Nikmatnya Sarapan Kuliner Legendaris di Kota Bandung, Warung Kopi Purnama

 Seri Kuliner

Warung Kopi Purnama
Nikmatnya Sarapan Kuliner Legendaris 
di Kota Bandung,

Warung Kopi Purnama, Kota Bandung, Jawa Barat, Senin (21/6/2021) pagi. Di tengah pengetatan pembatasan aktivitas masyarakat untuk mencegah penularan Covid-19, warung yang berdiri sejak 1930 itu tetap beroperasi dengan layanan dibawa pulang secara langsung atau ”take away” maupun dinikmati di tempat dengan protokol Covid 19.

Sarapan Turut Menjaga Peradaban Bandung

Awalnya saat mengantar Sang Permasuri saat rapat di Bandung dan berkesempatan menikmati kuliner kota Bandung khususnya di area jalan Braga. 

Dengan diantar mobil tank yang nyaman dan merupakan kesayangan kami, Nissan X Trail, pagi pagi kami bergegas mampir dulu ke Toko Kopi Legendaris Aroma yang juga akan saya ceritakan di bagian lain. 

Kopi Aroma di Jalan Banceu Bandung memang cukup terkenal
Bergegas dengan memasang GPS - maklum saya tidak begitu hapal jalanan Kota Bandung , dari hotel tempat kami menginap yaitu di Di de JAVA Hotel Bandung "Paris Van Java", hotel bintang empat terkemuka yang terletak di jalan utama kawasan Sukajadi, menuju ke Kopi yang cukup terkenal di Bandung, Toko Kopi  keluarga dengan layanan pesan di konter, menjual biji kopi tradisional dari perkebunan kopi Indonesia. KOPI AROMA yang beralamat: Jl. Banceuy No.51, Braga, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat 40111 dan jam buka mulai jam 09.00 hingga 14.30 WIB.

Para Pembeli Kopi baik pribadi maupun pengemudi ojek daring menunggu pesanan pelanggan di Kopi Aroma, Kota Bandung, Jawa Barat, Senin (21/6/2021) pagi. Di tengah pengetatan pembatasan aktivitas masyarakat untuk mencegah penularan Covid-19, warung yang berdiri sejak sekitar  1930 itu tetap beroperasi dengan layanan dibawa pulang secara langsung atau ”take away”.

Ya ampun, pagi pagi, ternyata Kopi Aroma sudah padat dengan antrian. Akhirnya saya dan istri yang akan melakukan meeting online pun bagi tugas.  Putra kami Athallah bertugas antri di Kopi Aroma, sedangkan saya dan permaisuri bertugas  sarapan di Warung Kopi Purnama.


Jarak Kopi Aroma dan Warung Kopi Purnama kalau jalan kaki sekitar 800 m tetapi kalau menggunakan kendaraan roda 4, menjadi 2.8 km, karena harus memutar. 


Bertepatan dengan  artikel di Kompas yang membahas topik yang sangat menarik, Sarapan Turut Menjaga Peradapan Bandung.

Dalam topiknya, salah satunya menyebutkan aktivitas warga Bandung kembali dibatasi untuk mencegah penularan virus korona baru. Namun, kebijakan itu tak membuat pemburu sarapan di ”Kota Kembang” kehilangan kenikmatan secangkir kopi dan sepotong roti di pagi hari.

Nah khan, cocok dech, sambil bekerja dan kuliner serta tetap menomorsatukan protokol kesehatan.

Setelah memasuki area Warung Kopi Purnama, kami pun memilih area di belakang yang agak luas dan berasa seperti ruang keluarga.

Warung Kopi Purnama, didirikan sejak tahun 1930 (Senin, 21/06/2021)

Di suasana yang masih pagi ini, Warung Kopi Purnama sudah hidup sejak tadi. Satu per satu pelanggan dan ojek daring datang dan pergi mengantarkan rindu pelanggan pada tempat ngopi yang didirikan Yong A Thong tahun 1930 itu.

