Philodendron, Tanaman Hias Daun yang Menawan dan Patut Dikoleksi

Philodendron, Tanaman Hias Daun yang Elegan



Informasi Umum Tanaman

Untuk seri tanaman kali ini, Saya akan menyampaikan  Informasi mengenai Tanaman Hias daun yang sangat populer, yaitu Philodendron.

Philodendron, Tanaman Hias Daun yang Menawan dan Patut Dikoleksi

Heboh dengan janda bolong, salah satu spesies Philodendron yang membuat keributan seluruh negara Indonesia.

Janda Bolong, Monstera adansonii  atau Philodendron pertusum yang pernah viral dan fenomental
Iya, Janda Bolong, salah satu Philodendron monstera yang menghipnotis hampir separuh penggemar Tanaman hias daun yang tidak mengerti betapa mudahnya perbanyakan dan pengembang biakan jenis philodendron ini. 

Di saat tanaman hias daun lain sedang booming, Philodendron tetap mempunyai tempat di hati para pecinta tanaman hias daun, termasuk saya.

Keindahan dan dan keanekaragaman jenisnya membuat tanaman ini tetap diburu kolektor tanaman hias dan seperti di saat Pandemi ini, kolektor tanaman semakin banyak dan permintaanya juga meningkat.

Philo Marbel, Philodendron gigantium, Philo yang tumbuh roset 
Selain berfungsi sebagai tanaman hias daun yang dikoleksi oleh para hobiis, tanaman Philodendron bermanfaat sebagai elemen pembentuk taman, baik taman indoor maupun taman outdoor, daunnya digunakan sebagai material dekor dan cantik saat ditanam di Pot biasa maupun pot gantung tergantung tipe pertumbuhannya serta merupakan tanaman penyerap polutan. 

Philodendron merupakan tanaman hias yang sudah dikenal luas sejak dulu.  Keistimewaannya terletak pada bentuk dan warna daun yang sangat bervariasi dan beraneka ragam.

Philodendron Blue Split, Philodendron warszewicvil, Philo dengan batang besar dan tumbuh tegak dan daun memiliki ciri khas bentuk seperti tercabik cabik. 

Dibandingkan dengan tanaman hias lain  dalam kerabatnya family Araceae seperti Anthurium dan Aglaonema.  Philodendron termasuk tanaman yang memiliki toleransi tinggi dan mampu bertahan dalam kondisi marginal, sehingga sering dijuluki tanaman hias bandel yang mampu bertahan damal kondisi ternaungi maupun terpapar sinar matahari, sangat mudah dalam perawatannya serta mudah diperbanyak.

Nama Populer - Pop name    : Philodendron 
Nama Latin - Latin Name     : Philodendron sp.
Family                         : Araceae
Origin - Daerah Asal                 : Amerika Latin
Letak Landscape                        : Tanaman Taman, Pot
Tipe Tanaman Hias                   Tanaman Hias daun
Propagasi perbanyakan         : Stek, Biji, merunduk dan cangkok
Media Tanam                     : Tanah Kebun mix
Perlakuan khusus                     : Pemupukan 

Baca juga Artikel :


Philodendron pertosum, Philo yang bisa tumbuh besar dan dengan daun yang menawan

Ciri dan Identifikasi Tanaman 

Sekilas Info untuk Philodendron, di habitat aslinya tanaman ini hidup dan tumbuh subur di bawah naungan pohon pohon besar di hutan tropis basah, Tropical Rain Forest.

Nah, meskipun termasuk tanaman bandel, tips yang paling bagus untuk memperoleh performa tanaman Philodendron sebaiknya diletakkan di area yang teduh, ternaungi sekitar 40 - 50% dengan kelembaban yang tinggi. Pokoknya ciptakanlah iklim mikro hutan tropis dan bawa ke habitat Philodendron koleksi anda. 

Philo Burle Max, Philodendron radiatum, Philo berdaun kecil dan merambat sangat cocok ditanam di pot karena pertumbuhan yang rimbun. 

