10 Pilihan Tanaman Merambat yang Sangat Indah dan Menawan

Seri Tanaman Hias 
10 Tanaman Merambat yang Populer, 
Indah dan menawan

Mengapa kita memilih tanaman merambat.   Tidak berbeda dengan tanaman tanaman pada umumnya, tanaman merambat juga tumbuh dengan pola yang mengikuti pertumbuhan tanaman.

Tanaman rambat atau vine, juga tumbuh meninggi, bercabang, dan memiliki ranting.  Bentuk pola batang yang tidak mampu menyangga beban kanopi atau beban pertumbuhan cabang dan ranting , tidak seperti pohon pada umumnya yang mampu menahan beban kanopi dan percabangan.

Tanaman merambat umumnya memiliki ciri pertumbuhan yang tidak teratur dan memilki jangkauan baik memanjat maupun melebar sesuai tipe merambatnya.

Nah, untuk membantu mengatur pertumbuhan dan percabangan supaya teratur diperlukan pengarah atau alat bantu baik sebagai penopang, tempat merambat ataupun tempat pijakan untuk memanjat.

Model alat bantu penopang, tempat merambat atau pijakan untuk memanjat dikenal dengan istilah para para dan istilah kerennya adalah Pergola.

Jenis dan sifat tanaman merambat juga berbeda beda, 

Tanaman merambat yang berbatang kecil dan lentur dan sangat mudah saat mengatur percabangan  dengan cara melilitkan batang, cabang dan ranting pada para para atau pergola yang sudah dopersiapkan.  Beberapa tanaman seperti Clematis dan Passiflora memilki sulur sulur yang berbentuk spiral di ketiak daun yang memudahkan untuk mengaitkan diri pada alat bantu ataupun percabangan tanaman lain.

Umumnya untuk kelompok  tanaman merambat seperti di atas memiliki sifat tumbuh yang sangat cepat, fast Growing Spesies dan tanaman yang memilki kecepatan tumbuh seperti ini adalah Nona Makan Sirih, Stephanot dengan bunga warna ungu serta kelompok Morning Glory. 

Tipe batang kecil dengan pertumbuhan lambat juga ada seperti misalnya mandevila putih, merah marun dan merah, serta Stephanot putih. 

Selain dengan jenis merambat dengan perecabangan yang lentur, ada juga yang memiliki batang sangat keras dan sifat berkayunya terlihat. Tanaman merambat dengan tipe ini bersifat semi merambat dan kemampuan melilitkan dirinya tidak serapat pada tanaman dengan percabangan yang kecil.

Tanaman merambat berkayu, pada saat muda sangat mudah merambat mencari bidang atau sarana untuk melilitkan diri, dansemakin tua terkadang cenderung untuk memanjat dan bukan merambat.

Tanaman merambat dengan model ini misalnya  petrea volubilis, Quisqualis indica,  Solandra dan beberapa tanaman merambat besar seperti  Mucuna bennetti dan Strongylodn macrobotrys alias jade Vine.

Tanaman hias merambat, sebenarnya juga dipilih karena keindahan bunganya dan keindahan daunnya.  

Tanaman merambat hias berbunga, paling umum dirambatkan atau dipanjatkan di pergola seperti Quisqualis indica, Air mata pengantin, Nona Makan Sirih ataupun yang berukuran besar seperti Flame of Irian atau Mucuna bennetti.

Tanaman merambat hias daun juga sangat menarik menjadi penghias teras ataupun carport.  Tanaman merambat hias daun seperti Sirih gading, philodendron rambat, daun dolar ficus pumila dan sebagainya.

Berikut ini adalah pilihan saya beberapa tanaman merambat dan memanjat yang menurut saya sangat berbunga indah dan layak dipajang di Pergola teras rumah atau carport.

  1. Strongylodon macrobotrys
  2. Mucuna benetti
  3. Petrea volubilis
  4. Pyrostegia venusta
  5. Podranea ricasoliana
  6. Lanicera japonica
  7. Quisqualis indica
  8. Antigonon leptopus
  9. Clerodendrum thomsonae
  10. Bauhina
Strongylodon macrobotrys A.Gray, Jade Vine

Strongylodon macrobotrys, umumnya dikenal sebagai jade vine, zamrud vine  atau turquoise jade vine, meruipakan spesies leguminous atau fabaceae yang perennial liana alias tumbuhan merambat berkayu, yang berasal dari hutan tropis Philippina, dengan batang yang dapat menjulur ke atas panjangnya hingga 20 m. 

