Koleksi Kriptantus yang Berdaun Indah dan Menawan, Cryptanthus, The Earth Star

Cryptanthus



Informasi Umum Tanaman

Kali ini saya ingin membagikan koleksi Kriptantus Ibu Mertua yang sangat terawat dan tumbuh indah memamerkan kesegaran daun dengan aneka warna dan motif.

Koleksi Kriptantus diantara Bromelia

Kriptantus atau Cryptanthus merupakan tanaman mirip nenas tetapi berdaun lebih lembut dan memiliki corak warna yang beraneka ragam.  Sering diletakkan sebagai pengisi taman atau dipajang di pot serta yang unik lagi, tanaman ini juga cocok untuk terarium alias hiasan taman mini dalam akuarium kering.  
Cryptanthus fosterianus "Elaine"

Cryptanthus adalah genus tumbuhan berbunga dalam famili Bromeliaceae, subfamili Bromelioideae. Nama genus Cryptnathus berasal dari bahasa Yunani cryptos yang artinya tersembunyi dan anthos yang artinya bunga. Tanaman Kriptantus memang memiliki bunga mungil berwarna putih yang tersembul dari sela sela daunnya.  Bunganya bukan menjadi ikon, tapi daunnya menjadi ikon tanaman hias sehingga seringkali digolongkan sebagai Tanaman Hias Daun. 

Tanaman hias daun Kriptantus
Semua spesies dari genus Crypntanthus merupakan tanaman yang berasal dan  endemik Brasil. Nama umum untuk setiap Cryptanthus adalah The Earth star alias Bintang Bumi yang merujuk pada bentuk pertumbuhan tanaman yang mirip pola bintang. 

Tanaman hias daun cocok di tanam di pot ataupun langsung di tanah.
Berikut resume dari Kriptantus, tanaman hias daun yang mulai memiliki banyak penggemar.
Nama Populer - Pop name    :  Kriptantus, Earth Star
Nama Latin - Latin Name     :  Cryptanthus sp.
Family                         :  Bromeliaceae
Origin - Daerah Asal                 :  Amerika Latin dan Tengah
Letak Landscape                        :  Pengisi taman, pembatas atau Pot
Tipe Tanaman Hias                   Tanaman hias daun
Propagasi perbanyakan         : Stek anakan, anakan.
Media Tanam                     : Mix kompos pupuk kandang, Pasir. sekam 
Perlakuan khusus                     : Pembuangan daun kering dan Pemupukan 

Cryptanthus fosterianus "Elaine"

Ciri dan Identifikasi Tanaman 

Sekilas Info tentang tanaman Kriptantus yang memiliki daun seperti nenas dengan pola garis yang terbagi menjadi 3 jalur.  Jalur pinggir dan jalur tengah yang terlihat jelas. 

Tepi daun bergerigi kecil kecil tetapi tidak setajam daun Nanas dan daun tidak terlalu keras, lebih lembut dan ujungnya runcing tetapi tidak melukai dab tidak berbahaya.

Cryptanthus fosterianus "Elaine"
Tanaman Kriptantus yang saya tahu ada sekitar 6 jenis meskipun sebenarnya ada lebih dari 30 spesies Crypthantus. Luar biasa khan.

Saya perhatikan, ada Kriptantus yang berpostur agak besar , dengan ukuran daun panjang hingga 30 cm dan lebar daun 2- 3 cm serta ada Kriptantus yang berukuran mungil dengan panjang daun sekitar 10 -15 cm dan lebar daun 1 - 2 cm.

Berbunga berwarna putih bening yang menyembul dari susunan daun dengan ukuran panjang hingga 2 - 3 cm dan diameter 2 - 3 mm. 
Masih perlu waktu untuk berburu Tanaman hias berdaun indah ini.

Klasifikasi Tanaman 

Cryptanthus fosterianus "Elaine"
Kingdom    : Plantae
Class         : Commelinids
Order        : Poales
Family       : Bromeliaceae
Genus       : Cryptanthus
Species     : Cryptanthus sp.

di koleksi yang saya tulis ini ada 5 macam dengan nama 
  • Cryptanthus bivittatus Pink Starlite
  • Cryptanthus fosterianus "Elaine"
  • Cryptanthus zonatus black
  • Cryptanthus zonatus green
  • Cryptanthus zonatus brown
banyak yang masih belum punya seperti Cryptanthus acaulis dll kalau dikumpulkan memang luar biasa banyak,  bisa lebih dari 50 varian, sudah mirip keluarga aglonema, keluarga Sanseviera, keluarga Phillodendron, keluarga Anthurium, keluarga Adenium daln lain lain. 
 
