Soto Bu Jatmi, Soto Kerbau Kuliner Khas Kudus

Soto Kudus Bu Jatmi



Informasi Kuliner

Kudus, kota Soto Kerbau.  Kalau anda ke kota Kudus, anda belum diakui berkunjung ke Kudus kalau Anda belum menikmati Kuloner Soto Kudus.

Kuliner di Kudus kali ini adalah Soto Kerbau Bu Jatmi, kalau di lokasi terpampang papan nama Soto Bu Jatmi.

Soto Kudus Bu Jatmi, Kudus

Soto Bu Jatmi saat saya mencari kuliner apa yang populer di Kota Kudus, khususnya soto, jawabannya hampir semua menyebut Soto Bu Jatmi.


Tempat duduk Favorit di Soto Kudus Bu Jatmi, Kudus

Tempat duduk favorit di Soto Kudus Bu Jatmi adalah di dekat gerobak Soto yang menebarkan bau harum kuah soto yang tercium saat tutup panci kuah soto  dibuka.

Lokasi Kuliner  

Lokasi Soto Bu Jatmi ada di tengah Kota Kudus, tepatnya di Jl. Kyai H. Wahid Hasim No.43, Magersari, Panjunan, Kec. Kota Kudus, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah 59317.
Papan Nama Soto Kudus Bu Jatmi, Kudus

Sangat mudah dijangkau dan lokasinya juga sangat mudah dicari, apalagi kalau dibantu Google Map.

Soto Kudus Bu Jatmi, Kudus

Di papan nama terpampang Rumah Makan Soto Jatmi, ada juga yang tertulis Warung Sederhana Bu Jatmi sedia Soto Ayam, Soto Kerbau.

Pada saat pagi hari, Soto Bu Jatmi sangat penuh dengan pengunjung, dan anda yang membawa kendaraan roda dua mudah parkir dan untuk kendaraan roda empat akan dibantu Pak Tukang Parkir yang akan mengarahkan lokasi parkir kendaraan anda.  

Saya pernah menikmati Soto Bu Jatmi sekitar jam 07.40 dan 19.30. jadi memang durasi bukanya cukup lama.

Jika memang waktunya longgar, sebaiknya menghindari jam jam makan siang atau makan pagi, kecuali Anda memang sudah kelaparan. Sikat kapan saja.  


Papan nama Soto Kudus Bu Jatmi, Kudus

Menu  

Menu di Soto Bu Jatmi, cuma ada Soto Kerbau dan Soto Ayam, karena memang khasnya ya dua menu itu.

Menu tambahan ada berbagai sajian gorengan dan aneka kerupuk yang bisa kita pilih untuk menemani sajian utama Soto Kerbau dan Soto Ayam.

Cita Rasa

Menu saat peryama kali datang adalah Soto Kerbau.  Daging kerbau yang menjadi pembeda, soto ini memiliki isian yang berbeda dari soto kebanyakan. Yakni kuahnya yang kuning sedikit kental dan isian soto yakni kecambah yang melimpah dan irisan seledri.

Menu Soto Kerbau, di Soto Kudus Bu Jatmi, Kudus

Taburan bawang goreng, irisan jeruk nipis, sambal dan kecap juga disajikan dalam semangkuk Soto Kudus Bu Jatmi menambah gurihnya soto yang berlokasi di  Jalan Kyai Haji Wahid Hasim No.43, Panjunan, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah ini.

Suwiran daging kerbaunya sangat empuk dan cocok dengan kuah soto yang berciri manis gurih. Kombinasi yang sangat pas.

“Soto Kudus asli sebetulnya tidak menggunakan sohun. Bumbu yang dipakai bawang putih, bawang merah, terasi, taoge, laos, merica, pala, jinten. Inilah yang membuat soto kudus lebih khas Kudus, ini informasi dari Sang Peracik Soto Kudus Bu Jatmi.

