Pengalaman Berkunjung dan Sekaligus Rekomendasi 12 Tempat Wisata Alam di Bandung yang Sayang dilewatkan

Seri Traveling

Rekomendasi 12 Tempat Wisata Alam di Bandung, 
yang Sayang Dilewatkan

Bandung merupakan ibu kota Provinsi Jawa Barat yang cukup terkenal dalam menawarkan berbagai panorama wisata alam terbaik yang sayang dilewatkan. Jika Anda adalah orang yang tinggal atau sedang berkunjung ke kota Bandung, sebaiknya jangan lewatkan kesempatan untuk berkunjung ke destinasi wisata alam bandung yang paling indah dan hits yang direkomendasikan untuk Anda.

Sebenarnya tidak hanya wisata alam, Bandung juga menyediakan berbagai tempat wisata keren mulai dari wahana permainan, wisata air, wisata edukasi seperti museum yang bisa menjadi referensi pergi berlibur bersama keluarga, sahabat, pacar atau kekasih. Sedangkan untuk wisata alam, Anda bisa menemui mulai dari wisata air terjun, wisata pantai, wisata gunung, wisata danau, wisata tebing, wisata taman dan masih banyak lagi.

Jalan jalan ke Bandung enaknya kemana dulu nih? Karena ada begitu banyak tempat bagus yang bisa Anda kunjungi di Bandung, sebaiknya Anda cari tahu terlebih dahulu paket wisata Bandung yang paling menarik dan paling hits saat ini. Anda bisa mulai berwisata di Kota Bandung hari ini dengan rekomendasi tempat wisata alam terbaik di Bandung yang akan dijabarkan pada informasi dibawah ini. Yuk simak.

1. Maribaya Lodge, The Lodge Woodland
2. Taman Bunga Fairy Garden
3. Farm House Lembang
4. Gunung Tangkuban Perahu
5. Kawah Putih Ciwidey
6. Situ Patenggang
7. Air Panas dan Air Terjun Maribaya
8. Observatorium Boscha
9. Kebun Binatang Bandung
10. Floating Market, Pasar Apung, Lembang
11. Rumah Strawberry
12. Bukit Moko, Bukit Bintang

Berikut keterangan dari masing masing tujuan wisata pilihan di Bandung

1. Maribaya Lodge, The Lodge Woodland

Maribaya Lodge adalah wahana wisata yang menggabungkan jogging trek menikmati alam dan bermain dan berpetualang.

Beberapa permainan ekstrem disuguhkan dengan standart safety yang baik. 

Menikmati Pemandangan dari Sky Tree di Maribaya Lodge dengan tiket Rp. 20.000,- 

The Lodge Maribaya adalah salah satu tempat wisata di Lembang yang menawarkan berbagai hal pada pengunjung. Disini kita bisa melakukan berbagai akitivitas seperti camping, trekking mengelilingi area hutan pinus yang indah, acara gathering dan team building, atau bahkan hanya sekedar refreshing menikmati kuliner.

Nggowes di ketinggian dengan Zip Bike di Maribaya Lodge, tiket Rp. 25.000,- per orang

Terdapat juga berbagai wahana yang pastinya instagrammable banget. Di kelilingi oleh pegunungan dengan hutan pinus yang khas, udara dan suasana disini memang segar banget.
Mengayun di ketinggian dan menikmati pemandangan alam Maribaya yang menakjubkan dengan Mountain Swing,  di Maribaya Lodge Tiket Rp. 20.000,-

Ingin mengadakan private gathering, atau bahkan acara pernikahan disini? bisa banget. Dengan backdrop pegunungan hijau yang indah, tentunya bakal membuat acara anda lebih berkesan.

Terbang sejenak sambil Menikmati Pemandangan alam dari ketinggian dengan Gantole di Maribaya Lodge dengan tiket Rp. 25.000,-

Jika dilihat dari berbagai review di internet, tempat ini lebih cocok disebut wisata foto karena memang memanjakan pengunjung yang ingin berfoto dengan sudut dan background yang indah.

