Tugu Prasasti Dua Abad Kebun Raya Bogor

Tugu Prasasti Dua Abad

Kebun Raya Bogor
Bicentenary Monument of Bogor Botanic Gardens
18 Mei 1817 - 18 Mei 2017

Tugu Prasasti Dua Abad Kebun Raya Bogor

Tugu Prasasti Dua Abad Kebun Raya Bogor - LIPI menandai 200 tahun perjalanan Kebun Raya Bogor sebagai sebuah Institusi Konservasi Tumbuhan yang utama di Indonesia.
Dibangun untuk menggambarkan kekayaan flora Indonesia dan dirancang dengan alam. Tugu Prasasti ini diciptakan atau dirancang berbentuk citra artistik dari Rafflesia patma, tumbuhan langka asli Indonesia yang berhasil dilestarikan di Kebun Raya Bogor.


Prasasti yang tertulis di Tugu Prasasti Dua Abad Kebun Raya Bogor

Logo Dua Abad Kebun Raya Bogor yang diciptakan atau dirancang oleh Taja Sukarya sebagai interprestasi dari bentuk Rafflesia patma diadopsi sebagai wujud utama prasasti dengan diameter 200 cm dan 200 buah bulatan untuk merepresentasikan usianya yang sudah mencapai 200 tahun.
Serumbung penopang yang dipahat tembus setinggi 3 merepresentasikan tumbuhan merambat Tetrastigma lancelarium yang menjadi inang Raflesia patma.
Simbolisme lingkaran prasasti yang tinggi 2 m dan tinggi serumbung 3 m melambangkan Falsafah Negara Republik Indonesia, Pancasila.
Kolam air berjenjang lima dengan aliran sungai berbatu melambangkan keteguhan dan siklus kehidupan yang mengalir tanpa henti agar Kebun Raya Bogor lestari dan abadi.


Plakat peresmian Tugu Prasasti dua Abad

Tugu Prasasti ini diresmikan olej Presiden Repubik Indonesia Joko Widodo pada 14 Maret 2018 di Kebun Raya Bogor.

Tugu Prasasti Dua Abad Kebun Raya Bogor

Cerita mengenai prasati 2 aba Kebun Raya ini saya dokumentasikan saat bersepeda ke Kebun Raya Bogor dan merupakan cuplikan dari kumpulan tulisan saya di Facebook.


Lokasi Tugu Psasasti ini ada di dekat lapangan rumput dan kolam teratai.
Bicentenary Monument of Bogor Botanic Gardens


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tugu Prasasti Dua Abad Kebun Raya Bogor"

Post a comment

Popular Posts