Berakhir Tahun 2021 di Pulau Tegal Mas, Wisata Bahari Lampung

Informasi Pulau Tegal Mas

Untuk ke sekian kalinya, saya berkunjung ke Pulau Tegal Mas, Wisata Bahari Lampung yang indahnya mampu menyaingi Maldives.

Happy New Year 2022 dari Pulau Tegal Mas Bersama Nemo

Lokasi Pulau Tegal Mas

Tegal Mas Island atau sering disebut Pulau Tegal Mas merupakan sebuah kawasan wisata yang terletak di Pulau Tegal, Kecamatan Teluk Pandan, Kabupaten Pesawaran, Lampung.

Menikmati Keindahan Pulau Tegal Mas, Lampung

Lokasi Pulau Tegal Mas, dapat dijangkau dari Pantai Mutun dan mendapat julukan Maldivesnya Lampung, Indonesia.

Pulau Tegal Mas, Maldives nya Lampung

Rute Perjalanan Ke Pulau Tegal Mas

Rencana berkunjung dan menginap di Tegal Mas Island diakhir tahun 2021 tepatnya di tanggal 29 - 30 Desember 2022.

Baca juga :

Kami janjian dengan Tour Guide kami di Pantai Mutun sekitar jam 10.00 WIB pagi.

Kami sekeluarga berangkat dari Kota Bekasi dan melintas Tol menuju Pelabuhan Merak.  Sebelum sampai di Pelabuhan Merak, kami membeli tiket Kapal Cepat. Kebetulan saya sudah memiliki aplikasi ferizy, tiket dapat dibeli minimal  2 jam sebelum jam pemesanan.

Gerbang Tol Merak

Aplikasi yang sangat mudah dan membantu proses pembelian, dengan harga tiket kapal cepat penyeberangan Rp.  580.000,-.

Bagi yang belum memiliki aplikasi, mesti download aplikasi Ferizy atau bisa membeli melalui jasa pembelian tiket yang ada di beberapa kios sebelum memasuki pelabuhan.

Pastikan anda sudah memiliki tiket sebelum memasuki pelabuhan, karena pembelian dengan tunai tidak dilayani.

Proses pemesanan dengan menyebutkan
  1. Nama Penumpang lengkap dengan ID atau KTP
  2. Tanggal Pemesanan
  3. Jadwal Kapal, minimla 2 jam sebelumnya dengan memilih jadwal yang ada
  4. Pelabuhan keberangkatan dan Pelabuhan tujuan
  5. No Polisi Kendaraan
  6. Kelas kendaraan
  7. Data Penumpang
Setelah semua diisi, pemesanan bisa diproses.

Suasana di Pelabuhan Penyeberangan Merak

Dermaga penyeberangan Pelabuhan Merak sudah sangat bagus dan layak sebagai pelabuhan Penyeberangan yang berkelas.

Pelabuhan Penyeberangan Merak - Bakauheni

Jadwal naik kapal kami sebenarnya pukul 01.45 tetapi berhubung kami sampai di pelabuhan lebih awal, alhamdulillah kami bisa naik kapal Jatra III yang berangkat pukul 00.15.

Kami penumpang terakhir dan parkir di dek 1 bersama truk dan bis

Posisi mobil kami tepat di gerbang, saat mobil kami masuk, gerbang kapal langsung ditutup dan berangkat.  We are the Last Passanger.

Pelabuhan Penyeberangan Merak - Bakauheni di waktu malam

Suasana dalam kapal Jatra III yang mewah dan bersih sehingga penumpang bisa beristirahat dengan nyaman.

Suasana di dalam kapal Jatra III yang bersih dan nyaman

Saat dini hari, kami merapat ke Pelabuhan Bakauheni, dan melanjutkan perjalanan menuju Bandar Lampung via tol Bakauheni - Bandar Lampung.