Jam operational The Lodge Woodland 
  • Open Gate Everyday: 09.00 – 17.00
  • National Holiday : 08.00 – 17.00
  • Rides Break Time on Friday : 11.45 – 12.30
Harga Tiket Masuk The Lodge Maribaya
Hari Senin – Jum’at : Rp 20.000/orang
Hari Sabtu – Minggu : Rp 25.000/orang
Hari Libur Nasional : Rp 35.000/orang

Anak anak dengan senang menikmati bersepeda di ketinggian dengan Zip Bike di Maribaya Lodge, Tiket Rp. 25.000 per orang. 

2. Taman Bunga Fairy Garden


Fairy Garden, tempat taman bunga yang memanjakan anak anak dengan dunianya.  
Berfoto di depan wahana Fairy Garden yang dipenuhi dengan bangunan lucu dan taman bunga

Fairy Garden Bandung sendiri adalah merupakan wahana rekreasi terbaru di tahun 2019 yang dibuat oleh pemilik Wahana The Lodge Maribaya,  Jika Wahana The Lodge Maribaya Lembang lebih ditujukan sebagai tempat bermain bagi kalangan dewasa atau para orang tua, maka konsep wisata Fairy Garden By The Lodge ini dibangun dengan lebih dominan menawarkan tempat bermain di bandung untuk anak – anak.
Di  Fairy Garden anda akan dimanjakan dengan berbagai jenis bunga yang sangat indah 
Di Fairy Garden Lembang Bandung, putra – putri anda akan fasilitasi dan dilatih serta diarahkan untuk berinteraksi dengan teman – teman seusianya, sambil bermain mereka nanti akan diarahkan menemukan minat mereka yang dipancing dengan memanfaatkan wahana atau fasilitas di fairy garden.

Berfoto di lorong tanaman di wahana Fairy Garden yang berasa dingin dan teduh 

Berbagai aktivitas menarik dan edukatif telah disiapkan Pemilik Fairy Garden Bandung untuk bisa mengakomodasi semua  Kebutuhan anak-anak yang beragam.

Fairy Garden By The Lodge
  • Wahana : Art Factory, Florania, Lola’s Library, Wood Land, Gopher Maze
  • Fasilitas : Resto Fairy Garden,
  • Harga Tiket Masuk : Rp 65.000
  • HTM Wahana : Rp 20.00 – Rp 50.000
  • Jam Buka : 08.00 – 17.00 WIB
Alamat : Jl. Raya Maribaya, Cibodas, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391

Tidak tanggung – tanggung, saat tulisan ini dibuat Fairy Garden telah memiliki 4 tema utama wisatanya yang berbeda satu dengan yang lainnya. 
Aktivitas anak, anak di wahana,  wahana fairy garden lembang bandung secara langsung akan melibatkan sang anak untuk berinteraksi,  diantaranya seperti kegiatan seni dan kriya, belajar dan menghias tanaman, membaca buku hingga mendengarkan dongeng, ataupun bagi anda yang pernah putra putrinya mengunjungi Jendela Alam atau Happy Farm dan Kebun Binatang Bandung, maka di Fairy Garden Bandung ini, putra – putri anda juga akan berkesempatan belajar memberi makan pada berbagai jenis hewan jinak dan lucu – lucu.


3. Farm House Lembang

Satru lagi pilihan destinasi wisata di Bandung. Jika anda saat ini sedang merencanakan liburan ke Bandung, kini di kawasan wisata Lembang kini telah hadir salah satu tempat wisata baru. Farm House Susu Lembang.
Farm House, tujuan wisata yang menarik di Bandung

Tempat wisata baru ini sangat fenomenal, unik seperti Dago Dream Park dan pastinya berbeda dengan konsep wisata lainnya yang sudah ada di Bandung, menawarkan sebuah kawasan wisata terpadu berkonsep perkebunan dan peternakan ala Eropa yang populer dengan sebutan Farm House.