Klasifikasi Tanaman 

Kingdom    : Plantae
Divisi         : Magnoliophyta
Class         : Liliopsida
Order        : Alismatales
Family       : Araceae
Genus       : Philodendron
Species     : Philodendron sp. 

Untuk spesies memang sangat banyak dan saat ini ada sekitar lebih dari 200 spesies tanaman Philodendron di seluruh dunia.  

Philo Gigi Buaya, Philodendron handerson delight,
Di Indonesia jumlah spesies yang beredar dan dikoleksi oleh para hobiis dan pengemar tanaman hias daun cukup beragam dengan kriteria daun indah, batang yang kuat dan merambat, dan ada beberapa milik kolektor yang langka baik karena variegata maupun terkadang karena sulit didapatkan.  Terkadang kemiripan antar spesies hampir tidak bisa dibedakan antara satu Philodemdron dengan Philodendron lainnya.n

Sedangkan asal usul Philodendron pertama kali diidentifikasi dari sebuah herbarium yang dikoleksi oleg George Marcgraft dari Colombia pada tahun 1644.  Berikutnya pada tahun 1832, Schott berpetualang masuk hutan dan menemukan sejumlah tumbuhan, karena masih dieksplore, kalau sudah dibudidaya namanya tanaman, di hutan basah tropis, Tropical Forest Brasil.
Philo Marbel, Philodendron gigantium, Philo yang tumbuh roset 

Ekplorasi berikutnya, ternyata ditemukan banyak lagi spesies yang dikelompokkan sebagai Genus Philodendron dari family Aracea di hutan tropis Amerika dan kebanyakan ditemukan di bagian Tenggara Amerika. Sebagian Philodendron yang ditemukan di bagian selatan Ameriak memiliki kemiripan dengan tumbuhan Philodendron yang berasal dari Pasifik hingga ke Colombia dan Equador.   

Habitus dan Koleksi Tanaman

Ciri Ciri dan Identifikasi  karakter tanaman Philodendron secara umum dibagi menjadi 2 
  1. Philodendron terrestial atau tumbuh di daratan atau tanah dan jenis Philodendron ini tumbuh langsung dari tanah atau media tanam dan tidak menempel pada tanaman lain
  2. Philodendron Epiphyte atau Epifit yaitu Philodendron yang tumbuh dan menempel pad atanaman lain yang lebih besar atau benda lain untuk menyangga Philodendron supaya tegak.  Ingat ya, tanaman Philodendron adalah epifit jadi bukan jenis parasit dan tidak merugikan tanaman inang. Tanaman Philodendron akan tumbuh berdampingan dengan tanaman induk yang berfungsi sebagai penyangga atau tempat untuk menempel sekaligus mendaki (Climber).

Berikutnya, untuk tanaman Philodendron yang bersifat Epifit juga terbagi menjadi;
  1. Philodendron Epifit yang tumbuh di tanah
  2. Philodenron yang tumbuh di tanah dan berikutnya tumbuh menempel pada tanaman inang.
Spesies Philodedron yang epifit awalnya seperti tipe ke 2, awalnya di tanah dan berikutnya berkembang lebih banyak di area tanaman indukmua.

Tanaman Philodendron yang merambat mempunyai akar nafas yang berfungsi juga sebagai alat pemanjat dan penyangga pada tanaman induk yang ditempelinya.  Bagian batang Philodendron yang merambat biasanya tidak sekaku dan sekokoh tanaman Philodendron yang tumbuh di daratan.

Philodendron jenis daratan, umumnya memiliki daun yang mengelompok dan roset dengan berbagai jenis dan aneka warna.  Philodendron yang tumbuh subur, akan membentuk pola pertumbuhan yang kompak dan sangat cantik.

Tinggi Tanaman  : sesuai dengan spesies dan tipe pertumbuhan
Diameter Tajuk   : sesuai dengan spesies dan tipe pertumbuhan

Koleksi Philodendron
Berikut Koleksi Koleksi Philodendron yang pernah saya miliki meskipun tidak begitu banyak, tetapi memang sangat indah dan beragam.  

