Pengalaman Berkesan Naik Kereta Singasari Bekasi - Blitar Melintas 27 Stasiun : Stasiun Cirebon - Stasiun Blitar (Bagian 2)

Pengalaman Berkesan Naik Kereta Singasari Bekasi - Blitar Melintas 27 Stasiun (Bagian 2)

Bagian 1. Bekasi - Cirebon
Bagian 2. Cirebon - Blitar

Setelah di bagian pertama bercerita mengenai Kereta Singasari dan detailnya serta perjalanan dari Bekasi sampai Cirebon, maka di bagian 2 ini akan melanjutkan cerita perjalanan dari Cirebon hingga Blitar.


Stasiun Cirebon yang megah dan Indah
Karena perjalanan mulai sore hingga pagi, jadi ceritanya mungkin lebih pendek.

Urutan Stasiun yang disinggahi oleh Kereta Api Singasari sekitar ada 27 Stasiun:

  1. Bekasi
  2. Karawang
  3. Cikampek
  4. Haurgeulis
  5. Jatibarang
  6. Cirebon
  7. Prupuk
  8. Bumiayu
  9. Purwokerto
  10. Gombong
  11. Kebumen
  12. Kutoarjo
  13. Wates
  14. Lempuyangan
  15. Klaten
  16. Purwosari
  17. Walikukun
  18. Ngawi 
  19. Magetan
  20. Madiun
  21. Caruban 
  22. Nganjuk
  23. Kertosono
  24. Kediri
  25. Tulung Agung
  26. Ngunut
  27. Blitar
Berarti masih ada 20 stasiun lagi yang akan dilewati dalam perjalan dari Cirebon menuju Stasiun Kota Blitar.

melanjutkan perjalanan dari Stasiun Cirebon, hari sudah menjelang sore. Pemandangan masih terlihat di kanan kiri jalur rel kereta.

Stasiun Prupuk + 36 m dpl 
Stasiun Prupuk (PPK) nomor Stasiun 2101  adalah stasiun kereta api kelas II yang terletak di Prupuk Utara, Margasari, Tegal. Stasiun yang terletak pada ketinggian +36 m ini merupakan stasiun yang lokasinya paling utara di Daerah Operasi V Purwokerto lintas Prupuk-Kroya dan paling selatan di Kabupaten Tegal.
Stasiun ini merupakan percabangan antara jalur kereta api Cirebon-Prupuk dengan jalur Tegal-Prupuk, namun lokasi percabangannya terletak sekitar 2 km ke arah timur laut stasiun, tepatnya di dekat jalan layang/flyover Klonengan.
Menara air yang samar samar menjelang sore
Selanjutnya mendeakti Stasiun BumiAyu, hari semakin gelap dan kesulitan untuk melakukan dokumentasi.

Stasiun Bumi Ayu + 236.45 dpl

Stasiun Bumiayu (BMA) nomor stasiun 2104 merupakan stasiun kereta api kelas II yang terletak di Dukuhturi, Bumiayu, Brebes. Stasiun yang terletak pada ketinggian +236,45 m ini termasuk dalam Daerah Operasi V Purwokerto.

Sekitar 1 km ke arah timur dari stasiun ini terdapat Jembatan Sakalibel yang memiliki panjang 280 meter. Jembatan ini merupakan jembatan KA terpanjang di Daop V.

Memasuki Stasiun Purwokerto, hari sudah gelap dan beberapa penumpang sudah sampai tujuan. Kota Purwokerto, yang terkenal sebagai kota Gethuk dan kota kripik.

Berbagai julukan disandang kota di jalur selatan Jawa Tengah ini dari kota wisata, kota kripik, kota transit, kota pendidikan sampai kota pensiunan karena begitu banyaknya pejabat-pejabat negara yang pensiun dan akhirnya menetap di kota ini.

Museum Bank Indonesia juga ada di Kota Purwokerto.


