Keindahan Desa Tempur, Jepara dalam Fotografi

Desa Tempur, Jepara



Desa Tempur yang sangat Indah di Lereng Pegunungan Muria

Desa Tempur, Desa Wisata

Desa Tempur, bagaikan surga alam yang tersembunyi di Kawasan Pegunungan Muria. Desa Wisata Tempur ini menawarkan surga alam yang membuatmu seolah olah terputus seketika dengan dunia luar. 

Mengapa saya menyebut Desa Tempur Bagaikan Surga Alam yang tersembunyi, Silahkan ikuti cerita saya.

Pada bulan Februari 2023,  waktu saat berkeliling Jepara, saya berkesempatan berkunjung ke suatu desa di kawasan Kaki Gunung Muri atau tepatnya Pegunungan Muria.
Hamparan Sawah di Desa Tempur yang sangat Indah di Lereng Pegunungan Muria
Desa wisata yang tersembunyi dan kenapa saya sebut tersembunyi karena untuk menuju desa dengan keindahan alam yang luar biasa ini, saya harus melewati jalan beraspal dengan badan jalan sekitar 3 meter dan berkelok kelok.

Saya berangkat dari Kota Kudus, kemudian menyusuri jalur Pantura menuju Pati dan berikutnya memasuki wilayah area Kabupaten Jepara, sekitar 2 jam saya menempuh perjalanan darat.

Dari jalan besar pantura, kami berbelok ke arah kawasan pegununan Muria.  Jalan mulai menanjak dengan vegetasi di kanan kiri banyak pohon cengkih dan durian yang ditanam oleh penduduk.
Terasiring Sawah di Desa Tempur yang sangat Indah di Lereng Pegunungan Muria
Desa Tempur secara geografis berbatasan di sebelah Utara berbatasan dengan desa Kunir dan Damarwulan, sedangkan di sebalah selatan berbatasan dengan Kabupaten Kudus, pada sebelah barat berbatasan dengan desa Sumanding dan Dudakawu, dan di sebelah timur berbatasn dengan Kabupaten Pati.
Sungaoi Jernih mengalir di antara bebatuan di Desa Tempur yang sangat Indah di Lereng Pegunungan Muria
Di satu tikungan, saya berbelok tajam dan mulai menyusuri jalanan beraspal yang berukuran lebih kecil.

Jalanan mulai berkelok dengan pemandangan kebun kopi, baik kopi robusta maupun kopi excelsa.  Selain itu juga masih banyak tanaman Cengkih.  

Yang menakjubkan adalah hamparan sawah yang menghijau dengan sungai besar dengan air yang jernih.
Sungai mengalir jernih di Desa Tempur yang sangat Indah di Lereng Pegunungan Muria
Benar benar surga tersembunyi. Beberapa spot wisata sempat saya temui selama perjalanan. Tapi saya tetap berlanjut, karena dari informasi, Desa Tempur berada di ujung jalanan aspal yang saya lalui.

Sesekali saya berpapasan dengan kendaraan pick up yang mengangkut hasil bumi, petani dengan motornya yang juga mengangkut hasil pertanian mereka.

Sekitar 30 menit perjalanaan, sampailah saya di Kawasan Desa Tempur 

Keindahan Desa Tempur  

Sekilas info Desa Tempur, terletak di lereng gunung muria masuk wilayah Kecamatan Keling, Kabupaten jepara dan menurut informasi Desa Tempur merupakan desa tertinggi di kabupaten jepara dengan jarak dari pusat kota
sekitar 50 km ke arah timur.
Persawahan di Desa Tempur yang sangat Indah di Lereng Pegunungan Muria
Kota Jepara sendiri secara topografi, Kabupaten Jepara dapat dibagi dalam empat wilayah yaitu wilayah pantai di bagian pesisir Barat dan Utara, wilayah dataran rendah di bagian tengah dan Selatan, wilayah pegunungan di bagian Timur yang merupakan lereng Barat dari Gunung Muria dan wilayah perairan atau kepulauan di bagian utara merupakan serangkaian Kepulauan Karimunjawa.
Desa Tempur yang sangat Indah di Lereng Pegunungan Muria

