Adobe Stock, Beberapa Masalah Foto Foto kenapa direject atau tidak lolos Kurasi

Kenapa Foto Tidak Lolos Seleksi Adobe Stock

Common reasons for rejection



Informasi Tentang Foto Yang Tidak Lolos di Adobe Stock

Alasan umum penolakan

Cari tahu mengapa konten ditolak dari koleksi Adobe Stock sehingga Anda akan memiliki peluang sukses yang lebih baik dengan kiriman Anda sendiri.
Semua file yang dikirimkan ke Adobe Stock melalui proses peninjauan untuk memastikan bahwa file tersebut memenuhi standar kualitas kami. Tujuan kami adalah membantu Anda menjadi Kontributor Saham Adobe yang sukses, jadi jika konten Anda ditolak, tim moderasi akan memberi Anda alasannya. (Mungkin ada lebih dari satu alasan, tetapi karena keterbatasan waktu, moderator hanya akan membagikan satu.)



Daftar foto yang lolos kurator di Adobe Stock

Jika Anda menerima penolakan, gunakan ini sebagai kesempatan untuk meninjau file Anda dengan cermat dan memutuskan apakah itu layak untuk disesuaikan sehingga Anda dapat mengirimkannya lagi. Pastikan perubahan Anda mengatasi alasan file ditolak sebelum Anda mengirim ulang.

Informasi foto yang lolos Kurator Adobe Stock

Berikut adalah alasan utama file ditolak:

Masalah Kurangnya Daya Tarik Estetika atau Komersial

Kurangnya daya tarik estetika atau komersial atau Lack of aesthetic or commercial appeal

Seobjektif mungkin, tanyakan pada diri Anda: “Jika saya adalah pelanggannya, mengapa saya membeli gambar ini?” Jika Anda tidak dapat menemukan jawaban yang baik, coba ubah pendekatan Anda terhadap konten yang Anda buat dan kirimkan —dan pastikan untuk memperhatikan detailnya. Misalnya, jika Anda membuat foto keluarga yang tampak hebat sedang menikmati barbekyu tetapi panggangan tertutup karat, foto tersebut tidak akan memiliki nilai komersial.

Juga, perhatikan bahwa subjek umum seperti bunga, hewan peliharaan, matahari terbenam, dan makanan sudah banyak diwakili di Adobe Stock, jadi jika Anda mengirimkan konten untuk kategori ini, pastikan mereka unik.

Masalah Ketidakpatuhan  

Ketidakpatuhan atau Noncompliance

File dapat dianggap tidak patuh karena tanda air, kata kunci atau judul yang tidak pantas atau tidak relevan, atau konten yang meragukan atau memfitnah. Selain itu, jika Anda mendapatkan pengingat untuk memberikan atau menyelesaikan masalah dengan rilis dan Anda mengirim ulang file tanpa mengatasi masalah tersebut, kami akan menolaknya sebagai tidak patuh.

Kotak warna biru, Foto yang ditolak oleh Adobe Stock karena  Non compliance image

Masalah Kekayaan Intelektual

Masalah kekayaan intelektual atau Intellectual property (IP) issues  

Jika file Anda berisi konten yang dilindungi oleh undang-undang kekayaan intelektual, kami tidak dapat menerimanya. Aturan ini berlaku untuk melindungi Anda serta pelanggan kami dan Adobe Stock. Untuk informasi lebih lanjut, tinjau bagian Panduan hukum dari panduan Kontributor ini.

Kotak warna biru, Foto yang ditolak oleh Adobe Stock karena Intellectual property (IP) issues  

Konten yang dilindungi oleh undang-undang IP dapat muncul dalam gambar, deskripsi, judul, dan/atau kata kunci. Berikut beberapa contohnya:
Produk dan objek
Jika mereka dapat diidentifikasi dan dibedakan dalam tampilan visual, seperti dalam bentuk atau warnanya, produk komersial tidak boleh menjadi fokus dan/atau menjadi subjek utama konten Anda. Ini termasuk mainan, aksesori fesyen, perangkat elektronik, furnitur desainer, dan banyak lagi.

Merek dagang, pakaian dagang, dan kekayaan intelektual
Kami tidak dapat menerima konten yang menyertakan logo, merek dagang, atau nama perusahaan atau merek. Ini termasuk kemasan yang dapat diidentifikasi atau pakaian produk lainnya.

