Belalang Goreng di Warung nasi Merah - Pari Gogo, Semanu Gunung Kidul

Warung Lesehan pari Gogo - Sego Abang Mbah Jingkrak



Sego Abang Mbah Jirak-di warung lesehan Pari Gogo, rumah makan legendaris yang lebih terkenal di kalangan pejalan daripada penduduknya sendiri.

Sejenak menunggu hidangan datang, kami sempatkan menjelajahi seisi ruangan. Di dinding-dinding yang berbahan gedhek dan kayu, terpasang foto-foto orang terpandang, mulai dari Mantan Presiden Megawati sampai Sultan Hamengku Buwono X.

Mereka nampak riang menyantap hidangan sego abang.
Hidangan datang, diantar langsung ke hadapan kami yang duduk di atas lincak, ini hal baru bagi kami, karena lesehan biasa bertempat di lantai.



Hidangan lengkap menggugah selera ini terdiri dari: nasi merah, empal, usus goreng, ayam goreng, wader goreng, sayur lombok ijo dan trancam.

Nasinya empuk dan gurih, berbeda dengan yang biasa kami makan.
Lauknya lezat berpadu dengan sayur nan gurih dan segar menghadirkan pengalaman kuliner yang menyenangkan.

Selepas berbincang dengan Pak Purwanto, kami mulai paham rahasia di belakang nikmatnya nasi merah ini. Semua karena proses tradisional yang masih terjaga, mulai dari pengambilan padi sampai dimasak jadi nasi. Beras juga berasal dari padi gogo, yang tumbuh subur di lahan menantang seperti Gunungkidul ini.

Di balik suasana ndeso yang menyenangkan, tersembunyi penganan yang mengundang petualang kuliner, belalang goreng.

Hewan ini banyak ditemukan di pohon jati dan semak yang tumbuh subur di Gunungkidul.
Menurut bapak bersahaja di sebelah kami, rasa penganan ini mirip udang, serta tinggi protein. Namun, tidak ada satu pun dari kami yang berani menyantapnya.
Walaupun mungkin aneh bagi kita, konsumsi belalang tertulis di alkitab. Sebelum Masehi, Yohanes Pembaptis dapat bertahan hidup menyepi di gurun dengan makan belalang. Penganan ini juga dikenal di banyak kebudayaan penjuru dunia, sebut saja: Chapulines di Mexico, Inago di Jepang, Tak Ga Tan di Thailand dan masih banyak lagi.


Waktu kami tak panjang, sehingga harus segera melanjutkan perjalanan. Pelayan datang menghitung setiap jenis hidangan yang disantap. Ternyata harganya tidak terlalu menguras kantong. Setiap piring lauk dan sayur cukup untuk 4-5 orang dan cukup murah

Sebenarnya yang enak itu ya belalang gorengnya...........

Nasi Merah, Belalang dan babat hmmmm...


Tampak rumah makan






Menu lengkap..........



sayur lodeh...mantap

 Trancam...sayur daun singkong
 Ayam goreng...
 Babat ..ini yang mantap

Makanan khas...........walang alias belalang

belalang goreng


Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Belalang Goreng di Warung nasi Merah - Pari Gogo, Semanu Gunung Kidul"

Popular Posts