Bagaimana mendapatkan Uang dari Menjual Foto di Shutterstock, Tips dan Triks

Menjual Foto di Shutterstock





Tentang Shutterstock

Apa itu Kontributor Shutterstock?
Program Kontributor Shutterstock adalah platform terkemuka bagi fotografer dan ilustrator untuk menjual karya mereka dan menghasilkan uang setiap kali pelanggan membeli lisensi untuk karya mereka di Shutterstock. Ini adalah program kontributor terbesar dan menyumbang hingga 50% dari semua pendapatan untuk beberapa fotografer.

Dengan kata lain:

Anda mengunggah Photo Anda (foto, ilustrasi, dan ikon), dan jika seseorang membelinya melalui Shutterstock, Anda mendapatkan komisi.


Bagaimana Mendapatkan Uang dari Shutterstock?  

Penghasilan Kontributor Shutterstock
Anda mendapatkan komisi antara 15% dan 40% ketika salah satu Photo atau video Anda diunduh di Shutterstock. Ini berarti Anda dibayar $0,10 hingga $5,80 untuk gambar, $10,20 hingga $39,80 untuk lisensi yang diperpanjang, dan $1,25 hingga $47,92 untuk setiap video.

Dengan kata lain, Shutterstock membayar Anda berdasarkan level Photo dan video Anda saat ini. Level ini berubah berdasarkan berapa banyak foto atau video yang Anda jual dalam satu tahun kalender tertentu. Semakin tinggi level Anda, semakin tinggi komisi Anda, mulai dari 15% di level 1 hingga 40% di level 6.

Jadi, Anda mendapatkan 1 unduhan setiap kali pelanggan mengunduh foto Anda. Untuk menghasilkan lebih banyak sebagai Kontributor Shutterstock, Anda perlu mengunggah lebih banyak konten yang lebih sering diunduh.


Bagaimana cara pembayarannya? 

Bagaimana Anda dibayar?
Anda akan dibayar pada akhir setiap bulan ketika Anda mencapai jumlah pembayaran minimum $35. Anda bisa mendapatkan bayaran melalui Payoneer, Paypal, atau Skrill.

Perubahan pada struktur penghasilan
Shutterstock memperkenalkan struktur pendapatan baru pada 1 Juni 2020, yang menghargai penjualan lebih banyak konten. Pembaruan menurunkan penghasilan kontributor sebesar 50% atau lebih. Pembayaran untuk lisensi yang Disempurnakan berubah dari jumlah tetap $28 per penjualan menjadi persentase dari biaya lisensi (20%, 25%, 28%, dan 30%). Namun, beberapa fotografer masih mendapatkan ribuan dolar dari satu foto di Shutterstock.

Contoh Katalog Shutterstock yang saya miliki

Bagaimana cara meningkatkan pendapatan di Shutterstock?

Bagaimana cara meningkatkan pendapatan Shutterstock?
Secara teori, menjual foto stok itu mudah. Tetapi banyak fotografer menyerah terlalu cepat karena mereka tidak melihat hasil langsung. Seperti bisnis lainnya, fotografi stok membutuhkan waktu untuk ditetapkan.

Itu berarti Anda harus bekerja selama beberapa minggu atau bulan sebelum Anda mulai menghasilkan uang. Tetapi mengunggah foto tanpa berpikir panjang bukanlah jalan yang pasti menuju kesuksesan. Dan di situlah banyak fotografer gagal.

Itu terjadi pada seorang teman saya. Dia mengunggah lusinan foto setiap minggu, tetapi dia tidak mendapatkan apa-apa. Jadi saya melihat dari dekat foto-fotonya dan strateginya untuk mengidentifikasi masalah-masalah kritis.

Ketika dia menerapkan tips berikut, penjualannya meningkat 4% di minggu pertama, 20% di bulan pertama, dan 310% di akhir tahun. Investasinya terbayar dengan sendirinya dalam waktu 6 minggu.