Kami berencana menikmati pempek langganan kami di Pempek Selamat yang sangat enak dan cocok untuk lidah kami.

Pempek yang digoreng menjadi sarapan pagi yang lezat

Kapal Selam Kuah Model yang nikmat dan lezat nya Maknyus

Sarapan pagi kami, Pempek Selamat

Setelah perut kenyang, kami pun melanjutkan perjalanan menuju Pantai Mutun, tempat kami janjian dengan Mas tour guide kami, mas Wahyu.

Pantai Mutun dari Kapal yang menuju Pulau Tegal Mas

Kami janjian di Pantai Mutun sekitar pukul 10.00 WIB. Selesai makan pempek, kami pun bergegas menuju Pantai Mutun yang jaraknya menurut google map sekitar 28 km.

Pantai Mutun ke Pulau Tegal Mas

Sampai di sekitar Pantai Mutun, kami pun berkomunikasi dengan Sang Guide.  Mas Wahyu, yang lulusan salah satu universitas di Lampung sudah siap mengantar kami.

Baca juga :

Setelah memarkir mobil di area parkiran, kami pun berkemas menuju kapal yang akan mengantarkan kami menuju Pulau Tegal Mas.

Kapal yang siap mengantar kami ke Pulau Tegal Mas

Sang Permaisuri bergaya di depan kapal, mantap

Keramba dengan Background Hotel Mewah yang dibangun di dekat pantai Mutun

Foto Kerambadi laut dari dekat

Berkompetisi dengan pengunjung lainnya

Deretan pegunungan yang mengelilingi kepulauan di Pulau Tegal Mas, Lampung

Selamat Datang di Pulau Tegal Mas

Setelah menaiki kapal selama kurang lebih 15 menit, kami pun sampai di Wisata Bahari Pulau Tegal Mas.

Selamat datang di Tegal Mas Island - Pulau Tegal Mas

Di Dermaga kayu yang kokoh, kapal bersandar. Kami pun menapak dan berjalan menuju area pantai.

Resort and Marine Tourism, Tegal Mas Island, Lampung

Pemandangan sangat indah dan pantai sangat bersih.  Beberapa plang informasi tentang Pulau Tegal mas dan fasilitasnya serta beberapa papan informasi mengenai protokol Covid, terpampang dengan jelas.

Papan Informasi di Pulau Tegal Mas

Pada kedatangan pertama, saya sandar di Dermaga VVIP yang lokasinya ada di tengah Pulau Tegal Mas, kali ini saya via Dermaga Umum yang disediakan juga oleh Management Pulau Tegal Mas.

Diujung Dermaga, terdapat Pos pembelian tiket untuk pengunjung.  Selain tamu menginap, akan dikenakan tarif masuk Area Wisata Rp. 75.000,-.  Kebetulan kami termasuk tamu yang menginap, sehingga kami bisa langsung melintas dan dijemput mobil fasilitas Pulau Tegal Mas.

Mobil Pick Up yang dimodifikasi sedemikian rupa untuk mengangkut penumpang dan barang tamu.

Dari Dermaga menuju penginapan sekitar 300 meter dan kami sangat senang dengan fasilitas penginapan yang bersih dan nyaman.

Di belakang foto kami adalah ruang utama atau Aula VVIP Pulau Tegal Mas.

Setelah meletakkan barang bawaan, kami tidak sabar untuk berkeliling di Area Pulau Tegal Mas.

Suasana akhir tahun di  Pulau Tegal Mas masih terasa sepi, mungkin karena pengaruh pandemi Covid.

Kami berada di atas penangkaran Penyu dan Hiu yang bisa dinikmati oleh para tamu pengunjung yang menginap di atasnya.

Kami sangat leluasan berkeliling dan menikmati fasilitas yang ada di Pulau tegal Mas.

Kami berjalan dari ujung kiri pulau hingga ujung kanan Pulau.

