The yellow spotted monitor, Varanus panoptes

 

Varanus panoptes




The yellow spotted monitor, Varanus panoptes, Biawak bintik kuning

Informasi Satwa

Informasi Umum  The yellow spotted monitor, Biawak bintik kuning, Varanus panoptes, juga dikenal sebagai biawak Argus, adalah biawak yang ditemukan di wilayah utara dan barat Australia dan selatan Papua, Indonesia.


Sekilas Info Satwa 

Sekilas Info 
Nama Populer - Pop name :  The yellow spotted monitor
Nama Latin - Latin Name    :   Varanus panoptes                                                
Family                        :   Varanidae
Origin - Daerah Asal           :   Australia, Indonesia, PNG
Ciri khas                            :   Biawak Bertotol Kuning
Keunikan                           :   Biawak ramping dan bisa berdiri tegak

The yellow spotted monitor merupakan  Spesies Varanus yang tinggal di tanah, agak menyerupai goanna pasir yang tersebar luas, Varanus gouldii. Bintik-bintik gelap yang besar muncul dalam barisan di sepanjang punggungnya, menjadi sangat jelas di bagian tengah punggung di mana mereka diselingi dengan bintik-bintik yang lebih kecil dan pucat. Pita warna muncul ke arah ujung ekor. Warna keseluruhan adalah kecoklatan pada subspesies yang dinominasikan, Varanus panoptes panoptes, dan kemerahan pada Varanus panoptes rubidus.

The yellow spotted monitor, Varanus panoptes, Biawak bintik kuning

The yellow spotted monitor memiliki Monitor bintik kuning (kiri), monitor renda (kanan). Monitor berbintik kuning menampilkan dimorfisme seksual yang hebat, dengan betina mencapai panjang total rata-rata 90 cm, sedangkan jantan mencapai rata-rata 120-150 cm. Spesimen terbesar dapat memiliki panjang 1,6 m  dan massa dalam 7 kg.

The yellow spotted monitor ini adalah kadal terbesar ketiga di Australia, setelah perentie dan monitor renda. Subspesies yang lebih besar adalah Varanus panoptes panoptes dan yang lebih kecil adalah Varanus panoptes horni. Ini adalah monitor yang cukup ramping dan tidak terlalu besar seperti yang dilakukan oleh monitor lain di Afrika dan Asia. Sebagian besar panoptes Varanus berwarna kuning, dengan latar belakang cokelat atau cokelat tua, tetapi warnanya sering bervariasi berdasarkan individu atau tempat asalnya.

The yellow spotted monitor, Varanus panoptes, Biawak bintik kuning

Klasifikasi Taksonomi Satwa

Klasifikasi Taksonomi Satwa
Kingdom    :  Animalia
Phylum      :  Chordata
Class         :  Reptilia
Order         : Squamata
Family        : Varanidae
Subfamily   : 
Genus        : Varanus
Species      : Varanus panoptes

Binomial name
Varanus panoptes (Storr, 1980)

Sinonim
Varanus panoptes panoptes
Varanus panoptes rubidus
Varanus panoptes horni

Deskripsi pertama spesies The yellow spotted monitor diberikan dalam revisi varanid Australia Barat, di mana keluarga diwakili oleh beragam taksa di berbagai habitat. Koleksi awal dan deskripsi spesies kawasan secara historis tidak pasti, menyebabkan ICZN mengeluarkan pendapat yang terkait dengan takson ini.

Subspesies ketiga diterbitkan pada tahun 1988, berdasarkan spesimen dari Nugini selatan. Penulis yang menjelaskan menemukan bahwa spesimen yang dipilih sebagai jenis Varanus gouldii sebenarnya dapat ditetapkan untuk spesies ini, yang baru-baru ini dijelaskan oleh spesialis reptil Glenn Storr. Dengan mengeluarkan pendapat tentang berbagai pertimbangan taksonomi, anggota pemungutan suara melestarikan nama yang diterbitkan dengan deskripsi John Edward Gray dan menstabilkan nomenklatur nama spesies ini.

Tiga subspesies diakui oleh Australian Faunal Directory dan Reptile Database:

  • Varanus panoptes rubidus Storr, 1980. Holotipe subspesies ini diperoleh di dekat Cue, Australia Barat, di bagian barat tengah benua, dan populasinya endemik di utara dan barat negara bagian itu, rubidus mengacu pada warna kemerahannya
  • Varanus panoptes panoptes, Storr, 1980. Subspesies yang dinominasikan terjadi di utara daratan Australia, Arnhem Land, Kimberley dan Semenanjung Cape York.
  • Varanus panoptes horni, Böhme, 1988. Sebuah populasi yang ditemukan di selatan Papua Indonesia dan New Guinea yang diakui memiliki afinitas yang dekat dengan deskripsi spesies ini. Hal ini juga dikenal sebagai monitor Horn.

Julukan panoptes terinspirasi dari sosok mitologi bermata seratus, pelindung Putri Io bernama Argus Panoptes. Spesies ini dapat disebut sebagai goanna dataran banjir di wilayah utara Australia


Informasi Pemotretan 

Pemotretan 
Lokasi pemotretan di Bogor
Detail :
Camera maker : Nikon Corporation
Camera model : Nikon D750
F Stop : f/4
Exposure time : 1/1000 sec.
ISO Speed : ISO 2500
Focal lengh : 120 mm
Lens : 
Nikon AF - S NIKKOR 70-300mm f/4.5-5.6E ED VR

Kamus Identifikasi Flora dan Fauna serta Sumber Informasi untuk Pengenalan Flora dan Fauna 
Planter and Forester
Dilarang meng copy dokumentasi foto tanpa ijin 

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "The yellow spotted monitor, Varanus panoptes"

  1. Biawak banyak di Danau Kerinci, Pak Eko. Tapi bukan yang bintik kuning.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap Bu Nur, semoga tetap lestari. Yang Biawak artikel di atas ukurannya lebih kecil dari Biawak yang di Danau Kerinci, Varanus salvator. Terima kasih Bu Nur atas kunjungannya, semoga selalu sehat dan selamat beraktifitas.

      Delete

Terima kasih atas kunjungan teman teman, semoga artikel bermanfaat dan silahkan tinggalkan pesan, kesan ataupun komentar.

Popular Posts