Sirkuit Assen, Belanda. Hole in one untuk Fabio "El Diablo" Quartararo di Seri 9 Moto GP 2021.

Seri Sport

Moto GP Belanda, Sirkuit Assen putaran 9 tahun 2021, 

Hole in one untuk Fabio "El Diablo" Quartararo

Assen Circuit - Netherland Belanda

Sirkuit Assen Belanda

Moto GP 2021 seri ke 9 akan diadakan di Sirkuti Assen, Belanda.  Sirkuit Assen dengan spesifikasi seperti berikut : 

Sirkuit Assen Belanda 
Location    : Assen, Belanda
Capacity    : 10.000 penonton
Owner       : Stichting Circuit Van Drenthe
Opened     : 1955
FIA Grade  : 2
Grand Prix Circuit 
Lenght             : 4.552 km
Turn                 : 12 right dan 6 Left 
Race lap Record : Ingo Garsit, BOSS GP
Motorcycle Circuit
Lenght             : 4.542 km
Turn                 : 12 right dan 6 Left 
Race lap Record : Marc Marquez, Repsol Honda

Sirkuit Assen Belanda
Tourist Trophy Circuit Assen merupakan sebuah sirkuit balap di Belanda yang terletak di dekat Assen. Sirkuit ini dibangun pada tahun 1955 dan digunakan untuk Superbike dan MotoGP. 

Sirkuit Assen  dibangun untuk tujuan TT Belanda tahun 1954, dengan balapan sebelumnya telah diadakan di jalan perkotaan dan jalan umum. Trek sempit, dengan belokan yang tajam dan pandangan tidak bebas dan sekarang di Assen yang  sepenuhnya dikelilingi oleh hamparan  rumput dan podium, memberikan tampilan yang sangat baik bagi ratusan ribu penonton fanatik yang tertarik pada acara paling bergengsi di Belanda setiap tahun. Panjang sirkuit ini adalah 4,545 km untuk motor dan 4.555 km untuk F1 atau mobil.

Tikungan di Assen secara umum penuh tikungan dan permukaannya sangat mencengkeram, sehingga pengendara dapat berkendara lebih cepat di lintasan daripada sirkuit lainnya. Sekarang, di Assen tikungan miring atau melengkung ini telah dimodifikasi karena masalah keamanan.

Artikel yang berkaitan dengan Moto GP :

Sesuai dengan jadwal Moto GP seri 9 tahun 2021 atau menurut Web Sirkuit,  Motul TT Assen ke-90 yang akan digelar pada 25-27 Juni 2021 dapat dihadiri 11.500 dan Sirkuit TT Assen telah mencapai kesepakatan dengan wilayah keselamatan Drenthe, Kota Assen dan promotor Dorna.

Bagi penonton Moto GP Assen, Semua penonton (mulai dari 13 tahun) hanya dapat masuk ke acara dengan menunjukkan hasil tes cepat negatif atau sertifikat vaksinasi (setelah vaksinasi penuh).

Penerapan protokol bagi penonton dan crew team balapan sangat ketat, menurut informasi yang akan masuk ke sirkuit , melakukan tes  dalam waktu 40 jam setelah tiba di sirkuit; pengunjung harus mengunggah hasil tes atau sertifikat vaksinasi (setelah vaksinasi penuh) di aplikasi CoronaCheck (kode QR dipindai di pintu masuk sirkuit).



Obrolan Moto GP seri 9 Assen Belanda 2021

Obrolan Moto GP atau Technic Corner kali ini membahas mengenai Amazing Moto Gp.

Motor Moto GP yang luar biasa kencang dipengaruhi oleh salah satu faktornya adalah Hole Shoot Device.

Berikutnya Motor Moto GP yang luar biasa kencang juga dipengaruhi oleh Ride Head Adjuster. 

Rear Start Device Engaged

Anti Wheelie Control
Peralatan tambahan berikutnya adalah Seamless Gearbox

Winglet

Winglet

Qualifikasi Moto GP seri 9 Assen Belanda 2021
Duo Yamaha berhasil merebut pole position di Moto GP Assen Belanda. Maverick Vinales berhasil membukukan waktu terbaik selama sesi kualifikasi di MotoGP Belanda 2021. Rider Yamaha itu bahkan sudah tampil ciamik sejak sesi latihan bebas.
Di TT Circuit Assen, Sabtu (26/6/2021), Maverick Vinales menjadi yang tercepat di sesi kualifikasi dengan catatan waktu 1 menit 31,814 detik. Vinales hanya unggul 0,071 detik saja dari rekan setimnya, Fabio Quartararo alias El Diablo.

