Pesona Keindahan Pantai Mutun Lampung yang Berpasir Putih dan Berair Bening

Pesona Keindahan Pantai Mutun Lampung yang Berpasir Putih dan Berair Bening 

Pantai Mutun


Ini pengamalan pertama berwisata ke Pantai Mutun, Lampung yang menjadi memory dan kenangan yang tersimpan dan menjadi bahan cerita dan pengalaman saat bersosialisasi dengan kawan kawan.

Kembali kilas balik, saat saya berkunjung ke Provinsi Lampung diajak teman saat kuliah di IPB Institut Pertanian Bogor, Fakultas Pertanian, Jurusan Budidaya Pertanaian, Program Study Agronomi dengan program kekhususan Perkebunan.

Pemandangan dari Hotel Emersia

Berangkat dari Hotel Emersa di Bandar Lampung, kami berempat, Pak Anton Apriantono, Om Rudi, Tante Eva dan saya sendiri Eko bertemu dengan Pak MS yang sudah sepakat hari ini akan berkunjung ke Pantai Mutun dan sekitarnya, termasuk ke Pulau Tegal.. 

Menurut informasi, dari Kota Bandar Lampung, Pantai Mutun tifak terlalu jauh dan merupakan obyek Wisata Pantai yang indah dan mudah dijangkau, sekitar 30 - 45 menit saja menuju Pantai Mutun.

Perjalanan ke Pantai Mutun

Rute Menuju Pantai Mutun memang lebih dekat dari Kota Bandar Lampung dengan jarak sekitar 25 km sesuai Google Maps yang selalu terpsang dengan perjalanan darat. Kami melewati jalan kalau tidak salah melalui jalan RE Martadinata ke arah barat daya Teluk Betung. Setelah menemui pertigaan, akan terlihat penunjuk jalan menuju Pantai Mutun.


Menikmati Diskusi saat ke Pantai Mutun

Sambil menyetir saya memperhatikan suasana kanan kiri jalan selama. Sepanjang perjalanan berkesan menyenangkan dan memberikan pemandangan kawasan tepi pantai dan vegetasinya. Dalam rute perjalanan menuju Pantai Mutun, kita dapat menyaksikan beberapa pantai yang juga menyediakan kawasan wisata dan infonya juga ramai dikunjungi. Deretan pantai itu seperti Pantai Queen Arta, Pantai Puri Gading dan pantai lainnya.

Mampir ke Pantai Indah di Sekitar Pantai Mutun

Tidak terasa kamipun sampai di kawasan Pantai Mutun dan info di Goole Maps menunjukkan jarak tempuh sekitar 22.8 kilometer dari Kota Bandar Lampung dan memang waktu tempuh hingga memasuki gerbang atau semacam kawasan pantai di sekitar Pantai Mutun ditempuh dengan berkendara selama 38 menit.

Pemandangan yang masih asri di sekitar Pantai Mutun

Kami pun menyusuri areal jalan menuju pantai ini yang masih banyak tanaman kelapa yang merupakan endemik kawasan pantai.  

Pantai yang Indah
Memang kami tidak langsung menuju Pantai Mutun, tetapi kami mampir terlebih dahulu ke areal Pantai lain di sekitar Pantai Mutun yang sangat indah.

Suasana Pantai sebelum Pantai Mutun
DI pantai ini ternyata ada peternakan Lobster dan Mutiara yang dikelola dengan baik. Tapak di kejauhan gunung dan pelabuhan yang sepertinya adalah pelabuhan Panjang Bandar Lampung.

Berfoto di dekat pengembangan Lobster

Kami beristirahat sambil menikmati keindahan Pantai pertama ini dan berfoto foto di Pantai yang  sangat bersih dan asri ini.

Kawasan Pantai Mutun

Melanjutkan Perjalanan Menuju Pantai Mutun

Setelah selesai berbincang bincang tentang perkembangan Pantai Pantai di Lampung, kami pun melanjutkan perjalanan.