Jenis Strongylodon macrobotrys  ditanam karena bunganya yang unik dan indah. Pohon  bisa diatur di atas teralis atau pergola. Meskipun spesies ini berbunga paling baik saat ditanam di tanah, ia juga berbunga dalam wadah besar yang ditempatkan di lokasi cerah.

Nama lokalnya di Phillippina adalah Tayabak. Merupakan anggota dari Fabaceae atau keluarga kacang polong dan kacang-kacangan, ini terkait erat dengan kacang-kacangan dan tanaman  Strongylodon macrobotrys,diserbuki oleh burung dan kelelawar.

Nama Populer - Pop name    :  Jade Vine, Emerald Creeper, Strongylodon
Nama Latin - Latin Name        :  Strongylodon macrobotrys A.Gray
Family                            Fabaceae
Origin - Daerah Asal                 :  Philippina
Letak Landscape                         Tanaman Pergola, Tanaman Hias Merambat, Teralis, Gerbang Rumah
Tipe Tanaman Hias                     : Tanaman Hias Merambat Berbunga Indah
Propagasi perbanyakan                 : Stek, Biji dan Layering
Media Tanam                     : Tanah Kebun 

Perlakuan khusus                     : Pemangkasan dan Pemupukan 

Tanaman merambat dengan batang berkayu yang sangat kuat dan liat yang mampu merambat hingga lebih dari 20 m, bisa anda bayangkan 20 meter bahkan dihabitat yang cocok bisa lebih dari 20 m.

Daunnya bercabang 3, masing masing dengan panjang 7 - 12 cm dengan pucuk daun yang masih muda berwarna coklat kehitaman.

Strongylodon macrobotrys A.Gray, Jade Vine

Untaian bunganya merupakan pemandangan yang menakjubkan. Warna bunganya sangat unik, mungkin merupakan satu satunya bunga yang mempunyai warna hijau kebiruan, seperti batu giok atau jade yang sering dijadikan perhiasan mahal dengan ukiran yang indah. 

Mucuna bennettii F. Muell., Flame of Irian

Mucuna bennettii F. Muell

Mucuna bennettii F. Muell. atau lebih dikenal dengan sebutan Flame of Irian merupakan salah satu tanaman yang endemik di Papua dan menajdi salah satu koleksi yang sangat eksotis.

Tanaman merambat ini banyak ditanam untuk menghiasi pergola dan melindungi Carport sehingga mengurangi efek tampias karena hujan.

Keindahan Bunga  Mucuna bennettii

Mucuna bennettii , umumnya dikenal sebagai Flame of Irian, New Guinea creeper atau Scarlet Jade Vine, atau bahasa lokalnya Bunga Kukui macan adalah spesies tumbuhan berbunga dari keluarga Fabaceae , yang berasal dari Papua Indonesia, Sulawesi, Papua Nugini, hingga Vanuatu. 

Mucuna bennettii F. Muell atau Flame of Irian

Popular name : Flame of Irian, Bunga Kuku macan, Scarlet Jade Vine, New Guinea Creeper

Latin Name : Mucuna bennettii F. Muell 
Family : Fabaceae
Origin                  : Papua, Sulawesi, Maluku, Indonesia, Papua New Guinea, Vanuatu
Landscape : Tanaman Hias Merambat 
Ornamental type : Tanaman Hias Merambat Berbunga Merah
Propagation : Biji, Stek
Media  : Campuran Tanah kebun , Kompos, dan Pupuk Kandang
Special Treatment : Pemupukan dan pemangkasan

PETREA, SANDPAPER VINEPetrea volubilis

Petrea volubilis

Nama Populer              PETREA, SANDPAPER VINE
Nama Latin                  Petrea volubilis
Family                         : Verbenaceae
Origin - Daerah Asal     : Mexico, Amerika Tengah
Tata letak Landscape   : Pagar, kanopi, Garasi Terbuka, Balkon, Teras, Pergola
Tipe Tanaman Hias       Tanaman Merambat, Vine
Propagasi perbanyakan : Biji, Stek batang, Cangkok
Media Tanah                 : Tanah kebun dan Pupuk Kandang
Perlakuan khusus          : Pemupukan  dan Pemangkasan


Tampilan Bunga Petrea volubilis yang indah

Tanaman  PETREA, SANDPAPER VINE Petrea volubilis Merupakan tanaman merambat yang berkayu dan mempunyai daun dengan permukaan kasar seperti amplas (sandpaper).