Tempat wisata Farm House  sangat fenomenal, unik dengan konsep wisata dan edukasi 

Tempat wisata baru Farm House Lembang ini beralamat atau berlokasi di Jalan Raya Lembang No.108, Gudang kahuripan, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, sebuah lokasi yang sangat strategis, berada di pusat kawasan wisata Lembang dan mudah dijangkau oleh wisatawan.

Sejarah Farm House Susu Lembang berdiri dan resmi dibuka sebagai objek wisata baru di bandung pada bulan Juli 2015 yang lalu.
Tempat wisata Farm House  dengan konsep wisata dan edukasi 

Farmhouse adalah sebuah kawasan wisata yang pengelolaannya berada dalam satu group usaha D’ Ranch, Floating Market Lembang dan Rumah Sosis. Oleh karenanya sistem penjualan tiketnya pun sama dengan ketiga tempat wisata di lembang diatas, dimana tiket masuk dapat ditukar dengan 1 (satu) cup Susu Sapi atau 1 (satu) sosis bakar yang lezat.
Tempat wisata Farm House di;engkapi dengan atraksi burung Macau dan Nuri yang pintar dan jinak dengan konsep wisata dan edukasi 

Meskipun tergolong tempat baru, namun daya tarik wisatanya mampu menjadikan tempat wisata di Lembang, kabupaten bandung barat ini menjadi primadona baru Pariwisata Bandung.
Tempat wisata Farm House  suasana alam sangat terasa dan menyenangkan.  

Farmhouse Lembang Bandung 
Harga Tiket Masuk Rp 25.000 Per Orang ( Dewasa – Anak )
Jam Buka Tutup 08.00 – 20.00 WIB
Alamat Jalan Raya Lembang No.108, Gudangkahuripan, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391 



Tempat wisata Farm House  tersedia kuliner khas Jawa Barat 


Tempat wisata Farm House  dengan resto dan kuliner yang nikmat.  

Tempat wisata Farm House, belajar dan berwisata   dengan konsep wisata dan edukasi 

4. Gunung Tangkuban Perahu

Gunung Tangkuban Perahu, Destinasi Favorit di Bandung

Anda mungkin sudah familiar dengan legenda Tangkuban Perahu atau legenda Sangkulirang, lantas pernahkah Anda penasaran bagaimana sebenarnya gunung tangkuban perahu tersebut? 

Kawah Gunung Tangkuban Perahu, Destinasi Favorit di Bandung

Nah, Gunung Tangkuban Perahu sendiri merupakan salah satu daerah wisata alam di Bandung yang paling ramai dikunjungi hingga saat ini.

Pengunjung Gunung Tangkuban Perahu, Destinasi Favorit di Bandung
Mengapa ada banyak orang beramai ramai datang ke tempat ini? Ternyata ini berkat keindahan alam yang disajikannya. Uniknya sesuai dengan cerita legenda Tangkuban Perahu, apabila dilihat dari kejauhan bentuk dari Gunung Tangkuban Perahu adalah benar benar menyerupai seperti bentuk perahu yang terbalik. Selain keindahan dan keunikannya ini, akomodasi untuk mencapai Tangkuban Perahu juga mudah diakses.

Bentang Alam Gunung Tangkuban Perahu, Destinasi Favorit di Bandung

Anak anak, Athallah Ahza Falah, di Gunung Tangkuban Perahu, Destinasi Favorit di Bandung



Keramaian Gunung Tangkuban Perahu, Destinasi Favorit di Bandung

Koleksi Batu Batuan di Gunung Tangkuban Perahu, Destinasi Favorit di Bandung

5. Kawah Putih Ciwidey

Kawah Putih Ciwidey merupakan salah satu wisata alam yang tepatnya berada di daerah Ciwidey sebuah wilayah di Bandung sebelah selatan. Untuk mengunjungi tempat ini Anda perlu menempuh jarak sampai dengan 50 Km dari pusat kota Bandung. 

