Menikmati Kuliner Legendaris Selat Solo Mami, Kota Kudus

Legenda Selat Solo Mami, Kota Kudus



Informasi Kuliner

Suatu siang, atas ajakan teman teman Kota Kudus, akhirnya saya bisa menikmati Kuliner Legenda Selat Solo Mami yang memang cukup terkenal.
 
Sajian Kuliner Selat Solo Mami, Kota Kudus

Dasar perut sudah lapar, bergegas kami berangkat menuju lokasi Kuliner Selat Solo Mami yang berada di dekat Eks Pabrik Gula Rendeng. Bersama Pak Supardi, Mbak Veronika, Om Amaril dan saya sendiri, bersama menuju ke Kuliner Selat Solo Mami yang infonya sangat legendaris di Kota Kudus.

Eh, sebelum menikmati Selat Solo ala Kota Kudus, ada sedikit cerita mengenai apa sih kuliner Selat Solo itu.

Ok, berikut sedikit cerita mengenai kuliner Selat Solo. Kuliner Selat solo atau racikan salat adalah sebuah hidangan khas Solo, Jawa Tengah yang mendapat pengaruh dari hidangan Eropa.
Penyiapan piring berisi racikan di Rumah Makan Selat Solo Mami, Kota Kudus
Steak biasanya dikenal sebagai makanan ala western. Akan tetapi, Indonesia juga punya loh makanan khas berupa steak. Makanan yang sering disebut bistik Jawa ini bernama Selat Solo. Tak dipungkiri, kemunculan makanan ini memang terpengaruh dengan masa penjajahan Belanda. Ketika itu, kaum menengah memadukan makanan khas Belanda dengan cita rasa lokal. Kata selat sebenarnya mengacu pada salad, slachtje.

Walaupun memiliki nama selat solo, yang mengacu kepada kata Salad,  bagian utamanya berupa daging sapi yang umumnya adalah bagian has luar yang menjadikan hidangan ini tidak cocok untuk dikatakan sebagai salad, melainkan sebagai sebuah bistik yang disajikan dalam kuah manis encer khas Jawa. 

Beberapa orang menyebut hidangan ini sebagai sebuah percampuran antara bistik, salad dan sup. Hidangan ini juga sering disebut sebagai Bistik Jawa, walaupun hidangan tersebut mengandung lebih sedikit kuah.

Makanan ini terdiri dari daging sapi has luar yang direbus dalam kuah encer yang terbuat dari bawang putih, cuka, kecap manis, kecap Inggris, air serta dibumbui dengan pala dan merica.

Selat Solo merupakan perpaduan antara bistik dan salad. Nama selat diambil dari kata slachtje yang artinya salad. Kata slachtje juga bermakna hasil penyembelihan daging yang dijadikan dalam bentuk kecil-kecil. Pada saat itu, masyarakat Surakarta atau Solo sulit menyebutkan kata slachtje, kemudian mereka kerap mengucapkannya dengan kata Selat.

Baca juga :

Lokasi Kuliner  

Lokasi Kuliner Selat Solo Mami berada di dalam gang yang asri, tepatnya di  RT.01/RW.02, Badungan, Tumpangkrasak, Kec. Jati, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah 59349.
Tempat parkir luas dan tempat yang bersih di Rumah Makan Kuliner Selat Solo Mami, Kota Kudus
Setelah memasuki gang ditepi jalan besar yang menghubungkan Kota Kudus ke arah Kota Pati, dan berbelok ke arah kanan, akhirnya kami sampai juga di Rumah Makan Selat Solo Mami.

Tampak depan warung makan Kuliner Selat Solo Mami, Kota Kudus
Lebih jelasnya berikut ancer ancer menuju Rumah Makan Selat Solo Mami yang saya perhatikan saat berkunjung ke Selat Solo Mami yang memang legendaris di Kota Kudus, menurut informasi dari beberapa teman dan sumber yang saya temui.  Selat Solo Mami berlokasi di desa Tumpang Krasak RT 01 RW 02 No. 70 Jati Kudus. Tepatnya berada di belakang Pabrik Gula Rendeng. Dari gang sebelah barat PG Rendeng masuk sekitar 500 meter. 
Jam buka Rumah Makan Selat Solo Mami, Kota Kudus
Terus masuk gang pertama ke kanan setelah jalan bougenvile. Jika anda belum pernah ke tempat ini anda sebaiknya bertanya dikarenakan jalan menuju Selat Solo Mami masuk di jalan gang dan untungnya saya bersama teman teman yang sudah paham lokasi kuliner Selat Solo Mami. Meskipun berada di jalan gang dan tidak berada di ruas jalan utama, namun setiap hari tempat ini selalu ramai dikunjungi. Selat Solo Mami buka dari jam 10.00 pagi sampai 18.00 malam setiap hari Senin sampai dengan Sabtu. Hari Minggu dan Libur Hari Besar, Selat Solo Mami Tutup.
Rumah Makan Selat Solo Mami, Kota Kudus
Suasana yang asri menyambut kedatangan kami.  Saya pun mulai menggerakkan HP untuk memotret suasana asrinya kuliner yang kami tuju.

