Keindahan Pulau Untung Jawa, Pengalaman Berenang Bersama Nemo, Ikan Badut

Berkunjung ke Pulau Untung Jawa

Informasi Pulau Untung Jawa

Pada medio Desember 2021, kami dari The Six Boys berkesempatan berkunjung, berwisata dan mengabadikan Pulau Untung Jawa yang kami tempuh dari Pelabuhan Tanjung Pasir.

Wisata Bahari, Snorkling bersama Ikan Nemo, Ikan badut, Clown Fish

Kami, pengelana The Six Boys, kembali melanjutkan perjalanan menikmati keindahan alam Indonesia.

The Six Boys yang berwisata ke Pulau Untung Jawa

Melanjutkan perjalanan dari Pantai Tanjung Pasir, kami melanjutkan perjalanan menuju Pulau Untung Jawa via Dermaga Tanjung Pasir.

Pulau Untung Jawa kami pilih karena memang dekat dengan Ibukota Jakarta dan masih dalam suasana Pandemi, sehingga diperlukan protokol Covid 19 yang sangat ketat jika kami bepergian terlalu jauh.

Kali ini, dari 6 anggota The Six Boys, berangkat 4 orang
1. Pak Komandan Mesiran, sebagai team pengamanan
2. Pak Yusti, sebagai team Photography
3. Pak Rizal, sebagai team Vidoegraphy
4. Sdr. Eko, sebagai team yang suka ciblon alias berenang

Secara lebih detail, profil dan foto dapat dilihat di bagian dokumentasi.  Jangan lupa ya...
Atau biar nggak lupa, langsung aja ya he..he..he...

Pak Komandan yang gagah dan sangat disiplin

Priyayi Jawa Timur yang taat beribadah dan memiliki kedisplinan dan luar biasa serta memiliki keahlian sebagai instruktur fisik sehingga senantiasa terlihat bugar.

Pak Yusti sebagai Team Photography

Memiliki keahlian yang tiada tandingannya.  Low Profile dan menjadi role model, whose behavior is emulated by others di berbagai komunitas.

Pak Rizal, sebagai team Videography

Keahlian yang tidak diragukan lagi dengan kreatifitas dan imaginasi yang luar biasa. Memiliki awarness yang patut diacungi jempol.

Penikmat hasil foto dan video

Bersyukur sebagai follower dan pengikut figur figur dengan kriteria kriteria yang luar biasa dari team The Six Boys.

Ok, berikut cerita perjalanan kami yang seru dan sangat menyenangkan.

Menyelam dan Berenang, salah satu keahlian Pak Komandan

Lokasi Pulau Untung Jawa

Pulau Untung Jawa adalah salah satu kelurahan di kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Kabupaten Kepulauan Seribu, Jakarta, Indonesia.

Pulau Untung Jawa
Pulau Untung Jawa, kami capai dari pelabuhan Tanjung Pasir dan  merupakan bagian dari Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta dan masuk dalam Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu di Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan dengan Kodepos 14510

Informasi Pulau Untung Jawa

Pulau Untung jawa memiliki Kode Kemendagri 31.01.02.1001 dengan luas wilayah sekitar 1,03 km² dan menurut data tahun 2010, Jumlah penduduk "Penduduk Indonesia Menurut Desa 2010"  Badan Pusat Statistik. 2010. hlm. 132. Diakses tanggal 14 Juni 2019 jumlah penduduk di Pulau Untung Seribu tercatat 1.726 jiwa dan menurut data "Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan dalam Angka 2018". Badan Pusat Statistik Indonesia. 2018 yang diakses tanggal 13-07-2019 jumlah penduduk Pulau Untung Jawa tercatat 2.264 jiwa.

Pak Komandan mempelajari situasi du Pulau Untung Jawa

Karena luas pulau yang tidak terlalu luas dan sesuai jumlah penduduk, tercatat Kepadatan penduduk di Pulau Untung Jawa  2.198 jiwa/km² menurut data "Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan dalam Angka 2018". Badan Pusat Statistik Indonesia. 2018 yang diakses tanggal 13-07-2019.

Pulau Untung Jawa dilengkapi dengan tujuan wisata yang sangat lengkap, sehingga mereka menyediakan Pusat Layanan Wisata untuk membantu para wisatawan menikmati keindahan Pulau Untung Jawa.