Lokasi, tempat, monumen, dan landmark
Lokasi bertiket dengan tiket masuk berbayar sering kali memiliki batasan fotografi. Gambar memerlukan rilis properti saat menggambarkan lokasi unik dengan fitur khas dengan cara yang dapat diidentifikasi, termasuk lampiran yang dapat diidentifikasi, instalasi, hewan, dan banyak lagi. Kami juga tidak dapat menerima konten yang menggambarkan landmark dan monumen tertentu. Anda bertanggung jawab untuk mencari tahu apakah ada batasan fotografi yang berlaku.

Arsitektur dan bangunan
Arsitektur modern dengan struktur bangunan yang unik membutuhkan pelepasan ketika menjadi fokus utama gambar. Namun, tergantung pada situasi tertentu, pemandangan kota, cakrawala, atau close-up mungkin baik-baik saja.

Objek berhak cipta
Gambar yang menggambarkan atau berasal dari karya seni, patung, seni jalanan, gambar, ilustrasi, sastra, font, dan elemen grafis tidak dapat diterima jika Anda tidak membuatnya sendiri.


Masalah Kualitas atau Teknis

Masalah kualitas atau teknis atau Quality or technical issues

Agar konten memiliki nilai komersial, konten harus berkualitas tinggi dan secara teknis sempurna. Gambar dan video harus fokus dan cukup terang tanpa ada tanda-tanda artefak. Vektor harus diatur, dan jalur bentuk yang terisi harus ditutup.

Kotak warna biru, Foto yang ditolak oleh Adobe Stock karena technical issues

Berikut adalah masalah kualitas umum yang dapat menyebabkan pengiriman ditolak:

Tidak fokus - Out of focus  
  1. Selalu periksa konten Anda dalam ukuran 100% sebelum mengirimkan untuk memastikan konten Anda fokus.
  2. Saat Anda menggunakan gerakan kabur, pastikan subjek utama tajam dan fokus.
  3. Pastikan bahwa kedalaman pilihan lapangan disengaja dan efektif. Jika Anda memotret dengan aperture lebar, depth of field akan meningkatkan foto. Dengan kedalaman bidang yang dangkal, elemen penting tidak boleh keluar dari fokus. Jika gambar dalam fokus tetapi kurang tajam, pastikan penajaman pascaproduksi tidak menimbulkan artefak.
  4. Untuk gambar yang lebih tajam, gunakan atripod atau monopod jika memungkinkan. Kecepatan rana yang lebih cepat tentu membantu. Penting untuk dicatat bahwa salah satu cara untuk meningkatkan kecepatan rana Anda adalah dengan meningkatkan aperture Anda, yang pada gilirannya akan meningkatkan kedalaman bidang. Temukan keseimbangan yang tepat untuk memastikan kualitas maksimal. Anda juga dapat meningkatkan kecepatan rana dengan meningkatkan ISO, tetapi jika Anda mengaturnya terlalu tinggi, ini dapat menimbulkan noise atau artefak.
  5. Ketahui batasan kamera Anda. Jangan takut untuk mendorong pekerjaan Anda ke tepi batas itu, tetapi berhati-hatilah untuk tidak melampauinya (terlalu jauh).
Kotak warna biru, Foto yang ditolak oleh Adobe Stock karena Out of Focus

Artefak atau Artifacts 

  1. Masalah yang paling umum adalah noise yang berlebihan, yang menyebabkan gambar terlihat kasar. Artefak sering disebabkan oleh pengaturan ISO tinggi untuk gambar yang diambil dalam situasi cahaya rendah. Banyak kamera yang terlalu berisik pada ISO 1600, dan beberapa pada pengaturan yang lebih rendah.
  2. Artefak dapat disebabkan oleh pasca-pemrosesan yang invasif. Selalu simpan file asli Anda. Jika Anda mendapatkan penolakan berdasarkan artefak, bandingkan gambar yang Anda kirimkan dengan aslinya untuk melihat asal artefak tersebut.
  3. Artefak juga dapat disebabkan oleh debu sensor. Anda dapat menghilangkan bintik-bintik debu di pasca-pemrosesan, tetapi lebih mudah untuk menjaga sensor tetap bersih. Periksa dengan toko kamera lokal Anda untuk opsi pembersihan dan saran.

