Tema Fotografi, Photography Theme yang sering dijumpai

 Tema dalam Fotografi


Fotografi adalah Moment. Siapa yang mendapatkan moment yang menarik, baik dengan hunting foto, di Studio maupun secara tidak sengaja bertemu dan mengalami moment yang menarik, dan disupport dengan perlengkapan yang mumpuni akan menghasilkan karya fotografi yang luar biasa. 

Fotografi merupakan sebuah proses yang menghasilkan seni gambar dengan menggunakan fokus pada cahaya, lensa, dan kamera. Menurut Amir Hamzah Sulaeman, fotografi berasal dari dua kata yaitu foto dan grafi. Foto berarti cahaya dan grafis artinya menulis.

Fotografi didefinisikan sebagai menulis dengan bantuan cahaya atau menggambar dengan bantuan cahaya, atau merekam gambar melalui media kamera dengan bantuan cahaya

Berikut merupakan macam-macam tema dalam fotografi:

Journalistic photography - Fotografi jurnalistik

Fotografi jurnalistik merupakan jenis tema fotografi yang mengutamakan fakta atau kebenaran dalam suatu peristiwa tanpa sentuhan editing untuk memperindah hasilnya.

Fotografi jurnalistik ini biasanya digunakan oleh para wartawan untuk menambah nilai faktual terhadap suatu peristiwa yang sedang berlangsung dan fotografi dengan tema ini dibuat tanpa rekayasa. Fotografi jurnalistik ini sering kita lihat dalam koran, majalah, maupun berita online lainnya

Berikut foto Jurnalistik yang sedikit bersentuhan dengan tema Dokumenter 

Documentation Photography -  Fotografi Dokumenter

Fotografi Dokumentasi atau Fotografi dokumenter biasanya mengacu pada bentuk fotografi populer yang digunakan untuk mencatat peristiwa atau lingkungan yang signifikan dan relevan dengan peristiwa sejarah dan sejarah serta kehidupan sehari-hari. Ini biasanya tercakup dalam jurnalisme foto profesional, atau reportase kehidupan nyata, tetapi juga dapat berupa pengejaran amatir, artistik, atau akademis.

Foto Dokumenter dapat dipergunakan untuk mengabadikan koleksi museum dan suatu perjalanan sejarah yang terekam dalam fotografi.   

Berikut sharing dari seorang Fotografer Profesional mengenai Documentation Fotografi pada salah satu sesi seminar Fotografi 

Travelling Photography -  Fotografi Perjalanan

Fotografi yang menceritakan perjalanan dengan mengabadikannya dalam bidikan foto. 

Terkadang sulit membedakan mana Fotografi Travel, mana yang dokumentation dan mana yang Jurnalistik.

Tetap kembali kepada yang memfoto, moment serta hasil akhir dari foto tersebut. 

Micro photography -  Fotografi mikro

Fotografi mikro merupakan salah satu jenis tema yang mengangkat objek foto yang sangat kecil, sehingga membutuhkan kamera dengan lensa yang khusus untuk dapat mengambil gambar objek tersebut. 

Fotografi mikro sering kita lihat pada saat penelitian-penelitian ilmiah seperti penelitian bidang astronomi, biologi, kedokteran, dan lain sebagainya.

Macro photography = Fotografi makro

Jika fotografi mikro dikaitkan dengan objek yang sangat kecil seperti sel dan mikroorganisme lainnya. Fotografi makro menitikberatkan objek fotografi berupa benda-benda kecil dan hewan-hewan kecil seperti butiran embun, serangga kecil seperti semut, lebah, tawon, dan lain sebagainya.

Tema fotografi ini juga membutuhkan lensa khusus yang sering disebut sebagai lensa makro. Tema ini berfungsi untuk melihat secara detail suatu objek. Fotografi makro ini sering dilihat dalam majalah khusus dunia hewan.


Portrait photography - Fotografi portrait

Fotografi yang bertemakan portrait ini merupakan tema fotografi yang berhubungan dengan ekspresi wajah manusia. Ekspresi wajah yang ditampilkan dalam karya ini lebih terkesan natural karena dilakukan secara tidak sadar, sehingga ekspresi yang dihasilkan sangat menarik.

