Kembang Sepatu

 

Bunga Sepatu dalam Fotografi




Bunga Sepatu Hibiscus rosa-sinensis L.

Informasi Flora

Saat pagi berkeliling Perumahan Kemang Pratama dan melihat Bunga Sepatu yang berwarna merah terang dan menarik untuk difoto.

Pastinya berhenti sejenak dan mulai menjepret dengan Kamera Nikon tua kesayanganku dengan lensa Nikkor 105 mm.  

Tanpa tripod dan hanya mengandalkan handheld untuk mengabadikan Sang Bunga Sepatu. 

Bunga Sepatu Hibiscus rosa-sinensis L.
Informasi Umum tentang Kembang sepatu atau kembang worawari dan dalam bahasa Latin Hibiscus rosa-sinensis L. adalah tanaman semak suku Malvaceae yang berasal dari Asia Timur dan banyak ditanam sebagai tanaman hias di daerah tropis dan subtropis. Bunga besar, berwarna merah dan tidak berbau. 

Kuncup Bunga Sepatu Hibiscus rosa-sinensis L.

Hibiscus rosa-sinensis, bahasa sehari-hari dikenal sebagai kembang sepatu Cina (Chinese hibiscus), mawar Cina (China rose), kembang sepatu Hawaii (Hawaiian hibiscus), mawar mallow (rose mallow) dan tanaman hitam sepatu (shoeblack plant), merupakan spesies kembang sepatu tropis, tanaman berbunga di suku Hibisceae dari keluarga Malvaceae. Ini banyak dibudidayakan sebagai tanaman hias di daerah tropis dan subtropis, tetapi daerah asalnya adalah Vanuatu

Bunga dari berbagai kultivar dan hibrida bisa berupa bunga tunggal atau daun mahkota selapis atau bunga ganda atau daun mahkota berlapis yang berwarna putih hingga kuning, oranye hingga merah tua atau merah jambu.

Kuncup Bunga Sepatu Hibiscus rosa-sinensis L.

Sekilas Info Flora 

Sekilas Info 
Nama Populer - Pop name :  Kembang Sepatu
Nama Latin - Latin Name    :  Hibiscus rosa-sinensis Linnaeus, 1753                    Family                        :  Malvaceae
Origin - Daerah Asal           :  
Ciri khas                            :  Bunga besar dan menarik
Keunikan                           :  Bunga yang indah

Hibiscus rosa-sinensis banyak ditanam sebagai tanaman hias di seluruh daerah tropis dan subtropis. Karena tidak mentolerir suhu di bawah 10 °C, di daerah beriklim sedang paling baik ditanam di bawah kaca. Tanaman yang ditanam dalam wadah dapat ditempatkan di luar selama bulan-bulan musim panas dan dipindahkan ke tempat berlindung selama bulan-bulan musim dingin. Di Indonesia umum ditanam hampir di seluruh daerah dan mampu tumbuh dengan baik.

Ada banyak kultivar, dengan warna bunga mulai dari putih hingga kuning dan oranye hingga merah tua dan nuansa merah jambu, dengan kelopak tunggal dan ganda. Kultivar 'Cooperi' telah mendapatkan Penghargaan Royal Horticultural Society of Garden Merit.

Bunga Sepatu Hibiscus rosa-sinensis L.
Bunga jenis ini terdiri dari 5 helai daun kelopak, yang dilindungi oleh kelopak tambahan (epicalyx), sehingga terlihat seperti dua lapis kelopak bunga. Mahkota bunga terdiri dari 5 lembar atau lebih jika merupakan hibrida. Tangkai putik berbentuk silinder panjang dikelilingi tangkai sari berbentuk oval yang bertaburan serbuk sari. Biji terdapat di dalam buah berbentuk kapsul berbilik lima.
Bunga Sepatu Hibiscus rosa-sinensis L. saat menutup
Pada umumnya tinggi tanaman sekitar 2 sampai 5 meter. Daun berbentuk bulat telur yang lebar atau bulat telur yang sempit dengan ujung daun yang meruncing. 
Daun dari Bunga Sepatu Hibiscus rosa-sinensis L.
Di daerah tropis atau di rumah kaca tanaman berbunga sepanjang tahun, sedangkan di daerah subtropis berbunga mulai dari musim panas hingga musim gugur.

Habitus Bunga Sepatu Hibiscus rosa-sinensis L.

Klasifikasi Taksonomi Flora

Klasifikasi Taksonomi Flora
Kingdom    :  Plantae
Phylum      :  Streptophyta
Class         :  Malvids
Order         : Malvales
Family        : Malvaceae
Subfamily   : Malvoideae
Genus        : Hibiscus
Species      : Hibiscus rosa-sinensis

Binomial name
Hibiscus rosa-sinensis Linnaeus, 1753

Hibiscus rosa-sinensis pertama kali dideskripsikan pada tahun 1753 oleh Carl Linnaeus dalam Species Plantarum. Julukan khusus rosa-sinensis secara harfiah berarti "mawar Cina" atau "rose of China", meskipun tanaman itu tidak berkerabat dekat dengan mawar asli, juga bukan dari Cina. Genus Hibiscus berada dalam suku Hibisceae dan subfamili Malvoideae dari famili Malvaceae

Bunga Sepatu Hibiscus rosa-sinensis L.
Tahukah anda bahwa bunga sepatu menjadi bunga negara Malaysia, Haiti dan Hawai.