Cryptanthus bivittatus Pink Starlite

Cryptanthus bivittatus Pink Starlite


Cryptanthus fosterianus "Elaine"

Cryptanthus zonatus black


Cryptanthus zonatus green

Cryptanthus zonatus brown

Habitus dan Koleksi Tanaman

Ciri Ciri dan identifikasi  tanaman Kriptantus selain memiliki daun yang unik dan menjadikannya tanaman hias, memiliki 2 tipe pertumbuhan.  Ada Kriptantus yang besarnya sedang
Tinggi Tanaman  : 15 - 20 cm
Diameter Tajuk   : 15 - 20 cm


Cryptanthus fosterianus "Elaine"

dan tanaman Kriptantus yang habitusnya lebih kecil dengan tipe pertumbuhan yang mirip.
Tinggi Tanaman  : 10 - 12 cm
Diameter Tajuk   :  8 - 15 cm

Cryptanthus bivittatus Pink Starlite

Batang Tanaman

Secara visual, tanaman Kriptantus tidak memiliki batang, tetapi tegak karena susunan daun yang berbentuk spiral mengeliling bagian tengah tanaman.

Tampilan batang semu dari Kriptantus

Daun Tanaman

Daun Kriptantus berbentuk seperti lembaran pita dengan pola vertikal dan horizontal.

Daun berwarna dasar merah, coklat, hijau, pink, hitam dan beberpa varian yang berwarna gradasi. Pola vertikal dari ujung daun hingga pangkal daun dan pola horinzontal berbentuk seperti garis yang berjarak tidak beraturan ada yang berwarna putih, abu abu dengan pola bersambung dan ada juga yang putus putus.

Pola warna daun kriptantus ada yang vertikal dan ada yang horizontal 

Tepi daun tanaman Kriptantus bergerigi rapat tetapi tidak terlalu tajam dan tidak berpotensi melukai.  Karena sifat daun ini, membuat Kriptantus menjadi incaran para hobiis tanaman hias daun.

Pola warna daun kriptantus yang horizontal ada yang bersambung dan ada yang terputus.

Gambar daun Kriptantus di atas memiliki pola horizontal yang bersambung dan tidak putus.  

Pola daun horizontal yang terputus dan seperti tersusun bertumpuk, berwarna putih pada Cryptanthus zonatus green

Pola daun horizontal yang bersambung dan berwarna putih pada Cryptanthus fosterianus elaine.

Bunga Tanaman

Bunga pada tanaman Kriptantus muncul dari ketiak daun berwarna putih dan ada yang berwarna putih bening tranparant dengan 3 mahkota bunga.

Bunga berukuran sekitar 2 cm dengan diameter 2 - 3 mm.

Bunga pada Cryptanthus zonatus black yang berwarna putih dan bermahkota 3 helai.

Bunga pada Cryptanthus zonatus green yang berwarna putih transparant dan bermahkota 3 helai. Tampak Putik dan benang sari menyembul dari tengah dan samping bunga


Bunga pada Cryptanthus fosterianus Elaine yang berwarna putih dan bermahkota 3 helai.

Buah Tanaman

Saya belum mendokumentasikan buah dan sepertinya tidak ada.

Kesesuaian dan Adaptasi

Ketinggian tempat altitude  : 1 = 2000 m dpl
Kesesuaian suhu                : 10 -24 derajat celcius
Kesesuaian tanah               : Tanah berpasir, drainase porus
Kesesuaian curah hujan      : 1000 - 2000 mm per tahun
Kesesuaian cahaya             : Semi Shade, Full Sun
Pertumbuhan Tanaman       : lambat
Kebutuhan Air                    : minimal
Kebutuhan Perawatan         : minimal
Tanaman Kriptantus diantara keluarga Bromelia. 

Cara Perbanyakan Tanaman 

Perbanyakan tanaman dengan memisahkan anakan atau tunas tunas baru yang tumbuh di sekitar tanaman utama.  Pisahkan dan tunas yang sudah tumbuh ke pot atau bak persemaian dengan media pasir atau cocopeat dan tunggu hingga sekitar 1 -3 bulan.  

Anakan yang sehat, akan berkembang dan tumbuh menjadi tanaman hias daun Kriptantus yang menawan. 

Cryptanthus zonatus brown

Cara Merawat Tanaman 

Cara Memelihara Kriptantus yang tidak terlalu suka air.