Pyrostegia venusta  Miers, Flame Vine atau Golden Shower

Pyrostegia venusta  Miers, Flame Vine atau Golden Shower 

Pyrostegia venusta  Miers, Flame Vine atau Golden Shower

Bunga  berbentuk seperti terompet atau jarum penthul dengan memiliki panjang 5 - 8 cm dan diameter 1 - 2 cm. Bunga tumbuh berkelompok di ujung cabang.

Laju pertumbuhan tanaman  Pyrostegia venusta  Miers, Flame Vine atau Golden Shower sangat cepat dan batangnya bija menjalar dan merambat hingga lebih dari 12 m bahkan ada yang sampai 20 meter.

Bentuk tanaman yang cepat menjalar ini sangat ideal untuk ditanam sebagai tanaman penghalang pandangan pada pagar, penyaring udara atau debu dari jalan dan pembatas dengan areal kosong.

Bunga dan daun tanaman  Flame Vine atau Golden Shower cenderung muncul di tempat tempat yang terpapar matahari penuh dan kalau di pagar, umumnya bunga yang mekar berada di bagian atas pagar.

Pyrostegia venusta  Miers, Flame Vine atau Golden Shower 

Nama Populer - Pop name    :  Flame Vine, Golden Shower, Orange Trumpet Creeper

Nama Latin - Latin Name     :  Pyrostegia venusta  Miers,
Family                         :  Bignoniaceae
Origin - Daerah Asal                 :  Brazil, Amerika Latin
Letak Landscape                        :  Tanaman Pergola, Tanaman Pagar, Tanaman Penyaring Debu
Tipe Tanaman Hias                     : Tanaman Merambat berbunga indah
Propagasi perbanyakan         : Stek, Biji dan Layering
Media Tanam                     : Tanah Kebun 

Perlakuan khusus                     : Pemangkasan dan Pemupukan 

Podranea ricasoliana (Tanf.) Sprague, Pink Trumpet Vine

Podranea ricasoliana (Tanf.) Sprague

Podranea ricasoliana, dengan dedaunannya yang mengkilap dan banyaknya bunga merah muda yang menarik, adalah tanaman yang sangat mencolok, terkenal di banyak ditanam sebagai tanaman merambat yang dipajang di pergola di taman dan depan rumah atau pagar.

Podranea ricasoliana atau Pink trumpet vine alias Bunga Terompet Berwarna Pink adalah pemanjat climber yang kuat, berkayu, menyebar tak teratur, dan selalu tumbuh hijau tanpa sulur. 

Jika ditanam di pagar rumah atau halaman rumah, perlu dipersiapkan pergola yang kuat untuk menopang tanaman ini.

Podranea ricasoliana (Tanf.) Sprague 

Mampu tumbuh  sampai 3 - 10 meter.

Hal ini membuatnya memiliki masa berbunga yang sangat panjang bahkan di daerah tropis bisa berbunga sepanjang tahun dan memang rajin berbunga.

Bunga pada  Podranea ricasoliana berbunga mirip terompet dengan panjang 4 - 6 cm dengan diameter 2 - 2,5 cm, berwarna pink atau merah muda, pink kombinasi putih dan pink kombinasi merah tipis dengan dihiasi garis garis berwarna merah.

Setelah selesai berbunga, cabang cabang baru akan mulai bermunculan di bawah tangkai bunga.

Memiliki buah yang berbentuk kapsul pipih atau gepeng yang saat matang akan menebarkan biji piph yang berwrna coklat dan bersayap.  

Nama Populer - Pop name    :   zimbabwe creeper, Port St Johns creeper, pink trumpet vine

Nama Latin - Latin Name        :  Podranea ricasoliana (Tanf.) Sprague
Family                           :  Bignoniaceae
Origin - Daerah Asal                 :  Afrika Selatan, Zimbabwe
Letak Landscape                         : Pagar, Pergola sebaga tanaman merambat
Tipe Tanaman Hias                     : Tanaman Merambat dan Tanaman Taman
Propagasi perbanyakan                 : Stek, Biji dan layering merunduk
Media Tanam                     : Tanah Kebun 