Philo Gigi Buaya, Philodendron handerson delight,

Philodendron erubense Moonlight, Daun berwarna kuning dan berdaun bentuk oval membulat

Philo Lynett, Philodendron campii, Daun lonjong lanset, dengan tulang daun yang jelas sekali dan memiliki permukaan daun mengkilap dan daun tumbuh meroset dan sangat indah.  salah satu Philo kesukaan saya


Philo Orange Juice, Philodendron erubense, daunnya berwarna orange dan bentruk daunnya membulat

Philo Princess of Orange, Philodendron erubense, Philo dengan warna daun orange muda, menjadi ciri khas jenis Philo ini. Termasuk jenis Philo yang tumbuh tegak dan terlihat menawan dengan dipadukan dengan Pot yang cocok, dengan tampilan 75% tanaman, 25 % Pot

Philodendron sp. Daun Philo memanjang yang anggun dan bagus


Philodendron gergaji, Philodendron sp. Jenis Philo dengan pinggiran daun yang bergerigi seperti mata gergaji.  Daun cukup lebar dan panjang.


Phikodendron sp.  Philo dengan tangkai daun yang panjang dan daun yang memanjang. Berwarna hijau terang dan sangat indah saat dipadu dengan pot.


Philo Princess of Orange, Philodendron erubense, warna daun muda mendekati orange dan termasuk Philo dengan tumbuh tegak dan cantik dipadu dengan pot yang berbanding 75% : 25% 


Philo Black Congo, Philodendron ferrugium, sejenis dengan Red Congo tetapi warna hitamnya agak lebih tua. Pinggiran daun sedikit berlekuk . daun berwarna gelap dengan tangkai daun berwarna merah.  Sangat indah sebagai Tanaman Hias daun dipadu dengan pot. 


Philo Black Cardinal, Philodendron erubense Black Cardinal, dengan daun berwarna gelap dengan tangkai daun berwarna merah 


Phikodendron sp.  Philo dengan tangkai daun yang panjang dan daun yang memanjang. Berwarna hijau terang dan sangat indah saat dipadu dengan pot.


Philo Black Congo, Philodendron ferrugium, sejenis dengan Red Congo tetapi warna hitamnya agak lebih tua. Pinggiran daun sedikit berlekuk . daun berwarna gelap dengan tangkai daun berwarna merah.  Sangat indah sebagai Tanaman Hias daun dipadu dengan pot. 


Philo Lynett, Philodendron campii, Daun lonjong lanset, dengan tulang daun yang jelas sekali dan memiliki permukaan daun mengkilap dan daun tumbuh meroset dan sangat indah.  salah satu Philo kesukaan saya


Philo Princess of Orange, Philodendron erubense, warna daun muda mendekati orange dan termasuk Philo dengan tumbuh tegak dan cantik dipadu dengan pot yang berbanding 75% : 25% 

Philo Mayoi, Philodendron mayoi, termasuk jenis Philo yang merambat dan dapat ditanam di Pot

Philodendron sp.  Koleksi yang paling saya suka. Warna tangkai daun kuning oranye. 

Philodendron stenolobum, Philo yang saya suka dengan bentuk pertumbuhan daunnya. Ruas batang pendek tetapi memiliki penopang daun yang kuat.  Dibutuhkan paling tindak 4 meter persedi untuk Philo Stenolobum dewasa.

Philodendron Black Cardinal

Philo Black Gold, Philodendron melanochrysum, jenis Philo yang memanjat dengan akar menempel pada pohon yang lebih besar.  Sekilas daun seperti beludru dan memanjang ketika dewasa

Philo katak atau Philo Eceng, Philodendron cannaefolium, Philo dengan kualtas paling baik dengan ciri daun tebal dan lebar, warna daun hijau terang,sehat, bentuk daun meroset sempurna. Sangat baik dan cocok untuk tanaman hias Pot.
Philo Mary Body, Philodendron erubense

Memang masih banyak Philo yang saya belum, meskipun kadang kalau ada yang pengin bisa sliang menukar.
 