Bahasa yang digunakan adalah bahasa Jawa dialek Banyumasan. Bahasa ini merupakan bahasa kebanggaan yang patut untuk dilestarikan dan dihargai. Dialek dan budaya masyarakatnya memperkaya keanekaragaman Indonesia.



Saya pernah mampir dan berkuliner di kota ini. Kuliner khasnya adalah Mendoan, makanan yang terbuat dari tempe yang tipis/diiris tipis kemudian digoreng dengan tepung yang diberi bumbu dan digoreng setengah matang dan Sroto, daerah lain menyebutnya Soto tapi memang beda dengan Soto nya orang Jawa Timur.

Stasiun Purwokerto + 75 m dpl
Stasiun Purwokerto (PWT) nomor Stasiun 2110 adalah stasiun kereta api kelas besar tipe A yang terletak di pinggir Kota Purwokerto, Kabupaten Banyumas, tepatnya di Kober, Purwokerto Barat, Banyumas. Stasiun yang terletak pada ketinggian +75 m ini merupakan stasiun terbesar yang berada dalam pengelolaan PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi V Purwokerto. Sebagai stasiun besar, semua kereta api penumpang yang melewati jalur kereta api Prupuk–Kroya pasti berhenti di stasiun ini.
Di stasiun ini terdapat dipo lokomotif yang sangat bersih, yang justru menjadikannya sebagai dipo terbaik di Jawa Tengah. Selain itu, terdapat pula dipo kereta yang berfungsi untuk menyimpan dan merawat rangkaian KA, khususnya milik Daop V itu sendiri.
Stasiun Purwokerto

Stasiun Purwokerto yang bersih dan bagus
Saat ini lintas jalur pada stasiun ini sudah berupa jalur ganda. Dengan adanya jalur ganda tersebut, rute Jakarta-Purwokerto via Cirebon maupun sebaliknya kini sudah dapat ditempuh selama 5–5,5 jam saja.
Ciri khas yang dimiliki stasiun ini adalah diperdengarkannya lagu Di Tepinya Sungai Serayu dalam format keroncong sebagai bel penanda kedatangan kereta api penumpang.
Plang Stasiun Purwokerto
Kota berikutnya adalah Kota Gombong. Saya pernah mampir di  kota ini dan mengunjungi salah satu obyek wisata yaitu Benteng Van der Wijck.  sebuah benteng tua peninggalan Belanda di utara Kota Gombong. Saat ini benteng tersebut digunakan sebagai tempat rekreasi keluarga & wahana permainan anak.

Stasiun Gombong +18 dpl
Stasiun Gombong (GB) nomor Stasiun 2024 merupakan stasiun kereta api kelas I yang terletak di Wonokriyo, Gombong, Kebumen. 
Stasiun yang terletak pada ketinggian +18 meter ini termasuk dalam Daerah Operasi V Purwokerto. Stasiun ini jauh lebih terkenal dibandingkan dengan Stasiun Kebumen.
Stasiun ini menjadi salah satu stasiun tujuan bongkar muat kereta api Pupuk Sriwijaya yang diangkut dari Stasiun Cilacap 
Pelabuhan yang selanjutnya akan melanjutkan perjalanan ke Stasiun Ceper dan berakhir di Stasiun Maguwo
Stasiun Gombong
Selepas Kota Gombong, suasana semakin larut. Ketepatan perjalanan kereta Singasari memang patut diacungi jempol. Sampai level menit, sangat tepat, mulai dari waktu berhenti hingga waktu menurunkan dan menaikkna penumpang. Semua tepat waktu. Salut untuk KAI.

Kota berikutnya adalah Kota Kebumen. saya juga pernah mampir ke kota Kebumen saat berwisata ke Gua Jati jajar. Apa itu gua Jati jajar, Gua Jatijajar dibentuk oleh alam selama ribuan tahun dan menjadi tempat berpetualang indah di perut bumi, terletak 21 kilometer ke arah selatan Gombong, atau 42 kilometer arah barat Kebumen. Gua Jatijajar berada di kaki pegunungan kapur.