Untuk Hasil Qualifikasi MotoGP Belanda 2021
1. Maverick VINALES SPA Monster Energy Yamaha MotoGP 1'31.814
2. Fabio QUARTARARO FRA Monster Energy Yamaha MotoGP 1'31.885
3. Francesco BAGNAIA ITA Ducati Lenovo Team 1'32.116
4. Takaaki NAKAGAMI JPN LCR Honda IDEMITSU 1'32.314
5. Johann ZARCO FRA Pramac Racing Ducati 1'32.394
6. Miguel OLIVEIRA POR Red Bull KTM Factory Racing 1'32.450
7. Alex RINS SPA Team SUZUKI ECSTAR 1'32.597
8. Jack MILLER AUS Ducati Lenovo Team 1'32.609
9. Aleix ESPARGARO SPA Aprilia Racing Team Gresini 1'32.666
10. Joan MIR SPA Team SUZUKI ECSTAR 1'32.748
11. Pol ESPARGARO SPA Repsol Honda Team 1'32.830
12. Valentino ROSSI ITA Petronas Yamaha SRT 1'32.919
Tidak lolos Q1
13. Iker LECUONA SPA Tech 3 KTM Factory Racing 1'32.724
14. Jorge MARTIN SPA Pramac Racing 1'32.850
15. Lorenzo SAVADORI ITA Aprilia Racing Team Gresini 1'33.258
16. Alex MARQUEZ SPA LCR Honda CASTROL 1'33.288
17. Luca MARINI ITA SKY VR46 Avintia 1'33.321
18. Danilo PETRUCCI ITA Tech 3 KTM Factory Racing 1'33.378
19. Enea BASTIANINI ITA Avintia Esponsorama 1'33.404
20. Marc MARQUEZ SPA Repsol Honda Team 1'33.477
21. Brad BINDER RSA Red Bull KTM Factory Racing 1'33.597
22. Garrett GERLOFF USA Petronas Yamaha SRT 1'33.739

Maverick Vinales terpuruk di MotoGP Jerman 2021. Rider asal Spanyol itu menuntaskan balapan di Sirkuit Sachsenring dengan posisi paling buncit (19) dan tertinggal 24 detik dari Marc Marquez yang naik podium 1 usai absen lama akibat cedera.

alapan di Assen yang disebut ”Katedral Kecepatan” akan menjadi persaingan terbuka antara Vinales dan Quartararo yang masing-masing start di posisi pertama dan kedua. Quartararo yang tidak nyaman dengan ban belakang berkompon lunak, yang dipakai saat kualifikasi, berpotensi membaik dengan ban medium ataupun keras. Dia sempat memuncaki sesi kualifikasi kedua (Q2) dengan 1 menit 31,922 detik, tetapi kemudian dipatahkan oleh Vinales.

Pemilihan ban

Maverick Vinales pada akhir pekan ini sangat nyaman dengan berbagai jenis ban. Saat pebalap lain kesulitan dengan ban belakang berkompon lunak, dia justru konsisten meraih waktu tercepat. Vinales juga memiliki pace yang bagus saat menggunakan kombinasi ban medium-medium (M - M). Dia menunjukkan itu dalam simulasi balapan FP4 dengan pace 1 menit 33 detik kecil.
Pemilihan Ban Saat race Moto GP yang sangat penting

Namun, jika dibandingkan dengan pace Quartararo pada sesi simulasi itu, Vinales perlu berjuang lebih keras saat balapan, terutama dalam mencetak ritme setelah start.

Dalam simulasi balapan, Quartararo memiliki pace konsisten 1 menit 32 detik besar dengan ban medium-keras (M - H). Pace itu sedikit lebih baik dibandingkan saat menggunakan ban medium-medium (M -M).

Ban Medium dan Soft Moto GP
Pemilihan ban akan sangat menentukan hasil balapan di Assen, sirkuit berkarakter cepat dan mengalir. Jika Quartararo menggunakan ban belakang keras, dia akan memerlukan waktu lebih lama untuk mencapai suhu kerja ban ideal untuk memacu motor dibandingkan dengan ban belakang medium.Namun, dalam 26 putaran di sirkuit sepanjang 4,5 kilometer itu, dia bisa memiliki keuntungan ban di lap-lap akhir.

