Wahana D'Farm dan Kawasan Wisata Pertanian Terpadu Damandiri, Wahana Keluarga di Wisata Taman Buah Mekarsari

Wahana D'Farm dan Kawasan Wisata Pertanian Terpadu Damandiri, Wahana Keluarga di  Wisata Taman Buah Mekarsari 

Kerbau, Bubalus bubalis di Taman  Buah Mekarsari

Melanjutkan cerita saat berkunjung ke Taman Buah Mekarsari.

Peta Rute Wisata Taman Buah Mekarsari, Perjalanan Mengelilingi Taman Buah Mekarsari

Kebun Durian, Durio zibethinus di Taman Buah Mekarsari
Tanaman Kebun Durian Durio Zibethinus
Kebun Durian terlihat lengang dan sepi karena memang belum musim durian dan khusus wahana Durian memang ada waktunya akan dibuka khusus pada saat musim Durian.

Baca juga :


Kebun Durian, Durio zibethinus di Taman Buah Mekarsari

Pos penjaga, rumah santai dan Aula untuk menjelaskan perihal Durian dibangun dengan rapi dan bagus meskipun di sana sini mulai ada kerusakan.  Saat menjelang musim durian, mesti dilakukan perawatan dan perbaikan oleh pihak pengelola.

Kebun Durian, Durio zibethinus di Taman Buah Mekarsari

Pohon Durian sepertinya baru selesai berbuah sekitar 2 atau tiga bulan lalu, karena tunas tunas muda bermunculan di beberapa cabang durian.

Padahal saat ini, di beberapa tempat di Jawa Barat, tanaman Durian sedang masa berbunga dan bahkan sudah ada yang jadi pentil alias buah  buah durian kecil (November 2020).

Baca juga :
Kebun Jambu Mete, Anacardium occidentale di Taman Buah Mekarsari

Tanaman Kebun Jambu Monyet Anacardium occidentale
Tempat yang dibahas merupakan

Kebun Jambu Mete, Anacardium occidentale di Taman Buah Mekarsari
Tanaman Buah Jambu Mete atau Jambu Mede

Kebun Jambu Mete, Anacardium occidentale di Taman Buah Mekarsari
Pohon Jambu Mete yang sudah tua di Taman Buah Mekarsari

Kebun Buah Abiu atau Alkesa Pouteria Campechiana  di Taman Buah Mekarsari

Tanaman Buah Abiu atau Alkesa Pouteria Campechiana
Tanaman yang daunnya mirip mangga ini awalnya saya duga termasuk dalam family Anacardiaceae, ternyata termasuk dalam family Sawo alias Sapotaceae.

Buah Abiu atau Alkesa Pouteria Campechiana  di Taman Buah Mekarsari

Dikenail juga sebagai Buah Campoleh atau 
Tjampolay (Pouteria compechiana) atau dikenal dengan Alkesa, campoleh atau sawo walanda oleh masyarakat Sunda, adalah buah yang sangat unik secara bentuk dan rasa. Buah ini sangat mirip dengan sawo berwarna oranye berkulit tipis dan halus, tapi tidak seperti sawo pada umumnya karena bentuknya lonjong, melengkung dengan ujung runcing mengerucut, daging buahnya yang juga berwarna oranye pun sangat lembut dan manis seperti ubi cilembu.


Kebun Buah Abiu atau Alkesa Pouteria Campechiana  di Taman Buah Mekarsari

Perhatikan buah Campolay ini, antara mangga dan sawo, tetapi memang sawo dan disebutnya namanya Sawo Belanda.
 