Selain itu, ada pantai yang terkenal yaitu Pantai Karang Bolong. Pantai Karangbolong terletak di Desa Karangbolong. Nuansa pantai yang dipagari perbukitan yang asri dan lambaian pohon kelapa serasa menyejukkan hati. Pantai Karangbolong menyimpan berbagai keindahan. Di samping pantai yang menawan, Pantai Karangbolong juga menyimpan keindahan karang yang bolong (berlubang) dengan sarang burung waletnya.

Stasiun Kebumen +21 dpl
Stasiun Kebumen (KM) nomor Stasiun 2028 adalah stasiun kereta api kelas I yang terletak di Panjer, Kebumen, Kebumen. Stasiun yang terletak pada ketinggian +21 meter ini termasuk dalam Daerah Operasi V Purwokerto. Stasiun ini adalah stasiun terbesar di Kabupaten Kebumen dan berada di dekat pusat Kota Kebumen. Sebagai stasiun terbesar di Kabupaten Kebumen, sebagian besar kereta api yang melintas di jalur selatan Pulau Jawa berhenti di stasiun ini.
Stasiun Kebumen yang bersih dan Megah
Berpose Stasiun kebumen yang baru
Stasiun Kebumen yang rapi
Stasiun Kebumen Jawa Tengah
Kereta Api Singasari di Stasiun Kebumen
Stasiun Kutoarjo +16 m dpl
Stasiun Kutoarjo (KTA) nomor Stasiun 2040 merupakan stasiun kereta api kelas besar tipe B yang terletak di Semawung Daleman, Kutoarjo, Purworejo. Stasiun ini terletak pada ketinggian +16 m dan merupakan stasiun aktif yang berlokasi paling timur di Daerah Operasi V Purwokerto

Stasiun Purwokerto saat menjelang malam
Suasana Stasiun Kutoarjo
Stasiun Kutoarjo yang bersih dan rapi
Stasiun Kutoarjo yang bersih


Kereta dari arah Jawa Timur melintas di Stasiun Kutoarjo
Kota berikutnya adalah Wates. DI kota ini, stasiun Wates menjadi stasiun untuk penghubung ke Bandara Kulon Progo.

Wates merupakan salah satu kecamatan yang ada di Kabupaten Kulon Progo.

Stasiun Wates +18 m dpl  
Stasiun Wates (WT) Nomor Stasiun 3008 merupakan stasiun kereta api kelas I yang terletak di Wates, Wates, Kulon Progo. Stasiun yang terletak pada ketinggian +18 m ini termasuk dalam Daerah Operasi VI Yogyakarta serta merupakan satu-satunya stasiun kereta api yang melayani naik turun penumpang di Kabupaten Kulon Progo. Letak stasiun ini sangat strategis karena berdekatan dengan Alun-alun Wates.

Stasiun Wates yang merupakan Stasiun ke bandara Kulon Progo Yogyakarta

Suasana Stasiun yang lengang

Stasiun Kulon Progo

Stasiun Lempuyangan +114 m dpl
Stasiun Lempuyangan (LPN) nomor Stasiun 3030 merupakan stasiun kereta api kelas besar tipe B yang terletak di Kota Yogyakarta, berjarak sekitar 1 km di sebelah timur dari stasiun utama di kota ini, yaitu Stasiun Tugu. Stasiun yang terletak pada ketinggian +114 meter ini termasuk dalam Daerah Operasi VI Yogyakarta.Nama stasiun ini berasal dari nama kampung yang terletak di selatan stasiun, yakni Kampung Tegal Lempuyangan.
Stasiun Lempuyangan

Stasiun Lempuyangan

Stasiun Klaten +151 m dpl
Stasiun Klaten (KT) nomor Stasiun 3110 merupakan stasiun kereta api kelas I yang terletak di Tonggalan, Klaten Tengah, Klaten. Stasiun yang terletak pada ketinggian +151 meter ini termasuk dalam Daerah Operasi VI Yogyakarta. Stasiun ini terletak dekat jalan bypass yang melingkari wilayah kota Klaten. Sebagian besar kereta api penumpang yang melewati jalur Solo-Yogyakarta berhenti di stasiun ini