Untuk jenis secara lengkap akan saya sajikan di artikel berikutnya.

Akar Philodendron unik merupakan sistem perakaran serabut.  Bagian akar philodendron ada yang berada di dalam tanah dan ada yang berada di atas permukaan tanah sebagai akar nafas.

Akar Nafas sering dijumpai pada philodendron yang memanjat. Akar pada tanaman Philodendron merupakan akar yang sukulen alias mengandung air sehingga akar ini terkesan mudah patah.  Di ujung akar terdapat bulu bulu akar yang banyak mengandung air. Ukuran akar tergantung pada besar kecilnya tanaman Philodendron.  Warna akar yang sehat  berwarna putih dan ada yang putih kehijauan ataupun kecoklatan serta semakin gelap saat akar semakin tua.

Batang Tanaman

Philodendron memiliki bentuk dan warna batang yang beragam.  Sering saat melakukan identifikasi, saya lebih cenderung mengamati diameter batang, jenid seludang daun, warna batang, panjang dan pendek ruas batang, diameter buku buku pada batang, pola bercak pada batang hingga ada tidaknya lapisan tertentu pada batang.

Batang Philodendron Tianderson yang tumbuh tegak
Bentuk Batang Philodendron pada umumnya bulat masif dan diameter sangat bervariasi tergantung jenis, kesesuaian tempat tumbuh dan umur tanaman Philo.  Jenis Philo yang merambat memiliki diameter yang lebih kecil daripada tanaman yang tidak merambat atau tumbuh tegak , pada jenis yang sama.

Untuk tanaman Philodendron yang merambat setelah dewasa biasanya terdapat menyamping atau lateral yang akan memberi kesan rimbun dan berfungsi sebagai cabang yang akan meraambat melilit - vines dan mendaki atau climber.  Untuk menopang berat daun yang bisa sangat lebar, Philodendron yang climber akan menempelkan batangnya pada tanaman inang yang  biasanya pohon besar dan akarnya akan mencengkeram kuat pada batang pohon yang ditempelinya.

Salah satu bentuk batang Philodendron
Panjang pendeknya ruas batang pada Philodendron juga bervasiasi tergantung jenis dan kondisi penyinaran.  Ada ruas batang yang pendek dan rapat hingga berbentuk roset dan ada yang panjang hingga puluhan centimeter.  Pada tempat yang terpapar sinar matahari penuh, biasanya ruasnya akan standard dan lebih pendek daripada tanaman yang berada di tempat teduh bisa karena etiolasi atau memang tanaman philodendron berusaha mencari dan menelusuri asal cahaya.

Koleksi Philo Marbel,  Pertumbuhan Philo Marbel, Philodendron gigantium, Philo yang tumbuh memanjat


Pada Philodendron, terdapat seludang daun yang bentuk dan ukurannya bervariasi tergantung jenis tanaman Philo.  Seludang daun adalah sebuah lembaran halus yang tumbuh menutupi buku buku batang dan bentuknya beragam ada yang berbentuk mirip jala halus atau berbentuk berupa lembaran yang lancip.  Seludang daun ini akan rontok pada daun tanaman philo yang telah dewasa.

Warna batang Philo memiliki pola warna berbeda sesuai umur dan tingkat pertumbuhan.  Ada batang Philodendron yang berwarna hijau, pada saat muda dan berubah agak abu abun pada umur dewasa, ada pula yang berwarna hijau tua pada saat muda dan berubah hijau kemerahan pada saat dewasa.

Daun Tanaman

Bentuk daun Philodendron sangat beragam tergantung spesies, mulai dari bentuk jantung atau cordates, bentuk ginjal atau reniformis, bentuk hati, lanset, lanset berlekuk, triagularis, deltoideus seperti bangun delta , Rhomboideous seperti belah ketupat dan bulat telor.