Pemilihan ban juga menjadi masalah krusial bagi tim lain, terutama Ducati yang sangat kesulitan dengan ban berkompon lunak. Namun, mereka memiliki pace lebih baik dengan ban medium dan keras (M - H). Namun, ban medium sepertinya akan menjadi pilihan utama. Kerja keras Ducati membuahkan posisi start ketiga yang diraih Francesco ”Pecco” Bagnaia.


Sementara itu, Marc Marquez akan start dari posisi ke-20 setelah terjatuh di Tikungan 9 dalam sesi kualifikasi pertama (Q1). Pebalap tim Repsol Honda itu mengalami akhir pekan yang sulit setelah mengalami kecelakaan besar dalam FP2 pada hari Jumat. Kecelakaan itu akibat sistem elektronik pengendali traksi tidak mencegah ban tergelincir. 

Sementara rekan setimnya, Pol Espargaro,menggunakan setelan motor seperti di Sachsenring saat dia finis ke-10, terpaut hampir 15 detik dari Marquez. Setelan itu ternyata berfungsi dengan baik di Assen yang berkarakter cepat dan mengalir. Namun, dalam kualifikasi, Espargaro hanya mampu meraih posisi start ke-11, satu posisi di atas pebalap Petronas SRT Yamaha, Valentino Rossi. 

Dapatkah si penguasa pole position menjadi Championship? MotoGP seri 9 tahun 2021 Belanda akan digelar Minggu, 27/6/2021 dan akan dimulai pukul 19.00 WIB.

Prediksi Moto GP seri 9 Assen Belanda 2021

Berikuti Prediksi dari para pengamat Moto GP
1. Quartararo
2. Miguel Oliveira
3. Maverick Vinales - Johann Zarco 

Starting grid Moto GP seri 9 Assen Belanda 2021

Berikuti Starting Grid sesuai Pool Position

Grid 1

Grid 2

Grid 3

Grid 4

Start Moto GP seri 9 Assen Belanda 2021

Balapan Moto GP Seri 9 Assen Belanda2021 cukup seru, khususnya di awal awal lap.  Persaingan antara Yamaha dan Ducati cukup ketat.

MotoGP Belanda 2021 berjalan cukup seru. Selepas start, motor Quartararo mengalami sedikit kontak dengan motor Vinales, namun tidak fatal. Di awal-awal lap, Quartararo sempat mengambil alih posisi pertama, namun tak lama kemudian ia di-overtake oleh Francesco Bagnaia.


Fabio Quartararo, Monster Energy Yamaha MotoGP,  Pebalap tim Yamaha, Fabio Quartararo, mengendarai motornya dalam MotoGP seri Belanda di Sirkuit Assen, Minggu (27/6/2021). Quartararo merebut juara pada lomba itu.

Aksi saling salip diperagakan oleh Quartararo dan Bagnaia. Namun Yamaha YZR-M1 Quartararo lebih unggul di sirkuit ini, sementara Ducati Desmosedici GP21, tampak mengalami kesulitan bermanuver, khususnya di tikungan ke-3 dan ke-5.

Pada beberapa putaran pertama, pebalap Ducati Francesco "Pecco" Bagnaia dan pebalap Yamaha Fabio Quartararo salip-menyalip. Tapi, Pecco kalah dari Quartararo. 

Francesco Bagnaia terkena penalty, Long Lap Penalty di lap 14 

Ditambah, Pecco harus merelakan kesempatan naik podium karena mendapat hukuman. Pecco harus menerima long lap penalty yang membuatnya kehilangan kesempatan naik podium MotoGP. Dia melewati track limit yang membuatnya mendapatkan long lap penalty.

Long Lap Penalty

Francesco Bagnaia dalam pernyataanya mengatakan,  "Dua dari lima kali saya menyentuh zona hijau itu karena perpindahan udara yang mendorong saya sedikit ke area hijau. Ini tetap salah saya. Karena ketika saya merasakan dan melihatnya, saya seharusnya menutup gas. Tapi itu berarti mungkin kehilangan tempat atau tidak mampu melawan manuver menyalip. Saya mencoba, dan mendapat penalti. Itu kesalahan saya dan saya meminta maaf kepada tim," tambah pebalap binaan VR46 itu.