Kebun Buah Gowok Syzygium polycephalum di Taman Buah Mekarsari

Tanaman di Kebun Buah Gowok Syzygium  polycephalum (Miq.) Merr. & Perry
Gowok, kupa, atau kepa adalah pohon buah anggota suku jambu-jambuan atau Myrtaceae yang berasal dari Indonesia, khususnya Jawa Sulawesi dan Kalimantan. 

ebun Buah Gowok Syzygium polycephalum di Taman Buah Mekarsari

Bahasa Betawi disebut gohok, bahasa Sunda kupa, kupa beunyeur, bahasa Jawa disebut gowok atau dompyong, dan di Makasar atau Bugis  disebut Pasui dan di Bali disebut Kaliasem.

ebun Buah Gowok Syzygium polycephalum di Taman Buah Mekarsari

Sayangnya saat berkunjung, tanaman Gowok tidak berbuah.  Tanaman ini sudah langka dan kalau adapun sudah pasti di tengah permukiman dan berpotensi untuk ditebang.



Buah Akee Blighia sapida di Taman Buah Mekarsari
 
Tanaman di Kebun Buah Akee Blighia sapida 
Saat melintas setelah mengabadikan buah Jambu Monyet dan Buah Abiu, melewati tanaman yang bunganya sangat wangi.

Kebun Buah Akee Blighia sapida di Taman Buah Mekarsari

Selain wangi, ternyata juga ada buahnya.  Tertarik dengan wangi bunga dan beberapa buah yang terlihat, saya pun mendekat untuk lebih ingin tahu. 

Kebun Buah Akee Blighia sapida di Taman Buah Mekarsari
Di tengah tengah deretan Pohon, ternyata ternyata terdapat tulisan yang mengagetkan juga yang ternyata buah ini adalah buah beracun.

Kebun Buah Akee Blighia sapida di Taman Buah Mekarsari

Buah Akee alias Blighia sapida, yang berasal dari Ivory Coast dan disebutkan merupakan buah beracun.  Karena penasaran, saya pun mencari informasi perihal buah ini.

Ternyata buah ini memang beracun saat muda dan saat matang, bisa dikonsumsi. Terjawab sudah teka teki buah Akee. 

Pohon yang multifungsi dan serba guna, penghasil bahan pangan, obat-obatan, dan berbagai komoditas bagi penduduk asli di asalnya. Pohon ini sering dibudidayakan untuk dipanen buahnya yang dapat dimakan di banyak daerah tropis dan subtropis, terutama di Karibia

Buah Akee memiliki bunga yang harum dan begitu juga ditanam sebagai pohon hias dan peneduh. Tanaman Buah Akee diperkenalkan ke Jamaika oleh Kapten Bligh pada tahun 1793 untuk menyediakan makanan bagi para budak, dan menyebar dari sana ke negara-negara tropis Amerika lainnya.

Buah Akee Blighia sapida di Taman Buah Mekarsari

Buah Akee bisa dimakan mentah saat sudah matang. Aril berdaging yang mengelilingi bijinya keras dan berminyak, dengan rasa pedas, meski bisa segera menjadi busuk dan tengik.

Buah yang berdaging ini juga dapat dikeringkan, digunakan dalam sup, semur, souffle, dan lain lain serta sangat digenari di Karibia.

Buahnya dipanen saat telah membelah dan pecah secara alami, memperlihatkan empat biji hitam mengkilap besar yang tertanam di dalam daging buah yang seperti mentega berwarna krem.   

Yang menjadi perhatian saat akan mengkonsumsi buah iniadalah buah harus matang dan dibiarkan terbuka penuh, atau setidaknya sebagian, sebelum terlepas dari pohon.

Bagian arils mentah atau terlalu matang, serta bijinya, mengandung hipoglikin dan turunannya yang  sangat beracun.


Setelah berfoto foto di lokasi berbagai tanaman yang sebenarnya masih banyak yang belum tefoto seperti kelompok Tamarindus indica alias Pohon Asam, Pohon jambu jambuan lainnya dan jenis pohon lainnya. mungkin di lain waktu.

Selanjutnya saya menuju ke area memberi makan rusa atau Rusa feeding dan sambil berjalan melintas, saya mengabadikan berbagai tanaman koleksi yang bagus bagus.




