The grizzled tree kangaroo, Dendrolagus inustus, Kanguru Pohon Papua

 

The grizzled tree kangaroo, Dendrolagus inustus




The grizzled tree kangaroo, Dendrolagus inustus, Kanguru Pohon Papua


Informasi Satwa

Informasi Umum dari bintang foto model kali ini dari kelompok Mamalia, Animal Photography, ya kanguru yang tidak suka di darat. Alias kanguru yang lebih suka tinggal di Pohon.

Kanguru ini senang berpose dan sangat tenang saat di foto.  Memudahkan fotografer dalam melakukan sesi pemotretan. Kanguru pohon kelabu

Informasi  The grizzled tree-kangaroo, Kanguru pohon kelabu, Kanguru pohon beruban, Dendrolagus inustus adalah spesies marsupial arboreal kecil dalam famili Macropodidae. Ini ditemukan di hutan kaki bukit di utara dan barat papua dan asli dari beberapa pulau lepas pantai.

Sekilas Info Satwa 

Sekilas Info 
Nama Populer - Pop name :  Kanguru Pohon Kelabu, Kanguru Pohon beruban
Nama Latin - Latin Name     Dendrolagus inustus                                              Family                        :  Macropodidae
Origin - Daerah Asal           :  Papua, Indonesia
Ciri khas                            :  Arboreal dan berekor panjang
Keunikan                           :  Postur Kangoroo dengan ekor yang kuat

The grizzled tree kangaroo, Dendrolagus inustus, Kanguru Pohon Papua

The grizzled tree kangaroo, Kanguru pohon kelabu, Kanguru pohon beruban tumbuh dengan panjang sekitar 75 hingga 90 cm dengan jantan jauh lebih besar daripada betina. Ini menyerupai kanguru darat dan beratnya bervariasi antara sekitar 8 dan 15 kg.

Kepalanya kecil, dengan moncong datar, lengannya kuat untuk memanjat, kaki belakangnya panjang dan kakinya besar untuk hewan arboreal. Jari-jari kaki dipersenjatai dengan cakar yang kuat dan jari kaki keempat biasanya lebih panjang dari yang lain.

Ekor silindris yang lebat biasanya tidak berbulu di dasarnya, dan digunakan sebagai penyangga saat memanjat. Warnanya antara abu-abu arang dan coklat coklat dengan bagian bawah yang lebih pucat. Telinga berwarna hitam dan jari kaki serta ekor berwarna gelap.

The grizzled tree-kangaroo, Kanguru pohon beruban berasal dari hutan hujan tropis di utara dan barat Papua, Indonesia pada ketinggian hingga 1.400 m (4.600 kaki) di atas permukaan laut.

Jangkauan  Kanguru pohon kelabu meliputi Pegunungan Foja dan Semenanjung Kepala Burung dan terdapat di pulau lepas pantai Yapen, Waigeo, Misool dan Salawati, dan mungkin Batanta. Ini hadir di hutan primer dan sekunder.

The grizzled tree kangaroo, Dendrolagus inustus, Kanguru pohon beruban terkadang turun ke tanah tetapi menghabiskan sebagian besar waktunya di kanopi hutan, karena ia mampu melompat dengan gesit dari pohon ke pohon.

The grizzled tree kangaroo, Dendrolagus inustus, Kanguru pohon kelabu tidur di cabang horizontal dan memakan daun, buah, dan kulit pohon. Makanannya meliputi daun Schuurmansiella angustifolia, Gnetum, Tetracera, Elatostema dan arum serta daun dan buah pohon ara.

Perkembangbiakan kanguru pohon ini telah sedikit dipelajari tetapi perkembangbiakan tampaknya terjadi setahun sekali dengan satu anak yang tersisa di kantong betina selama sekitar sembilan bulan.

Klasifikasi Taksonomi Satwa

Klasifikasi Taksonomi Satwa
Kingdom    :  Animalia
Phylum      :  Chordata
Class         :  Mammalia
Order         : Diprotodontia
Family        : Macropodidae
Genus        : Dendrolagus
Species      : Dendrolagus inustus

Binomial name
Dendrolagus inustus Müller, 1840


The grizzled tree kangaroo, Dendrolagus inustus, Kanguru Pohon Papua

Status konservasi dari The grizzled tree kangaroo, Dendrolagus inustus, Kanguru Pohon Papua dalam IUCN mencantumkan kanguru pohon beruban sebagai "rentan" - Vulnerable. 

Kangguru Pohon Papua, Kanguru pohon kelabu merupakan hewan yang tidak biasa dan populasinya diyakini menurun meskipun jangkauan dan jumlahnya belum dipelajari dengan baik. Ini diburu untuk makanan dan perdagangan hewan peliharaan oleh masyarakat adat dan habitatnya hilang karena hutan dibuka untuk pertanian skala kecil dan untuk membuka jalan bagi perkebunan kelapa sawit. Hewan-hewan yang hidup di pegunungan pesisir utara sangat terancam, tetapi ada inisiatif masyarakat di sana yang berfokus pada konservasi kanguru pohon. Hewan itu muncul di Appendix II CITE

Informasi Pemotretan 

Pemotretan 
Lokasi pemotretan di Bogor
Detail :
Camera maker : Nikon Corporation
Camera model : Nikon D750
F Stop : f/7.1
Exposure time : 1/320 sec.
ISO Speed : ISO 100
Focal lengh : 300 mm
Lens : 
Nikon AF-S 70 - 300 mm F/2.8G IF-GED VR NIKKOR

Kamus Identifikasi Flora dan Fauna serta Sumber Informasi untuk Pengenalan Flora dan Fauna 

Masukpakeko.id  dan Planter and Forester
Dilarang meng copy dokumentasi foto tanpa ijin 

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "The grizzled tree kangaroo, Dendrolagus inustus, Kanguru Pohon Papua"

  1. Ternyata ada pula yang namanya kangguru pohon. Berati dia pandai manjat kayak beruang ya, Pak Eko.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Bu Nur ada Kangguru Pohon yang menghabiskan sebagian besar hidupnya di atas pohon dan beda dengan kangguru yang di darat, meskipun bentuknya mirip. Saat dinas di Merauke, baru saya tahu ternyata ada beberapa spesies kangguru, dan ada juga kangguru tanah yang ukurannya lebih kecil dibanding kangguru Australia. Terima kash Bu Nur, salam sehat dan selamat beraktifitas

      Delete

Terima kasih atas kunjungan teman teman, semoga artikel bermanfaat dan silahkan tinggalkan pesan, kesan ataupun komentar.

Popular Posts