Philodendron daun besar, Philodendron bifinnatidum, atau Monstera deliciosa, Philo dengan batang besar dan tumbuh tegak dan daun besar dan lebar dengan pola bercangap 

Demikia  juga dengan bentuk lekukan daun, jenis Philo memiliki berbagai variasi bentuk daun. Selain itu dari pola lubang di daun juga menentukan spesies Philo.

Pada tanaman Philodendron yang merambat, umumnya tulang daun lebih panjang bila dibandingkan dengan jenis Philo yang tidak merambat, meskipun banyak juga Philo darat yang memiliki bentuk daun yang panjang sekali.


Berikutnya keanekaagaman warna daun pada Philodendron yang menjadi incaran para hobiis Philo.  Warna daun mulai dari hijau, hijau muda, hijau kekuningan, hijau kemerahan, merah, merah keunguan, merah kekuningan, warna silver atau perak, dan warna kehitaman, pokoknya sangat beragam dan indah.  Pasti anda terpesona.
Philodendron pertusum, jenis Philodendron yang mrambat dan daun seperti tersobek sobek.
Belum lagi koleksi Daun Philo yang variegata dan uniknya variegata ini juga terdiri dari berbagai macam pola variegata, mulai dari variegata hijau putih, variegata hijau kuning, variegata merah putih, bahkan ada kombinasi dari berbagai warna tersebut. jangan ditanya harganya.  Pasti heboh.  
Tipe daun Philo Gergaji yang unik

Bunga Tanaman

Bunga Philodendron tergolong sebagai Bunga majemuk, yaitu rangkaian banyak bunga yang tersusun pada spadiks - Spadix.  Bunga Philodendron tumbuh dan terlindung oleh seludang bunga yang membungkus spadix.  Jenis bunga ini mirip dengan bunga bunga yang ada pada tanaman Anthurium maupun Aglaonema dan warna seludang juga berbeda beda sesuai spesiesnya.

Posisi bunga Philodendron juga beragam. Bentuk bunga dan posisi bunga pada tanaman Philodendron sangat penting terutama untuk kepentingan proses penyilangan.  Posisi bunga ada yang tegak atau miring dan tempatnya tersembunyi pada batang atay tidak.  bunga tumbuh pada ketiak daun.  Jumlahnya dapat satu buah per ketiak daun atau lebih.

Philo yang bagus dan elegan, Philo Mary Body, Philodendron erubense.

Bunga jantan dan bunga betina terletak pada satu spadik yang sama, bunga hermaprodit.  Bunga betina terletak pada bagian spadiks sedangkan bunga jantan terletak pada bagian ujung spadiks.  Bagian tengah spadix merupakan bagian perantara yang sifatnya steril alias mandul.  

Buah Tanaman

Biji tanaman Philodendron sangat jarang ditemukan karena proses penyerbukannya sangat jarang dilakukan. Seperti Araceae, biji akan tumbuh pada batang tongkol.  Biji akan tumbuh pada batang tongkol.  Biji terbungkus oleh lapisan luar dan lapisan dalam.  Warna lapisan luar akan sangat beragam tergantung jenis tanamannya. 

Kesesuaian dan Adaptasi

Ketinggian tempat altitude       : 1 - 2.500 meter dpl
Kesesuaian suhu                     : 12 - 34 derajat celcius
Kesesuaian tanah                    : tanah subur yang porus
Kesesuaian curah hujan           : 1600 - 3000 mm per tahun
Kesesuaian cahaya                  : Semi Shade, ternaungi
Pertumbuhan Tanaman            : Lambat dan Cepat
Kebutuhan Air                         : Moderat - tinggi
Kebutuhan Perawatan              : Minim

Philo Marbel, Philodendron gigantium, Philo yang tumbuh roset 

Philodendron termasuk tanaman yang mampu beradaptasi dengan baik, (baca : tanaman Bandel) dan dapat tumbuh dengan baik di berbagai kondisi.

Tetap ada syartat ideal untuk pertumbuhan yang optimum dan mampu memberikan performa tanaman terbaik.

