Mengabadikan Para Pedagang di Rawa Lumbu Kota Bekasi

Seri Lingkungan 

Mengabadikan para Pedagang 

di Rawa Lumbu Kota Bekasi

Pernah suatu saat, saya ingin sekali mengabadikan para pedagang terutama para pedagang yang menggunakan gerobak dan sepeda motor dan yang tidak bersifat tetap.

Keinginan itu begitu menggebu, karena keberadaan mereka yang tidak selalu ada.  Terkadang ada dan terkadang menghilang.

Perlu menunggu beberapa saat untuk menemukan mereka kembali. Entah karena mereka juga berkeliling, atau bahkan sudah bangkrut dan  tidak berdagang lagi atau bahkan sudah membuka usaha mereka dengan permanen dengan tempat yang lebih besar. Amin.

Saya akan secara bertahap menampilkan para pedagang ini,karena bisa saja dengan waktu yang berbeda atau tenpat yang berbeda dokumentasi bisa bertambah.

Sepertinya terlihat kurang menarik mengabadikan keberadaan mereka, tetapi saya sangat senang mengabadikan hal hal seperti ini, apalagi kalau bisa menangkap ekspresi wajah wajah para pedagang ini.

Berikut beberapa pedagang yang terdokumentasi terlebih dahulu, dan masih banyak pedagang pedagang lain yang belum terpotret dan dimuat di Cerita Seri Lingkungan ini.

Pedagang Ikan Hias, Ikan Cupang

Dengan menggunakan gerobak dengan rak rak yang dapat digantungi Plastik Plastik air yang berisi ikan Hias



Pedagang Jilbab

Jilbab disusun di kepala kepala manequin seperti di etalase Toko.  Bedanya ini di tepi jalan yang sangat ramai pengunjung, khususnya di hari Sabtu dan Minggu.

Pedagang Bakso Goreng

Salah satu makanan kesukaan anak anak.  Bakso Goreng berupa tepung tapioka berasa daging yang dibuat buat bulat mirip  Bakso dan penyajiannya digoreng dan diberi Bumbu Saos dan Sambal. 

Pedagang mainan Anak Anak
Inilah pedagang yang selalu ramai dikunjungi anak anak baik laki laki maupun perempuan. 

Pedagang Pisang

Pedagang Pisang ada di Jembatan 7 ini berada di Pojok Jembatan.  Aneka Pisang dijual dan buahnya segar segar.

Meskipun bukan dari kebun sendiri, Pedagang pisang ini mempunyai link sendiri untuk memperoleh pisang pisang yang selalu segar dan bagus.   



Pedagang Cimol
Pedagang makanan yang miripsate tetapi bukan sate. daging tetapi bukan daging.  dari Tepung yang dililitkan ke lidi dan mirip sate. Digoreng sebelum di konsumsi.

Pedagang Batagor
Pedagang batagor juga sangat laku di Jalanan Rawa Lumbu. Peminatnya mulai dari anak anak hingga orang dewasa.
Bakso, Tahu digoreng dan diberi  Bumbu Kacang dan Saos.  Memang menarik dan enak.   


Pedagang jajan Pasar
Pedagang ini yang sepertinya menunggu Ibu Ibu atau bapak Bapak yang akan membeli.  jarang sekali anak anak membeli dan menyentuh penganan ini.

Pedagang Pukis
Pedagang Pukis dengan masker yang mirip penutup muka saat berkendara.  Lucu juga.Semoga laris ya abang Pedagang Pukis.

Pedagang Somay
Gerobak berlogo S, tapi bukan Superman lho ya, tetapi untuk Somay atau Sio May.  Jajanan yang juga suka diburu anak anak untuk camilan dengan bumbu kacang yang gurih dan bercampur kecap atau saos.


Pedagang Cilok
Nah ini yang ramai dikunjungi anak anak.Pedagang Cilok, alias ACI DICOLOK yaitu penganan berbahan dasar tepung aci atau tepung tapioca yang diberi bumbu penyedap supaya gurih dan sedap kemudian digoreng dan dicolok dengan tusuk sate atau tusakan dari lidi.

Pedagang Bubur Ayam
Pedagang bubur ayam memang cukup banyak di deretan sepanjang jalan Rawa Lumbu dan ini salah satunya

Pedagang Soto Ayam Suroboyo
Sepanjang jalan Rawa Lumbu banyak bertebaran pedagang Soto Ayam, dan ini salah satunya. Soto Ayam Suroboyo.