Dengan kondisi topografi demikian, Kabupaten Jepara memiliki variasi ketinggian antara 0 m sampai dengan 1.301 mdpl (dari permukaan laut), daerah terendah adalah Kecamatan Kedung antara 0–2 mdpl yang merupakan dataran pantai, sedangkan daerah yang tertinggi adalah Kecamatan Keling antara 0-1.301 mdpl merupakan perbukitan. 

Desa Tempur yang sangat Indah di Lereng Pegunungan Muria

Informasi mengenai Gunung Muria yang di masa kolonial dikenal sebagai Moerija atau Moerjo merupakan sebuah gunung bertipe stratovolcano, yang terletak di pantai utara Jawa Tengah, sekitar 66 kilometer di timur laut Kota Semarang.

Gunung ini termasuk ke dalam wilayah Kabupaten Jepara di sisi barat, wilayah Kabupaten Kudus di sisi selatan, dan wilayah Kabupaten Pati di sisi timur dan tenggara. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 602 mdpl, tetapi sumber lain menyebutkan bahwa tingginya 1625 mdpl.

Hutan Lindung di Desa Tempur yang sangat Indah di Lereng Pegunungan Muria

Gunung ini pernah menjadi pulau tersendiri, dipisahkan dari Pulau Jawa oleh Selat Muria. Selat ini menjadi salah satu jalur perdagangan rempah-rempah yang menghubungkan Timur Tengah dengan Maluku dan mungkin dilalui oleh Tomé Pires dalam perjalanannya di Jawa. Selat ini tertutup pada suatu waktu antara abad ke-17 hingga ke-18.

Gunung berapi kerucut, juga dikenal sebagai gunung berapi komposit atau stratovulkano, ialah pegunungan gunung berapi yang tinggi dan mengerucut yang terdiri atas lava dan abu vulkanik yang mengeras. Bentuk gunung berapi itu secara khas curam di puncak dan landai di kaki karena aliran lava yang membentuk gunung berapi itu amat kental karena banyak mengandung silika, dan begitu dingin serta mengeras sebelum menyebar jauh. Lava seperti itu dikelompokkan asam karena tingginya konsentrasi silikat.

Desa Tempur yang sangat Indah di Lereng Pegunungan Muria

Nah, salah satu wisata pegunungan di Kabupaten Jepara dan berada di Kecamatan Keling adalah adalah Desa Tempur, sesuai yang ada dalam tulisan ini memiliki lokasi di pegunungan Muria yang memiliki ciri ciri persis seperti informasi di atas. 

Sungai mengalir Jernih dengan mata air Gunung Muria di Desa Tempur yang sangat Indah di Lereng Pegunungan Muria
Saya perhatikan Desa Tempur dikelilingi gunung baik utara, barat, selatan, timur hal ini yang membuat pesona alam di desa tempur terlihat indah dan asri. 

Keindahan desa yang dikelilingi pegunungan Muria yang berjajar diantara pandangan hijaunya persawahan, hembusan angin yang menyejukkan dengan diiringi suara hilir arus aliran sungai disepanjang perjalanan. 
Jangan lupa menikmati Kopi Tempur saat berkunjung di Desa Tempur yang sangat Indah di Lereng Pegunungan Muria
Keindahan sungai desa tempur yang masih alami, sumber mata air yang
langsung dari pegunungan muria membuat sungai ini jernih dan menyegarkan. 
Suasana di Desa Tempur yang sangat Indah di Lereng Pegunungan Muria
Menurut cerita, Desa Tempur berada dalam Kaldera Pegunungan Muria sehingga posisi Desa Tempur berada dalam cekungan mangkuk Pegunungan Muria.  Desa Temput juga berbatasan langsung dengan kawasan hutan lindung yang harus dijaga kelestariannya sebagai habitat beberapa satwa langka yang hanya tinggal beberapa spesies dan beberapa ekor saja. 