Elemen elemen yang mempengaruhi pertumbuhan Philodendron agar tumbuh optimal adalah 
  1. suhu udara, 
  2. penyinaran sinar matahari, 
  3. kelembaban udara,  
  4. penyediaan kebutuhan air dan 
  5. ketinggian tempat penanaman Philodendron.

Elemen elemen tersebut harus masuk dalam rentang kondisi optimum supaya performa tanaman Philo bisa sesuai keinginan sebagai tanaman hias daun.

Suhu udara  yang optimum untuk pertumbuhan Philodedendron adalah 18 - 22 derajat celcius meskipun Philo sendiri mampu tumbuh di rentang suhu udara 12 - 34 derajat celcius

Kebutuhan cahaya matahari untuk Philo yang sudah dewasa dan sebagai tanaman hias, paling optimum dengan intensitas 50%, sedangkan untuk pembibitan Philo sebaiknya diberika n shading paranet dengan intensitas 75%, artinya cahaya yang diredam oleh paranet sebanyak 75% dan cahaya yang diteruskan ke tanaman sebesar 25%.

Beberapa kondisi mungkin ada perkecualian karena umumnya setiap tempat berbeda dari semua aspek elemen penyusunnya dan mungkin dari ke 5 aspek tersebut hanya ada 2 atau 3 yang terpenuhi.

Khususnya untuk indikator kebutuhan cahaya yang sesuai dengan permintan tanaman.  Umumnya tanaman akan merespon dengan perubahan fisik seperti jika tanaman terlihat daunnya gosong atau terbakar sinr matahari berarti tanaman membutuhkan shade net atau paranet untuk meredam intensitas sinar matahari yang masuk ke area tanaman.
Tipe daun Philodendron bifinatidum, Philodendron daun besar, Philodendron bifinnatidum, atau Monstera deliciosa, Philo dengan batang besar dan tumbuh tegak dan daun besar dan lebar dengan pola bercangap 
Teknik pemasangan paranet pun terkadang juga mempengaruhi iklim mirko dibawah shade net.

Intensitas cahaya yang diteruskan tidak harus selalu rendah, seperti tanaman Philodendron variegata, relatif membutuhkan intensitas cahaya matahari yang lebih besar dari jenis jenis yang normal untuk mempertahankan warna terang di daun variegatanya.  

Berikutnya kelembaban udara, seperti di habitat aslinya, yaitu di Rain Forest yang lembab, Philodendron akan tumbuh optimum pada kelembaban yang tinggi meskipun pada rentang kelembaban tertentu, Philo masih bisa toleran dan beradaptasi dengan lingkungan yang mempunyai tingkat kelembaban rendah ataupun kering.

Kelembaban udara yang ideal untuk Philo di kisaran 50 - 75%, karena jika kelembaban terlalu rendah atau kering, beberapa jenis daun philo terutama yang masih muda akan lebih cepat kering, sedangkan bila kelembaban udara terlalu tinggi, cendawan akan lebih mudah menyerang tanaman dan tumbuh terutama di media jika tidak porus.

Kombinasi yang baik untuk mengatur kelembaban adalah dengan mengatur pola penyiraman dan disesuaikan dengan musim, jika musim penghujan dimana kebutuhan air sudah tercukupi dan kelembaban udara sudah cukup tinggi, sebaiknya intensitas penyiraman dikurangi bahkan ditiadakan sama sekali, dan berikutnya bila  saat musim kemarau atau cenderung kering, diatur penyiraman dan pemgaturan shading net untuk memperbaiki sirkulasi udara mikro di sekeliling tanaman.

Selanjutnya elemen ketinggian tempat, jenis tanaman Philodendron tumbuh dengan baik dan optimum pada suhu dan kelembaban udara di lokasi, pertumbuhan Philodendron pada area yang relatif lebih tinggi akan lebih bagus dan lebih kompak dibandingkan di dataran lebih rendah.  Warna daun akan lebih pekat dibandingkan dengan pertumbuhan tanaman di dataran lebih rendah.