Kota Kudus yang sebelumnya merupakan kota dengan agama hindu yang mensucikan binatang sapi dan setelah masuknya agama Islam dan untuk menghormati penduduk penganut Hindu, maka sebagai pengganti Sapi adalah Kerbau.

Salah satu bentuk toleransi dan kerukunan beragama yang menjadi ciri khas Indonesia, khususnya di Kota Kudus.

Menu Soto Kudus, menurut saya sangat enak, ciri khas masakan Kudus memang manis dan untuk Soto Kerbau Bu Jatmi, karena cita rasa gurih juga mendominasi Soto Kerbau.

Aneka Sate di Soto Kudus Bu Jatmi, Kudus
Ditemani kerupuk kulit yang menurut saya juga dari kerbau, karena tidak membuat tenggorokan sulit menelan.  Ini yang saya pelajari khususnya kerupuk kulit, atau kerupuk rambak (Jawa), Jangek (Sumatra), jika bahannya dari kulit kerbau tidak terlalu membuat keseretan (Jawa) atau sulit ditelan dbandingkan kulit sapi.

Selain kerupuk, saya juga mencomot 2 sate jerohan ayam dan campuran kulit dan daging serta uritan alias telur ayam muda yang belum bercangkang. Nikmat pokoknya.

Pada kedatangan berikutnya, saya memesan Soto Ayam.  Tampilan Soto Ayam, menurut saya kuahnya lebih bening sedikit dibandingkan Soto Kerbau.  Nasi, yang ditaburi suwiran ayam, taburan bawang goreng, tauge dan seledri melengkapi hidangan semangkok soto.

Soto Ayam di Soto Kudus Bu Jatmi, Kudus

Gorengan pertama yang menemani menikmati Soto Ayam adalah Tempe Goreng tanpa tepung.

Saya sengaja hanya menambahkan sambel saja dan tidak menambahkan kecap, karena menurut saya Cita rasa Kuah sotonya sudah manis dan kecap akan sedikit berpengaruh terhadap cita rasa asli soto.
 
Sajian Soto Ayam di Soto Kudus Bu Jatmi, Kudus

Berikutnya ya sesuai selera anda. Jangan lupa mencomot perkedelnya, enak banget dan cocok dengan sajian soto ayamnya.
Aneka lauk yang menemani menikmati Soto di Soto Kudus Bu Jatmi, Kudus

Kurang puas, sate ampela dan uritan menambah lengkapnya Cita rasa Soto Ayam Bu Jatmi yang melegenda ini. 

Sate Jerohan,  daging, Uritan di Soto Kudus Bu Jatmi, Kudus
Tempe tambah 1 lagi, dan mangkuk soto ayam juga nambah. Gemuk urusan nanti, yang penting menikmati lezatnya Soto Ayam Bu Jatmi.


Tempe Goreng di Soto Kudus Bu Jatmi, Kudus

Segelas Teh Tawar hangat menjadi pelengkap 2 mangkuk soto ayam Bu Jatmi. 

Perkedel di Soto Kudus Bu Jatmi, Kudus
Satu mangkok Soto Kerbau Rp. 18 k, Semangkok Soto Ayam senilai 18 k, Sepotong tempe Rp. 3 k, sepotong Bergedel Rp. 6 k dan teh tawar hangat 2 k. Pokoknya tidak akan menguras kantong anda.
Soto Ayam di Soto Kudus Bu Jatmi, Kudus

Dokumentasi

Dokumentasi saya cukup banyak saat memotret pengalaman menikmati Soto Bu Jatmi, tapi yang saya tampilkan secukupnya, semoga bermanfaat.

Selamat menikmati Soto Kudus Bu Jatmi, Kudus

Informasi Pemotretan 

Pemotretan 
Lokasi pemotretan di Soto Bu Jatmi
Detail :
Camera maker : Samsung


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Soto Bu Jatmi, Soto Kerbau Kuliner Khas Kudus"

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungan teman teman, semoga artikel bermanfaat dan silahkan tinggalkan pesan, kesan ataupun komentar.

Popular Posts