Pesona Pulau Tegal Mas, Lampung, Indahnya Surga Dunia Wisata Bahari Yang Ramah Lingkungan

Pesona Pulau Tegal Mas, Lampung, Indahnya Surga Dunia Wisata Bahari Yang Ramah Lingkungan

Pulau Tegal Mas. Surga Wisata Bahari

Foto yang indah dengan pemadangan yang menakjubkan. Foto di atas adalah foto yang didokumentasikan di Pulau Tegal Mas atau Tegal Mas Island, Lampung.

Setelah menikmati keindahan Pantai Mutun dengan pasir putih dan air lautnya yang bening, kami melanjutkan perjalanan ke Pulau Tegal Mas.

Perjalanan ke Pulau Tegal Mas akan dilanjutkan dengan menggunakan Speed Boat dan dengan waktu tempuh sekitar 30 menit.

Speed Boad sudah menunggu kami untuk membawa menyeberang ke Pulau Tegal Mas
Dari Pantai Mutun kami menuju Speed Boat yang sudah terparkir dan siap mengantarkan kami menuju Pulau Tegal Mas.

Kami semuanya bersepuluh dengan komposisi rombongan Pak MS berlima dan kami berempat dan satu lagi Sopir Speed Boad.

Speed Boad melaju dengan tenang sehingga kami bisa menikmati perjalanan dengan mengabadikan pemandangan laut yang indah menakjubkan. Saya perhatikan Pak MS dan Pak Anton bercengkerama  sambil berdiskusi ringan mengenai beberapa rencana terkait pengembangan wisata di sekitar Pantai Mutun.

Setelah perjalanan 28 menit, kamipun melihat Pulau Tegas dari kejauhan. Deretan bangunan dengan konstruksi kayu dan beratap rumbai, tampak di kejauhan.

Pulau Tegal Mas dengan fasilitasnya

Sebelum bercerita lebih jauh saya pun mencoba melihat di peta google earth, dimanakah sebenarnya Pulau Tegal Mas yang sangat indah ini.

Ternyata Pulau Tegal Mas masih sangat dekat dengan Pulau Mutun, alias transportasinya sangat mudah dijangkau dan hanya butuh hitungan sekitar 1.5 - 2 jam dari bandar Lampung. 

Pulau Tegal Mas dilihat dari ketinggian 865 m via google earth

Selama menaiki Speed Boat saya merasa ombaknya sangat kecil dan hampir tidak ada guncangan, karena lokasi Pulau Tegal Mas lokasinya di pulau yang berada di dalam teluk Lampung, yang disekelilingnya dikepung perbukitan. 

Tampak air laut berwarna hijau toska dan biru muda  yang bening, dengan terumbu karang yang indah menjadi pemandangan utama tampak di depan resor. Lautnya juga tak bergelombang karena posisinya berada di Teluk Lampung, terlindung dengan gugusan pulau yang berbukit-bukit.

Posisinya yang berada di Teluk Lampung menjadikan Pulau Tegal Mas terlindungi dengan gugusan pulau yang berbukit-bukit, serta warna air lautnya yang bening dan terumbu karangnya yang beraneka warna. Di pulau tersebut tersingkap kekayaan alam bawah laut yang luar biasa dengan spot diving dan spot snokerling yang jumlahnya cukup banyak. 

Sampai di Pulau Tegal Mas

Kapal Speed Boad bersandar di dermaga Pulau Tegal Mas dan kami pun turun untuk mulai petuangan menjelajahi Pulau Tegal Mas.

Tegal Mas Island

DI hadapan kami, di Pulau Tegal Mas, terdapat jajaran villa dan cottage yang ditempatkan dalam cluster  cluster yang ditata dengan indah dan rapi. Bangunan tampak berbentuk panggung yang dibawahnya langsung bersentuhan dengan air laut yang sangat bening.

Selamat datang di Wisata Bahari Pulau Tegal Mas

Setelah beristirahat sejenak dan mendengarkan penjelasan mengenai Pulau Tegal Mas, kamipun diajak berkeliling untuk melihat fasilitas yang ada di Pulau Tegal Mas.