Kawah Putih Ciwidey merupakan salah satu wisata alam yang tepatnya berada di daerah Ciwidey sebuah wilayah di Bandung sebelah selatan

Namun, untuk mencapai tempat ini sangatlah mudah karena jalan yang ditempuh memadai untuk para pengendara kendaraan secara langsung dan sudah tersedia juga kendaraan umum.

Kawah Putih Ciwidey dengan warna air yang biru dan berubah sesuai kondisi cuaca serta hembusan kabut yang  bisa menutup pemandangan .

Setibanya di wisata Kawah Putih Ciwidey Anda tidak akan dikecewakan. Disana Anda bisa menikmati pengalaman yang tiada duanya, mulai dari udara yang hambar lengkap pemandangan indah dari kawah bertanah putih.

Kawah Putih Ciwidey, maat bersepda ke Kawah Putih, mengarungi tanjakan yang luar biasa dan pemandangan yang indah 

Tidak hanya itu saja, Anda juga akan menjumpai warna air yang berubah ubah di kawah putih berdasarkan cuaca dan suhunya. Lalu juga ada suasana unik yang mendukung keindahannya dimana terciptanya ketebalan kabut yang berubah ubah disetiap beberapa menit nya. Menarik sekali bukan?

Kawah Putih Ciwidey pemandangan yang sangat indah dan menakjubkan. 

Kebun Teh yang ada di dekat Kawah Putih Ciwidey merupakan salah satu trek wisata bersepeda yang menjadi idola para goweser.

6. Situ Patenggang

Kalau wisata alam Situ Patenggang ini merupakan salah satu kawasan di Bandung yang cukup terkenal terutama untuk para wisatawan yang menyukai danau. Mengapa diberi nama dengan “Situ Patenggang”? 

Situ Patenggang ini merupakan salah satu kawasan di Bandung yang cukup terkenal terutama untuk para wisatawan yang menyukai danau

Situ Patenggang sendiri berasal dari bahasa sunda yang memiliki arti “saling mencari”. Apa maksudnya?

Situ Patenggang ini merupakan salah satu kawasan di Bandung yang cukup terkenal dan favorit untuk par goweser yang menyukai bersepeda dengan trek off road.
Konon katanya arti dan maknanya sendiri adalah berasal dari sebuah kisah dimana dulunya ada sepasang kekasih yang terpisahkan. Hingga akhirnya mereka saling mencari dan dipertemukan kembali ditempat tersebut. 

Situ Patenggang merupakan Taman Wisata Alam yang juga disebut Telaga Patengan. 
Selain itu terdapat juga sebuah pulau dengan bentuk hati di Situ Patenggang. Nah pulau tersebut disebut dengan Pulau Asmara atau kerap disebut juga dengan nama sebutan Pulau Sasaka.

Situ Patenggang kawasan wisata dengan pemandangan alam yang indah. 
Untuk lokasi wisata alam Situ Patenggang adalah di bagian selatan kota Bandung dan tempatnya berdekatan dengan tempat wisata lainnya loh. Sebut saja salah satunya adalah tempat wisata Kawah Putih Ciwidey yang sebelumnya sudah kita bahas. Jadi, karena lokasinya tidak jauh Anda bisa mengunjungi dua tempat wisata alam menarik ini sekaligus dalam satu hari.

7. Air Panas dan Air Terjun Maribaya

Tempat wisata selanjutnya yang tidak lupa dibahas adalah wisata Maribaya yang berlokasi di daerah Lembang. 

Wisata Maribaya yang berlokasi di daerah Lembang yang  populer dengan sumber mata air panas

Wisata alam yang satu ini populer dengan sumber mata air panas welirang yang menjadi salah satu daya tariknya.

