Java Food Expedition 3 : Sumber Bibit untuk pengembangan Kebun Buah

Survey Bibit untuk Mengecek Pohon Entres dan Kualitas Bibit

Bersama Pak Joko, Penangkar Bibit Duren

Setelah berkunjung ke PT Paidi Indo Porang di Desa Kepel, Kecamatan Kare, Kabupaten  Madiun kami melanjutkan perjalanan ke Nganjuk tepatnya menuju Aneka Bibit Super yang lokasinya di Desa Juwet, Kecamatan Ngronggot, Kabupaten Nganjuk, Provinsi Jawa Timur 64395.

11.50 Waktu Kare, Madiun

Lagi lagi kami menggunakan GPS Global Positioning System dengan titik tujuan sesuai alamat. Dari titik Desa Kepel, kami menyusuri jalan menurun menuju Kota Nganjuk.

Kami masuk dari tol Madiun untuk menuju ke Kota Nganjuk. Rencana awal, kami akan langsung menuju ke Produsen  Bibit Aneka Bibit, tetapi karena perut sudah lapar, kamipun mengubah rencana untuk makan terlebih dahulu.

Kami berencana makan di Rumah Makan Legendaris di Kota Nganjuk, yaitu Rumah Makan Nirwana.

Dari tol Nganjuk, Kami keluar di Gerbang Tol Nganjuk dan berbelok ke kanan mengambil ke arah Kota.

Baca juga : Perjalanan Jakarta menuju Solo yang mengesankan dalam Java Food Expedition

Pintu Keluar Gerbang Tol Kota Nganjuk

13.14 WIB Rumah Makan Nirwana, Legendaris Kota Nganjuk

Rumah makan Nirwana merupakan Rumah Makan legendaris karena sejak saya SMA, rumah makan ini sudah buka dan menu yang tersedia saat itu yang terkenal adalah Rawon dan Soto.

Rumah makan yang terletak di dekat arah terminal Nganjuk ini, memiliki tempat makan yang luas, area outdoor dan tempat bermain yang aman untuk anak anak.

DI Rumah makan Nirwana, saat ini sudah menyajikan  aneka hidangan nusantara.yang bisa dimakan ditempat Dine in, Dibawa pulang alias Takeaway·dan dikirim ke pemesan alias  Delivery.

Rumah Makan Nirwana tepatnya berada di  Jl. Gatot Subroto, Kauman, Kec. Nganjuk, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur 64411.

Saat orang tua saya bertugas di Nganjuk, seringkali saya diajak makan di Rumah Makan  Nirwana ini. Kesukaan saya adalah Rawon dan kadang soto ayam.

Selain rumah makan, tersedia juga penginapan dengan area parkir yang luas.

Menu Telor Pindang alias Telor Hitam.  Teman saya Om Rudi penasaran dengan telor yang berwarna hitam pekat yang tersaji di meja.  Sambil menunggu pesanan, dfia mencoba telor pindang ini. Komentar nya rasanya biasa saja lebih enak telor di Sumatra katanya.

Telor Hitam alias Pindang Telor Rumah Makan Nirwana

Kami memesan makanan sesuai dengan keinginan masing masing. Pak Anton memesan Sop Buntut dan Tahu Telor, Om Rudi memesan Rawon dan Gado Gado, Saya memesan Rawon dan Sate Kambing.

Om Rudi penasaran dengan Rawon, karena dia merasa belum pernah menikmati masakan Jawa Timur yang disebut Rawon ini.

Menikmati Rawon Khas Rumah Makan Nirwana

Selesai makan, kami menunaikan sholat dan dijamak Qoshor antara Dhuhur dan Asar. Di Rumah makan Nirwana, tersedia musholla yang bersih dan terawat dengan air yang selalu tersedia.

Ada satu tulisan di Rumah Makan Nirwana, yang sejak pertama saya makan di sini masih terpasang dengan rapi.

Amal Kita Yang Menolong Kita

Jadi, jagalah perbuatan Anda dan ingatlah untuk selalu beramal dalam bentuk apapun

Tulisan terpampang di dinding Rumah Makan Nirwana

Selesai berkemas, kami pun melanjutkan perjalanan untuk survey bibit di Aneka Bibit, yang lokasinya di RT.003 / RW006, Juwet, Ngronggot, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur 64395

Dengan GPS, rute sekitar 30 km dan ditempuh dengan waktu lebih kurang 45 menit.

15.10 Waktu Kebun BIbit di Aneka Bibit

Pohon Induk Durian Musangking Umur 4 tahun

Akhirnya, kami pun sampai di Kebun Bibit di Desa Juwet, Ngronggot, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur dan disambut oleh Pak Joko.

Kami pun berkeliling area pembibitan yang ada di 2 lokasi dan berada di tepi sungai Brantas. Termasuk sungai besar yang membelah provinsi Jawa Timur.

Aneka bibit tersedia di area pembibitan yang dikelola Pak Joko.  Kami berdiskusi perihal sertifikasi bibit dan sumber sumber entres untuk bibit bibt yang ada.

Di Desa ini, ternyata hampir seluruh warganya adalah pengusaha bibit dan saling berkoordinasi dalam usaha pembibitan.

Bibit yang tersedia berbagai jenis tanaman ada Durian, Alpukat, Kelengkeng Merah, Jeruk, Jambu Biji dan berbagai jenis bibit lainnya.

Bibit Durian

Bibit Alpukat

Salah satu cara mendeteksi Varietas Durian

Bibit Durian Kaki 3

Bibit Kelengkeng Merah

Bibit Durian kaki 3

Dokumentasi bersama Pak Anton dan Pak Joko

Saran kami, sebaiknya entres diperoleh dari sumber entres yang sudah disertifikasi dan dilengkapi dokumen untuk mendukung keterangan bibit.