Di bagian kanan saat kami datang adalah Dermaga untuk keluar masuk pengunjung Umum, sedangkan di bagian ujung kiri pulau adalah tulisan Pulau Tegal Mas yang sepertinya terlihat dari pelabuhan Panjang.

Kami berfoto dibantu oleh mas Wahyu sebagai tour Guide kami, yang sangat menguasai berbagai informasi yang ada di Pulau Tegal Mas.

Snorkling di Pulau Tegal Mas

Informasi yang menarik di Pulau Tegal Mas, selain keindahan resortnya adalah keindahan ikan ikan di bawah laut.

Siap siap Snorkling

Kami pun mengatur waktu untuk melakukan snorkling.  Di saat kedatangan kami di hari pertama, dari guide menginfokan kalau bawah laut sedang keruh sehingga tidak disarankan snorkling.  Nanti akan diinfokan jika air laut sudah jernih dan layak untuk snorkling.

Hari pertama snorkling, Berfoto dengan Ikan Nemo
Jam 14.00 WIB, kami  diinfokan oleh Mas Guide bahwa air mulai jernih, dan semoga bisa dilakukan snorkling.

Ayo Snorkling di Pulau Tegal Mas

Kami pun bergegas bersiap untuk Snorkling. Peralatan Snorkling disediakan oleh management dan siap dipergunakan untuk snorkling.

Mas Wahyu memepersiapkan roti yang dilumat dan dicampur dengan air, kemudian dimasukkan ke dalam botol bekas air mineral.

Ternyata fungsi pakan ini untuk menarik ikan ikan saat kita sudah di posisi snorkling.

Berikut foto foto Snorkling di hari pertama.

Ibu Permaisuri sedang menyelam di kedalaman sekitar 4 meter untuk beraksi di depan ikan Nemo.

Berfoto di depan Ikan Nemo yang sedang melintas

Putra kedua kami, Ahza sedang menyelam dan sangat menikmati bercanda dengan Ikan nemo

Berdua dengan Pujaan Hati, menyelam di Ayo Goes Aku di Pulau Tegal Mas

Yangf menarik adalah saat kami berdua dengan Pujaan Hati, menyelam di Ayo Goes Aku di Pulau Tegal Mas, yang sepertinya kok nggak ada sepedanya. padahal tulisannya auo Goes aku.

Ternyata sepedanya sudah termakan oleh korosi air laut yang luar biasa keras dan mampu menghancurkan aneka besi.

Berikutnya saya berfoto di tulisan Surganya Selfi, Pulau Tegal Mas.  Berhasil juga akhirnya menyelam dan berfoto di bawah kedalaman 4 meter sambil bercengkerama dengan aneka ikan hias termasuk ikan nemo.

Surganya Selfi, Pulau Tegal Mas

Ada satu foto yang saya jadikan sampul saat tahun baru 2022, yaitu saat ada ikan nemo melintas di hadapan saya.

Selfi bareng Ikan Nemo

Senengnnya bisa menyelam dan berfoto bersama ikan Nemo.

Hari kedua Snorkling

Saat di hari pertama Snorkling, meskipun masih bisa berfoto, saya merasa kurang  puas.

Di hari kedua, saya mencoba berkeiling pagi pagi dan sambil menyalurkan hobi  berfoto  saya mengamati kondisi air pantai.

Ternyata airnya jernih sekali, sehingga saya menghubungi Mas Wahyu, bisa nggak kami snorkling.

Ternyata bisa, akhirnya kami turun lagi ke laut untuk snorkling.

Berikut foto foto snorkling hari kedua yang ikannya luar biasa jelas terlihat karena air laut yang jernih.

Benar benar snorkling yang tidak terlupakan.

Bersama team Snorkling.

Selesai Snorkling

Fasilitas Penginapan di Pulau Tegal Mas

Di pulau Tegal Mas, setelah berkeliling di beberapa area aPulau, ada beberapa penginapan yang dapat menjadi pilihan bagi para wisatawan.