Wisata Maribaya yang berlokasi di daerah Lembang. Wisata alam yang satu ini populer dengan sumber mata air panas
Bagaimana tidak, seperti halnya di Tirta Sanita Ciseeng dimana sumber mata air panas sulfur di daerah ini dipercaya memiliki kemampuan untuk menyembuhkan berbagai macam jenis penyakit dan berkhasiat membuat kulit menjadi mulus. Menarik sekali bukan?

Wisata Maribaya yang berlokasi di daerah Lembang. Wisata alam yang satu ini populer dengan sumber mata air panas

Tidak hanya populer dengan mata air panasnya saja, Maribaya juga sangat disukai oleh para wisatawan karena wisata alam berupa riam dan taman juga diperlihatkan di Maribaya. Di Maribaya, Anda bisa melakukan kegiatan favorit seperti berendam air panas secara alami dan trekking.

8. Observatorium Boscha

Observatorium Bosscha, dahulu bernama Bosscha Sterrenwacht dibangun oleh Nederlandsch-Indische Sterrenkundige Vereeniging (NISV) atau Perhimpunan Bintang Hindia Belanda. 
Observatorium Bosscha, salah satiu tujuan wisata edukasi di Bandung

Pada rapat pertama NISV, diputuskan akan dibangun sebuah observatorium di Indonesia demi memajukan Ilmu Astronomi di Hindia Belanda. Dan di dalam rapat itulah, Karel Albert Rudolf Bosscha, seorang tuan tanah di perkebunan teh Malabar, bersedia menjadi penyandang dana utama dan berjanji akan memberikan bantuan pembelian teropong bintang. Sebagai penghargaan atas jasa K.A.R. Bosscha dalam pembangunan observatorium ini, maka nama Bosscha diabadikan sebagai nama observatorium ini.

Observatorium Bosscha, salah satiu tujuan wisata edukasi di Bandung

Pembangunan observatorium ini sendiri menghabiskan waktu kurang lebih 5 tahun sejak tahun 1923 sampai dengan tahun 1928.

Observatorium Boscha berlokasi di Jl. Peneropongan Bintang No.45, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391.
Observatorium Bosscha bukan tempat wisata, namun pengelola membuka program kunjungan terjadwal.

Observatorium Bosscha, salah satiu tujuan wisata edukasi di Bandung

Untuk turis, program kunjungan ini terbagi menjadi dua, kunjungan siang dan malam.
Pada kunjungan siang, turis dapat melihat cara kerja teleskop Zeiss meski tak melakukan peneropongan dan mendapat informasi astronomi di ruang multimedia. Biaya mengikuti sesi ini Rp15 ribu per orang.
Observatorium Bosscha, salah satiu tujuan wisata edukasi di Bandung

Pada kunjungan malam, sesinya kurang lebih sama, namun turis diberi kesempatan meneropong langsung dengan teleskop portable dan teleskop Bamberg. Sesi tersebut hanya bisa dilakukan saat langit cerah.
Kuota saat kunjungan hanya 180 orang dan biayanya Rp20 ribu per orang.

9. Kebun Binatang Bandung

Kebun Binatang Bandung atau Bandung Zoo merupakan kawasan rekreasi terbaik di Jawa Barat. Sebuah kawasan dengan luas hampir 14 hektar. 

Kebun Binatang Bandung atau Bandung Zoo merupakan kawasan rekreasi terbaik di Jawa Barat

Inilah Kebun Binatang Bandung yang terdapat di jantung Kota Bandung, dengan koleksi satwa yang menarik dan lingkungan hijau nan asri.

Kebun Binatang Bandung atau Bandung Zoo merupakan kawasan rekreasi terbaik di Jawa Barat

Dengan koleksi satwa lebih dari 800 individu dari kelas mamalia, aves, reptil & ikan.Kebun Binatang Bandung sudah sejak lama menjadi tujuan wisata favorit warga Bandung & Jawa Barat. Selain berfungsi untuk tempat rekreasi, lengkapnya koleksi satwa Kebun Binatang Bandung, juga menjadi lokasi pendidikan dan penelitian.