Tanaman Hias di Median Jalan  
Tanaman di median jalan mulai dari tanaman berbunga indah hingga palem yang sedang berbunga.

Pandan Bali yang sedang berbunga


Berbagai Palem yang berbunga indah.


Sampailah saya di wahana memberi makan Rusa.

Deer Park, Taman Penangkaran Rusa Tutul Axis axis

Rusa feeding, Memberi Makan Rusa di Deer Park Taman Buah Mekarsari
Wisata berikutnya adalah memberi makan Rusa tutul di Taman Konservasi dan Penangkaran Rusa Tutul, Deer Park.

Rusa tutul atau Rusa totol, Axis axis), dalam bahasa Inggris dinamakan Spotted deer, Chital deer, atau Axis deer, adalah spesies rusa yang berasal dari anak benua India. Spesies ini pertama kali dideskripsikan oleh naturalis Jerman Johann Christian Polycarp Erxleben pada 1777.

Deer Park, Taman Penangkaran Rusa Tutul Axis axis Taman  Buah Mekarsari
Saat memberi makan, terlihat beberapa ekor Rusa Tutul mendekati titik memberi makan yang sudah disediakan. Para rusa dari mulai yang kecil hingga yang besar, Yang jantan hingga yang betina, berlarian mendekat ke arah si pemberi makan.

Deer Park, Taman Penangkaran Rusa Tutul Axis axis Taman Buah Mekarsari

Rusa tutul jantan yang berukuran sedang, tingginya hingga bagian bahu mencapai hampir 90 cm dengan bobot sekitar 75 kg, sedangkan yang betina tingginya 70 cm hingga bahu dengan berat sekitar 45 kg. 

Dimorfisme seksual spesies ini antara lain tampak pada ukuran rusa tutul jantan lebih besar daripada betina, dan tanduk hanya ada pada rusa tutul jantan, panjang tanduknya hampir satu meter dan bercabang tiga. Bagian atas tubuhnya berwarna emas hingga merah kecokelatan, dengan bintik-bintik putih. Bagian perut, pantat, tenggorokan, dan bagian dalam: kaki, telinga, dan ekor semuanya berwarna putih.  

Tempat pemberian makan alias Rusa feeding ini sekaligus tempat Penangkaran rusa tutul yang ada di Taman Buah Mekarsari.

Deer Park, Taman Penangkaran Rusa Tutul Axis axis Taman Buah Mekarsari


Rusa tampak di kejauhan dengan warna kulitnya yang mirip warna kayu. Kamuflase yang baik.

Setelah puas memberi makan dan memandang rusa, saa pun melanjutkan perjalanan ke Wahana Countryside dengan include didalamnya D'Farm dengan paketnya memberi makan Ikan.Paket ini sebenarnya untuk yang membawa anak anak dan keluarga, tetapi tak apalah saya akan melihat wahana ini dan memotret spot spot yang ada.
 


Wahana Wisata Countryside
Dari tempat memberi rusa, mengikuti arah Drive Thru, sampailah saya di gerbang petualangan keluarga alias Countryside yang berisi

  1. Farm Field
  2. Danau Wiratama
  3. Kanalzon
  4. D'cabin
  5. Family Camp
  6. Wahana Berkuda
  7. Sepeda
  8. ATV
  9. D'farm
Zona rekreasi bernuansa kebun dan alam pedesaan dimanapengunjung dapat menikmati berbabagai atraksi yang akrab dengan alam dan nuansa pedesaan.

Kerbau, Bubalus bubalis di Taman  Buah Mekarsari

Memasuki halaman Countryside, disuguhi pemandangan beberapa kerbau
 Bubalus bubalis di Taman  Buah Mekarsari
 gemuk yang sedang menikmati rerumputan segar.

