Tanaman Hias Berdaun Beludru, Episcia cupreata, Koleksi para Hobiis Tanaman Hias Daun

Episcia cupreata, Daun Beludru



Informasi Umum Tanaman

Masih membahas tanaman tanaman koleksi yang memang saya sangat menyenangi bidang tanaman.  Seorang agronomist memang cocok kalau membahas mengenai tanaman. Menurut saya sih he.he..he...

Kali ini saya menyajikan tanaman koleksi dari ibu Mertua yang sangat menggemari tanaman berdaun beludru ini. Ya, kali ini saya menulis tentang Episcia cupreata atau Flame Violet.

Biasanya saya menulis tentang tanaman di blog www.planterandforester.com, tapi untuk artikel Tanaman Hias daun ini saya sengaja menulis tentang salah satu kegemaran ibu dan sangat dirawat dengan tertib dan disiplin. 

Episcia cupreata adalah salah satu spesies tanaman perennial alias tahunan dari famili Gesneriaceae yang ditemukan di Brazil, Kolombia, dan Venezuela. Nama umumnya adalah flame violet, meskipun nama ini juga dapat merujuk pada spesies lain dari genus Episcia. Sejumlah hibrida dari Episcia cupreata dibuat oleh para hobiis yang mengkoleksi tanaman berdaun beludru ini. 

Episcia cupreata Lady Violet, Flame violet, Daun Beludru yang berdaun menawan 
Nama Populer - Pop name    :  Daun Beludru, Episcia
Nama Latin - Latin Name     :  Episcia cupreata (Hook). Hanst
Family                         :  Gesneriaceae
Origin - Daerah Asal                 :  Brazil, Colombia, Amerika latin
Letak Landscape                        : Tanaman Hias Pot, Pengisi taman, Pembatas taman
Tipe Tanaman Hias                   Tanaman Hias Daun 
Propagasi perbanyakan         : Stek, stolon
Media Tanam                     : Tanah, kompos, sekam 
Perlakuan khusus                     : Pemupukan 

Baca juga artikel :

Bintik-bintik tembaga dan ungu ditemukan di bagian bawah daun. Daun mahkota bunganya berwarna oranye-merah dengan tabung kuning. 
Tanaman Episcia juga tanaman yang menghasilkan biji, tetapi  biasanya berkembang biak dengan stolon.

Episcia cupreata, Flame violet, Daun Beludru menjadi koleksi tanaman hias pehobby tanaman hias daun

Episcia cupreata "Acajou", Flame violet, Daun Beludru dipajang sebagai ground cover atau tanaman gantung, episcia tetap  menawan 


Ciri dan Identifikasi Tanaman 

Spesies Episcia  memiliki batang berbulu pendek dan stolon atau batang yang mudah berakar berwarna kemerahan hingga hijau. Daun Episcia berwarna sangat beragam dan  berbentuk oval dengan bilah berbulu yang bervariasi dari tembaga tua, hijau kemerahan, atau hanya hijau, dan ada yang sedikit putih abu abu.

Klasifikasi Tanaman 

Kingdom    : Plantae
Clade         : Asterids
Order         : Lamiales
Family        : Gesneriaceae
Genus        : Episcia
Species      : Episcia cupreata
Binomial name
Episcia cupreata (Hook.) Hanst

Sinonim
Achimenes cupreata Hook.
Cyrtodeira cupreata (Hook.) Hanst.
Cyrtodeira trianae Hanst.
Episcia splendens (Linden) Hanst.
Tapina splendens Linden

Habitus dan Koleksi Tanaman

Tinggi Tanaman  :  15 - 30 cm 
Diameter Tajuk    : merambat dan ground cover
Herba : batang menggandung air
Cocok untuk tanaman Pot Gantung atau penutup tanah, Ground cover.  

Koleksi Si Daun Beludru Episcia cupreata 
Berikut beberapa tampilan dari Episcia cupreata si Daun Beludru yang mempesona para hobiisnya.
  1. Episcia cupreata "Acajou"
  2. Episcia cupreata "Frosty"
  3. Episcia cupreata "Alice Outback"
  4. Episcia cupreata "Black Star"
  5. Episcia cupreata "Blue nile"
  6. Episcia cupreata "Cleopatra"
  7. Episcia cupreata "Costa Rica"
  8. Episcia cupreata "EMber Lace"
  9. Episcia cupreata "Flamingo"
  10. Episcia cupreata "Gold Digger"
  11. Episcia cupreata "Kee Wee"
  12. Episcia cupreata "Moonlight Valley"
  13. Episcia cupreata "Moss Agate"
  14. Episcia cupreata "Pink Panther"
  15. Episcia cupreata "Silver Skies"
  16. Episcia cupreata "Sun Gold"
  17. Episcia cupreata "Lady Violet"
Perhatikan baik baik, bentuk daun hampir mirip, tetapi polanya berbeda.  Pola tulang daun, pola pewarnaan  tengah daun dan pinggir daun.