Jembatan dari Dermaga menuju Daratan Pulau Tegal Mas

Melintas jembatan penghubung yang menghubungkan Dermaga tempat turun penumpang dan Aula besar  dengan daratan dan pintu masuk ke Wisata bahari Pulau Tegal Mas yang dihiasi dengan Siger  khas Kota Lampung. 

Papan informasi Fasilitas Wisata Pulau Tegal Mas

Di papan informasi yang terdapat di ujung jembatan, terpampang informasi mulai dari informasi Kantor, Resto dan reception,  Cottage Sai Bathin, Lombok Apung dan DC, Kepiting Beach Resort, Villa Mas, Kampoeng Lombok Laut, Kampoeng Lombok Mas dan Rumah Sasak, Cottage Pesisir, Kampoeng Narada, Dermaga Umum Tegal Mas, dan Villa Palembang.


Berikut beberapa dokumentasi hasil penjelajahan kami sesuai papan informasi yang terpasang. Pertama kali Kami menuju sisi kanan dari arah kami datang.

Villa Palembang berupa bangunan kayu yang disewakan untuk para wisatawan.  Bangunan posisinya berada di tepi pantai. Villa disewakan dengan perlengkapan di dalamnya, jadi sudah seperti apartemen siap ditempati. 

Villa Villa yang ada di Wisata Bahari Pulau Tegal Mas
 
Cluster Kampoeng Lombok Apung 
Cluster cottage yang terlihat di bawah ini adalah Lombok Apung, tipe cottage .Bentuk kamar kamar cottagenya tidak ada tiang penyangga sehingga Cottage memang terapung di atas air laut. Cottage akan mengikuti irama ombak dan ketinggian air laut setempat.


Kampoeng Lombok Apung yang sangat eksotik

Masjid Terapung atau Masjid Apung Al Musyawaroh
Berikutnya, adalah Masjid Apung yang menjadi fasilitas yang tersedia di Areal Wisata Pulau Tegal Mas. Management yang memperhatikan kebutuhan untuk ibadah dan memperhatikan kebutuhan pengunjung untuk beribadah.

Masjid Apung Al Musyawaroh di Pulau Tegal Mas

Area Kampoeng Lombok Laut
Berikutnya kami diajak menjelajahi Kamppoeng Lombok Laut. Cottage yang berada bersebelahan dengan Kampoeng Lombok Apung. terlebih dahulu masuk melintas melalui jembatan kayu yang cukup panjang dan kuat.  Bangunan  Rumah Kayu ditopang oleh tiang tiang yang terbuat dari beton.


Kampoeng Lombok Mas. Vila-vila itu dibangun dengan gaya tradisional, beratap jerami dan berdinding kayu

Jembatan untuk melintas Kampoeng Lombok Apung


Kami pun mengeksplore Area Kampoeng Lombok Laut yang sangat indah ini.  Deretan Cottage yang menghadap ke laut tampak berjajar dengan rapi dan dihubungkan dengan jembatan kayu.

Bangunan Cottage yang dilengkapi AC dan serta dirawat dengan baik ini menjadi tempat wisata yang sangat nyaman dan sangat cocok untuk merenung dan memanjakan diri. 



Di bawah cottage juga terdapat penangkaran Penyu dan Hiu yang bisa dinikmati pemandangannya dari atas jembatan. Penangkaran hiu kecil atau bayi hiu alias baby shark . 
Penangkaran itu dimaksudkan sebagai konservasi untuk riset dan edukasi masyarakat. Para pengunjung dapat melihat banyak bayi hiu dari dekat, yang berkeliaran dalam wilayah penangkaran.

Penangkaran Penyu dan Hiu di bawah Cottage

Di Kampoeng Lombok Laut kami menyempatkan berfoto dengan Background pemandangan yang indah.

Keindahan Wisata Bahari Pulau Tegal Mas
Foto foto di Area Cottage Kampoeng Lombok Laut memang seindah aslinya.  Kebersihan lingkungan membuat ambience atau suasana dan hasil foto sangat menakjubkan dan saya sangat menyukainya.

Tidak perlu ke Maldives, cukup ke Pulau Tegal Mas

Hasil foto yang bersih dan indah, menunjukkan bahwa environment di Pulau Tegal Mas masih sangat bersih dan terjaga. 

