Kopi Arabica Ciwidey by Kieta

Seri Kopi
Kopi Arabica Ciwidey

By Kieta

Kopi Arabica Ciwidey

Dimana Ciwidey?

Ciwidey adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Kecamatan ini terletak di sebelah selatan Kota Bandung berjarak 50 km. Kec Ciwidey sebelum dimekarkan dengan kacamatan Rancabali memiliki wilayah sangat luas sampai ke Desa Baledgede Kec. Naringgul Kab. Cianjur. 

Ciwidey memiliki banyak Objek Wisata, tetapi setelah di mekarkan Kec. Ciwidey hanya sebagai daerah penunjang dan penghubung. Saat ini Kec Ciwidey Berusaha ingin mengembalikan lagi sebagai daerah tujuan wisata alam, wisata religi, wisata edukasi, dan wisata UKM. dan ingin menjadikan ujung tombak Bagi Kab. Bandung Selatan dalam berbagai bidang, seperti Dimasa kolonial Ciwidey pernah dijadikan Daerah Kewadaanaan.

Nikmatnya Kopi J.CO saat Malam Minggu, Saturday Night

Kopi Ciwidey yang dinikmati

Diproses Natural dengan ukuran biji yang bervariasi tetapi tetap mempertahankan kualitas.

Kopi Ciwidey semakin menunjukkan kelasnya sebagai salah satu kopi unggulan baik untuk konsumen dalam negeri maupun luar negeri.  Para penikmat kopi pun kini menjadikan kopi Ciwidey sebagai salah satu koleksi yang harus ada di lemari kopi mereka di rumah.

Cita rasa menjadi salah satu kekuatan kopi Ciwidey terutama untuk jenis arabika. Kopi Ciwidey memiliki cita rasa yang khas: ada manis, floral, dan asam.

Kopi Arabica Ciwidey


Biji untuk kulitas roasted yang bagus jangan sampai ada biji yang pecah atau tercampur pixel alias biji biji yang pecah atau terbelah. Kalaupun ada, sebaiknya dibawah 1 persen.
Kopi Arabica Ciwidey

Biji yang pecah, saat diroasting akan mudah terproses menjadi arang khususnya di bagian bagian ujung serpihan. Bagian yang cepat matang ini akan berwarna lebih gelap dibandingkan bagian biji yang utuh dan akan menyebabkan warna belang saat sudah menjadi roasted bean ataupun ground Coffee setelah digrinding.

Kopi Arabica Ciwidey

Berbeda dengan biji yang utuh dan kompak, proses penyangraian akan berjalan sempurna. Proses karamelisasi dan pewarnaan akan melalui 3 crack atau tiga kali kejut saat melepaskan keteguhan fisiknya.

Kopi Arabica Ciwidey

Dimulai dari warna coklat muda belang berbintik bintik, coklat muda kuning rata, dan memasuki light, light to medium dan medium biasa mendekati crack 2. Faktor keseragaman kadar air alias kekeringan green bean juga sangat berpengaruh padsa saat roasting.

Kopi Arabica Ciwidey

Nah, di tahap roasted degree inilah cita rasa yang paling saya suka.

Kompisisi Seduh Kopi Arabica

Kopi yang diseduh ini berjumlah 12 gram dengan rasio kopi dan air 1:12. Ini rasio yang paling saya suka. Rasio umum yang lain dan biasa dipakai, untuk rasio bisa dicoba di angka 1:11, 1:10, 1:13, dan 1:15.  Kalau lebih dari 1 : 15 dikhawatirkan terlalu encer dan jadinya berasa light alias ringan.

Setiap jenis kopi tentu memiliki golden rasio yang berbeda-beda. Setiap penikmat kopi juga memiliki catatan rasio yang berbeda, tergantung selera dan cita rasa yang diinginkan.

Kopi Arabica Ciwidey

Karakter kopi akan menunjukkan cita rasa Kopi Arabica Ciwidey

Teknik seduh V60 dengan cara menuang air dari dalam kertas filter ke luar dengan suhu air di 85 - 90 derajat Celcius. Standar seduh dasar ini memberikan ruang untuk blooming alias pengeluaran karbondiaoksida dari kopi selama 30 detik dan jeda dua atau tiga kali seduh masing-masing 10 - 30 detik detik.

Setelah proses seduh berlangsung selama 3 menitan dan tunggu hingga 4 menit dan proses drip sudah turun, kopi Arabica Ciwidey pun siap diminum. 

Hasilnya yang dinikmati dengan note taste cita rasa manis, less bitter atau minus pahit karena arabica kalau bisa menghindari bitter, dan acidity alias asam kopi yang seimbang medium to high, body atau kekentalan kopi medium dan flavor alias cita rasa yang melekat medium dan harmony alias balance cita rasa kombinasi dalam kopi yang sedikit harsh mungkin karena diolah dengan Natural. 

After taste melekat dengan kuat dan cukup baik.

Kopi Arabica Ciwidey
#kopiarabicaCiwidey
#ArabicaCiwidey
#NikamatnyaKopi
#NaturalProcess
#coffeecupping 
#KietaCoffee
#KopiKieta

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kopi Arabica Ciwidey by Kieta"

Post a comment

Popular Posts