Burung Merak Hijau, Pavo muticus di  Kebun Binatang Bandung 
Pengunjung yang ingin berinterkasi dengan koleksi satwa di Kebun Binatang Bandung, disediakan kesempatan berfoto bersama satwa pada area tertentu. Selain itu, pengunjung juga dapat merasakan sensasi menunggangi satwa di Kebun Binatang Bandung, Wahana Unta Tunggang, Gajah Tunggang & Kuda Tunggang siap melayani pengunjung.

Kebun Binatang Bandung atau Bandung Zoo,  berfoto bersama Binturong 

Interaksi satwa dengan zookeeper di Kebun Binatang Bandung tidak sebatas pada pemberian pakan dan perawatan kesehatannya, namun juga pada pertunjukkan satwa. Burung kakatua koki, burung macaw biru kuning, burung rangkong badak, binturong, anjing pudel dan marmut menjadi bintang pada pertujukkan satwa.

Harga tiket masuk Rp. 50.000 Dewasa dan anak2x sama. Berlaku setiap hari. , anak dengan tinggi badan 80cm sudah dikenakan biaya normal

Harga tiket rombongan umum (travel, lansia, keluarga, dll) Rp. 45.000 min & Harga tiket rombongan sekolah Rp. 40.000 min. 30 orang free 1 orang berlaku kelipatan. Tiket rombongan tidak berlaku di hari Minggu dan libur nasional

10. Floating Market, Pasar Apung, Lembang

Floating Market Lembang. Tujuan wisata ini bisa dikatakan salah satu destinasi wajib saat berlibur ke Lembang Bandung. 

Floating Market Lembang, destinasi wisata alam dan kuliner unik di Bandung

Wajar aja sih, tempatnya bagus banget. Apalagi buat anda yang suka berfoto ria, banyak spot cantik disini.
Floating Market Lembang, destinasi wisata alam dan kuliner unik di Bandung

Pasar kuliner terapung, terdapat juga beberapa cafe dan tempat makan lain dengan suasana yang indah. Suasana di tempat wisata favorit ini cukup asri, hijau dan tertata rapi. Di dukung dengan udara segar khas Lembang, tentunya bakal bikin anda betah.
Kota Mini, salah satu spot wisata di Floating Market Lembang, destinasi wisata alam dan kuliner unik di Bandung
Areanya cukup luas, tapi anda bisa mengitari sambil menikmati suasananya dengan nyaman. Selain itu jika capek, banyak terdapat gazebo dan kursi-kursi untuk beristirahat.
Wisata memberi makan ikan, spot di Floating Market Lembang, dcocok dan membuat anak anak mengeksplore alam dan binatang

Wisata memberi makan ikan, spot di Floating Market Lembang, cocok dan membuat anak anak mengeksplore alam dan binatang
Hal yang perlu di ingat, pembayaran di tempat ini sekarang menggunakan kartu khusus. Anda bisa melakukan top up atau isi ulang kartu dengan nilai tertentu. Nah kartu inilah yang nantinya  digunakan untuk membayar wahana permainan dan juga makanan disini.
Wahana air di Floating Market Lembang, cocok dan membuat anak anak mengeksplore alam dan bermain bersama teman dan keluarga

Jam buka tempat ini;
Senin – Jumat. Jam buka dari pukul 09.00 – 17.00 WIB
Sabtu – Minggu dan hari libur. jam buka dari pukul 09.00 – 20.00 WIB
Alamat Floating Market Lembang tepatnya ada di Jalan Grand Hotel No.33E, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Nomor telepon 022-2787766.

Taman bunga, spot di Floating Market Lembang, dan spot spot taman bunga lain yang indah dan cocok untuk penggemar bunga. 