Kelengkapan organisasi di Pulau Untung Seribu ada RT sejumlah 9 RT, 3 RW dan jumlah KK sekitar 700 an.

Selain itu, untuk menjaga ketertiban, terdapat juga Polsubsektor Pulau Untung Jawa

Rute Perjalanan  Menuju Pulau Untung Jawa

Rute perjalanan menuju ke Pulau Untung Jawa, kalau dari saya yang tinggal di Bekasi, via tol Bekasi, Dalam Kota, dan lanjut ke Tol Bandara.

Dari Tol Bandara, putar balik di dekat Patung Bung Karno Bung Hatta, atau terminal 3, dan mengikuti petunjuk google map ke arah Teluk Naga.

Dari area Bandara, lanjut ke Teluk Naga, kami diarahkan ke Pelabuhan Tanjung Pasir.

Dermaga tanjung pasir merupakan salah satu akses dermaga dengan kapal tradisional menuju pulau untung jawa dan tepatnya berada di kawasan pantai tanjung pasir dengan akses jalan di ujung jalan raya tanjung pasir teluknaga tangerang.

Baca juga :

Gerbang Pangkalan Utama TNI AL III Postal Tanjung Pasir

Setelah mengikuti rute jalanan yang agak sempit dan cukup 2 mobil, kami sampai di Gerbang Pangkalan Utama TNI AL III Postal Tanjung Pasir

Setelah membayar tiket masuk sebesar Rp. 35 k,  dan memasuki gerbang yang cukup megah dan tersedia parkir yang sangat luas. Kami memilih parkir berdampingan, Pak Komandan sebagai Ketua pengamanan, berikutnya Pak Yusti sebagai team Photography, Pak Rizal sebagai team Videografi dan saya sendiri sebagai team yang sia siap berenang di Pulau Untung Jawa.

Tiket Ke Pulau Untung Jawa

Untuk mencapai Pulau Untung Jawa kami terlebih dahulu menuju Dermaga Pantai Tanjung Pasir.

Menikmati sarapan di Dermaga Tanjung Pasir

Kami sampai di Dermaga Tanjung Pasir sekitar pukul 12.00 an dan mulai menikmati bekal makan kami. Menu makankamiadalah menu keluarga, bekal yang dipersiapkan para istri. Biar hemat.

Setelah semua siap, The Six Boys yang keren menuju ke Dermaga Penyeberangan yang ada tepi pantai.

Suasana di Pantai Tanjung Pasir

Penyeberangan akan lebih dekat melalui Pantai Tanjung Pasir yang kini sudah bagus untuk dinikmati, cukup dengan Rp. 50.000 per orang dengan waktu tempuh untuk menyebrang dengan kapal berukuran sedang kurang lebih 15 menit saja.

Pemukiman di Pantai Tanjung Pasir

Harga kapalnya pun masih sangat murah, karena sangat dekat, main ke pulau Untung Jawa ini dapat dilakukan seharian penuh tanpa perlu menginap. Kapal penjemput akan selalu ada maksimal hingga pukul 17.00 sore.
Pak Komandan mengkondisikan kapal penyeberangan dari Tanjung Pasir ke Pulau Untung Jawa
Kami berangkat dari Dermaga Tanjung Pasir setelah Pak Komandan mengecek kelengkapan safety dan keamanan kapal.

Baca juga :
Pengalaman Berlibur di Pulau Tegal Mas di Akhir Tahun 2021 dan Menyambut Tahun Baru 2022
Pengecekan Kapal oleh Pak Komandan

Perjalanan yang mengasyikkan, dan kami pun beriringan dengan kapal lain yang juga menuju Pulau Untung Jawa.

Saat tiba di dermaga kita bisa langsung menemukan kemeriahan para wisatawan lokal baik dewasa maupun anak-anak yang sedang menikmati wisata air yang tersedia seperti Snorkeling, Banana boat dan masih banyak lagi.

Kami disambut dengan meriah oleh team penyambutan di Pulau Untung Jawa.

Setelah turun kapal dan berberes perlengkapan, kami pun berjalan menuju Dermaga Pulau Untung Jawa yang cukup megah dan layak untuk wisatwan yang berkunjung.