Berikutnya sesuai informasi dari papan nama, Warung Kopi Purnama terletak di jalan Alkateri No. 22 dekat alun alun Kota Bandung,yang dikenal sebagai tempat bercengkerama bergaya tempo dulu yang termasuk salah satu icon heritage Kota Bandung dan merupakan warung kopi tertua di Kota Bandung.

Didirikan pada tahun 1930 dengan nama Tjhiang Shong Shi yang artinya Silakan Mencicipi dan berubah nama menjadi Warung Kopi Purnama pada tahun 1960-an seiring dengan kebijakan pemerintah yang mengharuskan memakai nama Indonesia.  

Pendiri Warung Kopi Purnama generasi ke 1 bernama Jong A Tong yang berasal dari Kota Medan dan merantau ke Kota Bandung pada awal abad 20. Saat ini Warung Kopi Purnama dikelola olhe penerus dari Generasi ke 4.

Beberapa stasiun televisi seperti CNN Indonesia, Channel News Asia Singapore, Metro TV, Trans TV, Trans 7, Net TV, TVRI, TV One dll serta media cetak seperti Kompas, Pikiran rakyat, Sindo, Lion Air Magazine, Citilin Magazine, jakarta Post dll dan media online seperti Detik.com, Yahoo! News Singapore dll telah memuat artikel mengenai Warung Kopi Purnama.

Banyak juga para artis, musisi terkenal dan tokoh politik Indoensia yang sering berkunjung ke Warung Kopi Purnama.  

Di Warung Kopi Purnama juga pernah digunakan sebagai lokasi syuting film Love is Cinta (ini artinya podo wae) pada tahun 2007.

Warung Kopi Purnama pun masuk dalambuku 200 ikon Bandung  "Leu bandung Lur!" pada saat Kota Bandung berulang tahun ke 200.  Dan pada tahun 2016 Warung Kopi Purnama memenangkan penghargaan Bandung Creative Awards Creative & Innovative Culinary 2016 yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pemerintah Kota Bandung bersama ICA (Indonesian  Chef Association) dan masih banyak penghargaan lainnya.

Mengapa Warung Kopi Purnama bisa bertahan sampai saat ini?

Warung Kopi Purnama dapat bertahan sampai saat ini karena kami tetap menjaga dan mempertahankan  resep asli dengan cita rasa, kualitas dan suasana hiruk pikuk serta kekeluargaan dengan  bangunan dan meja kursi yang asli dari jaman dahulu yang memberikan kesan dan kenangan tersendiri.

Kemudian di bagian bawah terdapat pesan, 
"Silahkan mencicipi hidangan kami!"

Kedai Kopi Purnama berdiri di tahun yang tepat. Bandung tengah dalam masa keemasan. Kesuksesan banyak warga Eropa membuat kota lebih hidup penuh warna. Setelah jatuh bangun membuka lahan hingga menata bisnis di tanah jajahan, mereka mulai menikmati hasilnya.

Kisah manis ditulis pengusaha perkebunan (preangerplanters) teh di dataran tinggi di sekitar Bandung. Kondisi geografis Priangan yang subur turut mendukung pertumbuhan teh terbaik.

Sepintas, jejak legenda tidak terlalu kentara di sana. Letak tempat yang dulu bernama Chang Chong Se (silakan mencoba) ini terselip di antara deretan toko tirai dan karpet. Namun, rayuan kopi susu dan roti srikayanya selalu berhasil memikat pelanggan menyantapnya sebelum memulai hari.

Saat anda berkunjung ke Warung Kopi Purnama, khususnya yang menggunakan kendaraan roda 4, karena jalan Alkatiri satu arah dan cukup sempit, sebaiknya pintar pintarlah anda mencari tempat parkir. 

Saya akan menyajikan terlebih suasana saat saya memasuki Warung Kopi Purnama yang informasinya bangunan, meja dan kursi tidak berubah.

Bangunan Warung Kopi Purnama 

Bangunan Warung Kopi Purnama tampak dari luar

Bangunan Warung Kopi Purnama tampak dari luar

Plang nama Warung Kopi Purnama, di atas Pintu Masuk

Plang Nama Warung Kopi Purnama, dengan no. 22 di jalan Alkatiri - Senin, 21/06/2021

Pintu Masuk Warung Kopi Purnama 

Di bagian depan, tampak pintu masuk yang dibatasi rantai dan mensyaratkan pengunjung sebelum masuk ditest dulu suhunya dan diminta mencuci tangan.

