Ngopi Saat Sore di Sturbuck, Coffee time

Afternoon Coffee.

Starbucks, memang pendatang dari negeri Uncle Sam dengan pusat di Seatle. USA meskipun bukan penghasil kopi tapi bisa membuat kopi menjadi viral dan melegenda menjadi minuman favorit sebagai teman di kala sibuk, stress, santai atau sekedar bercanda dengan teman.

Banyak negara penghasil kopi hanya bisa menjual biji kopi (Green Bean) sekedarnya. Bahkan negara yang tidak punya kebun kopi secuil pun, yaitu Italia, bisa menjadi negara yang mampu membuat Espresso Machine dengan akurasi tinggi dan menghasilkan cita rasa yang luar biasa.

Kalau di Indonesia dulu, menggoreng kopi (Roasting coffee) ya harus hitam. Inilah yang harus diluruskan. Derajat kematangan kopi menentukan cita rasa yang keluar dari biji kopi yang digoreng. Sehingga muncul istilah medium roast, dark roast, Blonde Roast, medium dark etc. Kenapa demikian, kopi yang digoreng hitam hanya diperuntukan untuk kopi dengan kualitas biji yang jelek, seperti mouldy, over fermented dll.

Tahukan anda, semakin gosong kopi, karakter cita rasa kopi yang special akan tertutup oleh cita rasa kopi yang sudah menjadi Arang.

Kopi yang digoreng dengan derajat medium, akan memunculkan cita rasa dan karakter asli biji kopi tersebut seperti fruity,  flowerish, juicy, cocoa taste, caramel, sweety, spicy dan cita rasa unik yang lain.

Balik ke Starbucks, sebenarnya menjamurnya cafe cafe di seantero Nusantara, diakui atau tidak diakui, tidak lepas dari perannya yang membantu mendidik penikmat kopi untuk menjadi peminum kopi yang baik dan menghargai biji kopi sebagai produk yang harus diperlakukan dengan benar dalam proses menjadi minuman siap saji.

Contoh sederhana, jika melihat ke belakang beberapa tahun lalu  minum kopi dengan gula hampir setengah gelas atau cangkir adalah hal yang umum kita temui dan menjadi hal yang lazim, sekarang lambat laun orang sudah mulai belajar dan menghargai biji kopi sesuai kualitas.

Bayangkan, tanaman kopi di tanam dari Bibit unggul pilihan, perawatan yang intensif, proses dari bunga sampai buah memakan waktu lebih kurang 10 bulan, dipetik saat merah dan diproses baik dengan WIB maupun DP, lanjut pengeringan dengan suhu tertentu, dihulling dan diseleksi menjadi green coffee dengan grade tertentu harus diperlakukan juga dengan roasting yang baik dan brewing yang benar.

Kopi asli adalah kopi yang digiling bukan dirobek dan cara minum kopi yang benar adalah tidak ada gula diantara kopi.

Selamat menikmati dan sekedar sharing, semoga bermanfaat.



Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Ngopi Saat Sore di Sturbuck, Coffee time"

Popular Posts