Pulau Untung Jawa, kami datang berkunjung ke Lokasimu...

Menapak di Pulau Untung Jawa

Terpampang tulisan Dermaga Utama Pulau Untung Jawa, dengan tulisan berwarna biru yang jelas di area pantai Pulau Untung Jawa.

Dermaga cukup bagus dan terawat.

Ternyata Pulau Untung Jawa memang sesuai dengan informasi yang saya dapatkan.  Merupakan bagian dari Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta dan masuk dalam Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu

Ini pertama kalinya kami menapak di Pulau Untung Jawa dan kami akan menjelajahi Pulau ini dengan gembira.

Berkeliling di Pulau Untung Jawa

Setelah siap semua, kami pun berkeliling dan mengambil arah kiri bagian pulau.

Kami melintas jalanan paving di Pulau Untung Jawa yang sangat bersih dan terawat.  Terlihat beberapa petugas kebersihan melakukan perawatan.

Tampak beberapa toko yang menjual keperluan, baik untuk wisatawan maupun penduduk Pulau Untung jawa.

Ternyata Pulau Untung Jawa memiliki berbagai wahana wisata. Berikut Informasi wisata di Pulau Untung Jawa

Papan Informasi wisata Pulau untung Jawa

Pantai Arsa, Pulau Untung Jawa

Kampung Jepang, Japanese Village, Pulau Untung Jawa

Pantai Sakura, Sakura beach, Pulau Untung Jawa

Jembatan Penganting, Bridge Bridal, Pulau Untung Jawa

Benteng Martello, Pulau Kelor,Fort Martello, Kelor Island,  Pulau Untung Jawa

Suaka Margasatwa Pulau rambut, Wildlife reserve, Rambut Island, Pulau Untung Jawa

Pulau Onrust, Onrust Island,  Pulau Untung Jawa

Bumi Perkemahan, Camping Ground, Pulau Untung Jawa

Penyelenggara Wisata  Pulau Untung Jawa  yang bisa dihubungi

Berenang Bersama Nemo di Pulau Untung Jawa

Saat berjalan menuju ujung Pulau Untung Jawa, ternyata ada fasiltas berenang bersama nemo.

Saya dan Pak Komandan sepakat untuk snorkling dan bermain bersama ikan Nemo.

Siapakah Nemo?
Nemo adalah seekor Ikan Badut, Clown Fish dan Tokoh protagonis Nemo dan ayahnya Marlin dari film animasi Finding Nemo, dan sekuelnya Finding Dory serta Coral, adalah ocellaris clownfish. Ok, jelas khan.

Menarik ....menyelam demi Ikan Badut, Si Nemo.

Pak Udin dan istri yang mengelola wahana wisata Snorkling bersama ikan Nemo, menawarkan jasa untuk menyaksikan ikan nemo. Kami sepakat dengan jasa Rp. 40.000 per orang dan untuk 2 orang kami membayar Rp. 80.000.

Setelah sepakat, kamipun dibriefing dan diberikan perlengkapan snorkling seperti snorkle, pelampung dan sepatu karet.

Setelah briefing, kami pun berfoto sejenak di Papan Petunjuk Ikan Nemo.

Sebelum snorkling berfoto dulu di Taman Nemo yang unik dengan latar belakang area snorkling.

Atas arahan Pak Udin, kami pun menuju titik yang sudah ditunjuk dan mulai snorkling melihat indahnya terumbu karang dan ikan ikan yang berenang diantara kami.

Memang airnya agak keruh, mungkin karena sudah menjelang sore, tetapi kami masih bisa menikmati keindahan bawah laut Pulau Untung Jawa

Ada cerita yang menarik saat kami menikmati bermain dengan ikan Nemo.  pak udin sudah menyampaikan kepada kami, bahwa beliau akan mengumpulkan dulu ikan ikan yang ada supaya mau berfoto dan bervideo bersama kami.

Beliau mengumpulkan semacam rumput laut dan keong atau semacam siput atau kalau saya bilang mirip lumut yang merupakan kesukaan ikan nemo atau ikan badut.

Sekitar 5 menit, Pak Udin sudah memberi kode bahwa ikan sudah berkumpul dan siap bercanda dengan kami.