Kalau  anda membawa Hand sanitizer, akan lebih baik.

Pintu masuk di Warung Kopi Purnama, Bandung 21/06/2021

Beranda di Warung Kopi Purnama

Pelanggam berdatangan tiada henti dan dengan santai menikmati hidangan sambil mengobrol dengan teman dan kolega.

Saya pastikan suasana jaman dulu juga seperti saat saya datang ini.  Mungkin dengan topik obrolan, model baju, dan perlengkapan yang berbeda.

Tampak seorang pengunjung sedang berpikir keras untuk memecahkan persoalan, Warung kopi Purnama, 21/06/2021  

Pengunjung yang terus berdatangan, Warung Kopi Purnama 21/06/2021

Pengunjung yang silih berganti dan memesan aneka menu makanan kuliner di Warung Kopi Purnama, 21/06/2021

Suasana di Warung Kopi Purnama, 21/06/2021

Ornamen dan Informasi

Foto Foto kenangan bersama Generasi ke 3 dan Situasu Kota Bandung tempo dulu, Warung Kopi Purnama 21/06/2021

Pajangan Lukisan Espresso yang terlihat kuno, Warung Kopi Purnama 21/06/2021

Sejarah Plang Nama Warung Kopi Purnama

Papan nama Rumah Kopi Tjhiang Shong
Ada Ejaan China dengan tulisan latin : Shi Cha  Shi  Chang Qing
Dibaca terbalik dari kanan ke kiri sehingga berbunyi Qing Chang Shi Cha Shi
Dengan penjelasan arti
Qing yang artinya silakan, Chang yang artinya mencicipi, Shi yang artinya coba, Cha yang artinya teh, dan Shi yang artinya ruangan. 

Papan nama Toko Warung kopi Purnama ini ditemukan terkubur di dalam tanah pada kedalaman 5 meter saat warung Kopi Purnama melakukan renovsi tahun 2016.
Dibuat pada tahun 1930 an dan digunakan saat genrasi ke 1, Jong A Tong mendirikan Warung Kopi Purnama.
Pada saat ditemukan, ada bagian sebelah kanan dari papan berbahan kayu jati tersebut telah hilang sehingga hanya bagian dari papan di atas yang tersisa.
Arti dari papan nama toko ini dapat diartikan sebagai "Silakan mencicipi Kedai Teh (Kopi) ini". 

Memang luar bisa kalau menyaksikan proses bertahannya Warung Kopi Purnama dilihat dari sejarah yang bercerita dari meja, kursi dan ornamen yang ada.


Berikutnya adalah ornamen mesin penggiling kopi manual alias manual grinder yang antik. 

Ornamen manual grinder di Warung Kopi Purnama, Bandung, 21/06/2021

Susunan rak dengan Panci serta peralatan masak yang tersusun rapi juga menjadi obyek foto yang menarik.
Peralatan Rak Panci, tapi apakah ini ornamen atau tempat menyimpan panci sebenarnya kurang jelas, Warung Kopi Purnama, 21/06/2021 

Salah satu meja bundar yang menjadi perhatian saya ada di area pojok ruangan belakang


Saya memilih juga duduk di meja yang dibelakangnya terdapat foto foto keluarga dari Warung Kopi Purnama.
Spot Favorit saya di Warung Kopi Purnama.

Berikutnya foto foto bandung tempo doloe, dan sebenarnya masih banyak ornamen yang dipajang, termasuk ada sepeda, foto jaman dulu bandung dll yang tidak sempat saya abadikan.

Koleksi Foto Bandung tempoe doloe 

Menu di Warung Kopi Purnama
Berikut Menu di Warung Kopi Purnama yang dibagi menjadi 2, yaitu Minuman dan Makanan.
Menu Minuman di Warung Kopi Purnama
Ada 3 macam menu minuman, yaitu 
  1. Minuman Panas - Memesan Kopi Susu Panas dan susu Murni Panas
  2. Minuman Dingin - Memesan Es Kopi Hitam 
  3. Minuman Kemasan

Sebenarnya ada banyak menu minuman mulai dari  aneka Kopi, Aneka teh, Aneka jahe, Aneka Susu, Aneka Cokelat dan   Aneka Jeruk dan menu Es Campur.