Stasiun Klaten

Foto di Stasiun Klaten yang kabur karena keretasudah  berjalan cepat

Stasiun Purwosari +98 m dpl
Stasiun Purwosari (PWS) Nomor Stasiun 3120 merupakan stasiun kereta api kelas I yang terletak di Purwosari, Laweyan, Surakarta. Stasiun yang terletak pada ketinggian +98 m ini termasuk dalam Daerah Operasi VI Yogyakarta dan hanya melayani KA kelas ekonomi lintas selatan dan lokal/komuter.Stasiun ini merupakan stasiun percabangan jalur kereta api antara arah Surabaya dengan Wonogiri.


Stasiun Walikukun +74 m dpl
Stasiun Walikukun (WK) nomor Stasiun 4008 adalah stasiun kereta api kelas II yang terletak di Walikukun, Widodaren, Ngawi. Stasiun yang terletak pada ketinggian +74 m ini merupakan stasiun kereta api yang letaknya paling barat di Daerah Operasi VII Madiun, Kabupaten Ngawi, dan Jawa Timur bagian selatan.

Stasiun Walikukun yang lengang dan rapi


Stasiun Walikukun

Stasiun Walikukun yang bagus dan bersih
Stasiun Ngawi +56 m dpl
Stasiun Ngawi (NGW) nomor Stasiun 4011 adalah stasiun kereta api kelas I yang terletak di Gelung, Paron, Ngawi. Stasiun yang terletak pada ketinggian +56 m ini termasuk dalam Daerah Operasi VII Madiun. Stasiun ini terbilang ramai karena letaknya paling dekat dengan wilayah Kota Ngawi, sekitar 8-10 kilometer. Nama stasiun ini, yang sebelumnya bernama Stasiun Paron (PA), berganti pada tanggal 1 Desember 2019. Usulan ini telah muncul sejak Maret 2018 
Stasiun Ngawi
Stasiun Magetan +70 m dpl
Stasiun Magetan (MAG) nomor stasiun 4013 adalah stasiun kereta api kelas III/kecil yang terletak di Karangsono, Barat, Magetan, tepatnya 20 kilometer ke arah timur dari pusat Kota Magetan. Stasiun yang terletak pada ketinggian +70 m ini termasuk dalam Daerah Operasi VII Madiun dan merupakan satu-satunya stasiun kereta api yang ada di Kabupaten Magetan.

Stasiun Madiun +63 m dpl
Stasiun Madiun (MN) nomor stasiun 4020 adalah stasiun kereta api kelas besar tipe A yang terletak di Madiun Lor, Manguharjo, Madiun. Stasiun yang terletak pada ketinggian +63 m ini adalah stasiun terbesar yang berada dalam pengelolaan PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi VII Madiun. Stasiun ini melayani perjalanan kereta api, baik jalur utara, selatan, maupun timur Pulau Jawa, ke berbagai kota tujuan, seperti Surabaya, Banyuwangi, Malang, Semarang, Yogyakarta, Bandung, Purwokerto, Cilacap, Cirebon, dan Jakarta dengan kereta kelas ekonomi, bisnis, maupun eksekutif. Semua kereta api yang melintasi jalur kereta api Solo-Kertosono pasti berhenti di stasiun ini.
Stasiun Madiun

Stasiun Madiun

Stasiun Madiun
Stasiun Caruban +74 m dpl
Stasiun Caruban (CRB) nomor stasiun 4022 merupakan stasiun kereta api kelas II yang terletak di Caruban, tepatnya di Krajan, Mejayan, Madiun. Stasiun yang terletak pada ketinggian +74 m ini termasuk dalam Daerah Operasi VII Madiun dan merupakan satu-satunya stasiun kereta api yang melayani naik turun penumpang di Kabupaten Madiun. Stasiun ini menjadi andalan bagi masyarakat Caruban dan sekitarnya yang ingin bepergian naik kereta api karena jaraknya dengan Stasiun Madiun yang cukup jauh; sekitar 13 km.

