Indahnya Danau Semayang, Kota bangun Kalimantan timur

Danau Semayang
Wisata alam Danau Sembayang dan Danau Melintang letaknya tidak jauh dari Kota Bangun. Dapat ditempuh dengan transportasi sungai long boat, sekitar setengah jam perjalanan. Keunikan alam Danau Sembayang dan Danau Melintang adalah, dua Danau ini akan menyatusaat arus air sungai Mahakam turun. Tapi saat Singai Mahakam naik diwaktu malam hari, dua Danau ini terpisah. Danau Sembayang berada disebelah kiri dan Danau Melintang di sebelah kanan.

Sepanjang perjalanan dari kota Bangun menuju Danau Sembayang dan Danau Melintang, Wisatawan dapat menikmati hamparan air sungai yang tenang dan kicauan burung. Sekawanan Burung Bangau, Burung Camar, dan Burung Elang biasa mencari makan dengan tenang ditepi-tepi sungai. Keindahan alam ini mencapai puncak pesonanya saat matahari terbit maupun tenggelam, apalagi jika di nikmati dari tengah- tengah danau.

Di dua danau ini terdapat spesies ikan pesut yaitu lumba-lumba air tawar yang sangat jarang di jumpai. Iringan ikan lumba-lumba ini terakhir di temukan di tahun 1993. Hingga saat ini belum ada yang menemukannya. Spesies ikan lumba-lumba air tawar sekarang menjadi penghuni Taman Impian Jaya Ancol Jakarta.

Keunikan wisata Danau Sembayang dan Danau Melintang disesuaikan dengan iklim alam Sungai Mahakam. Di dua Danau tersebut terdapat Desa Sembayang Kenohan dan Desa Pela.

Danau Semayang adalah sebuah danau yang berlokasi di daerah aliran sungai mahakam di Kabupaten Kutai kartanegara, Kalimatan Timur. Danau ini memiliki luas sekitar 13.000 hektare. Danau Semayang berada di sebelah kiri sungai Mahakam dan bersebelahan dengan Danau Melintang yang terletak disebelah kanan Mahakam.

Danau Semayang terdapat di Daerah Mahakam Tengah (DMT), merupakan salah satu lingkungan lahan basah terbesar di Kalimantan. Keanekaragaman hayati di Lingkungan danau Semayang cukup tinggi, termasuk biota perairan maupun terestrial, juga sumber daya air yang melimpah untuk berbagai aktivitas masyarakat sekitar. Bisa dikatakan lingkungan Danau Semayang merupakan zona yang memiliki kekayaan plasma nutfah yang dan wilayah ekologis yang mempunyai nilai ekonomi potensial untuk berbagai kegiatan


Jenis-jenis ikan yang tertangkap di Danau Semayang memiliki keanekaragaman yang cukup tinggi, di antaranya yang paling banyak

  1. ikan toman (snake head/chana SP),
  2. lais (Krytoterus SP),
  3.  jelawat (Laptobarbus hoeveni),
  4. haruan (Chana Striata), Puyu (anabas testudineus),
  5. baung (hemibragus), serta
  6. udang galah (Macrobrancium rosenbergii).

Dengan melimpahnya potensi perikanan di Danau Semayang itu, maka mayoritas warga sekitar berprofesi sebagai pengusaha ikan, baik perikanan tangkap maupun olahan. Di danau ini juga akan dapat ditemui kehidupan ikan Pesut (Orcela fluminalis), yakni sejenis lumba-lumba air tawar

 Menjelang danau Semayang
 Vegetasi danau
 Hampir keluar sungai
 Pinggir danau








Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Indahnya Danau Semayang, Kota bangun Kalimantan timur"

Post a comment

Popular Posts