Tampak depan  ada lorong menuju tertulis Selamat Datang di Selat Solo Mami.  Selat Solo Mami memiliki jargon yang ditempel pada sebuah banner di tembok. Jargonnya yaitu Mari Datang dan Nikmati!!! Bersama keluarga, teman,dan sahabat. 
Rumah Makan Selat Solo Mami, Kota Kudus
Kami pun menuju lorong yang sangat bersih dan tertata dengan rapi.  Beberapa pengunjung tampak menikmati Kuliner Selat Solo sambil mengobrol. 
Lorong yang bersih di Rumah Makan Selat Solo Mami, Kota Kudus
Lorong menuju arah belakang Rumah Makan sangat bersih dan terawat.

Tulisan Selat Solo Mami ada di beberapa lokasi di Rumah Makan Selat Solo Mami, Kota Kudus

Saya perhatikan, tulisan Selat Solo Mami ada di beberapa tempat.  Di depan saat masuk, di ujung lorong yang bertuliskan warna silver dan saya lihat juga ada di bagian belakang.
Rumah Makan Selat Solo Mami, Kota Kudus
Di lorong pertama tampak berbaris meja kursi yang memanjang, dan sebelum memasuki lorong ini tampak bangunan brwarna merah dengan jam di dindingnya yang bertuliskan krematorium sampah. Keren juga Selat Solo Mami juga sudah memikirkan sampah.
Krematorium Sampah di Rumah Makan Selat Solo Mami, Kota Kudus

Tampak beberapa tempelan pengumuman yang menginformasikan bahwa akan tutup pada awal puasa Ramadhan  dan buka selama Ramadhan dengan waktu buka pukul 10 - 18.00.
Pengumuman libur bulan Ramadhan di Rumah Makan Selat Solo Mami, Kota Kudus
Di bagian belakang tampak ruangan yang lebih luas dan duduk beberapapengunjung yang asyik ngobrol sambil menikmati sajian Selat Solo Mami.
Suasana pengunjung di Rumah Makan Selat Solo Mami, Kota Kudus
Di bagian ujung tampak informasi tertulis Pesan langsug dan bayar di sini. 
Pelanggan selalu ramai di Rumah Makan Selat Solo Mami, Kota Kudus
Ke arah belakang tampak halaman luas dan tersedia tempat parkit.  Jadi Rumah Makan Selat Solo Mami ini bisa dicapai  dari 2 pintu masuk.

Jadwal buka antara jam 09.00 - 17.00 WIB dan hari minggu dan hari besar tutup.
Dapur untuk penyajian makanan di Rumah Makan Selat Solo Mami, Kota Kudus

Menu  

Sampailah perjalanan menuju lorong di Selat Solo Mami berakhir di ujung deretan meja.
Menu Kuliner Selat Solo di Rumah Makan Selat Solo Mami, Kota Kudus
Tampak ada beberapa pegawai menyiapkan makanan Selat Solo yang sudah dipesan pelanggan.

Selat Solo merupakan makanan ini kemudian disajikan dengan telur rebus dan sayur-sayuran seperti buncis, kentang, tomat, selada, mentimun, kol atau brokoli dan wortel, serta ditaburi keripik kentang dan ditambahkan sedikit moster atau mayones di sampingnya. Bisa juga merupakan sup daging dan kaldu sapi digepuk, dicampur kripik kentang, irisan onion atau bawang bombay, selada, wortel, buncis, telur, pakai salad thousand island/sejenis. Selad solo biasa dihidangkan sebagai makan pembuka. Namun mesti dimakan selagi hangat, sebab jika sudah dingin maka lemak daging sapi akan tampak di permukaan sup.

