Menikmati Sate Kerbau Pak Min Jastro, Kuliner Khas Kudus

Sate Kerbau Pak Min Jastro yang Maknyuss


Informasi Kuliner

Dalam jelajah kuliner Kota Kudus, Menu Kuliner Sate Kerbau yang pertama kali saya incar.  Sesuai informasi, Sate kerbau merupakan kuliner khas Kota Kudus  yang merupakan salah satu bentuk toleransi beragama.

Kota Kudus yang sebelumnya merupakan kota dengan agama hindu yang mensucikan binatang sapi dan setelah masuknya agama Islam dan untuk menghormati penduduk penganut Hindu, maka sebagai pengganti Sapi adalah Kerbau.

Saya menikmati kuliner Sate Kerbau di Sate Kerbau Khas Kudus Pak Min Jastro.

Sate Kerbau Pak Min Jastro, Kuliner Khas Kudus 
Saya berbincang dengan Pak Totok yang merupakan generasi ketiga dari Sate Kerbau Pak Min Jastro.  Sambil membakar Sate Kerbau, saya ngobrol dengan Pak Totok yang ternyata pernah berkunjung ke Kota Malang.  Beliau masih hapal seluk beluk Kota Malang dan pembicaraan menjadi semakin akrab.

Kuliner Sate Kerbau merupakan kuliner yang sangat digemari di Kota Kudus ini sekaligus menjadi ciri khas Kota Kudus. 

Sajian Kuliner Sate Kerbau Pak Min Jastro, Kuliner Khas Kudus 

Lokasi Kuliner  

Lokasi Kuliner Sate Kerbau Khas Kudus Pak Min Jastro Nusantara berada di Ruko KH Agus Salim, Kudus.

Lokasi tepatnya ada di bagian belakang ruko.  Awalnya saya sempat mencari cari titik lokasi sesuai informasi dari Google map. 

Lokasi Sate Kerbau Pak Min Jastro, Kuliner Khas Kudus 
Alamat dari Sate Kerbau Pak Min Jastro ini berada di Jl. Kyai H. Agus Salim, Getas, Wergu Wetan, Kudus. Bukanya mulai dari Senin sampai Sabtu, mulai 07:30 – 10:00 dan sore mulai pukul 17:00 sampai dengan 21:00.  No Telepon terpampang di papan nama Sate Kerbau Pak Jastro.

Saat saya berkunjung ke Sate Kerbau Pak Min Jastro, sekitar jam 18.30, dan kondisi Ruko tidak terlalu terang. Setelah celingak celinguk ke kanan dan ke kiri, akhirnya ketemulah lokasi kuliner ini.

Lokasi Kuliner Sate Kerbau Pak Min Jastro, Kuliner Khas Kudus 

Menu  

Saya memesan seporsi sate kerbau, nasi dan es teh tawar.
Menu di Sate Kerbau Pak Jastro hanya sate kerbau dan tidak ada yang lain.

Setelah memesan Sate Kerbau, saya pun mulai ngorol dengan Pak Toto atau Pak Sunoto.

Sambil membakar Sate Kerbau di gerobak sate, Pak Sunoto atau Pak Toto bercerita tentang sejarah Sate Kerbau Pak Min Jastro ini.
Penerus Legenda Sate Kerbau Pak Min Jastro, Kuliner Khas Kudus 

Warung Sate Kerbau Pak Min Jastro ini sudah buka sejak tahun 1950. Awalnya, Min Jastro berkeliling kota sembari memikul dagangannya untuk menjajakan sate kerbau. Keliling mulai pukul 06:00 pagi sampai habis. Karena memiliki pelanggan yang setia, akhirnya pada tahun 1980 Min Jastro memutuskan untuk membuka lapak yang berlokasi di depan garasi bus PO Nusantara. Sampai pada akhirnya di tahun 2005 pindah ke lokasi sekarang ini, di belakang Ruko KH Agus Salim, Kudus.

Membakar Sate Kerbau Pak Min Jastro, Kuliner Khas Kudus 
Bumbu bumbu diracik khusus dan usia Rumah Makan Sate Kerbau Pak Jastro sudah melegenda hampir 7 dekade lamanya, tentu saja bukan tanpa alasan. Dan salah satu alasannya adalah tekstur dagingnya yang sangat empuk dan bumbunya begitu terasa. Tempat wisata kuliner di Kudus ini sekarang dikelola oleh Sunoto yang merupakan generasi ketiga penerus usaha sate kerbau Min Jastro. Dan Totok, panggilan akrab Sunoto menyebutkan jika sampai sekarang ini ia masih mempertahankan resep leluhurnya.