Kerbau, Bubalus bubalis di Taman  Buah Mekarsari

Kerbau, Bubalus bubalis di Taman  Buah Mekarsari
Kerbau kerbau yang bersimbiosis dengan buerung jalak dan burung kutilang yang saling menguntungkan.  Sang Burung mendapatkan makanan dari serangga dan kutu yang bertengger di badannya dan Sang Kerbau bisa istirahat tenang tanpa diganggu kutu dan serangga yang nakal.


Berikutnya  adalah Monumen Pohon di area countryside Taman Buah Mekarsari berisi pohon pohon koleksi yang ditanam di area kebun Taman Buah Mekarsari.

Kebun yang sangat lengkap dan penuh informasi yang edukatif



Berikutnya adalah arena bersepeda mengelilingi area Countryside yang cukup asri dan rindang. jangan khawatir tersesat karena petunjuknya sangat lengkap dan rubut,


Setelah puas berkeliling, saya pun mulai memasuki arena contryside dan melihat ada berbagai permainan dan wahana pendidikan yang berupa praktek pengetahuan bertani dan beternak.  


Ada info tanaman pertanian mulai dari pertanian sayur mayur hingga ada traktor untuk mengolah tanah. 





Bentuk kincir untuk mengairi sawah dan ladang.


Peternakan berbagai hewan ternak, ada sapi, kambing, kelinci, ayam dan lain lain.



Orang tua sambil menunggu anaknya bermain dan berkuda, bisa bersantai di gazebo dan ruang tunggu yng sudah disediakan.




Wahana memberi makan ikan letaknya di tengah tengah Countryside.

Wahana Countryside Zone berdekatan dengan Family Walk Zone yang juga bisa diakses dari pintu masuk.
Family walk zone alias Zona Rekreasi keluarga Taman Buah Mekarsari menyajikan atraksi wisata yang seru dan mengasyikkan untuk semua anggota keluarga.

Berbagai wahana permainan ada di walk zone seperti 
  1. Gogo train
  2. Farm Field
  3. ATV
  4. Viewing tower
  5. monorail
  6. Mini Gokart
  7. Garden Center
  8. Souvenir Shop.

Saya hanya bisa memperhatikan beberapa anak anak bermain dan terlihat bergembira menikmati wahana wahana ini.

Sayangnya waktu berkunjung akan segera habis dan saya belum mengambil bibit gratis yang akan diberikan di Nursery Taman Buah Mekarsari.

Waktu buka pada hari Sabtu, jam 09.00 dan tutup 16.45 WIB.  
Hujan juga sudah mulai turun dengan lebatnya dan memaksa saya untuk segera pulang dan mengamankan kamera.



Pengambilan Bibit Gratis
Pengambilan bibit gratis di Nursery yang lokasinya dekat dengan bangunan megah laboratoium dan aula serba guna yang belum sempat kami masuki.  Berbagai informsi perihal Taman Buah Mekarsari tersedia di bangunan ini.





Kesan dan Penilaian 
Taman Buah Mekarsari merupakan karya anak bangsa yang spektakuler.  Berbagai informasi dan pengetahuan bisa kita dapatkan di sini. Dari mulai anak anak hingga profesor dapat memperoleh informasi dan pegetahuan sesuai kadar kebutuhan dan kepentingannya.



Jadi di Taman Buah Mekarsari, anda bisa berwisata dan menimba pengetahuan.

Selama Pandemi Covid 19, Taman Buah Mekarsari memang membatasi waktu kunjungan dan jumlah hari kunjungan demi safety.  

Brosur Informasi Wahana yang ada di Taman Buah Mekarsari

Semoga informasi ini bermanfaat, salam Planter and Forester.

Salam Planter and Forester di Taman Buah Mekarsari





Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Wahana D'Farm dan Kawasan Wisata Pertanian Terpadu Damandiri, Wahana Keluarga di Wisata Taman Buah Mekarsari "

Post a comment

Popular Posts