Daun Episcia cupreata Pokoknya sangat indah, beraneka pola dan pewarnaan yang unik...

Episcia cupreata mirip Pink Panther, Flame violet, Daun Beludru yang berdaun berwatrna putih silver dengan pinggir abu abu tua kehijauan.  

Episcia cupreata Sun Gold, Flame violet, Daun Beludru yang berdaun hijau gelap dan betulang daun hijau muda. 

Episcia cupreata Sun Gold, Flame violet, Daun Beludru yang berdaun gelap dengan tulang daun hijau muda.  

Episcia cupreata Flamingo, Flame violet, Daun Beludru yang berdaun hijau terang dan tulang daun berwarna putih hijau muda yang membentuk pola menyirip yang indah.  

Episcia cupreata Flamingo, Flame violet, Daun Beludru yang berdaun menawan dan sangat indah.  Pola tulag daun yang sangat saya suka. 

Episcia cupreata Flamingo, Flame violet, Daun Beludru yang berdaun berbulu dan berwarna hijau gelap lebih ke hitam dan tulang daun putih kehijauan. 

Episcia cupreata Pink Panther, Flame violet, Daun Beludru yang berdaun dengan warna hijau muda silver dengan pinggir daun berwarna coklat kemerahan yang indah dan terpola di pinggir daun.

Episcia cupreata Pink Panther merupakan Flame Violet yang memiliki warna daun hijau kecoklatan keperakan dengan pinggir daun berpola berwarna hijau gelap kecoklatan. Pola tulang daun seperti pola warna cerah keperakan yang sangat indah.  Episcia cupreata Pink Panther memiliki bunga berwarna pink cerah sesuai namanya, tetapi sayangnya saya belum bisa mendokumentasikan bunganya.   

Episcia cupreata "Sun Gold" , Flame violet, Daun Beludru yang berdaun berwarna gelap, hijau tua kemerahan gelap dan pola tulang daun yang berwarna hijau muda.  Pola tulang daun dari tengah ke pinggir sangat menawan.

Episcia cupreata Sun Gold merupakan kultivar dari Episcia yang memiliki daun berwarna hijau gelap mengkilat dengan tulang daun berwarna hijau muda. Keunikan dari Episcia cupreata Sun Gold adalah bunganya yang berwarna kuning cerah. 
Episcia cupreata Silver Skies, Flame violet, Daun Beludru yang berdaun berwarna silver kehijauan dengan pola gelap di pingir daun.  Tulang daun berwarna silver . 

Episcia cupreata Silver Skies, Flame violet, Daun Beludru yang berdaun berwarna silver kehijauan dengan pola gelap di pingir daun.  Tulang daun berwarna silver .

Episcia cupreata Silver Skies didominasi oleh warna silver alias keperakan dengan pola tulang daun yang samar dengan pola pinggir daun berwarna kecoklatan kemerahan.


Episcia cupreata "Gold Digger", Flame violet, Daun Beludru yang berdaun berwarna gelap biru hijau gelap dengan tulang daun berwarna pink ungu yang menyala. Sangat indah dan menawan.  
Episcia cupreata "Gold Digger", termasuk Flame Violet yang memiliki daun sangat indah.  Daun berwarna biru gelap kemerahan kecoklatan dengan urat berwarna pink menyala di bagian pola daun.  Bunganya berwarna oranye kemerahan dengan pangkal kuning. 

Episcia cupreata "Acajou", Flame violet, Daun Beludru yang berdaun dengan warna hijau muda dan pola pinggir daun berwarna coklat kehijauan, kemerahan dan tulang daun berpola di tengah yang unik.  

Episcia cupreata Acajou merupakan Flame Violet yang umum ditemui dengan ciri khas daun berwarna coklat kehijauan dan hijau tembaga dengan pola urat daun berwarna hijau terang keperakan.

Episcia cupreata Lady Violet, Flame violet, Daun Beludru yang berdaun berwarna violet terang  dan dengan warna tulang daun mirip dan membentuk pola yang indah. 
Episcia cupreata Lady Violet, memiliki daun yang hampir semua berwarna violet yang sangat menawan dan bertulang daun violet sedikit kehijauan.  Episcia ini yang paling saya suka. 

Episcia cupreata, Flame violet, Daun Beludru yang dengan daun yang bercorak gelap dan bertulang daun hijau.