Sambil menunggu proses membakar sate, istri Pak Toto juga bercerita jika banyak tokoh tokoh pembesar yang sudah menikmati Sate Kerbau Pak Jastro, dari mulai ibu Megawati, Pak Presiden Susilo Bambang Yudoyono dan banyak lagi tokoh tokoh yang menikmati legenda Sate Kerbau Pak Min Jastro.

Sambil meracik Bumbu, beliau bercerita uniknya pengolahan Sate Kerbau dan memiliki cara khusus supaya Sate Kerbau berasa nikmat. Sate kerbau di sini dibuat dengan cara yang masih sangat tradisional dan serat dagingnya dipisah. 

Sate Kerbau Pak Min Jastro, Kuliner Khas Kudus 
Sebelum diolah, daging kerbau dipukul-pukul dan seratnya direbus supaya saat diberi bumbu dan dibakar, bumbunya akan meresap sempurna. Supaya rasanya makin nikmat, dan bumbunya meresap, daging yang sudah ditumbuk direndam dalam bumbu baceman selama kurang lebih dua jam lamanya. Lalu setelah itu daging sate ditusuk dan dibakar.

Sementara itu, untuk bumbunya adalah saus kacang yang dipadukan dengan serundeng, cabai merah, bawang merah, bawang putih dan juga kentang yang dihaluskan. Karena itulah cita rasa dari bumbu sate ini terasa lembut, kental, gurih dan sedikit pedas. Sangat cocok dengan sate kerbau yang memiliki cita rasa manis legit.

Cita Rasa

Cita rasa kuliner Sate kerbau Pak Jastro memang maknyuss.

Sate Kerbau dibakar dan disajikan dengan sepiring nasi hangat serta kuah satu panci yang bebas ambil sesuai kesukaan. Saya sebelumnya sempat menanyakan, ada bumbunya nggak Bu. Ternyata bumbunya ada di Panci besar di hadapan saya dan boleh mengambil sesukanya, asal dimakan dan kuat.

Sajian Lengkap Sate Kerbau Pak Min Jastro, Kuliner Khas Kudus

Satu hal yang saya suka, ada cabe yang disajikan di piring terpisah dan rasanya sangat cocok dimakan bersama sate kerbau.

Satu porsi Sate Kerbau disajikan dengan komposisi 2 tusuk sate koyor, bisa lidah, dalaman atau jerohan dan 8 tusuk sate daging kerbau.
Seporsi Nasi dan Seporsi Sate Kerbau Pak Min Jastro, Kuliner Khas Kudus

Daging sate terasa empuk dan menurut Ibu yang menyajikan, Daging kerbau ditumbuk dengan palu kayu untuk melunakkan daging dan selanjutnya diberi bumbu.

Sate Kerbau terasa lembut di kunyah dan berasa manis, dan menurut saya rasanya mirip dendeng tapi disajikan masih basah.  Kalau kering, pasti mirip sekali dengan dendeng.

Tampilan daging yang berwarna kecoklatan dan berukuran lumayan dan tebal. Karena dagingnya yang tebal namun empuk plus rasanya yang sangat nikmat, sate kerbau di sini memiliki banyak sekali pelanggan dari berbagai kalangan. Salah satunya adalah Megawati Soekarno Putri. Sampai dengan Siti Hardiyati Rukmana alias Mbak Tutut juga gemar menyantap sate kerbau dari warung ini. 
Memang Nikmat dan Maknyuss Sate Kerbau Pak Min Jastro, Kuliner Khas Kudus

Semua persis dengan apa yang disampaikan oleh Pak Totok dan Ibu. Nikmat dan Maknyusss.  Pantas saja jika para pembesar pun suka menikmati Sate Kerbau Pak Min Jastro.

Ayo berkunjung ke Sate Kerbau Pak Min Jastro, Kuliner Khas Kudus
Harga seporsi Sate Kerbau berkisar Rp. 50 k dan cukup puas dengan citarasanya.
Pokoknya anda harus mencoba salah satu kuliner khas Kudus ini.

Dokumentasi

Sate Kerbau



Informasi Pemotretan 

Pemotretan 
Lokasi pemotretan di Warung Sate Kerbau Pak Min Jastro
Detail :
Camera maker : Samsung 


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Menikmati Sate Kerbau Pak Min Jastro, Kuliner Khas Kudus "

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungan teman teman, semoga artikel bermanfaat dan silahkan tinggalkan pesan, kesan ataupun komentar.

Popular Posts