Sedikit mengulas soal hukuman untuk Pecco, long lap penalty ini diberikan oleh race director karena pebalap tertangkap menyentuh track limit atau area hijau di samping trek saat mencoba mempertahankan posisi di tikungan kelima lap ke-14. Aturan track limit di MotoGP cukup ketat, soalnya MotoGP telah memasang pressure sensor. Pemasangan sensor ini mirip dengan teknologi VAR (video assistant referee) di pertandingan sepakbola atau tenis yang diterapkan untuk membantu penjaga garis dan wasit pertandingan.

Dengan adanya sensor dan aturan yang ketat terkait track limit ini, pembalap yang menyentuh track limit sebanyak tiga kali akan diberi peringatan dan kalau menyentuh area hijau lima kali akan diberi long lap penalty. Namun itu tentu dengan melihat situasi dan kondisi yang terjadi ketika balapan berlangsung.

Saat mendapat hukuman long lap penalty, pebalap harus melewati area khusus yang ditandai di sirkuit. Artinya, pebalap kehilangan racing line sehingga pebalap lain bisa menyalipnya. Hal itu juga dialami oleh Pecco setelah fight dengan Quartararo.

Hasil balapan adalah sebagai berikut 

Lap 1.

Lap 2
Lap 2

Lap 3

Lap 4 


Lap 5


lap 6

Lap 7


Lap 8

Valentino Rossi bernasib nahas di MotoGP Jerman saat dia mengalami crash. The Doctor baik-baik saja, tapi motornya hancur berantakan.
Untuk kali keempat dalam sembilan balapan yang sudah dilangsungkan musim ini Rossi gagal finis. Minggu (27/6) malam WIB, Rossi mengalami kecelakaan di tikungan tujuh Sirkuit Assen dalam gelaran MotoGP Belanda.

Rossi Crash di Lap 8 tikungan 7

Lap 9

Lap 10


Lap 11



Lap 12

Lap 13


Lap 14

Lap 15

Di Lap 15, ada banyak aksi. Bagnaia terjun ke dalam lingkaran penalti putaran panjang, rekan setimnya Miller jatuh tanpa cedera di Tikungan 5, Nakagami didudukkan oleh Mir di tikungan yang sama dan sekarang Vinales di tempat kedua, empat detik di belakang pemimpin pelarian Quartararo. 

Miller bergabung kembali tetapi diberi bendera hitam dan bendera oranye, yang berarti pebalap Australia itu keluar dari perlombaan. Mir melewati Zarco di Tikungan 5 dengan delapan lap tersisa dan ke tempat ketiga, Oliveira berjarak sekitar setengah detik dari Zarco di urutan kelima.
Jack Miller Crash di Lap 15

Lap 16

Lap 17


Lap 18


Lap 19

Lap 20

Lap 21

Lap 22


Lap 23


Lap 24


Lap 25


Lap 26

Finish


Pemenang Balapan Moto GP seri 9 Assen Belanda 2021

Hole in one: Quartararo pitch-perfect for TT Assen victory

Hasil balapan Moto GP di Assen Belanda, Fabio Quartararo memanfaatkan keunggulan motornya untuk menjauhi para pesaingnya, sampai akhirnya ia menjadi pebalap yang pertama menyentuh garis finis tanpa cela. Podium di Belanda merupakan kemenangan keempat Quartararo di MotoGP 2021.

Champion Moto GP seri 9, Assen Belanda

Maverik Vinales, mengisi podium kedua yang sempat tertahan di posisi keempat, sedikit demi sedikit mulai merangsek ke depan, dan meng-overtake Francesco Bagnaia dan Takaaki Nakagami yang sebetulnya tampil cukup solid.

Joan Mir mengisi podium ketiga, yang secara mengejutkan tampil impresif. Untuk diketahui, juara MotoGP 2020 itu start dari posisi ke-10. Tapi dengan usaha keras, ia akhirnya bisa merasakan naik podium.