Persyaratan bermain dengan ikan nemo (sesuai arahan Pak Udin) adalah.
  1. Jangan memegang terumbu karang sarang ikan nemo
  2. Jangan memegang ikan nemo, cukup bermain dengan kode tangan
  3. Jangan panik, snorklinglah dengan tenang dan santai

Foto dan Video pertama adalah bermain dengan ikan Nemo.  Kami hanya berenang mengapung dengan pelampung dan ikan nemo akan dibawa oleh Pak Udin dengan sarangnya.

Ikan ikan Nemo cukup jinak dan sangat penurut dengan Pak Udin. Kami bergantian berenang dan berpose dengan Ikan Nemo.

Kadang kadang Ikan Nemo juga tidak sengaja tersentuh karena mereka berkeliaran sangat dekat dengan kami, bahkan ada yang nempel di snorkle kami.

Kami juga terkadang menyentuh sarang mereka yang berupa terumbu karang yang kalau terpegang  seperti lengket dan menghisap jari jari kami.  Kata Pak Udin itu artinya terumbu karangnya hidup.

Wah, ini pengalaman yang berkesan bermain bersama ikan nemo yang ada di Pulau Untung Jawa.

Setelah bermain dengan Ikan Nemo, kami melepas pelampung dan mulai menyelam di kedalaman sekitar 3 meter.

Nah disini ada kejadian yang unik.  Pengalaman Pak Komandan terbukti memang luar biasa.
Saat menyelam di kedalaman 3 meteran untuk pengambilan video berenang bersama aneka ikan laut yang ada di Pulau Untung Jawa, sekitar 5 menitan menyelam di dalam air laut, ternyata Pak Udin muncul duluan dan berkata, Pak Komandan sangat luar biasa kekuatan napasnya.

Top, ternyata terbukti pak Komandan memang perenang handal.

Berikut foto foto Pak Komandan berenang dan bermain bersama Ikan Nemo

Pak Komandan sangat senang bermain dengan ikan Nemo

Setelah Pak Komandan selesai pengambilan Video dan Foto, saatnya giliran saya  berenang dan bermain bersama ikan Nemo.

Memang luar biasa.  Ikan ikan Nemo ini memang sangat jinak dan tidak takut bermain dengan saya.

Bahkan ada yang sengaja meliak liuk di depan snorkle saya. Keindahan alam bawah laut  Pulau Untung  Jawa.

Ikan Nemo atau Ikan badut ocellaris - The ocellaris clownfish, Amphiprion ocellaris, juga dikenal sebagai ikan badut percula palsu atau ikan badut biasa, adalah ikan laut termasuk family Pomacentridae, yang mencakup ikan badut dan ikan damsel.

Bercanda dengan Ikan Nemo alias ikan badut, Clown Fish Amphiprion ocellaris yang sangat lucu dan lincah di Pulau Untung Jawa

Ikan Badut atau Amphiprion ocellaris ditemukan dalam berbagai warna, tergantung di mana mereka berada. Misalnya, Amphiprion ocellaris hitam dengan pita putih dapat ditemukan di dekat Indonesia termasuk di Pulau Untung Jawa, Australia utara, Asia Tenggara, dan Jepang.

Beruntung saya bisa menyaksikannya di Pulau Untung Jawa bersama Pak Komandan dan Pak Udin.

Warna ikan badut umumnya berwarna Oranye atau merah coklat Amphiprion ocellaris juga ada dengan tiga pita putih serupa di tubuh dan kepala. Amphiprion ocellaris dapat dibedakan dari spesies Amphiprion lainnya berdasarkan jumlah jari-jari dada dan duri punggung. Amphiprion ocellaris diketahui tumbuh hingga sekitar 110 mm.

Seperti banyak spesies ikan lainnya, betina lebih besar dari jantan. Siklus hidup Amphiprion ocellaris bervariasi apakah mereka berada di permukaan atau dasar laut. Ketika mereka awalnya menetas, mereka berada di dekat permukaan.

Namun, ketika Amphiprion ocellaris memasuki tahap kehidupan remaja, mereka melakukan perjalanan ke bawah untuk mencari perlindungan di anemon inang. Begitu mereka menemukan anemon mereka, mereka membentuk hubungan simbiosis dengan mereka.

Nah, karena inilah maka Pak Udin melarang kami menyentuh anemon yang menjadi sarang mereka.