Minuman kemasan ada Kopi hitam, Kopi susu, Coklat susu dan Mocha susu dan untuk minum di saat perjalanan saya membeli Kopi hitam dan kopi susu.

Menu Makanan di Warung Kopi Purnama

Menu Kuliner makanan juga sangat bermacam macam, mulai dari Roti manis yang dikukus atau dibakar. Ada juga,
  1. Aneka Roti Selai, 
  2. Aneka roti mentega, Aneka Roti Pindakaas, 
  3. Roti Keju, Roti Cokelat, 
  4. serta ada juga Roti Asin baik yang dikukus atau dibakar.
  5. Roti Asin ada roti Gulung telur dan adanya cuma kukus saja.
  6. Roti Dadar Telur 
  7. Roti Telur Mata Sapi
  8. Roti Original tanpa telur
Untuk makanan utama juga ada bermacam macam, seperti tahu telur, Lontong Cap Go meh, Bubur Ayam, nasi lengko, nasi Rawon, Nasi Sop Buntut, Nasi ayam hainan, Nasi Gulai Sapi, dan  Aneka Nasi Goreng.

Ini yang sebenarnya saya ingin coba Nasi Goreng, karena ada 
  1. Nasi Goreng Purnama
  2. Nasi Goreng Hong Kong
  3. Nasi Goreng kampung
  4. Nasi Goreng Sosis
Ada juga aneka Mie Goreng yang sepertinya juga enak dan untuk berikutnya saya akan mencoba ini.
Mie Tek tek, Kwetiau tek tek, Bihun Tek tek, Mie Goreng Putih, Kwetiau Goreng putih, Bihun Goreng Putih.

Ada juga Yamien, Yahun baik manis atau Asin, seperti Yamien/Yahun Baso dan pangsit, Yamien/yahun baso atau pangsit, yamien Yahun Polos.

Berikutnya ada juga Baso dan pangsit Kuah dan  Gado Gado lontong ataupun nasi.

Nah, ternyata ada juga Aneka Soto, ada soto Betawi, Soto bandung dan Soto Ayam.

Ada  juga Nasi Timbel Komplit, yaitu Nasi Timbel  Komplit Ayam dan Nasi Tibel Komplit Gepuk.  

Kuliner di Warung Kopi Purnama
Nah, setelah bercerita panjang lebar, saatnya mencoba Kopi Susu, Es Kopi Hitam dan Yougurt.

Sambil sarapan dan minum kopi, Zoom Meeting tetap jalan. Warung Kopi Purnama 21/06/2021

Selain itu, menu Roti Coklat dan Pisang Bakar memang luar biasa enaknya.


Roti  Pindakaas Cokelat

Roti Coklat


Silahkan Mencicipi hidangan Di Warung Kopi Purnama 

Pisang Goreng Palm Suiker

Menu Pisang Bakar di Warung Kopi Purnama yang enak



Warung Kopi Purnama
Alamat        : Jl. Alkateri No. 22 Bandung, Indonesia
Telepon/WA : 08112131930
Instagram   : @warungkopipurnama
Jam buka    : Senin - Minggu & Hari Besar
                    Pukul 06.30 - 22.00 (Tutup saat Lebaran & Tahun Baru)
 



Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "Nikmatnya Sarapan Kuliner Legendaris di Kota Bandung, Warung Kopi Purnama"

  1. bandung memang gudangnay kulineran enak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali Bu, sampai bingung kalau sudah ke bandung, mau milih kuliner apa. Semua berasa enak dan menampilkan ciri khas masing masing. Terima kasih atas kunjungannya Bu.

      Delete

Terima kasih atas kunjungan teman teman, semoga artikel bermanfaat dan silahkan tinggalkan pesan, kesan ataupun komentar.

Popular Posts