CGK Reinwardt Pendiri Kebun Raya Bogor, Monumen Pendiri Kebun Raya Bogor

CGK Reinwardt

Pendiri Kebun Raya Bogor
Monumen Pendiri Kebun Raya Bogor

CGK Reinwardt


Tertulis di Monumen Pendiri Kebun Raya Bogor yang letaknya di Dekat Istana Bogor.

10.05.1917
Pendiri Kebun Raya Bogor
Oleh Ahli Botani Jerman C.G.K Reinwardt
Grundung des Botanischen Gardens Bogor
durch den deutschen Botaniket C.G.K Reinwardt
Foundation of the Botanic Garden Bogor

Cuplikan status saya di Facebook.

CGK Reinwardt Pendiri Kebun Raya Bogor, Monumen Pendiri Kebun Raya Bogor
Tepat diseberang kolam belakang pelataran Istana Bogor, berdiri tegap sebuah monumen yang terdapat relief seorang tokoh penting dibalik berdirinya Kebun Raya Bogor, itulah Tugu Peringatan Reindwart. Diresmikan pada tanggal 16 Mei 2006 oleh ketua LIPI Umar Anggara Jenie dan Duta Besar Jerman untuk indonesia Joachim Broudré-Gröger yang bertepatan pula dengan peringatan 189 tahun Kebun Raya Bogor.


Bernama lengkap Caspar Georg Carl Reinwardt lahir di Lüttringshausen, Bergisches Land Jerman,  pada 3 Juni 1773 dan meninggal di Leiden, Belanda, pada 6 Maret 1854  adalah sosok penggagas dan direktur pertama Kebun Raya Bogor.

Reinwardt merupakan ilmuwan botani dan kimia yang pada 1816 diangkat menjadi Direktur Pertanian, Seni, dan Pendidikan untuk Pulau Jawa. Pada saat itu ia tertarik untuk meneliti dan mengoleksi berbagai tanaman yang dapat digunakan untuk bahan obat-obatan hingga suatu waktu menyampaikan gagasannya untuk mendirikan kebun botani  kepada Gubernur Jenderal G.A.G.P. van der Capellen.

Akhirnya, tanggal 18 Mei 1817, G.A.G.P. van der Capellen secara resmi mendirikan sebuah Kebun Raya di Kota Bogor, dengan nama ’s Lands Plantentuin te Buitenzorg.

Pendiriannya diawali dengan menancapkan ayunan cangkul pertama di bumi Pajajaran sebagai pertanda dibangunnya pembangunan kebun itu, yang pelaksanaannya dipimpin oleh Reinwardt sendiri hingga ia pun menjadi direktur pertama Kebun Raya Bogor dari tahun 1817-1822.

Kebun Raya Bogor diresmikan oleh Gubernur Jenderal Godert alexander gerard philip van der capellen, yang dipimpin oleh Prof. Caspar georg karl reinwardt.

Pak Reinwardt adalah ilmuwan botani dan kimia berkebangsaan Jerman yang berpindah ke Belanda, yang kemudian diangkat menjadi Menteri Bidang Pertanian, Seni, dan Ilmu Pengetahuan di daerah Jawa dan sekitarnya.

Saya merasa takjub dengan beliau yang sudah jauh jauh dari Jerman dan tertarik untuk mempelajari tumbuhan untuk ilmu pengetahuan meskipun meninggalkan keluarga dan handai taulan. Pada saat itu ia tertarik untuk meneliti berbagai tanaman yang dapat digunakan untuk bahan obat-obatan dan memutuskan untuk mengumpulkan seluruh tanaman tersebut di kebun botani (Kebun Raya Bogor). Seiring waktu berjalan, Ia menjadi direktur pertama Kebun Raya Bogor dari tahun 1817-1822. Ia mengumpulkan dan menambah koleksi tanaman dari berbagai tempat di Hindia Belanda sekaligus menanam benih-benih baru di area kebun botani, hingga koleksinya bertambah mencapai sekitar 900 tanaman hidup dengan jenis yang berbeda.

Menjelang peringatan 200 tahun Kebun Raya Bogor, 12 Mei 2017 Kebun Raya Bogor menerima plakat baru Tugu Reinwardt  dari Duta Besar Jerman untuk Indonesia, Mr. Michael Freiherr von Ungern-Sternberg untuk dipasang menggantikan plakat lama sampai sekarang.

Inilah alasan mengapa tugu Reinwardt dibuat, yaitu untuk mengenang dan sekaligus sebagai bentuk penghargaan terhadap dirinya yang telah merintis Kebun Raya Bogor pada masa jayanya. tugu ini diresmikan pada tanggal 16 Mei 2006 di area kolam gunting tepatnya di belakang pelataran Istana Bogor oleh kedutaan besar Jerman di Indonesia dan dihadiri juga oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Menjadi Spot Berfoto
Kini Tugu Peringatan Reindwart selain untuk mengenang dedikasinya dalam merintis Kebun Raya Bogor juga menjadi salah satu spot wisata tugu monumen yang ada di kebun raya, sehingga banyak pengunjung yang menggunakan untuk foto selfie atau foto bersama keluarganya

24.08.2019
Tuntutlah ilmu dan sebarkan untuk kemaslahatan


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "CGK Reinwardt Pendiri Kebun Raya Bogor, Monumen Pendiri Kebun Raya Bogor"

Post a comment

Popular Posts