Berikut hasil Moto GP  Seri 9 2021 di Assen Belanda, 

1 Fabio QUARTARARO Monster Energy Yamaha MotoGP 40'35.031
2 Maverick VIÑALES Monster Energy Yamaha MotoGP +2.757
3 Joan MIR Team SUZUKI ECSTAR +5.760
4 Johann ZARCO Pramac Racing Ducati +6.130
5 Miguel OLIVEIRA Red Bull KTM Factory Racing +8.402
6 Francesco BAGNAIA Ducati Lenovo Team +10.035
7 Marc MARQUEZ Repsol Honda Team +10.110
8 Aleix ESPARGARO Aprilia Racing Team Gresini +10.346
9 Takaaki NAKAGAMI LCR Honda IDEMITSU +12.225
10 Pol ESPARGARO Repsol Honda Team +18.565
11 Alex RINS Team SUZUKI ECSTAR +21.372
12 Brad BINDER Red Bull KTM Factory Racing +21.676
13 Danilo PETRUCCI Tech 3 KTM Factory Racing +27.783
14 Alex MARQUEZ LCR Honda CASTROL +29.772
15 Enea BASTIANINI Avintia Esponsorama Ducati +32.785
16 Lorenzo SAVADORI Aprilia Racing Team Gresini +37.573
17 Garrett GERLOFF Petronas Yamaha SRT +53.213
18 Luca MARINI SKY VR46 Avintia Ducati +1'06.791
Not Classified
27 Iker LECUONA Tech 3 KTM Factory Racing 173.0 8 Laps
43 Jack MILLER Ducati Lenovo Team 167.8 8 Laps
89 Jorge MARTIN Pramac Racing Ducati 170.5 12 Laps
46 Valentino ROSSI Petronas Yamaha SRT 170.3 19 Laps

Klasemen sementara Moto GP 2021

Klasemen Umum Moto GP sampai dengan seri 9 Sirkuit Assen Belanda

Pos. Rider                           Bike          NationPoints
1 Fabio QUARTARARO Yamaha FRA 156
2 Johann ZARCO        Ducati FRA 122
3 Francesco BAGNAIA Ducati ITA 109
4 Joan MIR            Suzuki SPA 101
5 Jack MILLER        Ducati AUS 100
6 Maverick VIÑALES Yamaha SPA 95
7 Miguel OLIVEIRA      KTM         POR 85
8 Aleix ESPARGARO Aprilia SPA 61
9 Brad BINDER           KTM RSA 60
10 Marc MARQUEZ   Honda SPA 50
11 Takaaki NAKAGAMI Honda JPN 41
12 Pol ESPARGARO  Honda SPA 41
13 Franco MORBIDELLI Yamaha ITA 40
14 Alex RINS           Suzuki SPA 33
15 Alex MARQUEZ     Honda SPA 27
16 Enea BASTIANINI Ducati ITA 27
17 Danilo PETRUCCI KTM    ITA 26
18 Jorge MARTIN        Ducati SPA 23
19 Valentino ROSSI       Yamaha ITA 17
20 Luca MARINI       Ducati ITA 14
21 Iker LECUONA     KTM         SPA 13
22 Stefan BRADL      Honda GER 11
23 Lorenzo SAVADORI Aprilia ITA 4
24 Michele PIRRO     Ducati ITA 3
25 Tito RABAT         Ducati SPA 1
26 Garrett GERLOFF Yamaha USA