Ada cerita lucu terkait Bunga Widuri. Anda tahu Bunga Widuri, Calotropis gigantea, yang menjadi salah satu lagu yang dinyanyikan oleh Bob Tutupoli dengan reff,,

Bunga Widuri Calotropis gigantea

Widuri ... elok bagai rembulan
Oh sayang
Widuri ... cinta bagai lukisan
Widuri... bukalah pintu hati untukku
Widuri... ku akan menyayangi

Entah Widuri nama bunga yang diumpamakan bagai rembulan atau nama orang, bunga widuri berwarna ungu putih dan biasa saja  dan tidak seindah Bunga sepatu atau lainnya.

Ternyata teman saya Om Rudi baru tahu yang namanya Bunga Widuri dan minta difoto bersama sang Bunga Widuri.

Dia berfoto sambil menyanyikan lagu Widuri dan menjdi perhatian setiap orang yang melintas di jalan.

Dia bersyukur, akhirnya tahu juga Bunga Widuri meskipun bukan Tante Widuri yang asli he..he..he..

Berpose di depan Bunga Widuri  Calotropis gigantea

Setelah selesai survey bibit dan diskusi berbagai hal, kami kami berpamitan pulang karena akan meneruskan perjalanan ke Cepu dan Blora

Rute kami adalah kembali menyusuri jalan menuju Nganjuk dan masuk tol dari Bandar.

16.25 Gerbang Tol Bandar

Sudah menjelang sore saat memasuki Gerbang Pintu Tol Bandar di sekitar Kota Nganjuk dan kami menyusuri jalan tol dan memasuki jalan tol Kertosono Ngawi kami beristirahat dan mampir ke toilet.

17. 05 Rest Area 597 A Tol Kertosono Ngawi

Selesai beristirahat, melanjutkan perjalanan dan keluar di Gerbang Tol Ngawi.

17.35 Gerbang Tol Ngawi

Melanjutkan perjalanan di arteri Ngawi - Solo dan lanjut menyusuri jalan Ngawi - Bojonegoro.
 Setelah keluar dari Gerbang Tol Ngawi, kami menyusuri jalana arteri menuju ke Kota Cepu.

Rute Perjalanan Nagnjuk - Cepu

Jalanan di daerah Ngawi - Bojonegoro memang berkelok kelok dan suasana malam membuat kami tidak bisa melihat kanan kiri jalan. Menyambung ke jalan yang mungkin kanan kirinya hutan jati, hingga sampai ke Cepu.

Dalam perjalanan, kami mendapat info kalau Pak Anton harus kembali ke Jakarta karena akan diundang rapat.  Jadi rencanaya kami akan langsung menuju Stasiun Besar Cepu untuk mengantar beliau menaiki kereta yang tiketnya sudah dibeli.

Jadwal kereta Beliau adalah jam 19.48 dan waktu inlah yang kami kejar supaya beliau tidak ketinggalan kereta.

Ternyata, pukulu 18.58, kami memasuki kota Cepu. Kami menawarkan Pak Anton untuk makan terlebih dahulu dan pilihan kami makan di Rumah Makan Hantu Laut, Cepu.

Setelah memesan makanan, sambil menunggu makanan matang, Pak Anton bergegas ke Stasiun Besar Kereta Api Cepu untuk mengecek sekaligus mengeprint tiket.

19.01 Rumah Makan Hantu Laut Cepu

Sebelum memasuki Stasiun Besar Kereta Api Cepu, kami mengajak Pak Anton untuk menikmati kuliner di Kota Cepu dan rumah makan yang kami pilih tidak salah.  Sop Kepala Ikan dan Tuna Bakarnta enak dan tidak mengecewakan.

Sop Ikan yang lezat di Rumah Makan Hantu Laut, Cepu

19.24 Stasiun Besar Cepu

Setelah selesai bersantap malam, kamipun bergegas ke Stasiun Besar Kereta Api Cepu untuk mengantar Pak Anton. Semoga lancar perjalanannya Pak dan bisa mengejar Rapat yang sudah diagendakan.

19.40 Same Hotel Cepu

Selesai mengantar Pak Anton ke Stasiun Kereta Api Cepu, kami pun menuju Hotel tempat kami menginap.

Hotel Same, Cepu,  yang terletak di jalan Cepu Randu Blatung, Mernung, Kabupaten Blora, Jawa Tengah 58315 merupakan hotel berbintang empat yang terletak di pusat kota Cepu, dengan konsep hotel bernuansa Eropa klasik dengan interior artistic.

Selain itu, mudah dijangkau dan dekat dengan kegiatan bisnis maupun perkantoran, pemerintahan, tempat perbelanjaan (Bravo Supermarket, Taman Seribu Lampu) terminal Bus, rumah sakit. Karenanya, Same Hotel Cepu akan selalu menjadi pilihan yang ekslusif dan representatif bagi para tamu-tamu yang akan datang ke kota Cepu.

Itu beberapa cuplikan kata yang menjadi promosi Same Hotel Cepu, yang menurut kami agak di luar kota meskipun fasilitas yang disediakan memang bagus. baik dari segi bangunan maupun interior.

Hotel dengan kamar yang besar dan dilengkapi dengan kolam renang. DI kanan kiri hotel masih berupa lahan kosong dan lahan pertanian yang menyajikan pemandangan indah.

Cerita detail mengenai Hotel, akan disampaikan di cerita berikutnya.

Setiap detik dalam hidup adalah perjalanan,
setiap perjalanan adalah pelajaran

Eko  Budi Utomo

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Java Food Expedition 3 : Sumber Bibit untuk pengembangan Kebun Buah"