Teratai, Water Lily, Nymphaea

 

Teratai




Teratai, Water Lily, Nymphaea

Informasi Flora

Informasi Umum tentang Teratai, Nymphaea adalah nama genus untuk tanaman air dari suku Nymphaeaceae. Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai water lily atau waterlily. 

Pada zaman Mesir kuno, teratai dan lotus banyak tumbuh di pinggir Sungai Nil. Nymphaea caerulea dan Nymphaea lotus adalah dua spesies yang berasal dari Mesir. Bunga Nymphaea caerulea hanya berumur sehari, mekar di pagi hari dan tenggelam di bawah air di senja hari. Bunga dari Nymphaea lotus mekar pada malam hari dan menguncup di pagi hari. Peninggalan dari kedua jenis teratai asli Mesir ini ditemukan di makam Ramses II.

Teratai, Water Lily, Nymphaea

Di Indonesia, teratai juga digunakan untuk menyebut tanaman dari genus Nelumbo (lotus). Pada zaman dulu, orang memang sering mencampuradukkan antara tanaman genus Nelumbo seperti seroja dengan genus Nymphaea (teratai). 
BungaTeratai, Water Lily, Nymphaea

Pada Nelumbo, bunga terdapat di atas permukaan air (tidak mengapung), kelopak bersemu merah (teratai berwarna putih hingga kuning), daun berbentuk lingkaran penuh dan rimpangnya biasa dikonsumsi.

Tanaman Teratai, Water Lily, Nymphaea
Tanaman tumbuh di permukaan air yang tenang. Bunga dan daun terdapat di permukaan air, keluar dari tangkai yang berasal dari rizoma yang berada di dalam lumpur pada dasar kolam, sungai atau rawa. 

Tanaman dan Bunga Teratai, Water Lily, Nymphaea
Tangkai terdapat di tengah-tengah daun. Daun berbentuk bundar atau bentuk oval yang lebar yang terpotong pada jari-jari menuju ke tangkai. Permukaan daun tidak mengandung lapisan lilin sehingga air yang jatuh ke permukaan daun tidak membentuk butiran air.

Bunga Teratai, Water Lily, Nymphaea
Bunga terdapat pada tangkai yang merupakan perpanjangan dari rimpang. Diameter bunga antara 5–10 cm.

Teratai terdiri dari sekitar 50 spesies yang tersebar dari wilayah tropis hingga daerah subtropis seluruh dunia. Teratai yang tumbuh di daerah tropis berasal dari Mesir.
Bunga Teratai warna putih, Water Lily, Nymphaea

Sekilas Info Flora 

Sekilas Info 
Nama Populer - Pop name :  Teratai
Nama Latin - Latin Name    :  Nymphaea                                                   
Family                        :  Nymphaeaceae
Origin - Daerah Asal           :  Mesir
Ciri khas                            :  Tanaman air
Keunikan                           :  Bunga bertangkai

Teratai menjadi tanaman di kebun-kebun karena bunganya yang indah. Pelukis Prancis bernama Claude Monet terkenal dengan lukisan bunga teratai.
Teratai, Water Lily, Nymphaea

Teratai, Nymphaea merupakan tanaman air yang unik. Teratai yang tumbuh di air yang sangat berlumpur (kotor, coklat), warna bunganya lebih cemerlang. Warna bunga bila putih lebih putih, bila merah lebih merah, bila merah muda makin terang warnanya.
Teratai, Water Lily, Nymphaea

Teratai, Water Lily, Nymphaea

Klasifikasi Taksonomi Flora

Klasifikasi Taksonomi Satwa
Kingdom    :  Plantae
Phylum      :  Magnoliophyta
Class         :  Magnoliopsida
Order         : Nymphaeales
Family        : Nymphaeaceae
Subfamily   : 
Genus        : Nymphaea
Species      : 

Binomial name
Teratai, Water Lily, Nymphaea

Suku teratai-terataian atau Telepok atau Nymphaeaceae adalah salah satu suku anggota tumbuhan berbunga. Menurut Sistem klasifikasi APG II suku ini tidak dapat dimasukkan ke dalam satu pun cabang tumbuhan berbunga. 
Teratai, Water Lily, Nymphaea
Baru pada penelitian lebih lanjut dibentuk bangsa baru, Nymphaeales, yang mencakup Nymphaeaceae dan Cabombaceae. Pada tahun 2007 Hydatellaceae juga kemudian dimasukkan ke dalam Nymphaeales, setelah sebelumnya dimasukkan ke dalam Poales.
Teratai, Water Lily, Nymphaea
Ke dalam suku ini termasuk berbagai macam teratai, dan beberapa tumbuhan air yang biasa dijadikan hiasan akuarium. Seroja atau lotus (Nelumbo), yang diperkirakan banyak orang masih sekerabat dengan teratai, pada kenyataannya tidak berkerabat dekat dan merupakan anggota bangsa Proteales, suatu dikotil sejati (Eudikotil).

Teratai, Water Lily, Nymphaea


Teratai, Water Lily, Nymphaea

Informasi Pemotretan 

Pemotretan 
Lokasi pemotretan di Kebun Raya Bogor
Detail :


Detail :
Camera maker : Nikon Corporation
Camera model : Nikon D5200
F Stop : f/5.6
Exposure time : 1/125 sec.
ISO Speed : ISO 400 
Focal lengh : 300 mm
Lens : 
Sigma 70-300mm f/4-5.6 DG Macro 

Kamus Identifikasi Flora dan Fauna serta Sumber Informasi untuk Pengenalan Flora dan Fauna 

Planter and Forester
Dilarang meng copy dokumentasi foto tanpa ijin 


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Teratai, Water Lily, Nymphaea"

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungan teman teman, semoga artikel bermanfaat dan silahkan tinggalkan pesan, kesan ataupun komentar.

Popular Posts