Nah, nanti akan saya ceritakan tentang racikan Selat Solo yang legendaris di Kota Kudus, Selat Solo Mami.
Pesan Langsung, Bayar disini bentuk kepraktisan di Rumah Makan Selat Solo Mami, Kota Kudus

Pesan langsung, bayar di sini. Di Selat Solo Mami, berlaku aturan, menu yang sudah dipesan langsung dibayar di Kasir.  Menurut saya ini sangat baik, supaya pelanggan tidak mikir mikir lagi setelah makan.  

Mulai kami satu persatu memesan menu sesuai selera kami.  Tertera di daftar menu berbagai jenis olahan Selat Solo Mami.
Menu Makanan di Rumah Makan Selat Solo Mami, Kota Kudus
Setelah membaca daftar menu yang tertempel di dinding gerobak Selat Solo, Saya pun memesan Selat Solo Spesial Daging.  Saat memesan minuman, mata saya tertuju pada sajian menu Es Sirup, Nah minuman jenis ini sudah lama saya tidak menimati. Jadilah Selat Solo Spesial Daging dan Es Sirup menjadi target pesanan saya. Semoga seperti apa yang saya bayangkan.

Sebenarnya ada lima pilihan menu di Selat Solo Mami, per bulan Februari 2023,
  1. Selat Solo biasa 1 telur 1 daging dengan harga Rp. 17.000, 
  2. Selat Solo Spesial, 2 daging dan tidak pakai telur dengan harga 19.000
  3. Selat Solo Super, 1 telur 2 daging dengan harga Rp. 21.000
  4. Selat Solo Spesial Daging, 3 daging tanpa telur, dengan harga Rp. 24.000, ini yang saya pesan
  5. Selat Solo Super Daging, 3 Daging dan telur 1, dengan harga Rp. 26.000
dan jika anda masih lapar karena perut orang Jawa harus terisi Nasi, Anda bisa menebusnya dengan harga seporsi Rp. 4.000.

Berikutnya ada Menu Mie Selat untuk Anda yang suka dengan Mie,
  1. Mie Selat biasa, Mie Daging 1 dan telur 1, seharga Rp. 17.000,-
  2. Mie Selat Spesial, Mie, daging 2 dan tidak pakai telur seharga Rp. 19.000,-
  3. Mie Selat Super, Mie, daging 2 dan telur seharga Rp. 21.000,-

Selain menu makanan di atas, ada juga minuman spesial di sini, yakni Es Buah Mommy yang dijual dengan harga Rp. 7.000 dan juga es lainnya, seperti es teh, es jeruk, es buah dan es sirup, kopi dll. Lihat di foto menu ya teman teman.

Cita Rasa

Setelah menunggu sekitar 5 menit 25 detik, sampailah pesanan kami. Cepet juga ya, dan menurut saya seperti kilat.  Belum sempat berkedip, makanan Selat Solo sudah diantar he..he..he.. 
Rumah Makan Selat Solo Mami, Kota Kudus
Mengapa cepat, karena saya perhatikan saat memesan, ternyata menu selat Solo sepertinya sudah dipersiapkan. Tinggal menambahkan toping atau isian sesuai pesanan.
Pesanan kami di Rumah Makan Selat Solo Mami, Kota Kudus
Daging selat solonya enak, dengan kuah yang ala galantin yang banjir dan potongan wortel kentang goreng serta buncis dan selada ini mampu mengobati para pecinta kuliner khas solo yakni Selat Solo
Seperti halnya galantin, Selat Solo Mami merupakan perpaduan daging dengan beberapa sayuran. Daging yang digunakan di Selat Solo Mami adalah daging kerbau dengan perpaduan daging ayam yang menjadikannya empuk dan gurih. Campuran daging dibentuk seperti Bakso dengan ukuran lebih besar, lebih kasar dan lebih halus.
Nikmatnya Selat Solo Mami, Kota Kudus
Dalam sepiring Selat Solo Mami spesial  yang saya pesan, selain daging ditambahkan pula campuran  aneka sayur, seperti wortel, buncis, acar ketimun dan kentang. 
Untuk Anda yang suka menikmati sensasi pedas, anda bisa menambahkan potongan-potongan cabai yang disediakan di meja. Namun cabai ini sangat pedas sekali, jadi jangan sampai anda terlalu banyak menambahkan cabai jika tidak ingin perut anda sakit. Persis yang saya alami, separuh piring kecil cabai rawit berwarna orange saya tuang ke piring Selat Solo dan akhirnya keringat sata bercucuran sambil menahan dahsyatnya pedas cabe rawit. 
Seperti biasa, sebelum saya mencicipi kuliner, kamera saya segera beraksi. Jepret sana jepret sini.