Amphiprion ocellaris bergantung pada anemon laut untuk berlindung (mereka memiliki hubungan simbiosis dengan anemon laut). Anemon laut adalah pelindung bagi ikan dan sarangnya.

Ini karena ketika Amphiprion ocellaris berada di perairan terbuka, mereka memiliki risiko pemangsaan yang lebih tinggi. Diduga bahwa perilaku mengipasi ikan dan menghilangkan parasit meningkatkan kesehatan anemon laut yang mengandung ikan A. ocellaris.

Selain itu, anemon memberikan perlindungan bagi ikan dengan tentakelnya, namun perlindungan lendir ikan mencegahnya disengat tentakel. Kehadiran ikan badut dapat diartikan sebagai pemikat untuk menarik calon mangsa anemon yang dekat dengan tentakelnya. Dan clownfish juga bisa mempertahankan anemon dari beberapa ikan karang yang bisa memakan tentakelnya.

Nah, terjawab sudah kenapa anemonnya kalau dipegang terasa lengket dan jari jari serasa terhisap, karena mereka mengira jari jari kami adalah mangsa yang siap dijadikan makanan berkat ketertarikan dengan Ikan badut yang bersarang di Anemon.

Kami bercengkerama dengan Ikan Nemo sampai lupa waktu.  Kami sudah janjian dengan tiukang Perahu untuk pulang bersama jam 16.30 WIB, kumpul di Dermaga Pulau Untung Jawa menuju Dermaga Tanjung Pasir.

Berita terakhir, akhirnya kami ketinggalan kapal dan ikut kapal terakhir yang berlayar menuju Dermaga Tanjung Pasir. Untung masing ada kapal yang terakhir. Nyaris kami menginap di Pulau Untung Jawa.
Menikmati pemandangan bawah laut Pulau untung Jawa bersama ikan ikan yang jinak

Menikmati pemandangan bawah laut Pulau Untung Jawa.

Menikmati keindahan pemandangan bawah laut Pulau untung Jawa bersama ikan ikan yang jinak

Kelincahan dan keindahan ikan ikan Pulau Untung Jawa bak menghipnotis kami sampai lupa waktu.

Bergegas kami mentas, supaya tidak ketinggalan kapal. Kami membilas badan dan mandi dengan air tawar dan air bersih yang disediakan oleh Wahana Snorkling bersama Ikan Nemo.

Ada beberapa kamar mandi yang siap dipakai untuk bilas dan bersih serta berganti pakaian.

Pak Komandan berbelanja, takut masuk angin
Pak Komandan awalnya ingin pulang dengan berbasah basahan, tetapi akhirnya nggak kuat juga dan membeli celana ganti di Toserba yang ada di Pulau Untung Jawa.  Kenapa saya sebut Toserba, karena mulai dari minuman ringan, indomie rebus hingga celana tersedia. One Stop Shopping.

Sebenarnya, sempat menikmati kopi juga untuk menghangatkan badan karena air laut di sore hari memang sangat dingin.
Ngopi sik, kedinginan urusan belakang

Setelah menikmati Snorkling dan membilas badan di kamar bilas yang berair tawar, kamipun berterima kasih kepada Pak Udin dan berharap bisa menikmati snorkling kembali bersama lucunya ikan Nemo dan kami pun berkesempatan berfoto bersama Pak Udin

The Six Boys berfoto bersama dengan Pak Udin, Sang Pawang Ikan Nemo

Fasilitas di Pulau Untung Jawa

Fasilitas di Pulau Untung Jawa sangat lengkap, karena Pulau Untung Jawa merupakan kelurahan tersendiri.

Selamat datang di Pulau Untung Jawa

Dermaga yang bagus, kokoh dan bersih

Kawasan bermain anak anak

Arena bermain anak anak, rumah pohon

Replika perahu nelayan di Kolam Air mancur Pulau Untung Jawa

yang pasti Snorkling bersama Ikan Nemo.

Tersedia peralatan Snorkling yang memenuhi standar snorkling dan aman digunakan bagi pengunjung dan kamera snorkling disediakan oleh pengelola. Hasil foto dan video snorkling bersama ikan Nemo atau ikan Badut, Clown Fish akan ditransfer ke memory pengunjung. Pokoknya ok dan mantap.  Terima kasih untuk team Pak Udin.