Fasilitas yang ada di Pulau Tegal Mas

Dari daftar yang ada di papan informasi,

1. VVIP Vilage
  8. Cottage Pesisir

VVIP Village

Resort untuk Tamu VVIP

Saat kunjungan pertama, saya menikmati indahnya Resort VVIP ini.

Villa Lombok laut di Pulau Tegal Mas

Selanjutnya yang berikutnya adalah Villa Lombok Laut di Pulau Tegal Mas

Kompleks Villa Sasak di Pulau Tegal Mas

Di area ini ada Kampung Lombok Sasak dengan bangunan yang unik, 2 lantai dan dari kayu
Kampung Lombok Sasak

Kampung Lombok Mas

Di area ini Kompleks Villa Sasak bentuknya memanjang mengelilingi pinggiran pantai untuk snorkling.

Selanjutnya ada juga Cottage di Pulau Tegal Mas, yang saya dokumentasikan ada Cottage Saibathin dan Cottage Pesisir.

Cottage Saibathin yang berlantai 2 dan berada di dekat restoran

Cottage Pesisir berada di sebelah kanan saat kita masuk dari Pintu Utama

Berikutnya Kepiting Beach Resort yang ada 2 villa yaitu Villa  kepiting dan Villa Lobster.

Area Kepiting Beach Resort

Villa Kepiting di Area Kepiting Beach Resort

Villa Lobster di Area Kepiting Beach Resort

Di ujung bagian kanan Pulau dari areah kedatangan, ada Penginapan Kampung Lombok Apung

Kampung Lombok Apung

Dari beberapa fasilitas penginapan, mungkin ada beberapa yang tidak tertulis, karena ada beberapa bangunan yang sepertinya mirip dengan kepemilikan individu dan seperti villa di tengah Pulau Tegal Mas. Keren khan.

Photography di Pulau Tegal Mas

Bagi para penggemar Photography, Pulau Tegal Mas memang sangat cocok untuk foto Landscape.

Saya hanya menampilkan beberapa foto di Pulau Tegal Mas, sisanya sudah masuk Microstock seperti Shutterstock, Adobe, Eyem dan beberapa lainnya

Sunset di Pulau Tegal Mas

Kejernihan air laut di Pulau Tegal Mas

Menjelang Sore di Pulau Tegal Mas

Keindahan Saat Pagi di Pulau Tegal Mas

Perpaduan Sunrise dan Jernihnya air laut di Pulau Tegal Mas

Semoga para pembaca suka dengan foto foto sederhana landscape ini.

Fasilitas Di Pulau Tegal Mas

Saat kami menginap, kami mendapatkan fasilitas makan yang luar biasa lezat dan sangat bergizi.

Masakan yang nikmat dengan diiringi musik yang mengalun lembut, meskipun tamunya hanya kami yang ramai.

Pilihan tempat duduk saat menikmati hidangan makanan

Seingat saya ada beberapa keluarga yang juga menginap dan salah satunya ada yang asli Nepal dan sudah lama tinggal di Palembang.

Fasilitas lain yang ada di Pulau Tegas Mas adalah Masjid terapung, Kafe Tanow dan Restoran.

Masjid Terapung Al Musyawarah

Masjid Terapung Al Musyawarah di Pulau Tegal Mas

Berikutnya ada juga cafe yang namanya Cafe Kopi Tanow di Bangunan utama dan biasanya menjadi tempat sarapan tamu.

Fasilitas Kopi Tanow untuk meniikamti Kopi lampung yang spesial

Cafe Tanow yang nyaman untuk ngopi

Selain itu juga ada tenda tenda untuk bersantai bagi para wisatawan

Fasilitas Tenda untuk bersantai bagi para pengunjung

Tenda untuk para pengujung

Di tepi pantai, ada beberapa ayunan yang bisa dipakai bermain saat berlibur di pantai.