Kawasan Perbukitan yang melindungi Pulau Tegal Mas
Gunung gunung dan bukit yang mengelilingi Pulau Tegal Mas serasa menjadi penjaga bagi wisatawan yang sedang snorkling atau berenang dari gempuran ombak ganas.

Cottage di Kampoeng Lombok Laut - Pulau Tegal Mas yang Indah

Di ujung Cottage terdapat bangunan kayu mirip anjungan kapal yang sangat cocok untuk berfoto dan menikmati pemandangan laut lepas yang terbentang di depan Cottages Kampoeng Lombok Laut.

Kesan saya dari baru mengunjungi 3 area saja sudah merasa takjub dan tidak heran Wisata Bahari Pulau Tegal Mas kini semakin banyak dikunjungi dan akan semakin meningkat wisatawannya bahkan mungkin akan antri untuk 
Mengagumi Keindahan PulauTegal Mas

Daya tarik Pulau Tegal Mas bagaikan magnet yang memiliki kekuatan luar biasa, karena selain pantainya yang bersih dan airnya yang tenang, pulau ini telah dilengkapi berbagai fasilitas dan wahana wisata seperti yang tertera di papan informasi saat memasuki pulau.

Saat memasuki gerbang pulau pun sudah tampak antara lain tempat kuliner cafe dan restoran, gazebo, tempat karaoke, sewa sepeda, kamar mandi dan kamar bilas, sampai dengan berbagai peralatan snorkeling, diving, perahu pisang, dan jet ski.

Kebersihan dan kelestarian alamnya menjadi hal utama. Di berbagai sudut disediakan bak tempat sampah dan himbauan untuk membuang sampah pada tempatnya serta dilarang membuang sampah sembarangan.

Hal lain yang sangat berkesan adalah pengelola sangat memperhatikan tempat ibadah yang sangat representattif dan bagus, yaitu Masjid Terapung.  Biasanya fasilitas tempat ibadah kurang begitu diperhatikan di banyak tempat wisata karena  mungkin banyak yang berpikir menghabiskan space dan biaya yang banyak, tetapi  Pulau Tegal Mas bukan musholla kecil atau langgar di pojok terpencil, tetapi Masjid Al Musyawaroh yang indah dan terawat rapi dan infonya mampu menampung 100 orang berjamaah.
Prinsip Berdoa dan Bekerja sepertinya menjadi hal yang utama di dalam pengelolaan Wisata Bahari Pulau Tegal Mas ini.
 
Cluster Kampoeng Lombok Mas
Dari Area Kampoeng Lombok Laut kami melanjutkan perjalanan ke Kampoeng Lombok Mas. 


 
Di Area Kampoeng Lombok Mas ini, terlhat berbeda dibandingkan dengan kawasan area lainnya. Disini area cottage di pagar dan memang dikhususkan untuk tamu tamu wisatawan yang menyewa di Area Kampoeng Lombok Mas.

Pemandangan menjelang sore menjadi sangat indah dan menawan. Tampak di Kejauhan bangunan utama Pulau Tegal Mas, Cottage Kampoeng Lombok Laut, Kampoeng Lombok Apung dan deretan perbukitan yang disinari sang mentari yang akan masuk ke peraduan.

Pemandangan indah dari Area Kampoeng Lombok Mas

Di area Kampoeng Lombok Mas ini kami menyempatkan eksplore dan mendokumentasikan Pulau Tegal Mas yang dikelilingi bukit dan terlihat bersambung.



Di depan Kampoeng Lombok Mas, kita dapat menyaksikan wisatawan yang sedang menikmati fasilitas kano, Berenang sambil snorkling, diving dan aktifitas lain di pantai dengan kedalaman 8 meter dan saat pasang bisa 13 meter.


Kawasan yang menarik dengan pemandangan biota bawah laut yang indah. 

Pulau Tegal Mas saya melihatnya memiliki panorama alam bawah laut yang tidak kalah istimewa dibanding wisata bahari lainnya di Indonesia. 

Kawasan ini juga merupakan tempat yang pas bagi pelancong yang hobi diving dan snorkeling karena akan dimanjakan dengan keindahan Wisata alam bawah laut, seperti terumbu karang beraneka warna serta berbagai jenis ikan warna dan satwa laut eksotis lainnya, seperti penyu hijau. 