Episcia cupreata Moss Agate, Flame violet, Daun Beludru yang berdaun berwarna hijau dan bertulag daun hijau muda keputihan.  

Episcia cupreata "Moss Agate", Flame violet, Daun Beludru yang berdaun menawan 

Episcia Cupreata Moss Agate merupakan Episcia yang warna daunnya didominasi warna hijau, dengan tulang daun berwarna hijau muda samar yang membentuk pola yang indah dan sedikit kontras dengan warna utama daun. Bunga Episcia cupreata Mos Agate berwarna merah dengan bagian tengah kuning orange.

Episcia cupreata, Flame violet, Daun Beludru yang berdaun bercorak gelap dan bertulang daun kekuningan coklat muda. 


Episcia cupreata mirip Frosty, Flame violet, Daun Beludru yang berdaun bercorak [utih silver dan berpola hijau yang menawan 

Episcia cupreata "Frosty", Flame violet, Daun Beludru yang berdaun berwaran putih silver dan berpola hijau dengan model noktah yang menawan 

Episcia cupreata "Frosty" merupakan kultivar Episcia dari Flame Violet yang paling banyak ditemui sebagai ground cover.  Berwarna dasar hijau cerah dengan kilauan pola putih keperakan dengan bulu bulu halus bak permadani beludru dengan tulang daun berwarna hijau terang keperakan. 

Episcia cupreata "Frosty", Flame violet, Daun Beludru yang berdaun menawan 

Episcia cupreata "Alice Outback", Flame violet, Daun Beludru yang berdaun berwarna violet dan di bagian tengah dan berpola biru gelap mendekati hitam di ujung tulang daun.  
Episcia cupreata "Alice Outback" berdaun bernuansa violet warna ungu  dan dengan pola yang berwarna biru gelap.  Episcia Alice Outback ini selain berdaun indah juga memiliki bunga berwarna orange dan pangkal berwarna kuning.

Episcia cupreata Alice Outback, Flame violet, Daun Beludru yang berdaun dengan tulang daun berwarna violet dan pola yang gelap.  

Episcia cupreata Mirip Frosty, Flame violet, Daun Beludru yang berdaun menawan 


Episcia cupreata "Kee Wee", Flame violet, Daun Beludru yang berdaun berwarna hijau gelap kemerahan dan pola daun seperti timbul dan menebal. Daun Episcia yang sangat menawan 
Episcia cupreata "Kee Wee" memiliki daun yang sangat menarik dan indah. Penampilan dengan daun berwarna hijau gelap dengan urat urat daun yang keunguan.

Episcia cupreata, Flame violet, Daun Beludru yang berdaun berwarna hijau gelap kemerahan dan bertulang daun berwarna hijau muda dan membentuk pola yang indah dan menawan 

Episcia cupreata Black Star, Flame violet, Daun Beludru yang berdaun menawan 

Episcia cupreata Black Star memilki daun yang rimbun  dan bercorak hijau gelap tembaga dengan urat daun berwarna merah muda hingga ungu.

Episcia cupreata Blue Nile, merupakan Episcia cupreata yang berwarna daun hijau pekat dan menyolok terlihat seperti berwarna nila.  Corak warna ini disebut Blue Nile dengan bunga berwarna ungu muda.

Episcia cupreata Cleopatra, untuk episcia ini saya tidak memiliki fotonya, tetapi Flame Violet atau Violet Api Cleopatra benar benar sangat indah dengan warna pink muda dan motif berwarna putih dan tulang daun berwarna hijau terang.  Bunga dari Episcia cupreata cleopatra berwarna orange.

Episcia cupreata Costa Rica, kebetulan saya tidak memiliki fotonya. Tampilan Daun Flame Violet memiliki pola berwarna hijau cerah dengan pola tengah berwarna kemerahan dan bunganya berwarna orange kemerahan.

Episcia cupreata Ember Lace, Daun beludru yang memiliki pola warna acak, dalam satu daun dihiasi oleh warna pink, warna hijau dan warna putih dengan pola yang menyebar dan tidak ada yang sama alias tidak seragam.  Ini merupakan Episcia cupreata yang daunnya paling unik menurut saya.

Episcia cupreata flamingo, merupakan Violet Flame dengan daun berwarna hijau gelap dengan tulang daun berwarna hijau muda.  Bunga dari Episcia cupreata Flamingo berwarna pink dengan pangkal bunga berwarna kekuningan.

Episcia cupreata Moonlight Valley, ini menurut saya merupakan kultivar yang sangat cantik dengan warna daun bagian tengah hijau, bersemu kuning muda dan dengan pola pinggir daun berwarna merah maroon dan cenderung merah muda.  Sangat indah dan sayangnya, saya belum ada dokumentasinya.