Fotografi portrait biasanya menunjukkan beberapa ekspresi seperti senang, sedih, gelisah marah, dan ekspresi lainnya.

Landscape photography - Fotografi landscape atau pemandangan

Fotografi landscape atau pemandangan adalah fotografi yang objeknya berhubungan dengan alam atau pemandangan yang indah dan menarik seperti suasana pedesaaan, pegunungan, hutan, pantai, dan pemandangan indah lainnya. 

Tema ini sangat banyak diminati oleh banyak orang dengan tujuan untuk mengeksplorasi keindahan alam di dunia.


Fashion photography - Fotografi fashion

Fashion merupakan suatu gaya hidup yang tidak dapat dipisahkan oleh manusia. oleh karena itu, fotografi dengan tema fashion banyak diminati di lingkungan metropolitan. Tujuan utama fotografi fashion biasanya untuk menjual berbagai produk fashion atau sebagai sarana pemasaran produk.

Fotografi fashion ini juga mengandalkan berbagai editing untuk menciptakan hasil yang indah dan menarik minat para konsumen. Fotografi fashion ini objeknya adalah seorang model dengan suatu produk yang akan dipasarkan.

 

Khusus untuk Fashion Fotografi busana, sangat dihindari untuk melakukan editing warna karena akan memberikan perbedaan antara barang actual yang dijual dengan tampilan di foto. 

Fotografi Fashion, biasanya secara standar pada saat akan dimulai acara fashion show, akan diinformasikan berapa cahaya flux yang disesuaikan dengan warna kain model yang akan dipergunakan.

Karena itu, lampu lampu di Fashion Show selalu diberwarna netral supaya warna baju atau kain model yang ditampilkan  sesuai dengan warna aslinya. Demikian juga dengan hasil fotografi yang meliput acara Fashion Show.

Berlaku juga untuk foto Produk Makanan, sebenarnya tabu untuk merubah warna dari tampilan sample, supaya memberikan informasi produk yang jelas kepada Konsumen.

Street photography -  Fotografi street

Fotografi street atau fotografi jalanan adalah tema fotografi yang biasa dilakukan di ruang publik atau ruang terbuka. Objek fotografi ini merupakan lingkungan yang ada di sekitarnya seperti orang yang sedang berjalan, hiruk-pikuk kendaraan, keramaian orang, bahkan kemacetan kendaraan.

Teknik pengambilan gambar dalam fotografi street adalah keterampilan dalam membaca keadaan atau situasi karena fotografi ini dilakukan dengan teknik pengambilan gambar candid atau secara alami.  Baca juga Tema Street Photography

Human Interest photography - Fotografi human interest

Fotografi human interest adalah tema fotografi yang objeknya manusia yang memiliki cerita kehidupan biasanya terjadi pada orang-orang kalangan bawah yang ekonominya rendah. Fotografi human interest ini bertujuan untuk menarik simpati orang-orang pada saat foto tersebut dipamerkan.

Fotografi dengan tema ini biasanya berbentuk dalam beberapa rangkaian foto yang menjadi alur cerita kehidupan objek tersebut. 

Night Shoot photography - Fotografi night shoot

Jakarta tidak pernah tidur. Kalimat tersebut cocok untuk fotografi night shoot dimana tema fotografi ini menampilkan keindahan suasana pada malam hari. Lokasi yang menjadi tema fotografi ini biasanya kota-kota besar yang selalu ramai pada malam hari.

Contohnya seperti lampu-lampu kendaraan pada saat macet di jalanan ibukota bisa menjadi nilai artistik dengan teknik pengambilan gambar tertentu. 

Fotografi night shoot lebih banyak memanfaatkan cahaya atau lampu-lampu sebagai objek fotografi.  Baca juga : Mengabadikan Suasana Plataran dan di Jembatan Viral Jalan Sudirman serta di Grand Kamala Lagoon


Panning photography -  Fotografi panning

Fotografi panning merupakan tema fotografi yang terakhir. Panning tidak hanya digunakan sebagai tema dalam dunia fotografi. Panning juga merupakan teknik pengambilan gambar dalam fotografi. Tema fotografi panning ini memfokuskan objek yang bergerak dengan cara mengikuti kemana arah objek tersebut akan pergi. Baca juga : The Six Boys Photo Challenges 3, Tema Panning

Fotografi panning ini akan menghasilkan objek yang fokus dan jelas, sedangkan situasi di sekeliling objek terlihat blur atau buram dan garis-garis. Objek pada foto ini biasanya menggunakan orang yang sedang mengendarai motor, sepeda, mobil, maupun orang yang sedang berlari kencang.