Suasana di Pulau Tegal Mas

Kami sangat menikmati suasana di Pulau Tegal Mas bahkan saat malam pun suasana semakin syahdu.

Tidak bosan berada di kesunyian pantai di Pulau Tegal Mas.

Saya juga melihat ada beberapa jaring yang berisi ikan ikan yang bisa dipesan untuk dimasak dan disantap

Kesan Berkunjung ke Pulau Tegal Mas

Wisata bahari Pulau Tegal Mas memang cocok untuk berlibur bersama  keluarga.  Area private, pantai bersih dan airnya bening, ada fasilitas Snorkling, Diving, Restoran, Cafe, dan bisa meminta bakaran ikan atau udang jika diperlukan.

Selain itu signak HP juga kuat, baik telkomsel maupun indosat, sehingga kalau ada keperluan meeting Zoom atau mengirim data masih bisa.

Resort and Marine Torism Tegal Mas Lampung

Kami sekeluarga benar benar menikmati saat berlibur di Pulau Tegal Mas.

Dokumentasi di Pulau Tegal Mas

Saya memang senang berfoto, apalagi dengan tempat yang indah seperti Pulau Tegal Mas.

Berikut beberapa hasil foto terkait di Pulau Tegal Mas.

Dermaga menuju Pulau Tegal Mas

Pura Pura serius di Dermaga Pulau Tegal Mas

Subscribe to receive free email updates:

7 Responses to "Pengalaman Berlibur di Pulau Tegal Mas di Akhir Tahun 2021 dan Menyambut Tahun Baru 2022 "

1. luarrr biasa liburannya pak
    lampung memang jawara masalah pantai dan wisata bawah laut
    suka sekali dengan pemandangan dan aneka makanannya
    semoga saya bisa ke sana di suatu hari nanti

Replies
    1. Siap Mas Ikrom, kebetulan bisa liburan ke Pantai. Iya Betul. sederetan pantai di Lampung menawarkan keindahan pantai, laut dan nikmatnya kuliner. Amin, semoga Mas ikrom segera berlibur menikmati keindahan Lampung. Salam sehat dan selamat beraktifitas.

Delete
  2. Asli keren banget ini pak, vibesnya udah kaya di luar negri, ga salah sih kalau dibilang ini Maldivesnya Lampung.

Akhir tahun kemaren aku mudik ke Lampung juga, ke rumah nenek, tapi ga liburan, di rumah aja karna waktunya terbatas dan banyak acara di rumah. Next kalau ke Lampung lagi pengen banget ke Tegal Mas ini

Replies
    1. Siap Mbak Meta, bersyukur bisa berlibur dan menikmati keindahan Maldives nya Lampung.
      Wah ternyata orang Lampung ya, semoga segera terlaksana berlibur ke Pulau Tegal Mas sekaligus ke Pahawang yang luar biasa indah. Dua jempol untuk wisata bahari Lampung. Salam sehat dan selamat beraktifitas.

Delete
  3. Liburan yang sangat menyenangkan. Mewah, dan menawan. Spot potonya betkonsep alami. Selaras dengan kelihaian wisatawannya yang pintar berakting.

Replies
    1. Di Lampung banyak pantai dan pulau yang dikelola dengan baik oleh swasta Bu, salah satunya Pulau Tegal Mas. Spot spotnya cukup menarik dan konsep yang ditawarkan juga bagus. Sekedar berwisata Bu Nur dan menyalurkan hobby foto. Terima kasih Bu Nur dan salam sehat.

Delete
  4. Pak Eko, boleh tau kenapa menyebrang dari pantai Mutun? Dibanding pantai Sari Ringgung
    Berapa tarif menyebrang dari pantai Mutun? Boleh share telp Mas Guide-nya.
    Terima kasih.

ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungan teman teman, semoga artikel bermanfaat dan silahkan tinggalkan pesan, kesan ataupun komentar.