Baca juga :

Kerukunan di Warga Desa di Desa Tempur 

Saat saya berdiri di tengah tengah jalan Desa, saya memperhatikan suatu pemandangan yang unik.  Tampak di kejauhan, ada dua bangunan yang berdampingan, Masjid dan Gereja.  Wujud toleransi dan kerukunan yang harmonis di dalam hubungan Hablu minannas, hubungan antar manusia.  

Kerukunan beragama di Desa Tempur yang sangat Indah di Lereng Pegunungan Muria

Desa Tempur dalam susunan administrasi Desa memiliki beberapa dukuh, diantaranya 

  • Dukuh Duplak
  • Dukuh Miren
  • Dukuh Petung
  • Dukuh Pekoso
  • Dukuh Nglagah
  • Dukuh Karang Rejo
  • Dukuh Nggodang

Semua dukuh hidup dalam toleransi yang sangat luar biasa.

Desa Tempur yang sangat Indah di Lereng Pegunungan Muria

Menyadari bahwa manusia diciptakan dengan berbagai ragam suku bangsa, berbagai bahasa, berbagai adat istiadat dan berbagai keyakinan yang jikatidak ada kepentingan untuk menang sendiri dan saling menghormati, akan menciptakan kedamaian dan keharmonisan.
Suasana Harmonis di Desa Tempur yang sangat Indah di Lereng Pegunungan Muria

Persis hal ini yang saya temui  di Desa Tempur, meskipun namanya seolah olah mencerminkan suasana hati yang membara untuk ber "tempur", ternyata makna bertempur dalam hal ini adalah bertempur dengan nurani untuk menjadi lapang dada, legowo dan menyadari bahwa setiap manusia memiliki pilihan dan jika semuanya baik akan menciptakan keharmonisan.

Desa Tempur yang sangat Indah di Lereng Pegunungan Muria

Menikmati Kopi di Desa Tempur 

Sejauh mata memandang, desa Tempur didominasi persawahan yang berundak-undak. Hamparan  padi yang merupakan tanaman mata pencaharian warga setempat, membentang di kanan dan kiri jalan.
Desa Tempur yang sangat Indah di Lereng Pegunungan Muria
Selain itu, Mayoritas Desa Tempur ini bekerja dalam bidang produk unggulan dari desa itu sendiri, salah satunya adalah kopi tempur yang sudah sangat tersohor di Kabupaten Jepara, bahkan kopi ini sudah diekspor ke luar negeri.
Kopi yang nikmat di Desa Tempur yang sangat Indah di Lereng Pegunungan Muria
Selain kopi, Desa Tempur juga mempunyai buah unggulan, yaitu salak, selain itu banyak dijumpai tanaman jagung sehingga saat berada di Desa Tempur ini pengunjung akan disuguhi hamparan perkebunan hortikultura yang memberikan nuansa asri.
Fasilitas bersantai untuk istirahat di salah satu tempat yang disediakan oleh warga di Desa Tempur yang sangat Indah di Lereng Pegunungan Muria
Saya pun mencoba dan menikmati kopi yang ada di Desa Tempur yang didominasi oleh Kopi Robusta.
Hamparan Kopi Robusta di Desa Tempur yang sangat Indah di Lereng Pegunungan Muria
Citara rasa cukup enak dan clean.  Karena saya seorang Q Grader, saya pun meminta secangkir kopi tanpa gula untuk merasakan karakter Kopi Tempur.