Hibiscus rosa-sinensis adalah bunga nasional Malaysia, disebut bunga raya dalam bahasa Melayu. Ini dapat diterjemahkan dalam beberapa cara, termasuk "bunga besar" atau "bunga perayaan". Diperkenalkan ke Semenanjung Melayu pada abad ke-12, dinominasikan sebagai bunga nasional pada tahun 1958 oleh Kementerian Pertanian di antara beberapa bunga lainnya, yaitu ylang ylang, melati, teratai, mawar, magnolia, dan medlar. Pada tanggal 28 Juli 1960, pemerintah Malaysia menyatakan bahwa Hibiscus rosa-sinensis akan menjadi bunga nasional. Kelopak merah melambangkan keberanian, kehidupan, dan pertumbuhan pesat rakyat Malaysia, dan lima kelopak melambangkan lima Rukun Negara Malaysia. Bunga itu dapat ditemukan tercetak pada uang kertas dan koin ringgit Malaysia.

Hibiscus rosa-sinensis adalah bunga nasional tidak resmi di Haiti, yang telah digunakan sebagai simbol promosi pariwisata. Bunga itu juga merupakan lambang partai politik Penggabungan Sosial Demokrat Haiti. Dalam bahasa Kreol Haiti dikenal sebagai choeblack atau rose kayenn.

Variasi kuning kembang sepatu adalah bunga resmi Hawaiʻi, di mana ia sering dihibridisasi dan dikenakan sebagai hiasan di rambut dan di lei. Di Hawaii, kembang sepatu disebut aloalo.

Bunga berbentuk trompet dengan diameter bunga sekitar 6 cm hingga 20 cm. Putik (pistillum) menjulur ke luar dari dasar bunga. Bunga bisa mekar menghadap ke atas, ke bawah, atau menghadap ke samping. Pada umumnya, tanaman bersifat steril dan tidak menghasilkan buah. Tanaman berkembang biak dengan cara stek, pencangkokan, dan penempelan.
Habitus Bunga Sepatu Hibiscus rosa-sinensis L.
Kembang sepatu banyak dijadikan tanaman hias karena bunganya yang cantik. Bunga digunakan untuk menyemir sepatu di India dan sebagai bunga persembahan. Di Tiongkok, bunga yang berwarna merah digunakan sebagai bahan pewarna makanan. Di Indonesia, daun dan bunga digunakan dalam berbagai pengobatan tradisional. Kembang sepatu yang dikeringkan juga diminum sebagai teh.
Penampakan habitus Bunga Sepatu Hibiscus rosa-sinensis L.
Di Okinawa, Jepang digunakan sebagai tanaman pagar. Di bagian selatan Okinawa, tanaman ini disebut Gushōnu hana (bunga kehidupan sesudah mati) sehingga banyak ditanam di makam.

Bunga Hibiscus rosa-sinensis dapat dimakan dan digunakan dalam salad di Kepulauan Pasifik. Bunganya digunakan sebagai aksesori, terutama sebagai hiasan rambut. Itu juga digunakan untuk menyemir sepatu di beberapa bagian India, oleh karena itu nama umum "tanaman hitam sepatu". Di Indonesia dan Malaysia, bunga ini disebut kembang sepatu atau bunga sepatu.
Bunga Sepatu Hibiscus rosa-sinensis L.

Bunganya juga bisa digunakan sebagai indikator pH; saat digunakan, bunga mengubah larutan asam menjadi merah muda tua atau warna magenta dan mengubah larutan basa menjadi hijau. Bunga kembang sepatu merah juga digunakan untuk pemujaan; dalam agama Hindu, mereka digunakan untuk menyembah Devi, dan di daerah Benggala di India timur, mereka digunakan untuk menyembah Kali. Kembang sepatu juga memiliki bagian penting dalam tantra. Di beberapa negara bunganya dikeringkan untuk digunakan dalam minuman, biasanya teh. Hibiscus rosa-sinensis dianggap memiliki sejumlah kegunaan medis dalam herbologi Cina.

Kegunaan tradisional di Tiongkok adalah untuk membuat semir sepatu hitam dari kelopak bunganya, atau untuk membuat pewarna rambut hitam wanita.[19] Bunganya juga digunakan di beberapa bagian China untuk mewarnai berbagai minuman keras yang memabukkan. Tanaman itu mungkin memiliki beberapa potensi dalam perawatan kulit kosmetik; misalnya, ekstrak dari bunga Hibiscus rosa-sinensis telah terbukti berfungsi sebagai agen anti-surya dengan cara menyerap radiasi ultraviolet.

Bunga Sepatu Hibiscus rosa-sinensis L.

Informasi Pemotretan 

Pemotretan 
Lokasi pemotretan di 
Detail :
Camera maker : Nikon Corporation
Camera model : Nikon D750
F Stop : f/4
Exposure time : 1/100 sec.
ISO Speed : ISO 250
Focal lengh : 120 mm
Lens : 
Nikon AF-S 24 - 120 mm F/2.8G IF-GED VR NIKKOR
Nikon AF-S Micro Nikkor 105 mm 1 : 2.8 GED

Kamus Identifikasi Flora dan Fauna serta Sumber Informasi untuk Pengenalan Flora dan Fauna 
Planter and Forester
Dilarang meng copy dokumentasi foto tanpa ijin 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kembang Sepatu"

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungan teman teman, semoga artikel bermanfaat dan silahkan tinggalkan pesan, kesan ataupun komentar.

Popular Posts