Dermaga Pantai Mutun

Pantai Mutun adalah sebuah objek wisata Secara administratif termasuk dalam wilayah Sukajaya Lempasing, kecamatan Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran. Pantai ini mulai dikenal masyarakat Andan Jejama Tabikpun sebagai tujuan wisatafavorit warga Lampung.

Memasuki Pantai Mutun


Pantai yang masih alami dan kemudahan akses adalah salah satu daya tarik pantai Mutun Lampung Selatan

Pelabuhan Panjang tampak dari Pantai Mutun
Pantai mutun ini lebih unggul daripada pantai lain di teluk lampung karena posisi yang paling jauh dari keramaian. Kesunyian pantai ini menjadikannya tempat yang tepat untuk sejenak melepaskan kepenatan dari hiruk-pikuk Kota Bandar Lampung.

Pantai Mutun

Sejak dikenal luas sebagai tujuan wisata alternatif di Teluk Lampung selain pantai Pulau Pasir dan Pasir Putih, kini Pemerintah Kabupaten Pesawaran semakin serius menata kawasan wisata di wilayahnya, termasuk salah Pantai Mutun dan Pahawang yang dikenal sebagai lokasi snorkling dan diving di pesisir selatan Pesawaran

Pantai mutun ini lebih unggul daripada pantai lain di teluk lampung karena posisi yang paling jauh dari keramaian. Kesunyian pantai ini menjadikannya tempat yang tepat untuk bersantai  sejenak melepaskan kepenatan dari hiruk-pikuk sibuknya Kota Bandar Lampung bahkan dari luar kota lainnya seperti Jakarta, Palembang, Bengkulu dan Jambi.

Akses ke Pantai Mutun  yang mudah membuat lokasi wisata ini juga menjadi destinasi wisatawan dari berbagai daerah di sekitar Provinsi Lampung.

Keunggulan utama yang dijual pantai ini adalah pemandangan hamparan pasir putih yang relatif lebar dengan air laut yang tenang. Keberadaan Pulau Tangkil di sekitar Pantai Mutun menghalangi ombak laut lepas untuk sampai ke pantai. Di saat langit cerah, pengunjung bisa menyaksikan pemandangan awan berarak di atas lautan.

Menurut informasi pantai ramai dikunjungi di akhir pekan dan musim liburan. Pada awal dan pertengahan pekan, pantai lengang dan sangat nyaman untuk beristriahat alias  relatif sepi. Berteman pemandangan hamparan pasir putih dan perahu-perahu angkutan penyeberangan ke Pulau Tangkil yang berjajar di sepanjang garis pantai menjadi idaman saat sepi dan lengang.

Pulau Tangkil salah satu destinasi di sekitar Pantai Mutun


Di dekat pantai ini terdapat pula Pulau Tangkil, sebuah destinasi wisata pulau alami yang masih terjaga kealamiannya. Untuk menjangkau pulau Tangkil, disediakan perahu oleh pengelola pantai.

Menikmati suasana Pantai Mutun
Menikmati Pantai Mutun

Setelah memasuki gerbang pantai Mutun, kami pun beristirahat sejenak di tepi pantai Mutun sambil menikmati pemandangan pasir putih Pantai Mutun dan angin yang bertipu sepoy sepoy.

Selfie pun dijalani untuk menabadikan keindahan Pantai Mutun

Di tepi pantai Mutun, kita dapat menikmati ramahnya penduduk yang berprofesi sebagai nelayan.

Memang Indah, demikian kesan Pak Anton Apriantono

Pak Anton disela sela perbicangan yang serius, berkali kali mengabadikan keindahan Pantai Mutun hingga berpindah tempat mungkin ada 5 kali.

Selesai berbincang bincang mengenai pengembangan Pantai Mutun dan sekitarnya, kami pun menuju ke Puncak Tebing yang ada di atas Pantai Mutun.