Berderet beberapa failitas tempat tinggal untuk karyawan di Pulau Untung Jawa

Hiasan jalan berpaving yang bertuliskan asmaul husna

Fasilita skendareaan angkutan mirip becak untuk pengunjung dan warga yang membawa banyak barang

Fasilitas Konservasi untuk burung Cikalang Christmas atau Fregata andrewsi

Banyak tersedia kuliner yang enak dan tidak menguras kantong.  Selain itu ada juga toserba yang menjual aneka kebutuhan pengunjung maupun warga Pulau Untung Jawa

Saat melintas di tepi laut Pulau Untung Jawa, ada beberapa papan nama peringatan untuk jarigan Kabel Tegangan Tinggi, 20.000 Volt.  Posisinya ada di dekat area ruang terbuka hijau Pulau Untung Jawa.

kawasan berada 200 meter arah kanan dan kiri kabel tegangan tinggi

Karyawan kebersihan dan pengelola kawasan Pulau Untung Jawa yang siap membantu jika ada pengunjung yang kesulitan.

Tampak Pak Yusti sedang menunjukkan fasilitas yang ada di Pulau Untung Jawa kepada Pak Mesiran.  Pokoknya ada fasilitas
  1. Pertokoan
  7. Area untuk berenang
  8. Area untuk penelitian di kawasan konservasi
dll

Tuh, disana ada tempat untuk makan es kelapa muda yang nikmat, kata PakYusti

Photography di Pulau Untung Jawa

Berikut hasil fotografi di Pulau untung Jawa, meskipun tidak terlalu lengkap.

Beberapa foto di atas hanya contoh saja ya, karena foto dari Pak Rizal, Pak Yusti dan  Pak Komandan yang belum terpasang.

Suasana Pengunjung Di Pulau Untung Jawa

Suasana santai dan nyaman di Pulau Untung Jawa, karena pas kami berkunjung kami yang mendominasi, maka kebanyakan suasana pengunjung diisi oleh kami.

Berfoto dan santai

Suasana yang santai dan bersih

Suasana nyman dan asri

Pak Yusti dengan kamera Sony dan Lensa tele 100 - 400 mm nya yang keren

Salam dari Pulau Untung Jawa

Moto dulu ah...kata Pak Rizal

Kesan Berkunjung ke Pulau Untung Jawa

Bderkunjung ke Wisata Pulau Untung Jawa yang meskipun bagian dari Kepulauan Seribu tetapi mudah dijangkau oleh para wisatawan

Jempol untuk Wisata Bahari Pulau Untung Jawa

Kami berikan jempol untuk Pulau untung Jawa.

Beruntung kami tidak ditinggal kapal dan ditunggu dengan sabar oleh Pak Nakhoda kapal hingga kami sampai Dermaga Pulau Untung Jawa.

Nakhoda kapa Mekar Abadi khusus menungu kami yang terlena berenang bersama Ikan Nemo alias ikan badut.

Ternyata tidak hanya kami, ada beberapa orang yang ketinggalan juga. Pantes kapal masih sandar.

Dermaga Pulau Untung Jawa

Dokumentasi Di Pulau Untung Jawa

Berikut beberapa dokumentasi di Pulau Untung Jawa.
Mantap dan keren, kata Pak Komandan

Siap snorkling melihat Ikan Nemo di Pulau Untung Jawa

Salam dari Pulau Untung Jawa

Saya foto dulu ya...kata Pak Rizal

Sampai jumpa di kunjungan berikutnya. Salam dari Pak Yusti

Bergaya foto

Pak Komandan di kapal Penyeberangan Dermaga Tanjung Pasir dan Pulau Untung Jawa.

Wisata Bahari Pulau Untung Jawa cocok untuk anda yang ingin berwisata ke kawasan Pulau yang memiliki banyak area wisata.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Keindahan Pulau Untung Jawa, Pengalaman Berenang Bersama Nemo, Ikan Badut "

1. Replies
    1. Ayo Om Irwan, next trip ikut ya. Menjelajah indahnya Bajawa dan Manggarai. Siap siap ya Om.

Delete

Terima kasih atas kunjungan teman teman, semoga artikel bermanfaat dan silahkan tinggalkan pesan, kesan ataupun komentar.