Trengguli, Cassia fistula, The Golden Shower

 

Pohon Bunga Kuning yang Indah




Trengguli, Cassia fistula, The Golden Shower

Informasi Flora

Informasi Umum  Tanaman yang biasa disebut Tengguli, trengguli atau kayu raja, Cassia fistula adalah tumbuhan di dalam keluarga Fabaceae, anak suku Caesalpinioidea. 

Cassia fistula, dikenal dalam bahasa inggris sebagai  golden shower, purging cassia, Indian laburnum, atau pudding pipe tree.

Berbunga kuning cerah dan indah, tengguli banyak ditanam sebagai pohon hias dan juga tanaman obat tradisional. Tanaman ini tumbuh secara alami di Asia Selatan dan Asia Tenggara, tetapi kini menyebar luas ke pelbagai negeri tropis. Bunganya merupakan bunga nasional Thailand.

Trengguli, Cassia fistula, The Golden Shower

Sekilas Info Flora 

Sekilas Info 
Nama Populer - Pop name :  Trengguli
Nama Latin - Latin Name    :  Cassia fistula                                                  
Family                        :  Fabaceae
Origin - Daerah Asal           :  Asia Selatan, Asia Tenggara
Ciri khas                            :  Berbunga Kuning
Keunikan                           :  Bunga sangat indah dan menggantung

Bunga Trengguli, Cassia fistula, The Golden Shower


Pohon yang menggugurkan daun, tinggi 10 hingga 20 m dengan batang bebas cabang sekitar 5 m. Tajuk melebar menyebar. Pepagan berwarna abu-abu pucat dan halus ketika muda, menjadi cokelat gelap dan kasar ketika menua.

Daun Trengguli, Cassia fistula, The Golden Shower

Daun-daun tersusun berseling, majemuk menyirip genap, panjang 30-40 cm. Anak daun 3-8 pasang, bundar telur memanjang, berambut pendek, sisi bawahnya hijau biru 6–20 cm × 3,5–9 cm. 

Trengguli, Cassia fistula, The Golden Shower

Perbungaan berupa tandan terminal yang menggantung, 15–40 cm panjangnya, berbunga banyak, tidak rapat. Bunga-bunga berbau enak; kelopaknya berbagi-5 dalam; mahkota 2-3,5 cm panjangnya, kuning cerah. Tiga tangkai sari yang terbawah berbentuk-S, lebih panjang daripada yang lainnya.

Buah Trengguli, Cassia fistula, The Golden Shower

Buah polong bulat torak, 20–45 cm × 1,5 cm, menggantung, hitam dan tidak memecah ketika tua, dalamnya terbagi oleh sekat-sekat menjadi ruang-ruang berbiji-1.

Biji pipih kecokelatan, terletak melintang dalam ruang, 25-100 butir per polong, di antarai oleh sekat dan sejenis daging buah yang lengket berwarna cokelat kehitaman.

Habitus pohon Trengguli, Cassia fistula, The Golden Shower

Tengguli biasa didapati di lingkungan hutan gugur daun tropika dan juga hutan-hutan jati. Pohon ini dilaporkan tahan terhadap naungan menengah, tahan kekeringan, dapat menolerir curah hujan antara 480 - 2.720 mm pertahun, temperatur tahunan antara 18-29 °C dan pH tanah antara 5,5-8,7.

Tengguli menyebar alami mulai dari Pakistan selatan di barat, India, Srilangka di selatan, terus ke timur melalui Burma hingga ke Thailand. Tengguli ditemukan tumbuh liar di banyak tempat Indonesia; tanaman ini juga diintroduksi ke Australia, Ghana, Mesir, Meksiko, dan Zimbabwe.

Klasifikasi Taksonomi Flora

Klasifikasi Taksonomi Satwa
Kingdom    :  Plantae
Phylum      :  Magnoliophyta
Class         :  Magnoliopsida
Order         : Fabales
Family        : Fabaceae
Subfamily   : Caealpinioideae
Genus        : Cassia
Species      : Cassia fistula

Binomial name
Cassia fistula L

Sinonim
Bactyrilobium fistula Willd.
Cassia bonplandiana DC.
Cassia excelsa Kunth
Cassia fistuloides Collad.
Cassia rhombifolia Roxb
Cathartocarpus fistula Pers.

Trengguli, Cassia fistula, The Golden Shower
Fabaceae, Suku polong-polongan atau Suku kacang-kacangan adalah salah satu suku tumbuhan dikotil yang terpenting dan terbesar. Banyak tumbuhan budidaya penting termasuk dalam suku ini, dengan bermacam-macam kegunaan: biji, buah (polong), bunga, kulit kayu, batang, daun, umbi, hingga akarnya digunakan manusia. Bahan makanan, minuman, bumbu masak, zat pewarna, pupuk hijau, pakan ternak, bahan pengobatan, hingga racun dihasilkan oleh anggota-anggotanya. Semua tumbuhan anggota suku ini memiliki satu kesamaan yang jelas: buahnya berupa polong.

Fabaceae pernah dikenal dengan nama Leguminosae serta Papilionaceae. Nama yang terakhir ini kurang tepat, dan sekarang dipakai sebagai nama salah satu subsukunya. Dalam dunia pertanian tumbuhan anggota suku ini sering kali disebut sebagai tanaman legum (legume).

Anggota suku ini juga dikenal karena kemampuannya mengikat (fiksasi) nitrogen langsung dari udara (tidak melalui cairan tanah) karena bersimbiosis dengan bakteri tertentu pada akar atau batangnya. Jaringan yang mengandung bakteri simbiotik ini biasanya menggelembung dan membentuk bintil-bintil. Setiap jenis biasanya bersimbiosis pula dengan jenis bakteri yang khas pula.

Ciri-ciri Fabaceae
  1. Buah tipe polong
  2. Biji berkotil dua. (dikotiledon)
  3. Buah bertipe buah polong
  4. Pada umumnya berdaun majemuk berpasangan.
  5. Perbungaan tunggal dan majemuk, dan Cassia fistula atau trengguli termasuk bunga majemuk.

Informasi Pemotretan 

Pemotretan 
Lokasi pemotretan di Kudus
Detail :
Camera maker : Nikon Corporation
Camera model : Nikon D750
F Stop : f/4
Exposure time : 1/1000 sec.
ISO Speed : ISO 2500
Focal lengh : 120 mm
Lens : 
Nikon AF-S 24 - 120 mm F/2.8G IF-GED VR NIKKOR
Nikon AF-S 70 - 300 mm 

Kamus Identifikasi Flora dan Fauna serta Sumber Informasi untuk Pengenalan Flora dan Fauna 

Planter and Forester
Dilarang meng copy dokumentasi foto tanpa ijin 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Trengguli, Cassia fistula, The Golden Shower"

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungan teman teman, semoga artikel bermanfaat dan silahkan tinggalkan pesan, kesan ataupun komentar.

Popular Posts