Jadwal Moto GP 2021

Berikut jadwal Moto GP

Jadwal Moto GP 2021 Lengkap

  1. 28 MAR 2021 - 1 - Barwa Grand Prix of Qatar, Losail International Circuit - QATAR
  2. 04 APR 2021  - 2 - TISSOT Grand Prix of Doha, Losail International Circuit - QATAR
  3. 18 APR 2021 - 3 - Grande Prémio 888 de Portugal, Algarve International Circuit PORTUGAL
  4. 02 MAY 2021 - 4 - Gran Premio Red Bull de España Circuito de Jerez - Angel Nieto SPAIN
  5. 16 MAY 2021 - 5 - SHARK Grand Prix de France  Le Mans FRANCE
  6. 30 MAY 2021 - 6 - Gran Premio d'Italia Oakley Autodromo Internazionale del Mugello ITALY
  7. 06 JUN 2021 - 7 - Gran Premi Monster Energy de Catalunya  Circuit de Barcelona-Catalunya SPAIN
  8. 20 JUN 2021 - 8 - Liqui Moly Motorrad Grand Prix Deutschland Sachsenring GERMANY
  9. 27 JUN 2021 - 9 - Motul TT Assen TT Circuit Assen NETHERLANDS
  10. 08 AUG 10 - Michelin® Grand Prix of Styria  Red Bull Ring - Spielberg AUSTRIA
  11. 15 AUG 2021 - 11 - Motorrad Grand Prix von Österreich Red Bull Ring - Spielberg AUSTRIA
  12. 29 AUG 2021 - 12 - Monster Energy British Grand Prix Silverstone Circuit GREAT BRITAIN
  13. 12 SEP 2021 - 13 - Gran Premio de Aragón MotorLand Aragón SPAIN
  14. 19 SEP 2021 - 14 - Gran Premio Octo di San Marino e della Riviera di Rimini  Misano World Circuit Marco Simoncelli ITALY
  15. 03 OCT 2021 - 15 - Motul Grand Prix of Japan Twin Ring Motegi JAPAN
  16. 10 OCT 2021 - 16 - OR Thailand Grand Prix Chang International Circuit THAILAND
  17. 31 OCT 2021 - 18 - Malaysia Motorcycle Grand Prix Sepang International Circuit MALAYSIA
  18. 14 NOV 2021 - 19 - Gran Premio Motul de la Comunitat Valenciana  Circuit Ricardo Tormo SPAIN
  19. PPD  - 20 - Gran Premio de la República Argentina  Termas de Río Hondo ARGENTINA
  20. PPD - 21 - Grand Prix of the Americas  Circuit Of The Americas UNITED STATES
Profil pembalap




Balada Insiden Alex Rins dan Zarco - Assen Circuit, Belanda


Alex Rin berseteru dengan Johann Zarco

Alex  Rins berhasil menjalani start dengan sempurna dan sempat naik ke posisi empat. Namun belum selesai lap pertama, dia harus kecolongan oleh kekuatan M1 milik Maverick Vinales dan bertengger di posisi lima.

Sementara Zarco, memulai balap dengan tidak sempurna dan kecolongan di tikungan pertama. Pebalap asal Perancis ini harus puas melalui lap pertama di posisi enam.

Alex Rin, Pembalap Suzuki yang berseteru dengan Johann Zarco

Balapan masih dingin, tepatnya pada lap kedua, drama terjadi di tikungan ke 10. Zarco yang mencoba menyalip Rins ternyata mengeluarkan jurus yang kurang sempurna.

Maksud hati ingin meringsek dari dalam, motor yang dikendarai oleh Zarco justru melebar. Rins yang sedang mempertahankan posisinya malah terdorong keluar hingga gravel.


Johann Zarco
Atas insiden ini, Rins yang kehilangan momentum terpaksa terlempar ke posisi terakhir dan harus berjuang untuk kembali ke barisan terdepan. Sementara Zarco, yang tidak jadi melebar justru tetap di posisi lima.

Kejadian ini sempat jadi perhatian race director, namun berakhir tanpa adanya hukuman untuk Zarco. Alex Rins menyayangkan kejadian ini terjadinya padanya yang sedang di atas angin dan berjuang mendapat podium di Assen.




Joan Mir Pembalap Suzuki
Assen juga menjadi balapan penting bagi Joan Mir karena dia mengalami kesulitan di sepanjang musim ini. 

Podium ketiga di Assen terasa istimewa. ”Kami tahu pace kami konsisten. Ini merupakan podium istimewa karena kami mengalami kesulitan lebih dari yang kami duga. Semoga pada paruh kedua musim kami bisa lebih baik lagi,” demikian ujar Joan Mir.

Maverick Vinales, 12 Monster Energy Yamaha Moto GP

Maverick Vinales Pebalap tim pabrikan Yamaha itu mendominasi sesi latihan dan meraih pole position dengan rekor lap tercepat  di Assen, Belanda. Performa ini menjadi pelipur lara dari balapan kelam di Sachsenring, Jerman, pekan sebelumnya. Namun, podium tertinggi yang menjadi penyempurna akhir pekan lepas dari genggaman Vinales sejak start MotoGP seri Belanda, Minggu 27 Juni 2021, minggu lalu.

Maverick Berusaha menVinales, yang sempat tercecer di posisi keempat, akhirnya bisa finis kedua menyusul hukuman putaran panjang pebalap Ducati, Francesco Bagnaia, serta penurunan performa pebalap LCR Honda, Takaaki Nakagami. 