Panning adalah teknik fotografi yang menggabungkan kecepatan rana lambat dengan gerakan kamera untuk menciptakan kesan kecepatan di sekitar objek yang bergerak. Ini adalah cara untuk menjaga subjek Anda tetap fokus sambil mengaburkan latar belakang Anda.

Panning biasanya dilakukan pada subjek yang bergerak secara horizontal, seperti mobil yang bergerak, atau anjing yang sedang berlari. Ini juga dapat dilakukan secara vertikal, sambil melacak seseorang yang menyelam ke kolam dari papan tinggi atau seseorang yang melompat-lompat.

Panning dalam arti adalah Menggeser. jadi kalau How to pan, adalah belajar bagaimana cara menggeser atau bagaimana cara menggerakkan kamera pada benda atau obyek yang bergerak diantara obyek yang bergerak.

Shadow photography - Fotografi Bayangan

Tema bayangan atau Shadow Photography.  Shadow photography adalah teknik fotografi yang memotret subjek bersama bayangannya untuk memperkuat visual yang lebih dramatik dan mengikat emosi orang lain lewat foto. Dalam beberapa kasus, fotografer sengaja menonjolkan bayangan di dalam foto sebagai detail agar hasil akhirnya terlihat lebih memukau


Repetition Photography - Fotografi Pengulangan

Repetisi memberi irama. Ibarat musik, repetisi adalah ketukan. Dalam komposisi repetisi bisa menghasilkan kesan tapi dinamis. Obyek-obyek tersusun hampir sama, tapi setiap obyek berbeda. Senada tapi melonjak-lonjak. Itulah repetisi atau bisa juga dikatakan irama, atau boleh disebut konsistensi.

Namun demikian, jika sebuah gambar menunjukkan pengulangan murni, ini akan membuat penikmat fotografi kewalahan karena tidak ada titik fokus nyata pada gambar. Cara terbaik untuk mengatasi hal ini adalah dengan menghentikan pengulangan dengan memasukkan objek POI alias Point Of Interest yang kontras, warna yang berbeda, tekstur yang khas, atau bentuk tertentu. Penggunaan oposisi yang disengaja ini akan menarik perhatian penonton dan memberikan dampak dramatis pada bidikan.


Long Exposure Photography - Low Light Photography

Tema Low Light Fotografi atau Long Exposure fotografi biasanya sering dipergunakan untuk mengabadikan suasana malam dengan kerlap kerlip lampu serta lalu lalang kendaraan.

Tampilan semburat cahaya yang terekam kamera akan sangat memberikan kesan jejak jejak lintasan kendaraan yang teratur dan menakjubkan.

Sering dipergunakan untuk memfoto Cityscape. 

  


Demikian penjelasan terkait beberapa macam tema dalam fotografi. Memang dalam kenyataannya, terjadi cross antgar tema atau tema tema tersebut daling bersilang dan yang mana yang akan dipilih sebagai tema Dominan.

Terkang tema night Fotografi bisa menjadi foto Street Fotografi. Atau foto human interest menjadi Street Fotografi.

Perbedaan sangatlah tipis diantara tema tema tersebut.  Terkadang, bukan foto bagus dan jelas yang dinilai baik, tetapi foto dengan keunikan yang bagus dengan tetap mempertahakan kaidah fotografi.

Menurut saya, Fotografi adalah Moment. Siapa yang mendapatkan moment yang menarik, baik dengan hunting foto, di Studio maupun secara tidak sengaja bertemu dan mengalami moment yang menarik, dan disupport dengan perlengkapan yang mumpuni akan menghasilkan karya fotografi yang luar biasa. 

 Terima kasih, semoga bermanfaat.


Tambahan Dokumentasi
















































































Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tema Fotografi, Photography Theme yang sering dijumpai"

Post a comment

Popular Posts