Hal ini banyak dialami oleh para Hobiis yang membeli tanaman Philodendron di daerah Ciapus Bogor yang umumnya tumbuh sangat indah dan kompak, tetapi bila di bawa ke Bekasi dan tanpa perlakuan pengaturan iklim mikro yang tepat, warnanya akan memudar dan tidak perform.

Cara Perbanyakan Tanaman 

Philodendron bisa diperbanyak dengan metode generatif dan vegetatif.

Perbanyakan tanaman dengan metode generatif dilakukan dengan penyemain biji dari bunga yang sudah diserbuki dan menjadi biji. Bunga yang berhasil diserbuki akan menjadi tongkol bunga yang berisi ratusan hingga ribuan biji yang siap disemai.  
Perbanyaka tanaman dengan metode vegetatif, merupakan perbanyakan dengan menggunakan bagian tanaman tanpa melalui proses penyerbukan tanaman.  Ada 3 cara perbanyakan vegetatif Philodendron
  1. Layering, biasanya dilakukan pada Philodendron yang merambat
  2. Setek atau Stek batang, pada ruas batang philodendron yang merambat, setidaknya ada satu mata tunas dan di bagian buku cabag tumbuh akar
  3. Stek Pucuk atau tunas, dengan memotong bagian pucuk Philodendron dan menanamnya di media tanama yang sudah disiapkan
Demikian untuk metode perbanyakan Philodendron.

Cara Merawat Tanaman 

Setelah menanam sesuai persyaratan tumbuh optimal Philodendron, berikutnya adalah pemeliharaan tanaman agar tumbuh dengan baik.  Pada tanaman Philodendron pemeliharaan tidak terlalu sulit, seperti yang sudah disampaikan di awal, intinya dengan menjada lingkungan penanaman tetap bersih, melakukan penyiraman sesuai kebutuhan, pemupukan dan pengendalian hama dan penyakit.


Memang kadang kita kesulitan, karena biasanya hobiis seperti saya ini memiliki halaman dengan berbagai macam tanaman selain Philodendron.  Jadi memeliharannya kadang menjadi satu dan sulit memisahkannnya.  Kalaupun dipisahkan, akan membuat repot.

Saya memelihara jenis Sanseviera dan Bromelia yang tidak terlalu menyukai air, di bagian lain ada Anthurium dan Aglonema yang juga tidak terlalu suka air tapi tidak boleh kekeringan. Nah khan, jadi agak repot.  

Ok, secara detail metode pemeliharaan akan saya sampaikan di artikel berikutnya, sebagai seorang Agronomist saya akan berusaha menyajikan dengan model dan kepraktisan dan tidak kaku.

Yang penting perawatan dari Philodendron
  1. Menjaga kelembaban tanaman Philodendron dengan pengaturan penyiraman dan pengaturan shade net atau paranet
  2. Melakukan pemupukan rutin, ada banyak model pemupukan.  Cukup dengan pupuk NPK Standar 15 : 15: 15 : yang asli dan jangan yang palsu ya, akan membantu proses pertumbuhan dan perawatan tanaman
  3. Melakukan pencegahan serangan hama dan penyakit Philodendron, dengan menyemprotkan Insektisida dan fungisida setiap 1 - 3 bulan sekali untuk preventif. 
  4. Penggantian Pot atau repotting jika media sudah tidak mampu menampung pertumbuhan tanaman.
Philo Burle Max, Philodendron radiatum, Philo berdaun kecil dan merambat sangat cocok ditanam di pot karena pertumbuhan yang rimbun. 

Manfaat Tanaman

Manfaat Tanaman Philodendro sebagai,
  1. Tanaman hias daun yang cukup menarik dan indah
  2. Tanaman untuk dekorasi, baiik tanaman utuh maupun daunnya
  3. Tanaman penyerap polutan, apalagi jika diletakkan didalam rumah.  Tanaman Philodenron mampu menyerap  polutan di udara dalam ruangan seperti formaldehid zat kimia yang biasa terdapat pada bahan busa dan mampu menyerap partikel debu pda karpet.  Seperti Anda ketahui, zat polutan ini jika terhirup oleh manusia dalam jumlah banyak akan merugikan kesehatan, bahkan jika menumpuk dapam jumlah banyak dan berlanmgsung lama akan mengakibatkan kanker.
Selain bermanfaat, tanaman Philodendron tertentu juga beracun karena kandungan Kalsium Iksalat - Calcium Oxalate CaC2O4 pada seluruh bagian tanaman dan akan berakibat buruk pada kesehatan. Mirip pada tanaman jenis Dieffenbachia sp.

