornean Crested Fireback) tersebar di Kalimantan  dan Lophura ignita macartneyi (Delacour’s Crested Fireback) yang tersebar di Sumatera bagian tenggara. Satu sub-spesies lainnya, Lophura ignita rufa (Malay Crested Fireback) kini ditetapkan sebagai spesies tersendiri dengan nama Lophura rufa. Burung ini dulunya termasuk salah satu subspesies Sempidan Biru Lophura ignita yang tersebar luas di Kalimantan hingga pulau Bangka. Namun, kini ditetapkan sebagai spesies terpisah.

Jenis unggas ini termasuk famili Phasianidae dengan ciri-ciri untuk yang jantan berjambul hitam; kulit muka biru; tunggir coklat berangan; ekor berwarna dua, sedangkan yang betina bulu utama coklat; kulit muka biru; bagian bawah bersisik putih. Unggas ini mengkonsumsi dedaunan, biji-bijian dan serangga. Tersebar luas di Semenanjung Thailand, Semenanjung Malaya hingga pulau Sumatra dengan hutan primer dataran rendah yang tak terganggu. Burung ini jarang ditemukan pada ketinggian 1000 mdpl. Perbedaan antara Sempidan biru di Sumatera (Lophura ignita rufa) dan di Kalimantan (Lophura ignita nobilis) terletak pada ekor, kalau di Sumatera bagian ekornya berwarna putih dan hitam, sedangkan yang di Kalimantan bagian ekornya berwarna kuning dan hitam.

Lophura ignita, The Crested Fireback, Sempidan Biru

Klasifikasi Taksonomi Satwa

Klasifikasi Taksonomi Satwa
Kingdom    :  Animalia
Phylum      :  Chordata
Class         :  Aves
Order         : Galliformes
Family        : Phasianidae
Subfamily   : 
Genus        : Lophura
Species      : Lophura ignita 

Binomial name
Lophura ignita Shaw, 1797

Sinonim

Sempidan Biru atau Sempidan Jambul, Lophura ignita merupakan burung hutan berukuran sedang, panjang hingga 70 cm, dengan jambul gelap seperti merak, bulu hitam kebiruan, pantat coklat kemerahan, bulu ekor luar hitam, iris merah dan kulit wajah biru telanjang. Betina adalah burung coklat dengan jambul pendek, kulit wajah biru dan berbintik hitam-putih di bawah.

Lophura ignita, The Crested Fireback, Sempidan Biru

Menurut catatan, Sempidan Biru atau Sempidan jambul ditemukan di hutan dataran rendah Semenanjung Thailand-Melayu, Kalimantan dan Sumatra. 

Kalau versi taman Nasional di paragraf sebelumnya, ada 3 sub spesies, dari catatan lain ada empat subspesies dari fireback jambul atau sempidan jambul, tetapi pada tahun 2014 subspesies rufa dipecah sebagai spesies yang berbeda dari yang lain. 

Jantan subspesies dari Kalimantan dan Pulau Bangka, Lophura ignita ignita, Sempidan  jambul Kalimantan yang lebih kecil) dan Lophura ignita nobilis (fireback jambul Kalimantan yang lebih besar), memiliki bulu ekor coklat tengah, kaki keputih-putihan dan di bawah rufous. Fireback jambul Vieillot jantan, Lophura rufa, dari Semenanjung Thai-Melayu dan sebagian besar Sumatera memiliki bulu ekor putih tengah, kaki merah dan garis hitam kebiruan putih di bawahnya. 

Subspesies terakhir, fireback jambul Delacour, Lophura ignita macartneyi, ditemukan di Sumatera bagian tenggara dan jantan memiliki ekor berwarna putih, kaki berwarna keputihan dan jumlah rufous yang bervariasi di bawahnya. 

Karena spesimen macartneyi bervariasi, Buku Pegangan Burung Dunia menganggapnya sebagai hibrida antara rufa dan kemungkinan populasi reliktual atau ignita yang diperkenalkan. Betina dari Lophura ignita ignita dan Lophura ignita nobilis memiliki ekor berwarna gelap kehitaman dan kaki berwarna keputihan, sedangkan Lophura ignita a rufa betina memiliki ekor berwarna coklat kastanye dan kaki berwarna merah.

Informasi Pemotretan 

Pemotretan 
Lokasi pemotretan di Kalimantan
Detail :
Camera maker : Nikon Corporation
Camera model : Nikon D5200
F Stop : f/5.6
Exposure time : 1/125 sec.
ISO Speed : ISO 400 
Focal lengh : 300 mm
Lens : 
Sigma 70-300mm f/4-5.6 DG Macro 

Kamus Identifikasi Flora dan Fauna serta Sumber Informasi untuk Pengenalan Flora dan Fauna 

Planter and Forester
Dilarang meng copy dokumentasi foto tanpa ijin 










Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Lophura ignita, The Crested Fireback"

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungan teman teman, semoga artikel bermanfaat dan silahkan tinggalkan pesan, kesan ataupun komentar.

Popular Posts