Berusaha mengejar rekan 1 teamnya, namun, saat menemukan pace seperti saat sesi latihan, Vinales sudah kehabisan waktu. Dia mendekat ke rekan setimnya di Monster Energy Yamaha yang memimpin balapan, Fabio Quartararo, tetapi bendera finis sudah dikibarkan.

Maverick Vinales jelas kecewa dengan hasil ini karena awal balapan ini sangat buruk. Dia start dari posisi terdepan. Namun, begitu lampu merah padam, dia langsung didahului oleh Quartararo, Bagnaia, dan Nakagami. Vinales yang menggunakan ban depan-belakang berkompon lunak-keras kesulitan mendahului Nakagami. Bahkan, hingga 10 putaran, dia baru bisa menekan Nakagami dan kemudian mendahului.

Maverick Vinales akan hengkang dari Yamaha
Maverick Vinales dan Monster Energy Yamaha sepakat akan berpisah setelah menghabiskan sisa musim MotoGP 2021. Kontrak berakhir lebih cepat, Top Gun tak akan tampil menunggangi Yamaha YZR-M1 lagi pada MotoGP 2022.
Pebalap Spanyol itu terikat kontrak dengan Yamaha sampai akhir musim 2022. Namun perjanjian itu berakhir satu tahun lebih cepat dari seharusnya.

Disebut Vinales sudah tidak betah di pabrikan berlambang garpu tala ini. Vinales acapkali memperoleh hasil di bawah ekspektasinya, bila dibandingkan dengan rekan setimnya Fabio Quartararo juga cukup jauh.

Vinales nyaris sempurna di sepanjang akhir pekan lalu. Dia menguasai latihan bebas MotoGP Belanda. Hasil positif berlanjut ke kualifikasi, tapi Vinales menyudahi balapan sebagai runner-up di belakang Quartararo dengan selisih 2,7 detik

Hubungannya dengan tim belum terbantu dengan keputusan Yamaha mengganti kepala kru Esteban Garcia dengan mantan kepala kru Valentino Rossi, Silvano Galbusera sejak seri Catalunya. Sampai pada akhirnya keluar pernyataan resmi Yamaha yang menyetujui permintaan Vinales untuk mengakhiri kontrak lebih cepat.


Fabio Quartararo 20, Monster Energy Yamaha MotoGP

Takaaki Nakagami 30, LCR Honda Idemitsu

Aleix Espargaro, Aprilia Racing Team Gresini

FrancescoBagnaia, Ducati Lenovo team

Miguel Oliveira, Red Bull KTM Factory Racing

Pol Espargaro, Repsol Honda Team

Marc Marquez 93  Repsol Honda Team

Marc Marquez mengawali balapan MotoGP Belanda dari grid 20. Ia sudah menyodok ke posisi ke-10 saat balapan menyisakan 23 lap. Ia kemudian finis di urutan ke-7.


Iker Lecuona Tech KTM Factory Racing

Alex Rins Suzuki

Alex Marquez 73, Honda Castrol Team

Brad Binder - KTM No 33

Danilo Petrucci, 9 Tech 3 KTM Factory Racing

Enea Bastianini 23, Avintia Esponsorama 

Garrett Gerloff 31 Petronas Yamaha SRT

Jorge Martin 89 Pramac Racing Ducati

Lorenzo Savadori 32, Aprilia Racing Team Gresini

Luca Marini Sky VR46 Avintia






Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Sirkuit Assen, Belanda. Hole in one untuk Fabio "El Diablo" Quartararo di Seri 9 Moto GP 2021."

  1. keren reportase ditambah penunjang fotonya lengkap sekali. Ternyata untuk nonton dan segala pihak yang terlibat langsung di sirkuit dikenai test kesehatan bebas covid sangat ketat ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah seneng sekali dapatr kunjungan dari Mbak Nita Mbul, dan dibilang lengkap reportasenya. Nonton Moto GP memang hobby saya Mbak Nita, jadi kalau bisa menggali informasi sedetail mungkin. Belajar dari gaya menulis Mbak Nita yang kalau menulis juga sangat lengkap dan urutannya pas. Terima masih Mbak Nita

      Delete

Terima kasih atas kunjungan teman teman, semoga artikel bermanfaat dan silahkan tinggalkan pesan, kesan ataupun komentar.

Popular Posts