Masalah pencahayaan atau Lighting issues

  1. Terlalu banyak cahaya (overexposure) atau tidak cukup (underexposure) dapat mengurangi kualitas foto. Periksa histogram Anda atau lihat gambar di layar saat memotret untuk memastikan bahwa Anda mengekspos gambar dengan benar.
  2. Shutter speed, aperture, dan ISO adalah tiga hal utama yang menentukan exposure. Baik Anda menggunakan cahaya sekitar atau cahaya studio, pelajari cara menyesuaikan eksposur gambar Anda untuk menangkap pemandangan dengan sebaik-baiknya.
  3. Dalam beberapa kasus, eksposur mungkin ditentukan oleh pemandangan yang Anda tangkap, tetapi eksposur alami mungkin tidak selalu ideal untuk stok. 

Kualitas gambar - Image quality 

Masalah teknis umum dengan foto dan video:
  1. White balance : The white balance Keseimbangan putih: Keseimbangan putih mungkin terlalu hangat atau terlalu dingin. Saat Anda memotret dalam format mentah, Anda memiliki banyak fleksibilitas untuk menyesuaikan white balance di pasca-pemrosesan.
  2. Kontras - Contrast : Mungkin ada terlalu banyak atau tidak cukup kontras.
  3. Saturasi - Saturation : Saturasi berlebih dapat menciptakan tampilan yang tidak alami, tetapi warna yang kurang jenuh atau warna spot mungkin juga tidak terlihat bagus. Jika Anda menggunakan Adobe Photoshop Lightroom, Anda mungkin ingin mencoba penggeser Vibrance alih-alih Saturasi.
  4. Pilihan - Selections : Pengeditan harus tidak mencolok. Memilih objek untuk menghapusnya dari latar belakang dan menggabungkannya menjadi gambar baru membutuhkan waktu, kesabaran, dan perhatian. Jangan mengirimkan gambar yang telah dipilih dengan buruk atau terlihat seperti menyertakan konten yang bukan merupakan bagian alami dari pemandangan tersebut.
  5. Chromatic aberration: Mungkin ada pinggiran warna di sekitar objek dalam gambar.
  6. Komposisi umum - General composition : Apakah cakrawala Anda lurus? Apakah Anda memotong gambar terlalu banyak? Pertimbangkan untuk meninggalkan ruang desainer untuk menambahkan teks atau objek mereka sendiri.

Masalah teknis tambahan dengan video:

  1. Visual stability - Stabilitas visual: Gunakan dukungan kamera dan stabilisasi gambar yang sesuai. Jika goyangan adalah bagian dari estetika video Anda, kami akan meninjaunya dengan mempertimbangkan hal itu. Stabilisasi pascaproduksi baik-baik saja jika tidak mengurangi kualitas video.
  2. Audio: Hapus suara yang tidak dapat digunakan, seperti audio yang terlalu termodulasi atau apa pun yang dapat menjadi merek dagang. Jika klip Anda menyertakan suara orang, Anda harus mengirimkan rilis model untuk masing-masing klip. Jangan ragu untuk mengirimkan klip tanpa audio.
  3. Rolling shutter artifacts - Artefak rana bergulir: Klip yang berisi artefak rana bergulir kecil akan diterima atau ditolak berdasarkan penilaian tim moderasi. Klip yang berisi artefak miring akan dinilai berdasarkan seberapa jelas, mengganggu, atau mengganggunya terhadap keindahan atau keefektifan gambar. Kami tidak akan menerima klip yang berisi pita flash atau goyangan (yaitu, artefak "jello").
  4. Logarithmic gamma (log) footage - Rekaman gamma (log) logaritmik: Rekaman rekaman dalam log harus memiliki gradasi warna sederhana yang diterapkan — kami merekomendasikan Rec 709 LUT dasar.
  5. Up-res footage - Rekaman resolusi tinggi: Jangan rekaman resolusi tinggi — misalnya, dari HD ke 4K. Kirim rekaman sebagai bidikan atau dalam resolusi lebih rendah, jika perlu. Bidik dalam 4K bila memungkinkan.

Masalah teknis umum dengan vektor - Common technical issues with vectors

  1. Open paths -  Jalur terbuka: Semua jalur bentuk yang terisi harus ditutup.
  2. Raster images -  Gambar raster: Jangan menyematkan gambar berbasis piksel (JPEG) ke dalam file vektor Anda.
  3. Autotrace: Jangan gunakan autotrace pada gambar kompleks seperti foto, karena membuat vektor yang dihasilkan terlalu sulit untuk diedit oleh pelanggan.
  4. Artboard size - Ukuran Artboard: Artboard Anda harus minimal 15MP agar Anda dapat mengunggahnya ke portal Kontributor.