Agar tanaman ini dapat tumbuh dengan baik maka diperlukan perlakuan yang sesuai. Secara prinsip, Kriptantus atau Cryptanthus mudah sekali untuk dijadikan tanaman hias, hal ini karena asal-musual tanaman ini mempunyai kondisi alam yang sama dengan di Indonesia. Faktor-faktor yang perlu diperhatikan, yaitu media, penyiraman, cahaya, pemupukan serta perlindungan terhadap hama dan penyakit.

Media tanam Kriptantus
Media yang tepat adalah yang bersifat porous atau dapat meneruskan air dan tidak tergenang. Akar Kriptantus  tidak tahan terhadap genangan air, karena akar akan membusuk yang kemudian menyebabkan kematian pada tanaman.
Daun tanaman Kriptantus biasanya mampu menyimpan air dan membuat Kriptantus bisa bertahan lama tanpa penyiraman.

Potongan sabut berbentuk kotak, cacahan akar pakis, atau sekam dengan campuran pasir dapat digunakan sebagai media pada pot. Serbuk sabut kelapa sebenarnya dapat dipakai, namun harus diupayakan agar jarang ada penyiraman. 

Perlu juga diketahui, banyak jenis Kriptantus yang juga tahan ditanam di tanah berpasir dan banyak juga  yang bisa ditanam pada batang pakis atau pohon dan diikat dengan tali ijuk. Bila ditanam di hamparan halaman, media tanah bisa digunakan. Namun, perlu diupayakan bahwa lokasi yang digunakan tidak tergenang air.

Cryptanthus zonatus 

Penyiraman Tanaman Kriptantus
Jenis-jenis tanaman Kriuptantus daunnya mampu menyimpan air dan tidak langsung meneruskannya ke media jadi seperti mempunyai tandon air, sehingga tidak memerlukan penyiraman rutin. 
Penyiraman tanaman hias Kriptantus jangan terlalu sering karena daunnya mampu menahan air dan jika media terlalu basah akan membuat tanaman busuk

Tanaman dapat bertahan hidup sepanjang simpanan air di daun masih cukup berisi air. Jenis seperti Kriptantus ini cukup disiram 2-3 hari sekali atau bahkan lebih lama hingga seminggu 2 kali saja. 

Cahaya yang dibutuhkan Kriptantus
Secara prinsip semua jenis Cryptnathus  dapat diletakan di tempat yang agak teduh misalnya dibawah net 50%, atau terkena sinar matahari pagi. Selain itu, Kriptantus juga mampu dan tumbuh baik pada area yang terbuka dan full sinar matahari.  Semakin terpapar sinar matahari, warnanya akan semakin terang.


Pemupukan Kriptantus
Pemupukan tanaman kriptantus biasanya dengan dosis secukupnya dengan prinsip tepat jenis, tepat dosis, tepat waktu dan tepat aplikasi.  Tepat jenis untuk tanaman kriptantus dengan pupuk majemuk NPK standar 15:15:15 sudah cukup, tepat dosis dengan kebutuhan per pot ukuran 20 liter sekitar 2 gram per pot atau setengah sendok teh, tepat waktu pupuk diberikan cukup 3 bulan sekali kalau di pot dan 6 bulan sekali kalau ditanam di tanah, berikut tepat aplikasi dengan memberikan pupuk di sekeliling tanaman dan jangan meletakkan butiran pupuk di daun karena akan merusak helaian daun. 

Serangan Hama dan Penyakit Kriptantus
Kriptantus termasuk tanaman yang jarang terkena penyakit atau terserang hama. Namun, hama dan penyakit dapat menyerang kapan saja. Hal yang terpenting adalah bagaimana mengantisipasi dan menanganinya kalau terjadi.

Hama Kriptantus
Hama yang menyerang Kriptantus adalah kutu putih, kutu sisik, dan belalang. Kutu putih atau kutu sisik dapat dihilangkan dengan menyeka daun menggunakan kain lembut yang telah dibasahi dengan air dan sedikit detergen. Daun yang sudah tidak bisa ditolong sebaiknya dipotong. Dalam keadaan terpaksa, gunakan insektisida untuk mengatasinya. Penggunana Curacron atau decis mampu mengusir kutu kutu yang menyerang daun,khususnya di bagian tengah tanaman.