11. Rumah Strawberry

Pada dasarnya Rumah Stroberi ini adalah tempat buat makan sekaligus bisa petik stroberi sendiri di kebunnya. 
Rumah Stroberi ini adalah tempat buat makan sekaligus bisa petik stroberi sendiri 

Makanan khasnya di sini adalah nasi liwet yang disajikan pakai kastrol dan sayuran pendampingnya disajikan pake nampan bulat dengan tudung yang bisa dibuka-tutup. Khas Sunda banget lah pokoknya. Pilihan nasi liwetnya bisa pakai gurame, ayam goreng/bakar ataupun bebek bakar. Bisa juga ditambah karedok dan sayur asem.
Rumah Stroberi ini adalah tempat buat makan sekaligus bisa petik stroberi sendiri 
Kalau tidak mau nasi liwet masih ada pilihan nasi tutug oncom, buntut, iga bakar, soto Bandung dan berbagai macam nasi goreng. Kalau tidak mau masakan Sunda? Jangan khawatir karena Western menunya juga cukup banyak pilihan. Ada steak, sosis, pancake, poffertjes, kentang goreng, omelet, spaghetti dan masih banyak lagi. Tidak perlu bingung mau makan apa deh.
Rumah Stroberi ini adalah tempat buat makan sekaligus bisa petik stroberi sendiri 
Untuk area makannya sendiri banyak yang berbentuk saung dengan duduk lesehan. Saungnya menggunakan bahan kayu solid berwarna gelap. Biar pantat ga pegel, setiap saung lesehan disediakan bantal berwarna merah cerah. Saungnya ada juga yang bernuansa oriental dengan adanya hiasan Chinese lantern dan patung kiln di depannya. Tapi kalau tidak suka duduk bersila di saung lesehan juga ada meja kursi biasa dengan payung-payung besar supaya tidak kepanasan.
Rumah Stroberi ini menikmati keindahan alam dan kesejukan udara  
Rumah Stroberi
  • Jalan Cigugur Girang 145, Parongpong
  • Jam buka kebun: setiap hari 08.00-16.00
  • Jam buka restoran: hari biasa 08.00-17.00, Sabtu-Minggu 08.00-20.00
  • Harga: paket nasi liwet 4 orang Rp130.000 – Rp155.000;  
  • fresh strawberry juice Rp40.000
  • Harga petik stroberi: Rp10.000/100 gram


Rumah Stroberi , Pemandangan suasana pedesaan yang asri dan menyejukkan.

12. Bukit Moko, Dermaga Bintang

Pernah mendengar tempat wisata bukit Moko di kota Bandung sebelumnya? Ya tempat wisata alam yang satu ini memang jarang diketahui khususnya oleh Warga Jakarta. 

Pemandangan yang indah Bukit Moko, Dermaga Bintang

Namun, tahukah Anda kalau sebenarnya tempat ini sangat direkomendasikan untuk dikunjungi. Bagaimana tidak, saat berkunjung Anda akan dibawa terpukau akan pemandangan pegunungan di Bandung yang begitu menakjubkan.

Pemandangan Hutan Pinus yang indah Bukit Moko, Dermaga Bintang

Apalagi, ditempat ini juga terdapat sebuah warung yang sudah cukup populer dengan sebutannya yakni Warung Daweung. Menariknya bukan hanya sekedar warung loh, melainkan warung ini sendiri mampu memperlihatkan pemandangan kota Bandung dari atas. Dengan demikian Anda bisa menikmati pemandangan yang indah ditambah udara yang sejuk sambil menikmati secangkir minuman hangat.

Pemandangan saat malam yang indah Bukit Moko, Dermaga Bintang

Demikianlah informasi selengkapnya yang membahas seputar rekomendasi tempat wisata alam di Bandung yang sayang dilewatkan. Sudah tidak diragukan lagi apabila tempat tempat indah ini telah menjadi incaran bagi warga kota Jakarta, Bogor, dan sekitarnya untuk berekreasi atau liburan di akhir pekan. Mau tahu informasi lebih banyak secara update seputar tempat wisata terbaru yang lagi hits?

