Acridotheres javanicus, The Javan myna, Burung Jalak Penyu

 

Acridotheres javanicus, The Javan myna


Daftar Isi


Acridotheres javanicus, The Javan myna, Burung Jalak

Informasi Satwa

Satwa dalam photography kali ini adalah Burung kesukaan saya dari kelompok Sturnidae alias kelompok Jalak.

Ya, Burung Jalak Penyu, Jalak Kerbau atau Jalak Kebo yang terpotret di area pertanian di Bogor.

Informasi Umum Burung 
Kerak kerbau, Acridotheres javanicus atau juga dikenal sebagai jalak kebo, jalak hitam, jalak ungu, dan jalak penyu adalah spesies burung yang merupakan termasuk familia jalak. 

Burung ini menyebar luas di Asia Timur, Asia Tenggara dan Kepulauan Indonesia bagian barat.


Acridotheres javanicus, The Javan myna, Burung Jalak

Sekilas Info Satwa 

Sekilas Info 
Nama Populer - Pop name :  Jalak Kebo, Jalak Kaleng, Jalak Penyu, Javan Mynah
Nama Latin - Latin Name    :  Acridotheres javanicus                                            Family                        :  Sturnidae
Origin - Daerah Asal           :  Asia, Indonesia
Ciri khas                            :  Berwarna hitam, berparuh putih
Keunikan                           :  Berbunyi teung teung teung....sambil menggerakkan jambulnya dan burung yang sangat berani dan mudah jinak

Burung Jalak Penyu, Kerak kerbau, Acridotheres javanicus  memiliki ukuran sedang (25 cm). Diselimuti bulu berwarna abu-abu tua (hampir hitam)/ungu kehitaman (hampir hitam) pada kepala, sayap, dan ekor, kecuali bercak putih pada bulu primer yang terlihat mencolok sewaktu terbang, serta tunggir dan ujung ekor yang berwarna putih.

Jambulnya pendek. Mirip kerak jambul, perbedaan terletak pada lebar warna putih pada ujung ekor, yang mana kalau jalak hitam memiliki warna putih lebih lebar daripada kerak jambul, warna paruh yang kuning, dan tunggir yang putih.
Burung remaja berwarna lebih coklat. Iris jingga; paruh dan kaki kuning.
Postur tubuh burung jalak hitam jantan lebih panjang ketimbang betina. Tatapan matanya pun lebih tajam. Betina juga bisa berkicau sebagaimana pejantan.

Kicauannya berbunyi parau dengan nada berkeriut “ciriktetowi“; juga berbagai siulan dan nada berderik “criuk, criuk” yang khas, terutama sewaktu terbang. Kadang meniru kicauan burung lain. Belum tersedia rekaman suara yang diambil di wilayah Indonesia.

Karena kicauannya yang bagus inilah, jalak hitam banyak dicari. Apalagi spesies bermata dan kaki putih, mentalnya amatlah berani dan jalak hitam pun termasuk hewan yang rajin berkicau dengan variasi yang harmonis

Acridotheres javanicus, The Javan myna, Burung Jalak

Burung Burung Jalak Penyu, Kerak kerbau, Acridotheres javanicus  menyebar luas di Asia bagian timur, mulai dari Bangladesh hingga ke Tiongkok selatan, Pulau Jawa, dan Sulawesi.Merupakan jenis jalak yang paling umum di sekitar kota dan lahan garapan di Jawa dan Bali.Tersebar di Asia Tenggara kecuali di Semenanjung Malaya; diintroduksi ke Sumatra.
Populasi di Sumatra, kemungkinan besar terbentuk dari burung peliharaan yang terlepas, terutama dari daerah Medan, dan saat ini telah tersebar di seluruh pulau Sumatra.

Dikarenakan spesies ini lebih banyak daripada jalak suren, maka harga jalak hitam lebih murah daripada jalak suren. 

Habitatnya di padang rumput, sawah, kebun, mangrove, pedesaan, perkotaan. Tersebar sampai ketinggian 1.500 m dpl. Jalak hitam berhabitat asli di lubang-lubang pohon besar

Klasifikasi Taksonomi Satwa

Klasifikasi Taksonomi Satwa
Kingdom    :  Animalia
Phylum      :  Chordata
Class         :  Aves
Order         : Passeriformes
Family        : Sturnidae
Genus        : Acridotheres
Species      : Acridotheres javanicus

Binomial name
Acridotheres javanicus Cabanis, 1850

Burung Burung Jalak Penyu, Kerak kerbau, Acridotheres javanicus,  Jalak hitam hidup dalam kelompok besar atau kecil. Sebagian besar mencari makan di padang rumput, pemukiman, lahan pertanian, dan di kota. Di alam bebas, jalak hitam sering mendatangi areal yang menjadi ladang penggembalaan kerbau. la senang bertengger di punggung kerbau, sambil mencari kutu yang menempel di tubuh kerbau tersebut. Oleh sebab itu, ia dikenal sebagai jalak kerbau. la juga senang mencari makanan di tanah. Makanan apapun yang ditemukannya di tanah langsung disantap

Acridotheres javanicus, The Javan myna, Burung Jalak

Informasi Pemotretan 

Pemotretan 
Lokasi pemotretan di Bogor, Jawa Barat
Detail :
Camera maker : Nikon Corporation
Camera model : Nikon D750
F Stop : f/7.1
Exposure time : 1/1000 sec.
ISO Speed : ISO 250
Focal lengh : 300 mm
Lens : 
Nikon AF-S 70 - 300 mm 

Acridotheres javanicus, The Javan myna, Burung Jalak

Kamus Identifikasi Flora dan Fauna serta Sumber Informasi untuk Pengenalan Flora dan Fauna 
masukpakeko.id
Dilarang meng copy dokumentasi foto tanpa ijin 

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Acridotheres javanicus, The Javan myna, Burung Jalak Penyu"

  1. Burung jalaknya Cantik. Pak Eko. Di lingkungan saya mungkin desebut burung murai. Tapi murai bulunya hitam dengan sedikit putih di sayapnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap Bu Nur. Kalau Burung Jalak ini, kemampuan berkicaunya masih kalah dengan burung Murai Bu. Burung Murai termasuk burung berkicau paling digemari, sedangkan Burung Jalak digemari karena mudah jinak dan berani. Terima kasih sudah berkunjung Bu, salam sehat dan selamat beraktifitas.

      Delete

Terima kasih atas kunjungan teman teman, semoga artikel bermanfaat dan silahkan tinggalkan pesan, kesan ataupun komentar.

Popular Posts