Stasiun Nganjuk +56 m dpl
Stasiun Nganjuk (NJ) nomor stasiun merupakan stasiun kereta api kelas I yang terletak di Mangundikaran, Nganjuk, Nganjuk. Stasiun yang terletak pada ketinggian +56 m ini termasuk dalam Daerah Operasi VII Madiun. Stasiun ini terletak agak masuk sedikit dari jalan raya Nganjuk-Kertosono dan di sebelah barat stasiun ini terdapat perlintasan sebidang yang membelah jalan menuju Kediri.

Stasiun Kertosono +43 m dpl
Stasiun Kertosono (KTS) nomor stasiun 4031 merupakan stasiun kereta api kelas besar tipe B yang terletak di Banaran, Kertosono, Nganjuk. Stasiun yang terletak pada ketinggian +43 meter ini termasuk ke dalam Daerah Operasi VII Madiun dan merupakan stasiun yang letaknya paling timur di Kabupaten Nganjuk. Meskipun hanya terletak di sebuah kecamatan yang penting di Nganjuk, bangunan stasiun ini lebih besar daripada Stasiun Nganjuk yang notabene berada di ibu kota kabupaten.

Stasiun Kediri +68 m dpl
Stasiun Kediri (KD) nomor stasiun 5010 merupakan stasiun kereta api kelas besar tipe C yang terletak di Balowerti, Kediri, Kediri, tepatnya di Jalan Stasiun yang berada di timur Jalan Dhoho, Kota Kediri. Stasiun yang terletak pada ketinggian +68 m ini termasuk dalam Daerah Operasi VII Madiun.

Stasiun Tulungagung +85 m dpl
Stasiun Tulungagung (TA) nomor stasiun 5014 adalah stasiun kereta api kelas I yang terletak di Kampungdalem, Tulungagung, Stasiun yang terletak pada ketinggian +85 meter ini termasuk dalam Daerah Operasi VII Madiun. Letak stasiun ini tidak jauh dari Alun-Alun Tulungagung dan kantor Pemerintah Kabupaten Tulungagung. Stasiun ini memiliki tiga jalur kereta api dengan jalur 1 merupakan sepur lurus.

Stasiun Ngunut +104 m dpl
Stasiun Ngunut (NT) nomor stasiun 5016 adalah stasiun kereta api kelas II yang terletak di Ngunut, Ngunut, Tulungagung. Stasiun yang terletak pada ketinggian +104 meter ini termasuk dalam Daerah Operasi VII Madiun. Jalan Stasiun menghubungkan stasiun ini dengan jalan raya Tulungagung-Blitar, dekat dengan Pasar Ngunut

Stasiun Blitar +167 m dpl
Stasiun Blitar (BL) nomor stasiun 5019 adalah stasiun kereta api kelas besar tipe B yang terletak di Kepanjenkidul, Kepanjenkidul, Blitar. Stasiun yang terletak pada ketinggian +167 meter ini termasuk dalam Daerah Operasi VII Madiun. Di stasiun ini terdapat dipo kereta dan jembatan putar lokomotif yang berturut-turut terdapat di sebelah selatan dan barat daya stasiun.


Sampai juga di Blitar jam 03.24 sudah sampai di Peron

Sampai Stasiun Blitar, waktu menunjukkan waktu 03.20 WIB dini hari.
Kereta Api Singasari tepat waktu sesuai jadwal, bahkan sampai ke menitnya.

Sukses untuk KAI.

Ikuti cerita berikutnya :
Naik Kereta Singasari dari Blitar ke Bekasi, Melintas 27 Stasiun
Berangkat pagi sampai malam



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengalaman Berkesan Naik Kereta Singasari Bekasi - Blitar Melintas 27 Stasiun : Stasiun Cirebon - Stasiun Blitar (Bagian 2)"

Post a comment

Popular Posts