Episcia cupreata Black Star, jenis Violet Flame yang berpola daun warna hijau tembaga gelap, dengan tulang daun berwarna merah muda sampai ungu.

Batang Tanaman

Batang Bulat dan sukulen atau lunak dan mengandung air. 

Daun Tanaman

Daun adalah daya tarik utama dari Episcia cupreatas alias daun beludru.

Daunnya seperti dilapisi beludru yang tipis dan menurup seluruh permukaan daun.

Bentuk daun - Leaf Shape             : oval, ovate
Susunan daun - Leaf Arrangement : pinnate
Susunan daun dari batang - Leaf Arr. on Stem : petiole
Tulang daun - Leaf Venation          : menyirip
Pinggir daun - Leaf Margins           : bergerigi kecil
Pangkal daun                               : meruncing
Ujung daun   - Leaf Tip                 : Acuminate
Warna daun - Leaf Colour             : Hijau, Merah, Silver, Kemerahan, putih, abu abu
Tangkai daun atau petiole             : Pendek
Ukuran daun - Leaf Size               : panjang 2 - 4 cm, lebar 2 - 3 cm
Permukaan daun                         : berbulu

Daunnya berbentuk oval dengan bilah berbulu yang bervariasi dari tembaga tua, hijau kemerahan, atau hanya hijau dan ada juga yang putih.

Bunga Tanaman

Tipe pembungaan Letak bunga pada batang pada ketiak daun (flos axilaris), Warna bunga merah dan oranye. Tangkai bunga atau pedicellus ada

Episcia cupreata, Flame violet, Daun Beludru yangberbunga mungil berwarna merah orange 

Episcia cupreata, Flame violet, Daun Beludru yang berbunga mirip terompet 


Buah Tanaman

Kali ini saya belum menemukan buahnya jadi belum bisa mendokumentasikannya

Kesesuaian dan Adaptasi

Ketinggian tempat altitude :  1 - 2.000 m dpl
Kesesuaian suhu               :  10 - 34 derajat celcius
Kesesuaian tanah              :  tanah subur dan gembur
Kesesuaian curah hujan     :  1.200 - 2.500 mm per tahun
Kesesuaian cahaya            :  Semi Shade, Full Sun
Pertumbuhan Tanaman      :  cepat
Kebutuhan Air                   :  butuh banyak air
Kebutuhan Perawatan        :  minim

Cara Perbanyakan Tanaman 

Perbanyakan tanaman dengan biji, Stek, Layering

Episcia cupreata, Flame violet, Daun Beludru yang berdaun menawan 

Manfaat Tanaman

Manfaat Tanaman sebagai tanaman hias daun

Pemotretan 

Lokasi pemotretan di Taman Narogong Indah, Bekasi, Jawa Barat
Detail :
Camera maker : Nikon Corporation
Camera model : Nikon D750, D5200
F Stop : f/4
Exposure time : 1/1000 sec.
ISO Speed : ISO 2500
Focal lengh : 120 mm
Lens : 
Nikon AF-S 24 - 120 mm F/2.8G IF-GED VR NIKKOR
Nikon AF-S Micro Nikkor 105 mm 1 : 2.8 GED
Kamus Identifikasi tumbuhan dan tanaman serta Sumber Informasi untuk Pengenalan Tumbuhan dan Tanaman 
Planter and Forester


Subscribe to receive free email updates:

6 Responses to "Tanaman Hias Berdaun Beludru, Episcia cupreata, Koleksi para Hobiis Tanaman Hias Daun"

  1. Replies
    1. Oh ya, keren Om. Ada berapa jenis Om Ahza

      Delete
  2. Cantiknya bunga di taman orang. Padahal di pengarangan saya juga banyak tananaman ini, Pak Eko. terutama yang jenis Episcia cupreata, Flame violet. Tapi tidak semenarik di foto Pak Eko. He he ....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Bu Nur, Episcia memang tanaman hias daun yang menarik, apalagi kalau sudah masuk Pot. Episcia saat ini semakin banyak penggemarnya dan cukup bernilai. Terima kasih Bu Nur, sudah melihat koleksi Episcia saya. Salam sehat Bu.

      Delete
  3. ternyata, variasinya banyak.... dan kelihatan cantik...

    Thank you for sharing

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap, terima kasih Pak Tanza. Tanaman hias daun Episcia ini semakin banyak penggemarnya. Salam Sehat Pak.

      Delete

Terima kasih atas kunjungan teman teman, semoga artikel bermanfaat dan silahkan tinggalkan pesan, kesan ataupun komentar.

Popular Posts