1. Jadilah yang pertama melihat tren,  Be the first to spot trends.
Selain mengetahui cara mengambil foto yang layak, mengenali tren baru adalah kunci sukses. Seperti yang Anda ketahui, sudah ada miliaran foto di Internet. Jadi, kecil kemungkinan foto Anda akan menonjol di antara yang lain, bahkan jika Anda seorang profesional.

Karena setiap subjek yang diketahui sudah jenuh dengan stok foto, Anda harus mencoba mencari subjek baru. Meskipun Anda mungkin berhasil menemukan ceruk yang belum dimanfaatkan, kesuksesan sebenarnya terletak pada tren.

Misalnya, ketika epidemi dimulai pada tahun 2020, hanya ada sedikit foto tentang subjek tersebut. Permintaan foto dokter, pasien, ilmuwan, dan virus melonjak hampir dalam semalam. Untuk beberapa fotografer yang berpikir cepat, itu adalah tambang emas.

Jadi, bagaimana Anda menemukan tren yang muncul?

Baca berita.
Periksa secara teratur forum populer seperti Reddit.
Gunakan aplikasi freemium Exploding Topics.

2. Edit foto dengan alat profesional,  Edit photos with professional tools.
Dengan perangkat lunak pengedit foto profesional, Anda tidak hanya akan mendapatkan hasil yang lebih baik, tetapi juga mempercepat alur kerja Anda. Hasilnya: Anda dapat mengambil lebih banyak foto yang terlihat lebih baik.

Saya menggunakan dan merekomendasikan Lightroom atau Luminar AI. Pertama, saya mengimpor file mentah saya ke Lightroom, tempat saya menyortir dan memisahkannya. Kemudian saya menerapkan pengeditan dasar dan topeng yang lebih besar.

Ketika saya puas dengan hasilnya, saya mengimpornya ke Luminar AI untuk melakukan beberapa pengeditan kreatif, seperti melembutkannya, membuat efek jam emas, atau menambahkan tekstur. Akhirnya, saya kembali ke Lightroom untuk melakukan pengeditan kecil.

Mempelajari cara mengedit foto seperti seorang profesional membutuhkan waktu, tetapi begitu Anda mempelajarinya, Anda akan terkejut dengan apa yang dapat Anda lakukan.

3. Gunakan preset Lightroom, Use Lightroom presets
Ada dua keuntungan berbeda menggunakan preset Lightroom. Pertama, prasetel profesional memungkinkan Anda mengedit foto seperti yang dilakukan para profesional. Kedua, paket prasetel memungkinkan Anda mencoba lusinan pengeditan dalam waktu kurang dari satu menit. Jadi, Anda akan menemukan hasil edit terbaik dengan sangat cepat.

4. Berkontribusi ke situs lain, Contribute to other sites
Mengapa Anda hanya menetapkan satu sumber pendapatan? Dengan mengunggah foto yang bagus ke beberapa situs stok foto, Anda dapat melipatgandakan penghasilan Anda dengan sangat mudah.

Saat ini, saya merekomendasikan Gambar YAY karena mereka menjalankan promosi khusus. Untuk setiap 1000 foto yang Anda unggah, Anda mendapatkan bonus $10. Dan dengan mengunggah unggahan puluhan ribu foto, Anda akan segera mendapatkan banyak.

Persyaratan Photo yang akan diupload ke Shutterstock, Image Requirements
Untuk menjaga kualitas konten yang luar biasa, Shutterstock menetapkan persyaratan ketat terkait kualitas gambar. Ini adalah persyaratan gambar yang diunggah Shutterstock:

Format gambar: JPEG dan TIFF, diterima juga file EPS jika kompatibel dengan Adobe Illustrator 8 atau 10,
Profil warna: sRGB,
Resolusi: minimal 4 MP (megapiksel),
Ukuran file: maks 50 MB untuk foto, 100 MB untuk EPS.
Alat Multi-Pilih, Multi-Select tool
Saat profil Kontributor Shutterstock Anda berkembang, Anda harus mengelola lebih banyak gambar.

Encapsulated PostScript (disingkat EPS) adalah suatu format berkas grafik, yang dapat berisikan vektor grafik, teks atau bitmap. Suatu berkas EPS pada suatu hal adalah suatu berkas PostScript yang memenuhi persyaratan tambahan.