Keindahan berbagai biota laut, mulai dari terumbu karang, anemon, hingga berbagai jenis ikan yang menjadi penghuninya. 

Di area dekat Kampoeng Lombok Laut  di bawah cottage anda bisa menemui satwa laut eksotis lain, seperti penyu hijau Chelonia mydas hingga hiu sirip hitam Carcharhinus limbatus.


Pulau Tegal Mas  juga telah dilengkapi dengan berbagai sarana pusat informasi dan penunjang pelayanan seperti dive centre dan snorkeling centre.

Pulau Tegal Mas menjadi Idola dan perbincangan sebagai Rekomendasi Tujuan Wisata Bahari


Kalau diperhatikan memang keindahan alam Pulau Tegal Mas tidak kalah dengan pulau pulau yang dipromosikan seperti Maldives, meskipun saya pun belum pernah ke sana.

Yang pasti, saya sudah merasakan dan menyaksikan keindahan alam lampung yang dikelola oleh Pengusaha asli Lampung yang bertahan dingin merubah dari Pulau biasa saja menjadi Pulau destinasi Wisata yang sangat indah.

Saya tidak menyebutnya Maldives nya Indonesia, karena Pulau Tegal Mas mempunyai keunikan sendiri, karena keramahan dan kebaikan pengelola yang membuat berwisata di Pulau Tegal Mas menjadi sangat menyenangkan dan ini yang mungkin berbeda dengan Maldives atau Maladewa dan entah apalagi. Pokoknya memang indah dan berbeda. 

Air laut yang biru menjadi pemandangan yang indah di Pulau Tegal Mas

Pulau Tegal Mas sudah menanjak menjadi salah satu destinasi wisata populer Indonesia bahkan dunia, yang menawarkan wisata pemandangan laut yang menakjubkan, dengan pantai pasir putih yang cantik serta penginapan apung di atas laut yang menawan.

Pulau Tegal Mas juga harus dikenal dan dipromosikan ke manca negara dan masuk dalam tujuan wisata Indonesia.

Keindahan Pulau Tegal Mas

Keindahan Pulau Tegal Mas, menjadi potensi wisata bahari di Lampung. Popularitasnya dalam waktu dekat bisa mendekati nama nama  sepopuler destinasi wisata laut papan atas seperti Derawan, Raja Ampat, Gili Trawangn, atau Sabang, yang sudah lebih dulu terkenal namun pulau ini memiliki keindahan laut yang setara dengan destinasi papan atas itu.


Menurut salah satu petugas pengelola, pulau ini bernama Pulau Tegal dan supaya memberikan daya tarik dibuat menjadi Tegal Mas. 

Luas pulau Tegal sekitar 120 ha dan baru sekitar 18 ha yang sudah dikelola. Tempat yang dulunya adalah laboratium biota yang sering menjadi  tempat penelitian terumbu karang dan biota laut.

Pesona Wisata Bahari Pulau Tegal Mas

Menurut informasi kawasan Pulau Tegal Mas mulai ditata sebagai kawasan wisata pada akhir tahun 2017, perkembangan pembangunan wisata pulau ini begitu pesat. Sejumlah fasilitas penunjang pun sudah dibangun di sepanjang area pulau tersebut, guna menambah rasa kenyamanan bagi pengunjung. 

Melibatkan masyarakat dalam pengembangan Wisata Pulau Tegal Mas

Perjuangan pengelola untuk membangun kawasan ini tidak mudah dan penuh tantangan. Pembangunan juga melibatkan penduduk sekitar dan saya masih melihat hilir mudik perahu membawa beberapa material bangunan yang diangkut oleh kapal Nelayan. Pemberdayaan masyarakat dan keterlibatan masyarakat sekitar menjadikan nilai plus untuk Wisata Pulau Tegal Mas.

Aktifitas di Pulau Tegal Mas

Saya pun masih melihat aktifitas pembangunan yang masih berjalan, beberapa alat berat tampak masih bekerja dan merapikan beberapa spot lokasi.

Saat ini, pulau tersebut merupakan primadona wisata di Lampung bahkan dapat dikategorikan sebagai salah satu wisata bahari unggulan di Indonesia.