Tanaman Kriptantus yang sehat memiliki daun yang segar dan tidak ada bercak karat dan tidak layu.
Penyakit Kriptantus
Penyakit yang menyerang Kriptantus  disebabkan oleh cendawan atau bakteri. Usahakan untuk menggunakan media yang steril untuk menangani Kriptantus. Bila penyakit sudah menyerang potong daun-daunnya, karena bonggolnya mungkin masih bisa menumbuhkan daun. Untuk mengendalikan cendawan Kriptantus  bisa disemprot dengan fungisida dithane, antracol, bayleton dll fungisida, setiap bulan dengan konsentrasi 2%. Hal ini perlu dilakukan khususnya pada musim hujan.

Manfaat Tanaman

Manfaat Tanaman utamanya adalah sebagai tanaman hias daun.

Kriptantus, tanaman hias daun famili Bromeliaceae yang sangat indah 

Baca juga artikel :

Pemotretan 

Lokasi pemotretan di Taman Narogong Indah, Bekasi, Jawa Barat, Indonesia. 
Detail :
Camera maker : Nikon Corporation
Camera model : Nikon D750
F Stop : f/4
Exposure time : 1/1000 sec.
ISO Speed : ISO 2500
Focal lengh : 120 mm
Lens : 
Nikon AF-S 24 - 120 mm F/2.8G IF-GED VR NIKKOR
Nikon AF-S Micro Nikkor 105 mm 1 : 2.8 GED

Kamus Identifikasi tumbuhan dan tanaman serta Sumber Informasi untuk Pengenalan Tumbuhan dan Tanaman 

Planter and Forester

















Subscribe to receive free email updates:

8 Responses to "Koleksi Kriptantus yang Berdaun Indah dan Menawan, Cryptanthus, The Earth Star"

  1. ya, warna warni cantik... suka yang merah/pink..

    # Thank you for sharing...
    - I am following you

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap Pak Tanza, saya juga suka warna warna cerah di Kriptantus merah. Thank you for your visit and following. Keep healthy, keep safe and have a nice day. I am following you too.

      Delete
  2. Saya baru tahu tanaman ini namanya Kriptantus. Di daerah saya juga sering ditemui. Tapi milik tetangga. Tidak secantik di foto Pak Eko ini. Warna dan jenisnya juga tidak banyak. Saya tidak penggila tanaman hias, tapi sejak punya gubuk sendiri pekarangan saya tak pernah kesepeian tanpa bunga. Alias alakadarnya saja. Selamat malam_ Pak Eko.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Bu Nur, tanaman yang polanya indah dan mirip nanas. Tanaman yang perlu sinar cukup supaya warnanya muncul dan kontras. Saya juga sekedar hobby Bu, dan memang kadang banyak teman teman yang tanya mengenai pemeliharaan tanaman hias, baik hias daun maupun hias bunga. Salam sehat dan selamat beraktifitas Bu.

      Delete
  3. Tanaman kriptanthus bagus bagus ya, yang warna pink itu yang paling aku suka, tapi ada juga yang hijau dan putih ya.

    Cara merawatnya juga cukup mudah ya, tidak terlalu sering disiram, cukup 2x seminggu, kalo kebanyakan air malah bisa mati.

    Cara mengembang biakkan juga cukup mudah ya, tinggal ambil tunasnya saja.😃

    ReplyDelete
  4. Bentuk tanaman kriptantus ini khas ya, pak. Daunnya menjulur, ga terlalu panjang. Warna2nya pun beraga dan termasuk soft ga ngejreng2 :) Bagus nih kalau mau koleksi dan memelihara tanaman ini. Kita ga diperbudak tanaman yang kudu nyiramin setiap hari wkwkwkwkwkwk :D Bisa traveling juga kan. TFS Pak Eko.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kriptantus termasuk family bromeliaceae Bu, tanaman yang memiliki adaptasi yang baik dan minim perawatan. Kalau berniat memelihara tanaman, emang mesti sharing waktu Bu Nurul, supaya keindahanannya muncul. Nah, menyirami tanaman kebetulan termasuk hobby saya Bu he..he..he.... Kalau bepergian atau traveling lebih aman dibandingkan binatang peliharaan yang perlu ekstra waktu. Kebetulan juga memelihara kucing, sekitar 15 ekor, jadi kalau pas bepergian minta asisten rumah tangga untuk datang memberi makan dan membersihkan area kandangnya wkwkwkwk. Terima kasih kunjungannya Bu, salam sehat dan selamat beraktifitas. Eh sebelum lupa, Selamat ulang tahun ya Bu Nurul.

      Delete

Terima kasih atas kunjungan teman teman, semoga artikel bermanfaat dan silahkan tinggalkan pesan, kesan ataupun komentar.

Popular Posts