Pada kandungan dosis rendah, getah tanaman jika terkena kulit akan mengakibatkan iritasi kulit dan gatal gatal terutama pada kulit yang sensitif.

Hindari percikan atau usapan getah Philodendron pada mata karena menyebabkan iritasi dan hindari tertelan karena karena tenggorokan akan terasa panas dan dalam dosis tinggi dapat menyebabkan sesak napas yang parah.

Pemotretan 

Lokasi pemotretan di Kemang Pratama, Bekasi dan Bogor, Jawa Barat, Indonesia
Detail :
Camera maker : Nikon Corporation
Camera model : Nikon D750, Nikon D 5200
F Stop : f/4
Exposure time : 1/1000 sec.
ISO Speed : ISO 2500
Focal lengh : 120 mm
Lens : 
Nikon AF-S 24 - 120 mm F/2.8G IF-GED VR NIKKOR
Nikon AF-S Micro Nikkor 105 mm 1 : 2.8 GED

Kamus Identifikasi tumbuhan dan tanaman serta Sumber Informasi untuk Pengenalan Tumbuhan dan Tanaman 

Planter and Forester

Semoga bermanfaat dan tunggu episode tanaman berikutnya.


Subscribe to receive free email updates:

6 Responses to "Philodendron, Tanaman Hias Daun yang Menawan dan Patut Dikoleksi"

  1. Di antara Philodendron di atas ada beberapa yang saya miliki. Tetapi tidak secantik yang ada di foto Pak Eko. Sekali lagi kiasan orang bijak patut dijempoli, Cantiknya bunga di taman orang. He he ....

    ReplyDelete
    Replies
    1. jadi hapal dengan kiasan orang bijak dari Bu Nur, Cantiknya bunga di taman orang. Saya termasuk penggemar Philodendron Bu, karena termasuk tanaman yang kuat beradaptasi dan minim perawatan. Beberapa koleksi temasuk dalam photo photo di atas. Salam sehat dan selamat beraktifitas Bu.

      Delete
  2. Pak Eko kalo bahas sesuatu pasti detil banget, seperti tanaman Philodendron ini. Ternyata tumbuhan ini masih kerabat dari janda bolong yang fenomenal itu karena harganya mahal.

    Banyak juga jenisnya ya, ada juga Philo marbel yang tumbuh merambat. Ada Philo radiatum yang berdaun kecil, jadi cocok buat pot.πŸ˜€

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap Mas Agus, sekalian buat dokumentasi saya, jadi mesti jelas dan detail, mau nya sih, tapi kadang tulisannya jadi panjang dan mungkin ada yang melewatkan begitu saja. Philo termasuk tanaman hias favorit saya Mas, tahan di indoor maupun out door. Terima kasih dan salam sehat, selamat beraktifitas.

      Delete
  3. Tanaman ini masih saudaranya tanaman talas atau pohon pisang ya pak? Ada yang daunnya mirip daun talas ada juga yang mirip daun pisang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau untuk Pisang sepertinya agak jauh, karena family pisang adalah Musaceae, tetapi kalau dengan Talas, sepertinya agak dekat meskipun jauh, karena family Talas adalah Araceae sama dengan Philodendron, tapi berbeda Genus. Bentuk Daunnya memang beraneka ragam Mas Eko. Salam Sehat dan selamat beraktifitas.

      Delete

Terima kasih atas kunjungan teman teman, semoga artikel bermanfaat dan silahkan tinggalkan pesan, kesan ataupun komentar.

Popular Posts