Hypolimnas bolina

 

Kupu Kupu Indah Hypolimnas bolina 



Kupu Kupu Hypolimnas bolina betina

Informasi Satwa

Informasi Umum tentang insect kali ini dalam Jelajah Kupu Kupu Indonesia, adalah Hypolimnas bolina, lalat telur besar, lalat telur biasa, lalat telur bervariasi, atau di Selandia Baru kupu-kupu bulan biru atau dalam bahasa inggris the great eggfly, common eggfly, varied eggfly, or in New Zealand the blue moon butterfly, adalah spesies kupu-kupu nymphalid yang ditemukan dari Madagaskar hingga Asia dan Australia

Berikut informasi perihal kupu kupu Hypolimnas bolina yang fotonya merupakan hasil hunting foto di Jawa Barat dan Jawa Tengah. 

Kupu Kupu Hypolimnas bolina betina sedang bertelur

Sekilas Info Satwa 

Sekilas Info 
Nama Populer - Pop name :  
Nama Latin - Latin Name    :  Hypolimnas bolina (Linnaeus, 1758)                      Family                        :  Nymphalidae
Origin - Daerah Asal           :  Indonesia
Ciri khas                            :  Berwarna hitam biru putih dan coklat
Keunikan                           :  Jantan dan Betina berbeda Corak

Keunikan dari Hypolimnas bolina merupakan kupu-kupu berbadan hitam dengan lebar sayap sekitar 70–85 milimeter. Spesies ini mempunyai tingkat dimorfisme seksual yang tinggi. Betina itu mimesis dengan banyak morf atau metamorfosis.
Kupu Kupu Hypolimnas bolina jantan
Hypolimnas bolina mempunyai tingkat dimorfisme seksual yang tinggi, individu betina biasanya meniru banyak morfologi. Kupu-kupu jantan mempunyai sayap atas berwarna hitam legam dengan tiga pasang bintik putih dikelilingi warna ungu, dua di sayap depan dan satu di sayap belakang. Sisi atas sayap belakang mempunyai serangkaian bintik putih kecil. Sayap atas kupu-kupu betina berwarna hitam kecoklatan tidak berbintik, pada bagian tepinya terdapat tanda berwarna putih.
Kupu kupu Hypolimnas bolina betina
Larva : Larva Hypolimnas bolina berwarna hitam dengan kepala berwarna jingga, pada bagian kepala terdapat sepasang tanduk bercabang panjang berwarna hitam. Permukaan tubuhnya ditumbuhi duri panjang berwarna hitam jingga bercabang. Infeksi bakteri Wolbachia dapat membunuh spesies jantan.

Pupa : Pupa hipolimnas bolina berwarna coklat pucat sampai coklat kemerahan, kepala mempunyai dua tanduk pendek, tepi depan penutup sayap juga dihiasi tonjolan runcing dan pendek. Panjang pupa sekitar 22-24 cm.


Hypolimnas bolina
Hypolimnas bolina memiliki sebaran yang luas, dan saya sempat memotretnya di Kotab Kudus, Jawa Tengah, Indonesia serta memiliki vegetasisemak berbunga rendah.
Hypolimnas bolina banyak ditemukan di daerah dengan hutan kurang lebat, hutan gugur, semak lebat dan lembab, hutan bakau, dan kebun.

Sebaran distribusi geografi termasuk Indonesia dan di benua : Asia, Afrika, Australia

Negara : Hypolimnas bolina tersebar di Madagaskar barat hingga Asia Selatan dan Tenggara. Dapat ditemukan di Kamboja, Malaysia, Singapura, Kepulauan Pasifik Selatan, Australia, Jepang dan Selandia Baru.

Kebiasaan dan gaya hidup Hypolimnas bolina terbang dengan kecepatan sedang. Pejantan dapat menyerang pejantan lain karena menjaga wilayahnya. Betina sering meniru menyerupai genus Euploea dan memiliki gaya hidup Arboreal.

Pola Makan dan Nutrisi, Larva Hypolimnas bolina memakan daun muda Ipomoea batatas dan Asystasia gangetica. Ditemukan juga memakan Urtica dioica dan Malva. Di Selandia Baru, spesies ini terlihat menghisap nektar dari tanaman Lantana, Grevillea, Hebe, Symphyotrichum novi-belgii dan Solanum muricatum.

Makanan utama dari vegetasi Herbivora pada saat menjadi larva, dan setelah menjadi imago menjadi pemburu Nektarivora

Kebiasaan Kawin, Hypolimnas bolina berkembang biak dengan cara bertelur (ovipar), kupu-kupu betina bertelur 2 – 5 butir pada bagian bawah daun. Sebelum bertelur kupu-kupu betina memilih tempat yang bebas semut karena semut dapat memakan telurnya, setelah bertelur akan terus dijaga. Telurnya berbentuk bulat dengan tonjolan memanjang kecuali di bagian atas, berwarna hijau pucat.

Sesi reproduksi belum ada informasi dan memerlukan kajian pengamatan dan masa inkubasi: 4 hari.
Usia mandiri setelah menetas belum ada informasi dan kupu kupu ii mampu bertelur 2 – 5 butir telur.

Klasifikasi Taksonomi Satwa

Klasifikasi Taksonomi Satwa
Kingdom    :  Animalia
Phylum      :  Chordata
Class         :  Insecta
Order         : Lepidoptera
Family        : Nymphalidae
Subfamily   : 
Genus        : Hypolimnas
Species      : Hypolimnas bolina (Linnaeus, 1758)

Binomial name
Hypolimnas bolina (Linnaeus, 1758)

Sinonim
Papilio bolina Linnaeus, 1758
Hypolimnas parva Aurivillius, 1920
Nymphalis jacintha Drury, 1773

Informasi Pemotretan 

Pemotretan 
Lokasi pemotretan di Kota Kudus dan Kota Bekasi, Indonesia
Detail :
Camera maker : Nikon Corporation
Camera model : Nikon Z5
F Stop : f/9
Exposure time : 1/500 sec.
ISO Speed : ISO 100
Focal lengh : 105 mm
Lens : 
Nikon AF-S Micro Nikkor 105 mm 1 : 2.8 GED

Kamus Identifikasi Flora dan Fauna serta Sumber Informasi untuk Pengenalan Flora dan Fauna 

Planter and Forester
Dilarang meng copy dokumentasi foto tanpa ijin 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hypolimnas bolina"

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungan teman teman, semoga artikel bermanfaat dan silahkan tinggalkan pesan, kesan ataupun komentar.

Popular Posts