Caloenas nicobarica, The Nicobar Pigeon

 

Merpati Nicobar





Informasi Satwa

Informasi Umum dari Nicobar Pigeon, Merpati Nicobar, Caloenas nicobarica adalah burung yang ditemukan di pulau-pulau kecil dan di wilayah pesisir dari Kepulauan Andaman dan Nicobar, India, timur melalui Kepulauan Melayu, hingga Kepulauan Solomon dan Palau.

Ini adalah satu-satunya anggota genus Caloenas yang masih hidup di samping merpati hijau tutul yang telah punah, dan merupakan kerabat terdekat dari dodo dan Rodrigues solitaire yang telah punah.

Sekilas Info Satwa 

Sekilas Info 
Nama Populer - Pop name :  Nicobar Pigeon, Merpati Nicobar
Nama Latin - Latin Name    :  Caloenas nicobarica                                             
Family                        :  Columbidae
Origin - Daerah Asal           :  Pulau Tanimbar, Indonesia Timur
Ciri khas                            :  Berbulu hijau cerah
Keunikan                           :  Memiliki jambul

Merpati Nicobar merupakan  merpati besar, berukuran panjang 40 cm. Kepala berwarna abu-abu, seperti bulu leher bagian atas, yang berubah menjadi hijau dan tembaga. Ekornya sangat pendek dan berwarna putih bersih. Sisa bulunya berwarna hijau metalik. Cere dari paruh gelap membentuk kenop kecil kehitaman; kaki yang kuat dan kaki yang merah kusam. Irisnya gelap.

Burung Merpati Nicobar Betina sedikit lebih kecil dari jantan; mereka memiliki kenop tagihan yang lebih kecil, lekukan yang lebih pendek dan bagian bawah yang lebih cokelat. Burung yang belum dewasa memiliki ekor hitam dan hampir tidak memiliki semua warna. Hampir tidak ada variasi di seluruh rentang burung. Bahkan subspesies Palau C. n. pelewensis hanya memiliki potongan leher yang lebih pendek, tetapi sebaliknya hampir identik.

Caloenas nicobarica, The Nicobar Pigeon,  adalah spesies yang sangat vokal, memberikan panggilan berulang bernada rendah.


Merpati Nicobar berkeliaran dalam kawanan dari pulau ke pulau, biasanya tidur di pulau lepas pantai di mana tidak ada predator dan menghabiskan hari di daerah dengan ketersediaan makanan yang lebih baik, tidak menghindar dari daerah yang dihuni manusia.

Makanan burung Merpati Nicobar  terdiri dari biji, buah dan kuncup, dan tertarik ke daerah di mana biji-bijian tersedia. A gizzard stone atau Batu ampela membantu menggiling makanan keras. Memiliki kecepatan terbang yang cepat, dengan ketukan teratur dan sesekali kepakan sayap yang tajam, seperti karakteristik merpati pada umumnya.

Tidak seperti merpati lainnya, Burung Merpati Nicobar berkelompok cenderung terbang dalam kumpulan atau kelompok tunggal, bukan dalam kawanan yang yang besar dengan populasi banyak seperti merpati pada umumnya. Ekor putih menonjol dalam penerbangan bila dilihat dari belakang dan dapat berfungsi sebagai semacam " "taillight",lampu belakang", menjaga kawanan merpati tetap bersama saat menyeberangi laut saat fajar atau senja.

Kedewasaan atau senioritas dari merpati Nicobar dapat dilihat dari dominan warna ekor putih.  Pada burung muda dengan jumlah warna putih yang sedikit adalah sinyal ketidakdewasaan mereka yang terlihat jelas oleh spesies sejenis – bagi merpati Nicobar dewasa, terlihat jelas bahwa anggota kawanan bukanlah pasangan potensial, atau pesaing potensial untuk pasangan, atau cukup umur untuk aman. memandu kawanan dari satu pulau ke pulau lain.

Spesies Caloenas nicobarica bersarang di hutan lebat di pulau lepas pantai, seringkali dalam koloni besar. Itu membangun sarang tongkat longgar di pohon. Ia meletakkan satu telur putih elips berwarna biru pucat

Klasifikasi Taksonomi Satwa

Klasifikasi Taksonomi Satwa
Kingdom    :  Animalia
Phylum      :  Chordata
Class         :  Aves
Order         : Columbiformes
Family        : Columbidae
Subfamily   : 
Genus        : Caloenas
Species      : Caloenas nicobarica

Binomial name
Caloenas nicobarica (Linnaeus, 1758)

Sinonim
Columba nicobarica Linnaeus, 1758

Kisaran penangkaran merpati Nicobar meliputi Kepulauan Andaman dan Nicobar di India, Kepulauan Mergui Myanmar, pulau lepas pantai Thailand barat daya, Semenanjung Malaysia, Kamboja selatan dan Vietnam, dan banyak pulau kecil antara Sumatra, Filipina, dan Kepulauan Solomon. pulau. Di Palau, satu-satunya subspesies yang berbeda C. n. pelewensis ditemukan.

Informasi Pemotretan 

Pemotretan 
Lokasi pemotretan di Sumatra
Detail :
Camera maker : Nikon Corporation
Camera model : Nikon D750
F Stop : f/4
Exposure time : 1/1000 sec.
ISO Speed : ISO 2500
Focal lengh : 120 mm
Lens : 
Nikon AF-S 24 - 120 mm F/2.8G IF-GED VR NIKKOR
Nikon AF-S Micro Nikkor 105 mm 1 : 2.8 GED
Nikon AF - S NIKKOR 70-300mm f/4.5-5.6E ED VR

Detail :
Camera maker : Nikon Corporation
Camera model : Nikon D5200
F Stop : f/5.6
Exposure time : 1/125 sec.
ISO Speed : ISO 400 
Focal lengh : 300 mm
Lens : 
Sigma 70-300mm f/4-5.6 DG Macro 
Nikon AF-S Nikkor 18 - 55 mm F.3.5-5.6 G
Nikon AF-S Nikkor 55 - 200 mm 1. 4 - 5.6 G ED

Kamus Identifikasi Flora dan Fauna serta Sumber Informasi untuk Pengenalan Flora dan Fauna 

Planter and Forester
Dilarang meng copy dokumentasi foto tanpa ijin 







Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Caloenas nicobarica, The Nicobar Pigeon "

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungan teman teman, semoga artikel bermanfaat dan silahkan tinggalkan pesan, kesan ataupun komentar.

Popular Posts