Teman teman yang sering kukiner bersama saya pasti sudah hapal dengan tabiat saya yang memang jarang kuliner dan jarang makan enak.  Sekali sekali bolehlah, seperti saat menikmati Selat Solo ini.
Rumah Makan Selat Solo Mami, Kota Kudus
Yang pertama adalah piring Selat Solo yang berisi 3 buah daging seperti Bakso, dengan sayuran wortel, buncis, kentang dan potongan bawang.
Cabe Rawit untuk yang seneng pedas di Rumah Makan Selat Solo Mami, Kota Kudus
Semangkuk potongan cabai menjadi pelengkap hidangan untuk menikmati Selat Solo Mami yang legendaris ini.
Selat Solo Mami dan Taburan cabai di Rumah Makan Selat Solo Mami, Kota Kudus
Saya pun menaburkan potongan cabai yang berwarna orange dan terlihat menggoda untuk memberikan cita rasa pedas.
Selat Solo Mami Special, 3 daging tanpa telur diRumah Makan Selat Solo Mami, Kota Kudus
Yang pertama saya mencoba kuah Selat Solo Mami.  Cita rasa manis gurih mendominasi sajian Selat Solo Mami.

Bumbu bumbu berpadu dengan selaras dan menurut saya, manis, asin dan gurih membentuk harmony cita rasa yang nikmat.
Es Sirup di Rumah Makan Selat Solo Mami, Kota Kudus
Sesekali untuk mengurangi pedas cabai warna orange atau oranye ini, saya menyeruput Es Sirup yang sangat menyegarkan.  Cocok deh, kombinasi Selat Solo Spesial Daging dan segelas Es Sirup.
Nikmatnya Selat Solo di rumah Makan Selat Solo Mami, Kota Kudus

Selamat mnikmati Selat Solo Mami teman teman.
Menikmati Selat Solo Mami, Kota Kudus

Dokumentasi

Berikut ini beberapa tampilan dokumentasi Selat Solo Mami yang menawan lidah saya.

Rumah Makan Selat Solo Mami, Kota Kudus

Rumah Makan Selat Solo Mami, Kota Kudus

Hidangan Selat Solo di Rumah Makan Selat Solo Mami, Kota Kudus

Rumah Makan Selat Solo Mami, Kota Kudus

Rumah Makan Selat Solo Mami, Kota Kudus

Kuliner Selat Solo di Rumah Makan Selat Solo Mami, Kota Kudus

Rumah Makan Selat Solo Mami, Kota Kudus

Tanaman yang asri di Rumah Makan Selat Solo Mami, Kota Kudus

Koleksi Tanaman di Rumah Makan Selat Solo Mami, Kota Kudus


Salah satu Koleksi hewan di Rumah Makan Selat Solo Mami, Kota Kudus

Informasi Pemotretan 

Pemotretan 
Lokasi pemotretan di Selat Solo Mami, Kota Kudus
Detail :
Camera maker : Samsung













































































Focal lengh : 120 mm
Lens : 
Nikon AF-S 24 - 120 mm F/2.8G IF-GED VR NIKKOR
Nikon AF-S Micro Nikkor 105 mm 1 : 2.8 GED
Nikon AF - S NIKKOR 70-300mm f/4.5-5.6E ED VR

Detail :
Camera maker : Nikon Corporation
Camera model : Nikon D5200
F Stop : f/5.6
Exposure time : 1/125 sec.
ISO Speed : ISO 400 
Focal lengh : 300 mm
Lens : 
Sigma 70-300mm f/4-5.6 DG Macro 
Nikon AF-S Nikkor 18 - 55 mm F.3.5-5.6 G
Nikon AF-S Nikkor 55 - 200 mm 1. 4 - 5.6 G ED

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Menikmati Kuliner Legendaris Selat Solo Mami, Kota Kudus"

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungan teman teman, semoga artikel bermanfaat dan silahkan tinggalkan pesan, kesan ataupun komentar.

Popular Posts