Pantai Mutun

Menggunakan mobil kami keluar dari Gerbang Pantai Mutun dan berbelok ke kiri mengikuti jalanan menanjak dengan jarak sekitar 1 km.

Keindahan dari Puncak Bukit di Pantai Mutun

Sampailah kami di Puncak Bukit yang ternyata datar dan bisa menyaksikan pemandangan laut lepas dan pesona keindahan Pantai Mutun

Berfoto bersama di Puncak Bukit Pantai Mutun
Pemandangan memamg luar biasa indah dan dengan cuaca yang cerah kami bisa menyaksikan dengan jelas pelabuhan yang ada di Teluk Betung.

Setelah berbincang tentang Bukit ini, kamipun melanjutkan perjalanan ke level kedua dari bukit yang langsung menghadap ke Pantai Mutun.

Tampai Desa Pantai Mutun dari ketinggian

Sekali lagi kami sangat takjub dengan pesona keindahan yang tersaji di depan mata kami. Kami bisa melihat desa Pantai Mutun yang tampak indah di tepi pantai. Kapal Kapal nelayan terlihat bersandar di tepi pantai menunggu Nelayan mencari Ikan.

Pak Anton tersenyum simpul menyaksikan Pesona Keindahan Pantai Mutun

Pak Anton setelah berbincang dengan Pak MS beliau juga berkeliling ke bagian bukit yang langsung menghadap ke Pantai.

Pak MS menikmati Keindahan Pantai Mutun dari Ketinggian

Pak MS terlihat duduk santai sambil menikmati pemandangan Pantai Mutun dari ketinggian. Beliau terlihat berpikir keras mencari ide bagaimana mengembangkan kawasan Pantai Mutun ini. 
Berfoto dengan background Desa Pantai Mutun
Om Rudi dan Tante Eva tiada hentinya memainkan gawai nya untuk mengabadikan moment keindahan dan suasan Pantai Mutun di siang hari yang cerah ini. Entah sudah berapa klik kamera HP yang tertekan, mungkin belasan, puluhan atau bahkan ratusan.

Keindahan Pantai Tangkil dari Bukit Pantai Mutun
Di Kejauhan tampak Pulau Tangkil yang juga menjadi tujuan wisata lanjutan saat ke Pantai Mutun.  Pulau yang terlihat bersih ini, tampak jelas dari ketinggian di tempat kami berdiri.

Di akhir pekan, Pantai Mutun menjadi tempat yang tepat untuk membawa anggota keluarga menikmati hari libur. Tersedia fasilitas permainan anak yang memadai seperti bola raksasa, sepeda air, dan fasilitas lainnya.

Pengunjung yang ingin merasakan pengalaman berbeda, dapat mencoba beraneka olahraga air seperti jet ski dan banana boat. Pengunjung juga bisa singgah sejenak di Pulau Tangkil menggunakan jasa perahu dari pantai Mutun.

Bermain Pasir dan Berenang menjadi Wisata utama di Pantai Mutun

Pantai ini buka selama 24 jam nonstop, sehingga seluruh pengunjung dapat berlama-lama menikmati keindahan Pantai.

Tiket masuk Pantai Mutun untuk mobil wisatawan yang masuk ke Pantai Mutun Lampung akan dikenakan tiket masuk Rp. 25.000 tanpa memperhitungkan jumlah penumpang.

Pantai Mutun yang bersih
Fasilitas yang tersedia Pantai Mutun cukup memadai, walaupun harga tiket masuknya terjangkau, fasilitas yang ada di dalamnya tak perlu diragukan. 

Fasilitas yang tersedia tidak akan mengecewakan. Di Pantai Mutun tersedia kamar mandi dengan jumlah yang memadai yang dapat digunakan semua pengunjung dengan tarif yang murah.