Dari penampilan, Kopi diroasting di level Medium - Medium Dark.  Body kopi berada di level medium, mungkin karena perbandingan kopi dan air sekitar 1: 15 jadi agak sedikit encer. Flavor di level medium to high. Bitterness tidak begitu kuat, sehingga masih cocok untuk dinikmati sebagai single robusta. 
Kopi Arabica di Desa Tempur yang sangat Indah di Lereng Pegunungan Muria
Saya yakin bahwa kopi yang saya minum dipetik dari buah kopi yang merah dan proses penjemuran yang cukup rapi, hal ini tercermin dari cita rasa kopi yang saya minum.

Semoga kualitas kopi robusta tetap terjaga dan berproduksi secara kontinyu.
Di beberapa kebun masyarakat, saya melihat tanaman kopi robusta sudah dipangkas dengan baik, meskipun ada juga yang masih perlu pembenahan. 

Selain Kopi Robusta, saya juga melihat ada kopi Excelsa dan Kopi Arabica yang ditanam spot spot. 

Desa Tempur Dalam Fotografi

Bagi teman teman yang gemar fotografi atau swa foto atau foto grup, teman teman pasti tidak akan kehabisan gaya berfoto. 
Desa Tempur yang sangat Indah di Lereng Pegunungan Muria
Banyak sekali spot foto yang menarik. Kegiatan Foto dalam berkunjung ke suatu tempat maupun berwisata memang tidak dapat ditinggalkan, ini sebagai bentuk menyimpan kenangan dan juga bukti telah berkunjung, karena nantinya akan dibagikan misalnya melalui media sosial.
Desa Tempur yang sangat Indah di Lereng Pegunungan Muria
Kalau sudah hobby fotografi, pemandangan apapun menjadi obyek yang menarik dan tidak akan kehabisan bahan ataupun obyek foto di Desa Wisata Tempur.  Teman teman akan dimanjakan dengan keindahan alam yang luar biasa dan kehidupan desa yang bisa menjadi tema streetfotografi ataupun landscape. Silahkan teman teman membuktikan sendiri datang ke Desa di ujung Jepara dan persis di kaki Pegunungan Muria yang juga terkenal dengan Makam Sunan Muria, salah satu Wali Songo.  
Desa Tempur yang sangat Indah di Lereng Pegunungan Muria
Banyak pemandangan yang bisa dinikmati di Desa Tempur, saya melihat beberapa spot buatan untuk berfoto dan bersantai, selain itu juga terdapat spot alami yang tentu jangan sampai Anda lewatkan.Beberapa spot selama perjalanan yang belum saya kunjungi dan pengin saya kunjungi untuk kunjungan berikutnya dan rasanya juga akan menjadi daya tarik pengunjung Desa Wisata Tempur seperti 
– Air terjun Kemresek
– Jembatan Desa tempur
– Puncak Gajah Mungkur
– Kali Ombo
– Bukit Bejangan
Desa Tempur yang sangat Indah di Lereng Pegunungan Muria
Di beberapa titik jika Anda lelah dalam perjalanan menjelajah berbagai destinasi wisata tempur, maka Anda bisa beristirahat dibanyak spot istirahat yang telah disediakan. 

Desa Tempur yang sangat Indah di Lereng Pegunungan Muria
Saya bergumam sendiri, dengan keindahan pemandangan Desa Tempur dan beberapa spot wisatanya, pokoknya Anda bisa lupa waktu jika sudah sampai di Desa Wisata Tempur.
Desa Tempur yang sangat Indah di Lereng Pegunungan Muria

Informasi Pemotretan 

Pemotretan 
Lokasi pemotretan di Desa Tempur, Jepara
Detail :
Camera maker : Nikon Corporation
Camera model : Nikon D750
F Stop : f/4
Exposure time : 1/100 sec.
ISO Speed : ISO 250
Focal lengh : 120 mm
Lens : 
Nikon AF-S 24 - 120 mm F/2.8G IF-GED VR NIKKOR

Detail :
Camera maker : Samsung S 21

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Keindahan Desa Tempur, Jepara dalam Fotografi"

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungan teman teman, semoga artikel bermanfaat dan silahkan tinggalkan pesan, kesan ataupun komentar.

Popular Posts