Sudahkah Anda berkunjung kesalah satu tempat wisata alam terbaik di Bandung sebagaimana yang sudah ditampilkan? Hampir pasti sebagian besar pembaca sudah pernah pastinya, jika belum, silahkan untuk masukkan ke dalam list tujuan wisata Anda di kota Bandung. Dapatkan pengalaman berwisata yang berkesan seru dan menyenangkan bersama keluarga, para sahabat, pacar atau kekasih, acara gathering kantor dan lain sebagainya. 

Semoga bermanfaat dan Selamat Berlibur....





Subscribe to receive free email updates:

10 Responses to "Pengalaman Berkunjung dan Sekaligus Rekomendasi 12 Tempat Wisata Alam di Bandung yang Sayang dilewatkan"

  1. Duh ..., ulasan yang detail. Serasa saya ikut menikmati indahnya alam Bandung. Selamat malam, Pak Eko.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap, terima kasih Bu Nur, Bandung memang banyak destinasi wisatanya. Salam sehat Bu dan selamat beraktifitas.

      Delete
  2. Waaaaaah, lengkap banget nih jalan2 Pak Eko sekeluarga! Salut deh Bapak menuliskan semua detail juga ada harga2nya kan pembaca jadi tau :) BIntangin ah. Udah lama ga jalan2 ke wolayah Jabar dan sekitarnya padahal aku sunda ti Bandung hahaha :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah jadi nggak enak sama urang bandung. Bandung memang luar biasa menyimpan potensi wisata yang tiada duanya. Hampir di seluruh sudut Bandung menyediakan sarana wisata. Kira kira kalau tanya urang Bandung, kuliner apa yang paling enak apa ya Bu Nurul?

      Delete
  3. Baru tahu kalo di Bandung ada kebun binatangnya juga, kirain cuma ada di Jakarta doang.

    Kawah Ciwidey bagus ya pak, pemandangan nya indah, jadi pengin nyobain kesana. Tiketnya juga tidak terlalu mahal.

    Itu yang naik sepeda di tali apa ngga takut ya, biarpun ada talinya tapi kok rasanya dag dig dug.😱

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di Bandung, kebun binatangnya malah lebih bagus penataannya Pak Agus. Ruang terbuka hijau yang dikelilingi Kampus ITB dan pemukiman yang padat. Di bawah pengelolaan Taman Safari Indonesia, membuat Kebun Binatang Bandung sangat nyaman dan bagus penyajian informasi mengenai satwanya. Kebun Binatang yang bersih dan visitor friendly. Salam Sehat Pak Agus.

      Delete
  4. Keren-keren uy tempatnya.
    Jadi pengen ke Bandung.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo berkunjung ke Bandung Pak Rudi, berwisata dan berkuliner. Salam Sehat

      Delete
  5. Aku tau tempat2 di atas, tapi sampe skr baru mengunjungi sedikit banget :D. Maribaya, kawah putih dan Tangkuban perahu. Sisanya blm hahahahah.


    Soalnya kalo ke Bandung itu aku biasanya mager mas. Jadi cuma di hotel doang, wisata kuliner balik lagi. Udah hihihi. Makanya banyak yg tempat wisatanya blm aku datangin. Kapan2 ah kalo udh bisa ke Bandung lagi :D. Ga prnh bosen sih kesana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap Mbak Fanny, memang tempat wisata dan kuliner serta udara sejuk Bandung trkadang menghipnotis pengunjungnya. Antara ingin bersantai alias mager, menikmati keindahan tempat wisata atau menikmati kuliner. Semoga bisa berkunjung ke lokasi lokasi wisata ini Mbak. Salam sehat.

      Delete

Terima kasih atas kunjungan teman teman, semoga artikel bermanfaat dan silahkan tinggalkan pesan, kesan ataupun komentar.

Popular Posts