Untuk membantu Anda mengelola konten dalam jumlah besar, Kontributor Shutterstock memperkenalkan - Multi-Select tool, alat Multi-Pilih, memungkinkan Anda menambahkan informasi ke beberapa item sekaligus.


Jenis Photo apa yang paling Laku dijual di Shutterstock?

Jenis Foto Apa yang Paling Terjual di Shutterstock?
Apa yang paling laku di Shutterstock diatur oleh tren dunia, yang berubah dengan cepat di abad ke-21. Oleh karena itu, saya secara teratur memperbarui bagian ini agar tetap up-to-date.

1. Diet Mediterania, Mediterranean diets
Diet Mediterania terus menjadi populer. Untuk peluang sukses tertinggi, tangkap orang yang sedang menyiapkan dan menikmati hidangan di rumah atau di teras mereka. Siapkan piring yang indah, seperti salad, dan beri mereka latar belakang yang sederhana. Selain itu, memotret hanya bahan-bahannya juga bisa sangat membantu.

2. Wisuda 2022, Graduation 2022
Ini adalah tahun yang sulit, namun banyak siswa yang berhasil lulus. Ini adalah kesempatan bagus bagi Anda untuk memotret.

Coba tangkap siswa yang menghadiri upacara kelulusan, baik mereka secara online atau secara langsung. Cobalah untuk menemukan momen ketika mereka merayakannya di rumah bersama orang yang mereka cintai, dan untuk poin bonus: tangkap senyum bangga orang tua mereka.

3. Semuanya kuning, Everything yellow
Semuanya kuning adalah tren saat ini. Warna ini penuh dengan kepositifan dan harapan karena menyerupai matahari. Berkreasilah dengan foto Anda. Anda dapat menangkap objek kuning atau mewarnainya dengan warna kuning – terserah Anda. Juga, jangan lupa tentang footage dan vektor.

4. Orang kulit hitam, Black people
Beberapa perusahaan telah melakukan kampanye "Materi kehidupan hitam" mereka sendiri sehubungan dengan peristiwa baru-baru ini. Akibatnya, foto-foto orang kulit hitam berkualitas tinggi sangat diminati. Beberapa ide yang disarankan oleh Shutterstock:

Contoh rutinitas perawatan rambut dan perawatan kulit Hitam.
  1. Model hitam memamerkan gaya rambut hitam tradisional, seperti afro, kepang kotak, cornrows, dan gimbal.
  2. Model kulit hitam mencuci rambut mereka, berbelanja perlengkapan kecantikan, menggurui barbershop kulit hitam, atau mengenakan syal sutra, durag, dan topi di malam hari.
  3. Mewakili subjek yang menggunakan sabun Afrika, shea butter, atau minyak dan pelembab jenggot.
  4. Tampilkan model Hitam merias wajah dalam berbagai nuansa.

Menarik khan, dan sebaiknya anda tetap mengupdate foto foto yang paling laku di Shutterstock

Aplikasi Kontributor Shutterstock, Shutterstock Contributor App
Aplikasi Kontributor Shutterstock memungkinkan Anda mengunggah dan mengirimkan gambar, memantau penjualan dan kinerja Anda, dan menemukan tren terkini langsung dari ponsel Anda.

Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda dapat mengambil foto dengan ponsel Anda, mengeditnya (di Lightroom <- Saya sangat merekomendasikannya), dan mengunggahnya ke Shutterstock tanpa terlebih dahulu memindahkannya ke komputer Anda.


Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Bagaimana mendapatkan Uang dari Menjual Foto di Shutterstock, Tips dan Triks "

  1. Boleh juga nih, buat mereka yang ahli fotografi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas kunjungannya Bu Nur. Semoga selalu sehat wal afiat dalam segala aktifitas

      Delete

Terima kasih atas kunjungan teman teman, semoga artikel bermanfaat dan silahkan tinggalkan pesan, kesan ataupun komentar.

Popular Posts