Destinasi Wisata Lampung, Pulau Tegal Mas

Salah satu hal point yang membuat cepat berkembangnya Pulau Tegal Mas menjadi tujuan wisata adalah  mudah dijangkau dan fasilitas transportasi yang memadai.

Pulau Tegal Mas terletak di Kecamatan Teluk Pandan, Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung tidak jauh dari arah Barat Laut Pulau Jawa. Lokasi wisata Pulau Tegal Mas, dengan adanya jalur Tol Trans Sumatra semakin mudah dijangkau dari  berbagai Provinsi sekitar Lampung. Dari Jakarta pun dengan perbaikan pelayanan di penyeberangan Feri, dengan menggunakan Kapal Eksekutif yang waktui tempuhnya lebih cepat dan dilanjutkan melintas jalan tol Bakauheni Lampung, aksesnya semakin mudah dijangkau dengan kendaraan.  

Kebetulan kami menggunakan kapal speed boat dengan rute dari Pantai Mutun.  Jalur utama untuk menuju Pulau Tegas Mas, pengunjung terlebih dahulu tiba di Pantai Sari Ringgung. Jarak pantai ini dari Bandar Lampung, ibukotanya Provinsi Lampung, sekitar 25 kilometer, dengan kisaran waktu tempuh satu setengah jam. 

Saat memasuki Pantai Sari Ringgung, wisatawan akan disuguhi dan disambut dengan pasir putih dan air yang jernih. Di pantai ini, pengunjung juga bisa menikmati fasilitas tambahan, seperti area bermain untuk anak-anak atau sekedar berfoto.

Di Pantai Sari Ringgung, pengunjung dapat menggunakan speed boat selama 15 menit menuju Pulau Tegal Mas. 

Alternatif lainnya adalah menggunakan perahu nelayan namun akan sampai di Pulau Tegal Mas lebih lama, yaitu sekitar 35 menit.

Para Wisatawan yang Berkunjung ke Pulau Tegal Mas

Wisata Bahari yang indah ini menyajikan berbagai fasilitas untuk memanjakan para pengunjung, biaya tiket masuknya justru tergolong murah, berkisar hingga sampai 100 ribu rupiah per orang, tergantung pada paket wisata apa yang diambil. Biaya tersebut tentunya akan lebih murah lagi jika kunjungan dilakukan bersama dengan keluarga, kerabat atau teman sejawat.

Indahnya Pulau Tegal Mas

Melanjutkan cerita keunikan dan daya tarik dari Pulau Tegal Mas adalah fasilitas bangunan penginapan yang eksotis dan sangat nyaman.

Fasilitas bangunan mulai dari bangunan utama dengan hiasan Siger yang merupakan ciri khas Lampung, rumah rumah atau villa, cottage dan pondok pondok santai yang dibangun khusus demi keamanan dan kenyamanan pengunjung. Arsitrektur bangunan yang bernilai tradisional dan artistik membuat Pulau Tegal Mas menjadi sangat indah.

Pulau Tegal mas yang eksotis

 Harga penginapan juga tergolong tidak mahal, dengan fasilitas yang disediakan dengan cottage yang bisa menampung 6 orang tamu. Kisaran harga mulai dari Rp. 3 juta hingga Rp. 5 juta untuk 6 orang per Villa dan untuk Cottage Rp. 2 - hingga  Rp. 3  juta untuk 3 - 5 orang per cottage, sudah termasuk fasilitas kamar lengkap, sarapan, antar-jemput Pulau Sari Ringgung, Pulau Tegal Mas, dan fasilitas menyelam.  Untuk lebih jelasnya, harga terbaru dan detail bisa menghubungi pihak marketing Wisata Pulau Tegal Mas.

Pak Anton Apriantono dan Pak MS bersendau gurau di Wahana bahari Pulau Tegal Mas
 
Terbagi menjadi kawasan sesuai areanya dan saya melihat perbedaan wisata bahari Pulau Tegal Mas dibandingkan wisata pulau yang saya kunjungi. Pulau Tegal Mas merupakan pulau Mandiri dan saya tidak melihat ada penduduk, dan hal ini berbeda dengandi wisata bahari seperti Gili Trawangan, Pulau Seribu (meskipun ada juga beberapa pulau di kepulauan seribu yang juga tidak ada penduduknya) sehingga penataan kawasan dan bangunan lebih baik dan rapi. 