Perlakuan khusus                     : Pemangkasan dan Pemupukan 


Lonicera japonica

Nama Populer                Honey Suckle Sweet Honeysuckle
Nama Latin                    Lonicera japonica
Family                           : Caprilpliaceae
Origin - Daerah Asal       : Jepang Korea
Tata letak Landscape      : Pagar, kanopi, Garasi Terbuka, Balkon, Teras, Pergola
Tipe Tanaman Hias         Tanaman Merambat, Vine
Propagasi perbanyakan  : Stek
Media Tanah                   Tanah kebun dan Pupuk Kandang                                                         
Perlakuan khusus            : Pemupukan  dan Pemangkasan

Lonicera japonica

Tanaman  Honey Suckle Sweet Honeysuckle atau Lonicera japonica merupakan merambat berbatang kayu.
Batangnya kuat berbulu dan mampu merambat hingga ketinggian sekitar 9 meter bahkan lebih.
Daunnya berbentuk oval dengan panjang sekitar 4 – 9 cm dan lebar sekitar 3 – 4 cm dan tepi daun terkadang bergelombang.
Quisqualis indica


Nama Populer                AKAR DANI, WUDANI, DRUNKEN SAILOR, RANGOON CREEPER, MELATI   BELANDA
Nama Latin                   Quisqualis indica
Family                          : Combretaceae
Origin - Daerah Asal       : Asia Tropis, New Guinea
Tata letak Landscape      : Pagar, Garasi Terbuka, Balkon, Teras
Tipe Tanaman Hias         Tanaman AMerambat, Vine
Propagasi perbanyakan   : Biji, Stek batang, Cangkok
Media Tanah                   Tanah kebun dan Pupuk Kandang
Perlakuan khusus           : Pemupukan  dan Pemangkasan

Quisqualis indica

 Antigonon leptopus

Nama Populer             AIR MATA PENGANTIN, CORAL VINE, ANTIGONON, BUNGA BERTEH
Nama Latin                 Antigonon leptopus
Family                        : Poligonaceae
Origin - Daerah Asal    : Mexico
Tata letak Landscape   : Pagar, Garasi Terbuka, Balkon, Teras
Tipe Tanaman Hias       Tanaman AMerambat, Vine
Propagasi perbanyakan: Biji, Stek batang, Cangkok
Media Tanah                 Tanah kebun dan Pupuk Kandang
Perlakuan khusus         : Pemupukan  dan Pemangkasan
 Antigonon leptopus

Tanaman  AIR MATA PENGANTIN, CORAL VINE, ANTIGONON, BUNGA BERTEH Antigonon leptopus merupakan tanaman merambat yang banyak digemari hobiis tanaman merambat alias Vine.

 Antigonon leptopus

Air Mata Pengantin digemari karena bunganya yang indah dan tampil cantik dengan bunga berwarna pink atau putih yang semarak.

Clerodendrum thomsonae

Nama Populer               : NONA MAKAN SIRIH, GLORYBOWER, BLEEDING HEART
Nama Latin                   Clerodendrum thomsonae
Family                          : Verbenaceae
Origin - Daerah Asal       : Afrika
Tata letak Landscape      : Pagar, Garasi Terbuka, Balkon, Teras, Pergola
Tipe Tanaman Hias         Tanaman Merambat, Vine
Propagasi perbanyakan   : Biji, Stek batang, Cangkok
Media Tanah                    Tanah kebun dan Pupuk Kandang
Perlakuan khusus            : Pemupukan  dan Pemangkasan

Clerodendrum thomsonae

Bauhinia kockiana, Phanera kockiana

Nama Populer                : KOCKIANA
Nama Latin                    Bauhinia kockiana, Phanera kockiana
Family                           : Leguninoceae
Origin - Daerah Asal       : Asia Tenggara
Tata letak Landscape      : Pagar, Garasi Terbuka, Balkon, Teras, Pergola
Tipe Tanaman Hias         Tanaman Merambat, Vine
Propagasi perbanyakan   : Biji, Stek batang, Cangkok
Media Tanah                    Tanah kebun dan Pupuk Kandang
Perlakuan khusus            : Pemupukan  dan Pemangkasan

Bauhinia kockiana, Phanera kockiana

Tanaman  KOCKIANA Bauhinia kockiana atau Phanera kockiana merupakan tanaman merambat yang berbunga indah dan rajin berbunga.

Semoga beberapa pilihan tanaman merambat tersebut dapat menjadi informasi anda untuk memilih jenis tanaman rambat untuk pergola anda.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "10 Pilihan Tanaman Merambat yang Sangat Indah dan Menawan "

Post a Comment

Popular Posts