Transportasi menuju Pulau Tangkil

Selain itu, disini juga terdapat persewaan alat-alat camping, banana boat, kano, perahu dan lain sebagainya. Tidak hanya itu saja, disini juga tersedia arena outbond yang dijadikan sarana bermain bagi pengunjung yang mengajak anak-anak.

Mengeksplore Pantai Mutun dengan Kano
Kurang lengkap jika mengunjungi Pantai Mutun namun tidak mengeksplorasi pantai. Untuk itu pengunjung dapat menyewa kano yang sudah disediakan untuk menjelajahi keindahan pantai. Harga tiket pun terjangkau. Kano Untuk 1 orang dibandrol dengan harga Rp. 30.000. Untuk kabo tandem 2 orang dibanderol Rp. 60.000 per jam. 

Kayoen Day Cafe and Resto di Pantai Mutun

Tersedia juga fasilitas kuliner baik yang berupa restoran maupun kedai atau warung-warung penjual makanan minuman. 

Kedai yang ada di Pantai Mutun menyediakan aneka makanan
Berwisata tanpa mencicipi kuliner akan membuat penasaran dan penyesalan yang dalam untuk itu mencicipi kuliner yang disuguhkan di objek wisata Pantai Mutun wajib dicoba bersama keluarga. Banyak pedagang makanan yang menjual beragam makanan dan minuman sesuai selera, bahkan makanan kecil seperti siomay, bakso dan lain-lain.

Menikmati sajian makanan Kuliner Khas Lampung di Pantai Mutun

Saat menikmati pantai Mutun tampak pengunjung yang menikmati mandi di pantai sambil bermain pasir.

Dermaga untuk menikmati keindahan Pantai Mutun

Hamparan pasir putih yang bersih di pinggiran pantai membuat pantai Mutun banyak dikunjungi. Pengunjung bisa mengajak anak-anak bermain bersama di tempat ini. Sambil menunggui anak anak bermain pasir, pengunjung dewasa bisa bersantai sambil menikmati pemandangan alam yang sangat indah.

Pemdangan Pulau Tangkil dari Resto di Pantai Mutun


Bermain pasir adalah hal yang disukai anak-anak dan remaja. Kegiatan ini bisa dilakukan dengan ditemani orang tua selama kunjungan di pantai. Untuk bermain pasir, pengunjung membawa alat sendiri.  Pantai tidak ada fasilitas penyewaan alat main pasir. Pengunjung bisa membawa ember, sekop dan cetakan lucu dari rumah agar dapat bermain pasir.

Perjalanan menuju Pulau Tangkil

Kegiatan bermain pasir di pantai lebih menyenangkan ketimbang bermain pasir di rumah dan tempat permainan. Hal itu karena saat bermain pasir di pantai, gundukan pasir yang dibuat akan diterpa ombak kecil dan membuat anak-anak senang.

Pulau Tangkil di kawasan Pantai Mutun

Untuk pengunjung yang masih punya sisa energi, setelah seharian bermain air di pantai mutun, bisa melanjutkan kunjungan ke Pulau Tangkil. Pulau yang hanya 700 meter dari pantai ini bisa ditempuh dengan menyewa perahu nelayan di pantai. Pulau tangkil terkenal sebagai lokasi berbagai wahana permainan air. Bahkan ada Parasailing yang hanya satu-satunya di Provinsi Lampung.

Aktifitas mencari ikan di Pantai Mutun

Untuk yang hobi memancing, Pantai Mutun dapat dijadikan tempat indah untuk memancing. Cukup banyak pilihan tempat yang dipilih, mulai dari bibir pantai, menggunakan rakit, sampai menyewa kapal untuk memancing ke tengah laut.

Pesona Pantai Mutun

Demikian informasi mengenai Pantai Mutun dan akan dilanjutkan dengan cerita menikmati Kuliner Khas Lampung dan melanjutkan perjalanan ke Pulau Tegal Mas.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pesona Keindahan Pantai Mutun Lampung yang Berpasir Putih dan Berair Bening "

Post a comment

Popular Posts