Betapa cantik dan eksotisnya Cottage di Pulau Tegas Mas

Keunikan lain dari Pulau Tegal Mas adalah kemunculan Hiu Paus berbobot 16 ton tidak jarang Hiu Paus atau juga dikenal Hiu Tutul Rhincodon Typus muncul di Pulau Tegal Mas. Pengelola menunjukkan cuplikan video tentang Hiu Paus yang datang berkelompok di sekitar kawasan pulau ini dan pengalaman berenang bersama Sang Hiu Paus. memang luar biasa.

Pengunjung tidak perlu khawatir karena hiu raksasa tersebut tergolong jinak dan termasuk spesies pemakan plankton dan ikan jenis teri. Adanya kemunculan hiu tersebut mengingat lokasi pulau ini berada di lautan tropis dan perairan yang beriklim hangat. Jenis Hiu Paus ini juga dapat dijumpai di wilayah negara lain seperti Maldives, Filipina, Sri Lanka, Thailand, dan sebagian perairan laut Australia. Adanya Hiu Paus tersebut menunjukkan bahwa ekosistem biota laut di pulau ini masih terkonservasi dengan baik. 

Mengagumi Keindahan Pulau Tegal Mas

Ada kemiripan antara Puau Tegal Mas dan  Raja Ampat, kemiripan terdapat fitur di Pulau Tegal Mas yang dipandang menyerupai Raja Ampat, dimana air lautnya sama-sama tidak bergelombang.
Wisata Bahari Pulau Tegal mas, menjadi destinasi favorit

Pulau Tegal Mas menjadi destinasi wisata yang tepat untuk diprioritaskan. Panorama alamnya yang mengagumkan, berlibur ke kawasan tersebut juga merupakan bentuk dukungan terhadap upaya memajukan pariwisata daerah sebagai bagian dari motor penggerak perekonomian daerah dan negara.


Tak terasa, malam pun datang menyambut kami. Pergantian Siang dan Malam 

Dialah yang menjadikan malam bagi kamu supaya kamu beristirahat padanya dan menjadikan siang terang benderang supaya kami mencari karunia Allah. 
Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda kekuasaan Allah bagi orang-orang yang mendengar.

Pulau Tegal Mas

Terima kasih untuk hari ini, kami bersyukur diberikan kesempatan menjelajahi dan menikmati keindahan Pulau Tegal Mas, semua adalah karunia Allah.











Subscribe to receive free email updates:

5 Responses to "Pesona Pulau Tegal Mas, Lampung, Indahnya Surga Dunia Wisata Bahari Yang Ramah Lingkungan "

  1. wow bagus banget…suasana laut yang tenang, Maldives nya Indonesia, tapi ini lebih bagus dan lebih indah, karena ini Tanah Air ku tercinta…cintailah alam Indonesia dan jangan dirusak….ayo kita kunjungi dan ramaikan wisata bahari Indonesia.

    ReplyDelete
  2. wow bagus banget…suasana laut yang tenang, Maldives nya Indonesia, tapi ini lebih bagus dan lebih indah, karena ini Tanah Air ku tercinta…cintailah alam Indonesia dan jangan dirusak….ayo kita kunjungi dan ramaikan wisata bahari Indonesia.

    ReplyDelete
  3. wow bagus banget…suasana laut yang tenang, Maldives nya Indonesia, tapi ini lebih bagus dan lebih indah, karena ini Tanah Air ku tercinta…cintailah alam Indonesia dan jangan dirusak….ayo kita kunjungi dan ramaikan wisata bahari Indonesia.

    ReplyDelete
  4. wow bagus banget…suasana laut yang tenang, Maldives nya Indonesia, tapi ini lebih bagus dan lebih indah, karena ini Tanah Air ku tercinta…cintailah alam Indonesia dan jangan dirusak….ayo kita kunjungi dan ramaikan wisata bahari Indonesia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih Opung atas kunjungannya, kapan bisa bareng ke Tegal Mas ya

      Delete

Terima kasih atas kunjungan teman teman, semoga artikel bermanfaat dan silahkan tinggalkan pesan, kesan ataupun komentar.

Popular Posts