Masalah teknis umum dengan template:

  1. Non-Adobe fonts - Font Non-Adobe: Ganti font non-Adobe dengan membuka situs Adobe Fonts dan cari menurut gaya untuk menemukan sesuatu yang mirip secara visual.
  2. Non Generic Text -  Teks non-generik: Hindari menggunakan nama asli dan referensi untuk orang, perusahaan, dan lokasi yang dapat diidentifikasi di template Anda. Sebaliknya, gunakan nama fiktif dan generik.
  3. Usability issues -  Masalah kegunaan: Kami akan menolak file template yang tidak lengkap, rusak, tidak teratur, atau tidak jelas. Lihat panduan khusus aplikasi di halaman Persyaratan template desain untuk praktik terbaik.
  4. Non-standard sizes - Ukuran non-standar: Lihat daftar ukuran kertas dan layar standar kami untuk format terbaru yang kami terima, lalu revisi konten Anda agar sesuai. 

Konten serupa sudah dikirimkan - Similar content already submitted

Setiap file yang Anda kirimkan harus menawarkan sesuatu yang unik. Mengirimkan banyak salinan konten yang identik atau serupa dapat dianggap sebagai spam. Tim moderasi kami akan menolak konten serupa, dan spamming dapat menyebabkan akun Anda diblokir atau ditutup secara permanen.

Kotak warna biru, Foto yang ditolak oleh Adobe Stock karena Similar content already submitted

Temukan perbedaan antara variasi konten yang bermanfaat dan konten yang dianggap sebagai spam.

Photography atau Seni Foto
Untuk menghasilkan uang di Adobe Stock, ada baiknya memiliki banyak konten. Namun, Anda harus selalu memilih kualitas daripada kuantitas, dan pastikan bahwa setiap file yang Anda kirimkan menawarkan sesuatu yang istimewa. Konten serupa adalah salah satu alasan utama kami menolak konten. Mengirim banyak salinan konten yang identik dapat dianggap sebagai spam gambar, dan dapat mengakibatkan akun Anda diblokir atau ditutup secara permanen.

  1. Sebagai aturan umum, jangan mengirimkan lebih dari tiga versi signifikan dari satu motif, kecuali kerumitan gambar membutuhkan lebih banyak. Kami telah menemukan bahwa memiliki sejumlah kecil versi dapat membantu kontributor mencapai kesuksesan komersial.
  2. Jangan mengirim gambar dengan sedikit perbedaan, seperti sedikit perubahan sudut. Selain itu, jangan mengirim banyak salinan dari foto yang sama dengan efek pasca-pemrosesan yang berbeda, seperti warna spot atau hitam putih, karena pelanggan sering kali lebih suka menambahkan efek sendiri.
  3. Berikut adalah beberapa variasi yang harus dihindari:
  • Gambar terbalik - Flipped images
  • Berbagai tanaman - Various crops
  • Eksposur berbeda - Different exposures
  • Warna latar belakang yang berbeda - Different background colors
  • Filter gambar yang berbeda - Different image filters

Seni Vektor atau Vector Art
Moderator kami akan menolak pengiriman beberapa file jika hanya berbeda dalam warna atau efek latar belakang, karena pelanggan sering kali lebih memilih untuk menyesuaikan ikon dan objek sederhana lainnya berdasarkan kebutuhan proyek mereka.

Dengan seni vektor yang lebih kompleks, tidak apa-apa untuk memvariasikan komposisi warna keseluruhan atau mengatur ulang pola dan objek. Dalam kasus seperti ini, Anda dapat mengirimkan hingga tiga variasi dari satu file. Sebagai contoh, kami menganggap gambar-gambar di bawah ini sebagai variasi yang bermanfaat, karena suasana hati dan semangat masing-masing berbeda.

Hal hal tersebut di atas saya alami saat awal memasuki dunia microstock Adobe, dan saat ini setelah sekian lama, sudah bisa menyesuaikan dengan beberapa alasan kenapa Foto atau Video kita direject oleh Kurator Adobe Stock.

Dokumentasi  Tentang Foto

Berikut foto foto yang ditolak oleh adobe stock










Semoga bermanfaat





Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Adobe Stock, Beberapa Masalah Foto Foto kenapa direject atau tidak lolos Kurasi"

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungan teman teman, semoga artikel bermanfaat dan silahkan tinggalkan pesan, kesan ataupun komentar.

Popular Posts