Pedagang Gorengan
Memang banyak pedagang gorengan di sepanjang jalan Rawa Lumbu mulai jembatan 0 - jembatan 9, 12 dst. tinggal dipilih yang disukai. 


Pedagang Kue Cubit
Ada beberapa pedagang kue Cubit di sepanjang jalan Rawa Lumbu.  Kue yang berukuran kecil, berbentuk bulat dan mirip bekas cubitan.
Ada di jembatan 6 dan biasanya memang mangkal di situ.


Pedagang Ketoprak
Ini salah satu makanan favorit saya, KETOPRAK, dan ini salah satu pedagang yang ada di jalan Rawa Lumbu tepatnya di Jembatan 6.


Pedagang Makaroni
Ini salah satu spot pedagang yang disukai oleh anak anak. Tampak mereka bergerombol di Pedagang Makaroni dan Cilok.


Pedagang Kue Bolang Baling, Kue Bantal
Pedagang ini ada di Jembatan 1 Rawa Lumbu dan hanya ada satu satunya. Posisinya ada di depan gerbang masuk Pasar Rawa Lumbu dari sisi Jembatan 1. 

Pedagang Nasi Kuning
Pedagang Nasi Kuning dengan gerobak ternyata ada juga di Rawa Lumbu, tepatnya di Jembatan 6 Rawa Lumbu.


Pedagang TECI
Pedagang Teci atau Telur Aci juga sangat digemari anak anak.  Lucu ya namanya, TECI, Telur Aci.  Makan yang digoreng dan berasa gurih ini memang enak dan cocok untuk selera anak anak.


Pedagang Ketupat Sayur
Pedagang Ketupat sayur yang posisinya di dekat lapangan bola, antara Jembatan 6 dan Jembatan 7 ini tidak hanya menyediakan Ketupat Sayur, tetapi juga dengan gulai tunjang.  Ketupat Sayur Uni Ema ini merupakan masakan padang, jadi jangan heran dengan adanya Gulai Tunjang yang melengkapi Ketupat sayur. 



Pedagang Pentol Kojek
Mirip dengan Cimol dan Bakso Goreng, cuma ini lebih berani judulnya Pentol Kojek.  tahukan anda bahwa Kojek adalah tokoh dalam film serial televisi yang kepalanya plontos dan cocok jika dijadikan judul pedagang Pentol Kojek
 

Pedagang Arumanis 
Ini satu satunya pedagang Arumanis atau Harum Manis di jembatan 6, atau sepanjang Rawa Lumbu yang saya tahu.

Harum manis dijejer dan disusun di rak sepeda motor dengan cantik dan rapi. 



Pedagang Kerupuk Coklat
Saya penggemar kerupuk atau krupuk. Salah satu kegemaran saya adalah Kerupuk Coklat.  Pedagangnya ada di Lintasan Jembatan 7 Rawa Lumbu.


Pedagang Kerupuk keliling
Selain Pedagang Kerupuk yang mangkal, ada juga pedagang Kerupuk yang berkeliling.  Seorang Ibu dan Anaknya, berkeliling menjajakan kerupuk dengan sepeda angin. 


Pedagang Jamu dan Pedagang Kerupuk
Di Rawa Lumbu juga ada Pedagang Jamu keliling yang sekaligus Pedagang Kerupuk.  Pedagang ini saya temui di Jembatan 8, Rawa Lumbu.

Pedagang Pecel Lele dan Sea Food
Ada di Pojok Jembatan 6 Rawa Lumbu dan sangat rindang karena di bawah rerimbunan bambu.


Pedagang jambu Biji
Ini pedagang buah buahan, yaitu Jambu Biji Psidium guajava di Jembatan 6 Rawa Lumbu



Pedagang Busana dan Kelengkapannya





































  

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Mengabadikan Para Pedagang di Rawa Lumbu Kota Bekasi"

  1. Aiiih, Pak Eko, di sini foto para pedagang banyak banget hihihi :) Mana mamang bakso Malang, batagor? AKus uka tampilan bakwan, bakso, mie, dll nampang di kaca display nya hahahha :D Memang seru ya melihat keraiaman jalan yang di penuhi penjual camilan enak2 murah meriah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap Bu, Bakso Malang dan Mie belum masuk ya. Nanti di episode berikutnya karena saking banyaknya pedagang gerobak yang mangkal di Rawa Lumbu, Bekasi. Saya seneng lihat dan memperhatikan aktifitas para pedagang ini. terima kasih Bu Nurul

      Delete

Popular Posts